Tuesday, February 19, 2013

Singkirkan Trauma Masa Lalu dengan Meditasi

Salah satu hal yang tidak saya sukai adalah membicarakan masa lalu. Mengapa? Karena ada banyak hal di masa lalu saya yang membuat saya terkadang menggigil tiba-tiba, ketakutan dan bahkan histeris luar biasa. Masa lalu buat saya seakan monster yang siap melahap saya bulat-bulat hingga habis tak bersisa.

Pertengkaran-pertengkaran panjang orang tua saya adalah salah satu masa lalu yang ingin saya kubur dalam-dalam. Setiap kali saya mengingat kejadian-kejadian itu baik secara sengaja maupun tidak sengaja, secara reflek saya akan menutup telinga, terduduk lemas di samping dipan tempat tidur dan menutup mata. Ketakutan, amarah, sesak dan benci seakan datang silih berganti. Betapa masa lalu bisa menimbulkan efek trauma yang luar biasa untuk kehidupan kita di masa depan.

Trauma
Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga seperti saya? Mempunyai sisi traumatik tersendiri dalam kehidupan masa lalu anda? Nampaknya beragam jawabnya, ada yang menggeleng tegas. Hmmm, what a perfect life ya? Eh, ada juga yang mengangguk kencang. Kalau kita berdekatan pasti saya akan mengajak anda untuk ber-high five. 

Masa lalu yang kelam seperti kasus perkosaan, KDRT, pengkhianatan, keguguran, memang bisa memberikan efek trauma pada sebagian orang. Ada yang dengan cepat bisa mengatasinya. Ada pula yang membutuhkan waktu lama untuk bisa move on dari titik tersebut. Kalau anda termasuk tipe yang mana? Saya pribadi termasuk tipe yang membutuhkan waktu lama untuk bisa sembuh dari luka-luka di masa lalu. Sejauh ini yang saya lakukan untuk mengatasi trauma tersebut hanyalah lewat menulis. Menulis bagaikan mengeluarkan borok-borok kering yang menyakitkan dan kemudian memompa darah baru untuk tetap bersemangat.

Namun kini saya sudah menemukan trik lain untuk keluar dari problema saya. Indscript Creative lewat terobosan barunya sebagai Personal Branding Agency baru saja memberi pencerahan yang menarik untuk saya. MEDITASI. Mengontrol pernafasan untuk mencapai ketenangan pikiran dan memfokuskan diri kita bukan pada masa lalu ataupun masa depan, namun pada masa sekarang adalah landasan dasar bagaimana meditasi dapat membantu kita menghilangkan trauma dalam kehidupan masa lalu kita. Dengan memperoleh ketenangan kita dipastikan akan jauh lebih menikmati hidup yang sedang berjalan ini.

Meditasi membimbing kita menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat kita menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus kita sesali, melainkan tantangan yang harus kita lalui. Meditasi mampu membuat kitakembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup kita lebih positif.

Adjie Silarus
Untuk sebuah terapi yang sederhana dan luar biasa ini, kita wajib berterima kasih pada seorang Adjie Silarus. Karena lewat beliaulah meditasi menjadi hal yang tidak lagi tabu dikerjakan oleh orang-orang biasa seperti kita. Mas Adjie yang sekarang adalah seorang meditator ternama di negeri ini ternyata dulunya pun tidak bisa berdamai dengan masa lalunya. Ia pun perlu melewati proses yang panjang untuk bisa berada pada titiknya sekarang ini. Hingga akhirnya kemudian tertanamkanlah di dalam jiwanya bahwa setiap orang itu berhak untuk bahagia, dan bahagia itu bukan hanya tentang apa yang akan didapatkannya di masa depan, namun juga tentang apa yang telah didapatkannya sekarang dan bagaimana ia mampu mengikis trauma masa lalunya. 

Bila kita yakini ternyata bahagia bukan hanya sebuah akibat, namun juga sebagai sebab. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan masa depan yang membahagiakan sedang kita belum berani bergerak dari bayang-bayang masa lalu yang kita miliki? Namun perlulah diingat, untuk mencapai titik ketenangan plus kebahagiaan tersebut, tentunya bukanlah perjalanan yang instan. Meditasi yang berkelanjutan adalah kuncinya. Dengan meditasi kita diajak untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang sedang kita hadapi. Meditasi bukan saja mampu membantu kita melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meditasi juga akan menuntun kita meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.

Saya sudah mencobanya lo dan hasilnya terbukti efektif, setidaknya kini saya tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk mengatasi rasa ketakutan saya; bahwa masa depan saya akan serunyam masa lalu saya, yang kadang tiba-tiba masih saja suka mampir ke otak. Nah bila anda pikir ini baik untuk anda, jangan tunda lagi untuk luangkan waktu; ambil napas dan fokuskan pada apa yang anda miliki dan jalani sekarang. Nikmatilah saat ini; selamat bermeditasi dan selamat bahagia!

2 comments:

  1. wow, luga mbak tulisannya ...
    mampir di mari ya www.hidaazzam.blogspot.com :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak.. siip saya segera meluncur..

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.