Tuesday, March 26, 2013

Sejenak Hening Damaikan Diri



Meditasi sekarang ini tidak lagi menjadi hal yang dipandang sebelah mata sebagai aktivitas ritual agama tertentu. Semakin hari meditasi justru kian populer dan telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Apalagi setelah banyak orang membuktikan fungsi dari meditasi sebagai cara untuk menyeimbangkan pikiran, kesehatan, bahkan manajemen diri mereka. Di Indonesia sendiri ada banyak ahli meditasi dengan konsentrasi ilmu yang berbeda. Lima ahli meditasi yang cukup sering nongol di depan publik adalah Reza Gunawan, Adi W. Gunawan, Merta Arda, Gerald Lim, dan Adjie Silarus yang mengkhususkan diri pada penggunaan meditasi bagi peningkatan kualitas dan manajemen diri.
Berbicara mengenai Adjie Silarus, maka kita tidak bisa lepas dari konsep meditasinya yang cukup fenomenal; Sejenak Hening. Meskipun ia lulusan dari Fakultas Psikologi UGM, ia tidak mau berhenti belajar begitu saja, ia pergi ke berbagai negara untuk mendalami ilmu meditasi. Bahkan untuk mendapatkan konsep Sejenak Hening, ia perlu mendalaminya selama setahun sebelum kemudian ia membagikan keberhasilan konsep ini ke berbagai lini masyarakat.
Melalui teknik meditasi Sejenak Hening, Adjie mengajak kita untuk menghargai dan menghayati “saat ini, detik ini, momen ini”. Dalam satu hari kehidupan, banyak momen positif yang terjadi di sekeliling kita. Senyum bahagia orangtua saat melihat anak mereka pergi sekolah, harapan besar yang menyertai langkah orang-orang yang berangkat kerja, petani yang gembira melihat tanamannya siap dipanen, atau CEO sebuah perusahaan yang antusias menyimak laporan kemajuan proyek dari stafnya.


Adakalanya momen yang terjadi tidak seperti yang diharapkan. Gempa, kecelakaan, badai, perceraian, adalah contoh beberapa momen yang membawa kejutan luar biasa, bahkan dapat memporakporandakan kehidupan seseorang.
Adjie memperkenalkan teknik Sejenak Hening sebagai cara untuk mentransformasikan segala momen yang kita alami menjadi sumber kekuatan dan kedamaian. Dengan memanfaatkan selintas waktu yang dimiliki, setiap orang dapat memandang setiap peristiwa dari sudut pandang berbeda. Selintas waktu untuk bermeditasi, dapat menghasilkan dampak positif bagi diri, dan mengubah energi negatif menjadi kekuatan yang positif.
Pendekatan ini digunakan Adjie Silarus membantu para kliennya. Dia menggabungkan teknik meditasi dengan teknik penyampaian materi yang menghibur, menciptakan suasana santai, serta penuh keakraban dengan semua peserta sesi meditasinya. Beberapa korporasi besar yang telah menggunakan jasa Adjie Silarus antara lain adalah PT Gapura Angkasa, Indosat M2, Perusahaan Gas Negara, Kaltim Prima Coal, Adaro Indonesia, Petrochina, dan sejumlah perusahaan lainnya. Ia juga berkolaborasi dalam Rumah Perubahan yang dimotori Rhenald Kasali, guna memberikan training pada perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.
Adjie menularkan ilmu meditasinya dalam bentuk seminar, pelatihan, dan jasa konsultasi. Bagi mereka yang berminat mempelajari meditasi untuk mencapai keharmonisan diri dan keluarga, Adjie juga menyediakan sesi konsultasi privat. Dalam sesi tersebut, setiap individu akan dipandu untuk menguasai dan menerapkan teknik meditasi yang dapat mereka gunakan setiap waktu.
Bila anda ingin tahu secara sekilas seperti apa teknik Sejenak Hening yang bisa mendamaikan diri, berikut ini saya akan berbagi dengan anda caranya.
#SejenakHening
1.        Ciptakan suasana hening
2.        Duduk
3.        Posisi kaki relaks. Usahakan untuk diam, tidak bergerak selama 1 menit.
4.        Posisi badan tegak dan tidak bersandar.
5.        Pasang alarm atau timer tepat 1 menit.
6.        Alarm dimulai. Posisi tangan santai di atas lutut atau paha. Usahakan untuk diam, tidak bergerak selama 1 menit.
7.        Pejamkan mata. Kalau pakai kacamata sebaiknya dilepas dulu.
8.        Pikiran hanya fokus konsentrasi ke nafas. Nafas yang dihirup dan nafas yang dihembuskan melalui hidung. Bukan memikirkan hal yang lain. Beberapa detik di awal mudah tapi selanjutnya … Pikiran kita mulai memikirkan hal-hal yang sudah terjadi atau gelisah dan khawatir akan segala yang belum terjadi. Begitulah pikiran kita memang ke mana-mana. Ini disebut “monkey mind”. Tidak apa-apa. Oleh karena itu latihan ini penting untuk kita lakukan dengan tekun. Sadarilah ke mana pikiranmu dan tersenyumlah. Tarik perhatian kembali ke nafas lagi.  Melatih pikiran kita hanya di saat ini, di sini, sekarang…
9.        Saat alarm berbunyi,
#SejenakHening selesai.
Tujuan dari #SejenakHening 1 menit ini adalah melatih diri kita supaya dapat menenangkan diri di segala situasi, kapan saja dan di mana saja. Jurus ini adalah cara yang ampuh untuk mengatasi stres. Dengan tekun melatihnya maka anda akan punya “amunisi” untuk memberantas stres setiap saat. Latihan ini cocok untuk orang-orang yang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk berlatih meditasi beberapa hari dan di suatu tempat yang khusus.
Anda dapat mencobanya sendiri di rumah dan dapatkan kedamaian yang anda cari setelah satu menit bermeditasi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai meditasi atau menghubungi Adjie Silarus sebagai konsultan maupun trainer, dapat dilakukan melalui Manajemen Adjie Silarus dengan email: me@AdjieSilarus.com, nomor HP 081802550247 / 087738244701, dan pin BB: 268ED6C1.
Ilmu yang luar biasa top … Top banget, asyik dan tak ada duanya.”
(PT. Gapura Angkasa mengenai meditasi ala Adjie Silarus)

Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1





0 comments:

Post a Comment

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.