header marita’s palace

Baby SPA yang Kaya Manfaat

Baby SPA mungkin bukan  hal baru lagi untuk beberapa ibu terutama  bagi mereka yang tinggal di kota besar. Namun ada juga beberapa ibu yang mungkin belum benar-benar mengerti tentang apa itu baby Spa dan manfaatnya bagi bayi. Bahkan ada beberapa ibu yang berpikir bahwa baby spa itu hanya kegiatan yang diperuntukkan bagi keluarga menengah ke atas. Sebenarnya mungkin banyak ibu sudah melakukan rangkaian baby spa ini di rumah, namun belum menyadarinya. Karena sebenarnya baby spa tidak harus dilakukan di tempat-tempat spa yang sekarang ini sudah tersebar di beberapa penjuru kota, namun kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Jika dilihat dari sudut pandang  Fisiotherapy Pediatric sangat diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Ada 4 (empat) aspek yang bisa dioptimalkan melalui baby spa, yaitu perkembangan motorik kasar, motorik halus, personal social, dan Bahasa. SPA merupakan singkatan dari bahasa Yunani, Solus Per Aqua, yang dapat diartikan sebagai serangkaian perawatan tubuh yang menggunakan air sebagai media. Adapun rangkaian baby spa terdiri dari; baby gym (senam bayi yang berfungsi untuk melemaskan otot sebelum bayi masuk ke rangkaian perawatan setelahnya), baby swimming dan baby massage. Baby Spa ini bisa dilakukan dari bayi  mulai umur 3 bulan sampai 2 tahun.

Mengenai baby spa ini seringnya ibu-ibu merasa khawatir saat harus melihat bayinya berenang dengan alasan terlalu kecil dan kasihan. Padahal sebetulnya berenang merupakan hal yang paling alami yang dibawa oleh manusia sejak lahir. Anda akan merasa terkesima bagaimana seorang bayi akan segera bereaksi dengan cepat ketika tubuhnya dimasukkan ke dalam air. Secara spontan kaki-kaki kecilnya akan bergerak. Tugas kita adalah mengarahkannya agar gerakannya benar. Anda juga tidak perlu khawatir si kecil akan masuk angin, karena di tempat baby spa pun air yang digunakan adalah air hangat. Untuk permulaan bayi cukup berenang selama 5 menit, dan untuk selanjutnya bisa  bertahap, maksimal 15 menit.

Baby Spa (Gambar didapat dari sini)
Untuk melakukan sendiri di rumah, anda hanya perlu menyiapkan alas perlak bagi bayi untuk senam dan pijat,  persiapkan pula kolam yang telah diisi air hangat dan pelampung (untuk bayi di bawah 1 tahun, pelampung yang digunakan adalah pelampung yang dipasang di leher, pilihlah yang nyaman untuk si kecil), jangan lupa handuk untuk mengeringkan bayi setelah berenang, minyak telon juga sangat diperlukan saat pijat untuk menghangatkan bayi setelah berenang.

Perlu pula diingat bahwa baby spa harus dilakukan saat bayi dalam keadaan sehat.  Jangan lakukan spa jika bayi dalam keadaan lapar, lelah, baru selesai makan, atau baru bangun tidur. Jika bayi mulai memperlihatkan tanda-tanda tidak suka, hentikan kegiatan dan beri pujian atau pelukan untuk menenangkan bayi. Untuk senam dan pijat dapat dilakukan dua kali dalam satu hari atau kapanpun jika orang tua dan bayi siap.
Dari penelitian yang sudah dilakukan baby spa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan si kecil, di antaranya :

·           Melancarkan peredaran darah
·           Memberikan efek relaksasi
·           Meningkatkan kualitas tidur
·           Mengoptimalkan Tumbuh Kembang anak
·           Meningkatkan Daya Tahan tubuh
·           Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
·           Memperbaiki sistem pencernaan
·           Meningkatkan kecerdasan
·           Membantu membentuk pribadi yang supel, ceria, dan mandiri
·           Meningkatkan bonding antara bayi dan orang tua

Nah bila Anda sudah mengerti apa itu baby spa dan manfaatnya, jangan ragu untuk menyisipkan aktivitas ini ke daftar harian si kecil agar si kecil tumbuh sehat dan ceria. Namun ada baiknya untuk melakukannya pertama kali, sebaiknya anda didampingi oleh ahlinya dengan memdatangi pusat baby spa terdekat. Berikut ini saya cantumkan beberapa baby spa yang bisa kita temui di kota Semarang,khususnya daerah Klipang. Semoga membantu ya.

Baby Spa Terdekat:
Thata’s Baby n Kids Spa
Jl.Berlian Raya Kav D-277 Sambiroto, Semarang, Indonesia
Phone              : 024 70211144
Email               : thatasbabyspa@yahoo.com
Website           : http://www.thatasspa.com
Facebook         : https://www.facebook.com/Thatasspa
Keunggulan     : tersedia butik baju bayi dan anak-anak dengan harga terjangkau
Harapan Bunda Baby Spa
Jl. Lamper Tengah II No. 594 Semarang
Telp. 024-70040011 / 024-8446415
Keunggulan     : dibanding tempat lain harga sangat terjangkau
Kadho Kiddo Baby Spa
Sendang Sari Utara III/23 Semarang, Indonesia 50198
0889 800 800 53
Blackberry PIN 3152141C
Facebook         : https://www.facebook.com/kadho.kiddo/
Keunggulan     : Ada dokter, mini café, butik, mommy reflexology

*jangan lupa reservasi dulu ya.. J



(Dirangkum dari berbagai sumber: Parents Indonesia, Ayah Bunda, Nakita, dll)

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com