Friday, April 11, 2014

Cara Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda

Seringkali kesehatan tubuh jauh lebih diutamakan daripada kesehatan mental. Kini saatnya bagi anda untuk memikirkan tentang kesejahteraan emosional. Mulailah menilai kesehatan emosional Anda secara teratur. Pertimbangkan tuntutan tertentu atau tekanan yang Anda hadapi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi Anda. Berikan diri Anda untuk beristirahat dari perasaan khawatir. Sisihkan beberapa menit dalam setiap hari untuk menjaga kesehatan jiwa anda akan memberikan manfaat yang signifikan dalam hal peremajaan perasaan dan mendapatkan percaya diri yang lebih.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk berlatih kebugaran dan kesehatan mental:

Daydream - Tutup mata Anda dan bayangkan diri Anda di lokasi impian. Bernapas perlahan dan dalam. Apakah itu pantai, puncak gunung, hutan sunyi atau ruang favorit dari masa lalu Anda, biarkan lingkungan nyaman tersebut membungkus Anda dalam sensasi kedamaian dan ketenangan.

Kumpulkan momen emosional yang positif - Membuat sebuah titik untuk mengingat saat-saat ketika Anda telah mengalami kesenangan, kenyamanan, kelembutan, rasa percaya diri, atau emosi positif lainnya.

Pelajari cara untuk mengatasi pikiran negatif - Pikiran negatif bisa mendesak dan keras. Belajarlah untuk mengatasinya. Jangan mencoba untuk memblokir perasaan tersebut, tapi jangan pula biarkan  perasaan tersebut mengambil alih. Cobalah menghibur diri sendiri jika Anda tidak dapat memecahkan masalah segera.

Melakukan satu hal pada suatu waktu - Sebagai contoh, ketika Anda berada di luar untuk berjalan-jalan atau menghabiskan waktu dengan teman-teman, matikan ponsel Anda dan berhenti membuat daftar hal-hal apa saja yang harus pikiran atau jiwa anda lakukan. Rasakan dan nikmatilah semua pemandangan, suara dan bau Anda temui.

Latihan - Aktivitas fisik yang teratur meningkatkan kesejahteraan psikologis dan dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Bergabung dengan kelompok latihan atau olahraga juga dapat mengurangi kesepian, karena menghubungkan Anda dengan satu kelompok baru untuk berbagi tujuan bersama.

Nikmati hobi – Melakukan hobi akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda. Beraktivitas sesuai hobi memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati karena Anda ingin melakukannya, bebas dari tekanan dan tugas sehari-hari. Hal ini juga membuat otak Anda bekerja lebih aktif.

Tetapkan tujuan pribadi - Tujuan tidak harus menjadi ambisius  Anda mungkin memutuskan untuk menyelesaikan buku Anda mulai tiga tahun lalu; untuk berjalan-jalan di sekitar blok setiap hari; belajar  merajut atau menjahit; menelepon teman Anda terlebih dulu alih-alih menunggu telepon berdering. Apa pun tujuan Anda aturlah untuk mencapainya, karena hal tersebut akan membangun rasa percaya diri dan memberikan kepuasan.

Membuat jurnal - Mengekspresikan diri setelah hari yang menegangkan dapat membantu Anda melepaskan ketegangan dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit.
Berbagi Humor - Hidup seringkali terlalu serius, jadi ketika Anda mendengar atau melihat sesuatu yang bisa membuat Anda tersenyum atau tertawa, berbagilah dengan seseorang yang Anda kenal. Sebuah humor kecil dapat menjaga jiwa kita tetap sehat!

Sukarelawan – Menjadi sukarelawan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan karena membantu orang lain membuat kita merasa lebih baik. Pada saat yang sama, hal tersebut juga melebarkan jaringan sosial kita, memberikan kita pengalaman belajar yang baru dan dapat membawa keseimbangan dalam hidup kita.

Perlakukan diri Anda dengan baik – Lakukan hal-hal yang anda inginkan  misalnya masak sendiri makanan yang anda mau, mandi busa, menonton film atau menghubungi teman dan saudara Anda yang telah lama tak bersua, duduk di bangku taman dan menghirup wangi bunga dan rumput. Apapun itu aktivitasnya, lakukanlah semua itu hanya untuk diri Anda  sendiri.


Ternyata menjaga kesehatan mental tidak harus melulu melakukan hal yang aneh-aneh seperti yoga atau meditasi kan? Dengan cara-cara mudah seperti yang diungkapkan di atas anda bisa jauh lebih rileks dari sebelumnya. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.