Thursday, March 17, 2016

Jadi Pengusaha? Mudah bersama Kudo Mobile Apps


Jum’at, 11 Maret 2016 saat jarum jam menunjukkan tepat pukul tiga sore, aku menggeber kuda besiku ke Ibis Budget untuk menghadiri undangan yang kuterima lewat Mbak Dewi Rieka. Ya, kali ini Gandjel Rel dapat kesempatan untuk hadir ke sebuah acara yang digelar oleh Kudo Indonesia bertajuk “Semua Bisa Jadi Pengusaha.”

Jujur saja, ini pertama kali aku mendengar kata KUDO. Ada tanda tanya besar muncul di pikiranku, apa itu Kudo? Rasa penasaran tersebut yang kemudian membawaku hadir di Ibis Budget untuk mencari tahu lebih banyak mengenai Kudo.

Berkenalan dengan Kudo

Setelah mendapat informasi dari Pak Firman yang merupakan Head of Offline Marketing Kudo pada acara sore hari itu, baru deh ngeh apa dan bagaimana Kudo itu.

Divisi Fashion Kudo
Perwakilan Hijabenka
Pak Firman Gives Complete Information 'bout Kudo
Beberapa Rangkaian Acara "Semua bisa Jadi Pengusaha"

Gandjel Rel Team
Marketplace semacam Lazada, Buka Lapak, Elevenia dan sejumlah nama lainnya tentu tidak asing lagi di telinga kita. Nah, Kudo hadir untuk melengkapi deretan marketplace tersebut dengan sistem yang unik dan memberikan sentuhan baru dalam proses belanja online.

Bagi yang pernah belanja online, order barang lalu membayar dengan bank transfer ataupun kartu kredit adalah hal yang lumrah. Sayangnya, di luar sana banyak orang yang masih belum bisa mempercayai sistem jual beli online yang memerlukan proses transfer dan semacamnya. Di beberapa tempat yang terletak di pelosok Indonesia dimana belum tersentuh internet, belanja online juga masih menjadi hal yang asing. Bahkan masih banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki rekening bank apalagi kartu kredit.


Founders of Kudo
Dengan dasar itulah, para founder Kudo mendirikan Kios untuk Dagang Online yang diharapkan bisa memberikan pengalaman belanja online kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kudo menawarkan cara jual beli online yang berbeda, dimana orang-orang yang tidak memiliki rekening ataupun kartu kredit bisa melakukan proses jual beli online.




Reasons Why We Should Use Kudo
Selain itu Kudo juga memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk bisa menjadi pengusaha bisnis online. Menyadari bahwasanya bisnis online kini semakin digemari karena modal yang dibutuhkan kecil, balik modal cepat, resiko kecil, dan adanya training yang terus menerus, Kudo memfasilitasi mereka yang ingin menjadi pengusaha dengan menjadi agen Kudo.

Dengan difasilitasi sebuah Kudo Tablet, agen Kudo bisa melayani segala macam pembayaran tagihan rumah tangga, seperti listrik, telepon, air, ticketing, hingga pembelian segala jenis barang dari elektronik hingga fashion. Agen Kudo layaknya toserba online yang tidak membutuhkan barang ready stock namun mampu memberikan kepuasan kepada pelanggannya.


Jika awalnya agen Kudo menjalankan sistem jual beli lewat fasilitas tablet yang diberikan perusahaan, kini para tim pelaksana Kudo telah menciptakan Kudo Mobile Apps yang semakin mempermudah layanan jual beli. Dengan hadirnya Kudo Mobile Apps, semua orang kini bisa menjadi agen Kudo.

Acara yang cukup singkat tersebut memberikan banyak informasi yang cukup menarik. Betapa kemajuan teknologi saat ini telah membawa banyak ide baru dan segar dalam kehidupan, khususnya dalam lingkup sosial ekonomi, dan Kudo adalah salah satu bukti nyatanya.

Sebuah goody bag menarik dan beberapa voucher belanja yang tak sabar ingin segera kugunakan menjadi buah tangan dari Kudo.
Tim Gandjel Rel dan Mas Dieky dari Kudo 
Goody Bag Kudo

Menjajal Kudo Mobile Apps

Karena penasaran dengan Kudo Mobile Apps dan ingin menggunakan voucher belanja yang diberikan, aku mencoba men-download aplikasi tersebut. Berhubung handphone-ku berplatform Windows, maka sudah dipastikan Kudo Mobile Apps tak kan mungkin ditemukan, karena sementara aplikasi ini baru berjalan di Android.

Kuambil handphone suami dan kucari aplikasi tersebut di Google Play. Yeay, ketemu. Eits, ternyata handphone Andro suami serinya jadul bo’ dan Kudo Mobile Apps tidak compatible berjalan di seri tersebut.




Tapi tenang, kesalahan bukan pada aplikasi Kudo-nya kok, teman-teman yang lain sudah berhasil install kok di handphone mereka masing-masing, jadi yang pengen tahu kerennya Kudo, langsung cari aja di Google Play dan install di handphone kamu ya.

Berselancar di Situs Kudo

Berhubung tidak berhasil install Kudo Mobile Apps karena handphone yang terlalu jadul (saatnya beli hape baru… tiba-tiba ada bisikan lembut berhembus di telingaku), aku segera melaju ke situs Kudo. Shopping time!! 


Karena voucher yang kudapat dari acara Jumat minggu lalu dipersembahkan oleh Hijabenka, maka aku segera searching beberapa produk yang ditawarkan oleh lini fashion muslim tersebut. Setelah menilik beberapa pilihan yang ada, aku tertarik dengan mukena warna cokelat yang sepertinya mudah dibawa bepergian. Harganya pun tak cukup mahal, voucher yang kupunya masih sisa untuk membeli mukena tersebut, hehehe.



Aku mengikuti langkah demi langkah untuk memesan mukena tersebut. Tibalah untuk klik ‘BELI’. Seperti yang kusampaikan di bagian awal, berbeda dengan marketplace lainnya, Kudo memiliki cara yang unik dalam menjalankan sistem jual beli online-nya. Ketika belanja online di marketplace yang lain, ketika klik beli biasanya kita akan diarahkan ke form pemesanan, mengisi beberapa data dan diminta transfer sesuai dengan harga barang dan ongkos kirim ke nomor rekening yang telah ditentukan.

Di Kudo kita diarahkan untuk menemukan agen Kudo terdekat di sekitar wilayah kita agar dapat melakukan pemesanan. Kebetulan saat itu aku mengakses situs Kudo di rumahku, di wilayah Klipang, Semarang. 


Eng ing eng… ternyata di wilayah ini belum ada agen Kudo yang ditemukan. Jadi, aku belum bisa deh melanjutkan transaksi pembelian mukena yang kuinginkan.



Jika tiba di tahap ini dan kita bisa menemukan agen Kudo yang terdekat, kita tinggal mengisi alamat, mendatangi agen Kudo tersebut, melakukan pembayaran tunai ke agen tersebut, selesai deh. Agen Kudo akan memproses pemesanan kita dan kita tinggal leha-leha menunggu barang dikirim ke alamat kita. Mudah kan? Tak perlu transfer, tak perlu credit card, semua bisa belanja online dengan senang dan tanpa rasa curiga.



Yuk, Jadi Pengusaha

Radar bisnisku tiba-tiba menyala nih. Berhubung tidak menemukan agen Kudo di wilayahku, aku merasa perlu menangkap peluang ini. Siapa dong yang nggak mau jadi pengusaha, punya tambahan penghasilan tanpa perlu meninggalkan rumah, dan masih tetap bisa blogging yang pasti, hehe.



Akhirnya, kuisi deh form Registrasi Agen yang ada di situs Kudo. Bagi yang sudah download Kudo Mobile App-nya, bisa langsung registrasi juga lo jadi agen. Lebih mudah dan efisien.




Setelah mengikuti langkah-langkah yang diminta, aku menerima email dan SMS yang menyatakan bahwa dataku telah diverifikasi. Aku juga menerima username, password serta pin untuk melakukan transaksi. Yippie, aku sudah jadi agen Kudo lo sekarang.




Tapi kemudian aku baru menyadari, untuk menjalankan kiosku, aku memerlukan gadget yang compatible dengan Kudo Mobile Apps. Karena setelah kutelusuri di situs Kudo tidak ditemukan bagian akun untuk menjalankan fungsi sebagai kios.








Ya, sudah deh… gigit jari dulu karena belum memiliki gadget yang compatible… hiks.

So, buat kalian yang gadgetnya oke punya, udah seri android yang terbaru, rugi deh kalau nggak memanfaatkan peluang ini, karena masih banyak kesempatan untuk menjadi agen di wilayah kalian. Nggak perlu modal banyak, nggak perlu nyetok barang, nggak perlu keluar rumah tapi dapat banyak keuntungan. Tunggu apalagi, grab the chance, prenssss!!! Segera instal Kudo Mobile Apps-nya dan Yuk, jadi pengusaha!


Note:
Foto dan gambar diambil dari koleksi pribadi, Gandjel Rel, Fanpage dan Situs Kudo Indonesia




Marita Surya Ningtyas




10 comments:

  1. Jadi agen kudo kitanya harus jualan online juga begitukah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mbak jualan online, boleh pula kulakan lewat Kudo.. yang pasti kalau agennya tetap butuh proses transfer, kalau jadi pelanggan nggak perlu transfer2an, tinggal cari agen terdekat :)

      Delete
  2. Kalo gitu mending Mba Marita beli smartphone baru, agar support jadi agen Kudo , hehehe... moga sukses dapat pelanggan yang banyak, Barakallah :)

    ReplyDelete
  3. Sy juga baru deger kudo mba marita. Kmrn pengen banget ikud, apadaya masih di kalimantan.
    Mau juga ahh jd agen kudo.
    Sekalian memperluas pasar daganganku.hihi

    ReplyDelete
  4. Wahhh! Juara satu! Asyiiiikkkkkkk hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. huss ngarang mbak Sovi.. yang juara satu mbak Mia yoo.. wkwkkwkw

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.