Monday, May 16, 2016

Tips Memilih Koleksi Kemeja Batik Pria


Ngomongin soal koleksi kemeja batik pria, jadi ingat salah satu tugasku sebagai penata baju di rumah. Sebagai seorang istri yang baik, aku juga harus bisa memilihkan baju yang tepat untuk suamiku. Apalagi suamiku bukan tipe pria yang dandy, kadang suka asal-asalan memilih baju. Asal bajunya ada di deretan paling atas pasti langsung deh dipakai, tanpa berpikir ulang kira-kira pas nggak ya baju itu untuk acara yang akan kami datangi. Jadilah seringkali kita njomplang. Aku sudah super rapi, doi tampil begitu apa adanya. Kalau diberi masukan, dengan senyum ala kuda, doi bilang “kan aku low profile.” Gedubrak deh pokoknya. Makanya kalau mau pergi ke suatu acara bersama, aku lebih suka memilihkan baju dulu untuknya, biar klop dilihat. Begitu juga saat kami mau pergi ke acara kondangan.

Namanya ke kondangan biasanya pilihan pertama pasti baju batik. Sebenarnya nggak ada aturan resminya ya bahwa kalau pergi ke kondangan harus pakai baju batik. Tapi di Indonesia, khususnya di Jawa, baju batik sudah seperti menjadi dress code untuk menghadiri acara-acara resmi semacam itu. Beruntungnya aku dan suami juga tipe pecinta batik, jadi ya senang aja kalau dapat undangan pernikahan dan sejenisnya. Berhubung sejak dua tahunan lalu aku memutuskan untuk menggunakan gamis di keseharianku, kami mulai jarang pakai baju batik sarimbit. Nggak lucu juga kan masa setiap ada undangan selalu pakai baju yang sama. Akhirnya kadang suami yang harus menyeimbangkan warna koleksi kemeja batik pria yang dia punya dengan warna gamis yang akan aku pakai, biar senada gitu.

Batik Dobby Reg Fit
Batik Dobby Reg Fit
Usut punya usut, ternyata kemeja batik pria suamiku tinggal itu-itu saja juga. Maklum perutnya yang semakin buncit membuat baju batik yang ada di lemari tidak lagi bisa dipakai. Hmm, saatnya hunting kemeja batik pria untuk suamiku nih. Menurutku ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memilih kemeja batik untuk pasangan kita.

Yang pertama, pahami karakternya. Ada laki-laki yang suka banget dengan pilihan baju yang formal dan super rapi. Ada laki-laki yang suka banget baju yang santai dan semi formal atau bahkan non formal. Nah, kalau suamiku paling nggak bisa pakai baju yang terlalu formal, apalagi kemeja berlengan panjang. Doi bakal tersiksa banget deh kalau harus pakai kemeja panjang. Bisa dipastikan lengannya akan digulung sampai ke arah siku. So, kalau harus memilihkan kemeja batik untuk suami, jelas aku akan memilih kemeja lengan pendek. Kemeja batik lengan pendek tetap bisa berkesan formal, tapi juga tidak terlalu gerah dipakai karena tidak full menutup tangannya.

Masih berkaitan dengan karakter pasangan, kali ini soal pilihan warna. Kalau suamiku kebetulan suka warna-warna yang tidak terlalu terang, misal merah maroon, biru tua dan hitam. Tapi kalau kemeja batik sepertinya akan lebih bagus kalau ada perpaduan dua warna  ya, misal merah maroon dengan putih atau hitam, atau biru dengan putih. Soal warna sih kembali ke selera masing-masing ya.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah motif batik itu sendiri. Ada baju-baju batik yang motifnya besar-besar, dan ada yang kecil ataupun sedang. Kalau aku memilihkan untuk suami lebih suka kemeja batik dengan motif yang kecil atau sedang. Karena suamiku termasuk berbadan besar, kalau motifnya terlalu besar akan semakin memperbesar bentuk badannya. Sedangkan motif yang kecil akan memberikan efek manipulasi, jadi bisa terlihat lebih kurus.

Ukuran baju juga menjadi pertimbangan penting. Jangan sampai dong kita membelikan baju batik untuk suami dan ukurannya kekecilan. Bisa mubazir uang yang kita keluarkan, nggak mungkin juga kan barangnya dikembalikan? So, ukur baik-baik badan suami dan pilih size baju yang tepat untuk doi. Kalau aku nggak begitu suka lihat suami pakai baju terlalu ngepas di badan, tapi juga nggak kebesaran, yang sedang-sedang saja lah pokoknya.


Semata Wayang Mega Mendung Batik
Semata Wayang Mega Mendung Batik
Yang terakhir, apalagi kalau bukan harga. Namanya juga perempuan ya, hitung-hitungannya harus ada. Kalau bisa dapat baju yang berkualitas oke dengan harga yang terjangkau, siapa yang nolak kan? Apalagi kalau ada sisa untuk jajan bakmi atau bakso, hehe.

Nggak sengaja kemarin aku baru buka-buka koleksi kemeja batik pria di MatahariMall.com, wuih langsung nih mata nggak bisa berhenti berkedip. Antara lihat model prianya atau lihat baju batiknya yang memang keren-keren. Hmm, diskonnya juga cukup menggiurkan lo. Happy shopping ya!



16 comments:

  1. Cocok banget iki mbak buat referensi suamiku

    ReplyDelete
  2. Pas... buat persiapan lebaran. Cucok...

    ReplyDelete
  3. Bagus2 ya batiknya. Ntar tunjukin abang matt lah ya biar dia yg pilih dan beli sendiri hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi pilih sendiri, Beli sendiri :D betul banget itu!

      Delete
  4. Model baju batik sekarang beda dengan yang dulu ya mbak Marita. Sekarang banyak corak dan model yang bagus dan cocok juga buat anak muda. Kalau suami saya sih gampang, mau dibeliin yang mana aja asal ukurannya pas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, udah nggak berkesan "tua". Suamiku jg manut dibeliin yg mana aja... :D

      Delete
  5. baju batik sekarang sudah lebih fashionable. kalau dulu batik kesannya untuk para orang tua dan dipakai di acara formal, sekarang batik lebih fleksible dan mengikuti mode, jadi banyak juga anak muda yang pakai.
    saya belum punya suami, tapi kadang kepikiran juga buat hadiahin batik ke teman ataupun kolega. thanks referensinya mbak Tyas :)

    ReplyDelete
  6. Kalau menghadiri undangan dengan tamu yang berbeda kan, gak bakalan ketahuan, Mbak, jika baju yang dikenakan itu-itu saja :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih.. Tp klo lagi foto berasa sendiri kenapa pakenya ini lagi ini lagi yaa hihihi

      Delete
  7. milih baju batik yang cocok itu susah, Makasih infonya

    ReplyDelete
  8. Asal udah pny selera.. Insya Allah mudah :)

    ReplyDelete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.