Tuesday, April 18, 2017

Lima Youtuber Cilik Indonesia Kesukaan Ifa

Lima Youtuber Cilik Indonesia Kesukaan Ifa


Lama nggak ngoceh di blog nih, kangen juga. Mumpung Afan lagi bobok nyenyak dan beberapa kerjaan sudah rampung dengan manis, aku mau menyapa teman-teman dulu deh. Kali ini aku mau share tentang lima youtuber cilik Indonesia yang sering ditonton Ifa ketika ayah bundanya lagi nggak bisa nemenin dia main.

Memisahkan gadget dari anak memang susah-susah gampang. Mau dipisahkan secara total, tapi si anak sudah bisa protes, “kok ayah bunda sering pegang gadget, kenapa aku nggak boleh?” Meski sudah dijelaskan kalau kami pegang gadget karena kerjaan, tetap saja Ifa merasa nggak adil kalau nggak dibolehkan pegang gadget sama sekali.

Akhirnya setelah berdiskusi dengan ayahnya, kami pun memutuskan bahwa Ifa boleh pinjam gadget ayah bundanya saat kami sedang tidak memungkinkan menemani dia main. Bete juga kan kalau lagi nggak ada teman main di luar, ayahnya kerja, bundanya lagi dikejar setoran artikel atau ngeloni Afan; dia merasa sendirian. Sebenarnya kalau lagi mood, Ifa bisa sih main sendiri, main balok, playdough, nyusun puzzle, dengerin hafizah doll atau baca buku dengan gayanya sendiri. Tapi dia tipe anak yang cenderung suka ditemani ayah bundanya kalau sedang main dibandingkan harus main sendiri. Nah, kalau lagi nggak mood main sendiri, caper-nya bisa kumat dan malah jadi bikin aktivitas yang sudah direncanakan gagal total. Dengan pertimbangan tersebut, akhirnya Ifa pun masih kami bolehkan memegang gadget.

Ifa suka banget nonton Youtube lewat gadget, yang dia tonton biasanya acara-acara DIY (do it yourself), seperti bikin slime, bikin play dough ataupun review mainan. Beberapa bulan terakhir karena TV dirumah nggak lagi menyala, dia juga senang nonton Laptop Si Unyil dan Bocah Petualang lewat Youtube. Tentunya ketika menonton acara-acara tersebut, Ifa dalam pengawasan kami. Itu pun kalau dia mau ganti channel yang dia tonton, dia harus laporan dulu ke ayah bundanya, “boleh ganti nonton yang ini atau nggak?” Setelah kami cek dan kontennya aman buat anak-anak, baru dia boleh klik ke link berikutnya.

Ifa pun hanya boleh mengakses YouTube pada hari Sabtu dan Minggu. Selain hari itu, dia boleh pinjam gadget ayah bundanya hanya untuk mainan ataupun sekedar lihat koleksi foto dan video di galeri. Game di gadget pun telah kami pilih yang memiliki unsur edukasi, misal game latihan membaca, latihan menulis, mengenal hijaiyah dan satu aplikasi augmented reality dari Ensiklopedi Bocah Muslim.

Gara-gara hobi Ifa yang suka nonton Youtube, aku jadi hafal sama lima youtuber cilik Indonesia berikut ini. Channel mereka ini yang paling sering ditonton Ifa. Mau tahu siapa saja mereka? Cekidot!

1.      Aisyah Hanifah
Inilah youtuber cilik pertama yang dikenal Ifa. Awalnya Ifa tertarik karena namanya mirip dengan namanya; Hanifah. Dari Aisyah Hanifah ini, Ifa jadi tahu caranya subscribe channel di Youtube, dan kalau teman-teman ngecek akun youtube-ku, isinya subscribe-an Ifa semua. Sampai kalau buka youtube selalu disambut dengan video slime, review mainan ini itu, bikin geleng-geleng. Channel drama korea-ku jadi ketutupan sama video-video kesukaan Ifa, hehe.

Channel Youtube Aisyah Hanifah


Dibanding youtuber cilik lainnya yang sering ditonton Ifa, buatku Aisyah Hanifah ini yang paling oke dan kelihatan professional. Dari pengambilan gambar, tema videonya dan cara komunikasi si Aisyah ini bikin gemes banget. Meski baru duduk di kelas tiga Madrasah Ibtidaiyah di Jakarta, kemampuan ngomongnya oke banget.

Video yang diunggah oleh Aisyah Hanifah pun beragam, dari review mainan, review game, video do it yourself, hingga video ngaji pun ada. Yang aku suka dari si Aisyah ini, di setiap sesi videonya dia selalu menyampaikan bahwa dia hanya pegang gadget pada hari Sabtu dan Minggu. Pesan terselubung ini memudahkan aku untuk menyampaikan nasihat ke Ifa kalau nonton Youtube harus sesuai jadwal dan nggak boleh berlebihan.

2.      Lifia dan Niala
Youtuber kedua yang dikenal Ifa adalah kakak adik Lifia dan Niala. Kalau kita googling keyword youtuber cilik, nama mereka paling terkenal sebagai youtuber dengan penghasilan paling tinggi di Indonesia. Menurut info yang aku baca sih, mereka bisa dapat lima puluh juta setiap bulan, we o we…

Channel Youtube Lifia Niala


Channel Lifia Niala sendiri merupakan kumpulan video aktivitas dari Lianindya Alifia (7) dan Anindita Niala (5). Mereka merupakan anak dari Ady Kuswara yang bekerja di bidang pendidikan di Pekanbaru. Hampir sama dengan Aisyah Hanifah, tema video mereka pun banyak berkutat tentang review mainan. Namun ada satu video terbaru dari mereka tentang periksa gigi ke dokter yang cukup bikin Ifa jadi tertarik ke dokter gigi. Kepolosan dan keseruan mereka cukup asyik sih buat ditonton.

3.      Little Princess Shinta
Di antara channel-channel youtube yang Ifa tonton, jujur aku paling geli kalau dengerin dan lihat video dari si Shinta ini. Nggak tahu kenapa kok aku merasa Shinta ini korban dari ibunya yang pengen ngeVlog, semoga aku salah ya. Entahlah.. rasanya kaku dan nggak natural aja dilihatnya, tapi herannya Ifa kok ya nonton berulang kali. Bagus kali menurut Ifa, hehe.

Gadis cilik asal Kalimantan Tengah ini cukup jago bahasa Inggrisnya. Beberapa kali di videonya dia ngomong pakai bahasa Inggris dengan cukup baik. Di channel ini kita juga bisa lihat beberapa aktivitas harian Shinta, unboxing mainan dan challenge-challenge seru yang dilakukan bersama ibunya. Yang aku kurang suka dari channel gadis cilik nan manis ini, judul videonya nggak begitu rapi; tulisannya pakai huruf kecil semua.

Channel Youtube Little Princess Shinta


Ibu si Shinta juga punya channel youtube sendiri lo, namanya Ibu dan Balita Indonesia. Di channel ini, si ibu banyak review tentang mainan bayi, perlengkapan bayi dan tetek bengek tentang perbayian. Cocok ditonton oleh ibu-ibu muda yang baru punya baby, tapi bukan favoritku sih, mending nonton channelnya Andien, hehe.

4.      Keira Charma
Channel ini berisi tentang keseruan Keira Aghni Z Rambe yang berusia 9 tahun dan adiknya Airel Charma L Rambe yang berusia 7 tahun. Diungkapkan oleh Rini Julramdani, mama sekaligus editor video mereka, ide pembuatan video-video itu berasal dari anak-anak sendiri. Rini pun menyambut ide tersebut dengan semangat sebagai sarana mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat.

Keira Charma Channel Youtube


Keira dan Charma sangat semangat setiap membuat video baru. Meski begitu duo gadis cilik yang baru saja pindah dari Pekanbaru ke Bandung ini tetap dibatasi oleh orang tuanya dalam penggunaan gadget. Di channel mereka, selain unboxing mainan, video parody mereka cukup menghibur.

5.      Damar Dian
Nah, kalau ini Ifa baru-baru saja sih kenalnya. Yang ngenalin sih aku. Soalnya penasaran sama channel putra-putrinya Bung Eko Nurhuda, sang blogger femes dari kota Pemalang ini. Eh, lama-lama, Ifa suka ngepoin juga video-videonya.

Youtube Channel Damar Dian


Dari channel Damar Dian ini, kita bisa lihat bagaimana seru dan polosnya anak-anak Bung Eko. Kepolosan mereka inilah yang menurutku menjadi daya tarik tersendiri. Gegara nonton video-video mereka, Ifa jadi terinspirasi beli jajan A hingga Z yang diulas di channel Damar Dian, hehe. Selain review jajanan, di channel ini kita juga bisa lihat video jalan-jalan dan kegiatan Damar Dian sehari-hari. Seru lah, sukses terus deh buat Bung Eko dan putra putrinya.


Dari hobinya nonton Youtube ini tentunya ada dampak positif dan negatifnya. Dampak positif, kosa kata Ifa jadi bertambah, bukan hanya kosa kata Indonesia namun juga Inggris, karena dia juga sering nonton channel-channel luar negeri. Selain bertambahnya kosa kata, Ifa juga bertambah skill komunikasi-nya, kalau ngomong mulai semakin tertata, dan kadang bikin geli. Kelihatan kalau lagi main sama temannya di rumah atau momong sama adiknya, ada saja kalimatnya yang suka bikin perut sakit karena geli. Di sisi lain, dampak negatifnya Ifa jadi gampang pengen ini pengen itu. “Beli mainan itu dong, bun. Beli jajan itu dong, bun. Boleh install game yang kaya di Aisyah Hanifah?” Ayah Bundanya yang harus kuat tamengnya untuk tidak selalu mengabulkan permintaannya.  

Ngomongin soal gadget dan YouTube, teman-teman kasih batasan nggak ke anak-anaknya? Share dong di sini. Btw, sudah pernah nonton lima youtuber cilik Indonesia di atas nggak, pals?




28 comments:

  1. Wah, Ifa keren ya. Ibunya sampai apal ya Mbak MArita? hehehe... Anakku sukana lihat video klip lagu2 jaman dulu. Sama kayak emaknya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. La iya hafal, wong nontonnya di sebelah ibunya, hehe. Kalau lagu dia lebih seneng dengerin daripada nonton video klipnya.

      Delete
  2. Baik juga ada pesan moral dari youtuber cilik ini. Kalau aku memang kasih waktu buat mainan hape. di waktu wiken aja. Tapi kalo libur panjang susah juga. Paling aku tanya sudah berapa jam mainnya. Kalau sudah lebih dari sejam tak minta hapenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kadang kalau masih ngeyel, aku matiin koneksi internetnya, hehe.

      Delete
  3. Kalo anakku suka yang dari luar. Maya dan hulian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Ifa yang dari luar suka sama keluarga yang anaknya lima atau enam gitu. Rame banget kalau bikin video, anaknya banyak.. Hihi

      Delete
  4. Sama kayak anakku mbak, setiap malam hobinya nonton youtube. Kebetulan hp dia internetnya modal wifi, jadi cara satu-satunya supaya dia taruh hp, hanya dengan cara mutusin koneksi wifi nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbak. Aku juga suka gitu kalau udah kelamaan nonton, diminta hp nya gak mau.

      Delete
  5. Kemana aja aku baru tau ada YouTuber cilik yg femes n gemesin gini? 😂 Efek sllu mantengin channel nya agung dan Michelle *hikz



    dhe-ujha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Aku juga kalau ga punya anak, ga bakal lirik2 youtuber cilik deh :)

      Delete
  6. anakku suka nonton youtube tp channel Diva, shaun sama DIY malah aku baru tau loh mba ada youtuber cilik gegara baca ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya.. Aku juga kalau anakku ga jadi fans youtuber cilik ini, aku juga nggak tahu mbak :)

      Delete
  7. Wah belum pernah nonton 5 youtubers cilik ini, saya taunya cuma bocah pomade aja. Jadi pengin segera mampir ke channel2nya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kok, lihat anak-anak jaman sekarang pinter cas cis cus depan kamera :)

      Delete
  8. aih ifa seleranya sama ma lala n mbak lia yg suka aisyah hanifah. like2 n subscribe2 semua yutubenya si aisyah. pokoke itu2 aja deh mbak daripada liat sinetron he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Aku juga diantara youtuber cilik lainnya, paling suka si aisyah ini.. :)

      Delete
  9. wkwkwkw mba aku sampe nonton tenanan gara-gara Ifa ki hahahha
    lucu-lucu banget dan kece ya. Itu yang Aisyah mainannya bagus-bagus, jamanku aku rak due koyo ngono wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Dolanan saiki werna-werna.. Tur larang2 nek sing ori :D

      Delete
  10. Mau intip ahhh mumpung ada paket yutub greton haha mak irits akuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyiknya dapat paket gretongan :)

      Delete
  11. Aisyah Hanifah sama Shinta anakku suka nonton. Kalo favoritku sih tetep ya channelnya Raditya Dika hahaha

    ReplyDelete
  12. Jadi suka deh sama Aisyah Hanifah, kreatif. Ternyata banyak youtuber cilik yg keren ya, kalau ponakanku tiap buka youtube pasti nyari gen halilintar sama disney princess mba :D

    Perlu kukasih tau sama kakakku nih, penting bgt mengatur dosis gadget buat anak, mungkin kalau ada contoh baik seperti Hanifah ini mereka bakalan termotivasi, thanks for sharing mbaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak. Anakku ga begitu suka princess-princessan :D

      Ya mbak, tetap harus dibatasi.. Apapun yang berlebihan pasti nggak baik, kan?

      Delete
  13. Mbak, makasih banyak udah nyantumin channel anak-anakku bersama bintang-bintang YouTube cilik lainnya. Kami belum apa-apa, masih tahap iseng-iseng aja. Hehehe.

    Sekedar bercerita ya. Dari kedua anakku, Diandra yang suka banget nonton YouTube. Damar juga suka, tapi sukanya nonton film animasi. Kalau Diandra nonton kaya fun doh, slime, dan mainan-mainan anak begitu. Dulu dia suka banget nonton Aisyah Hanifah sama Lifia Niala. Dan terus ketularan pengen ikut beli ini-itu.

    Aku sih nggak keberatan. Cuma aku gak mau anakku cuma jadi konsumen dan pengikut dari apa yang dia tonton. Jadi, pelan-pelan aku ajak mereka jadi kreator juga. Terpengaruh boleh, tapi harus jadi kreator juga. Jangan cuma jadi penonton dan pengikut saja. Kira-kira begitu asal-usul pembuatan channel YouTube tersebut. Selain alasan lain yang agak pribadi, yaitu biar Kakek-Neneknya di Jambi sana bisa memonitor perkembangan cucu-cucunya meski cuma lihat video. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini bapaknya Damar dan Diandra muncul, hehe.. Sama mas, ini si Ifa juga lagi aku sounding begitu. Jangan hanya jadi penonton, kalau mau Ifa bisa kaya Aisyah Hanifa atau Mas Damar dan Mbak Diandra lo. Tapi Ifa agak malu-malu kucing...

      Kemarin sempat udah rekaman satu video, kata ayahnya mau diupload, tapi belum diedit-edit juga. Kapan-kapan ajari lah jadi youtuber, hehe...

      Sukses selalu buat Bung Eko dan keluarga. Salam buat Mas Damar dan Mbak Diandra yang unyu-unyu.

      Delete
  14. DUh aku juga kagum nih anak anak itu kreatif banget ya mba. Alhamdulillahdan banyak juga yang bisa menghasilkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, anak sekarang pinter-pinter ya.. :)

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.