Tuesday, July 25, 2017

Belum Sah Pergi ke Malioboro Kalau Belum Coba 4 Kuliner Khas Ini



Assalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Gara-gara liburan yang lalu cuma bisa mlongo lihat teman-teman pada berlibur ke luar kota dan aku cuma jaga gawang, aku jadi kangen deh jalan-jalan ke Yogyakarta. Percaya atau tidak, terakhir aku ke sana itu setelah ijab kabul sama suami. Gayanya sih mau honeymoon, padahal aslinya nganterin budhe yang datang dari Sulawesi bersama cucu-cucunya keliling Yogyakarta, hehe. Ngomongin Yogyakarta nggak bakal bisa lepas dari Malioboro, betul atau betul?


Selain sebagai pusat perbelanjaan, Malioboro memang menjadi tempat yang paling asik, ramai, dan juga terkenal di Yogyakarta. Rasanya liburan ke Yogyakarta belum sah jika kaki-kaki kita tidak menginjak aspal Malioboro. Kota Yogyakarta memang terkenal dengan biaya hidup yang masih cukup murah. Bahkan kalian juga bisa menemukan begitu banyak hotel murah di Jogja dekat Malioboro meskipun Malioboro merupakan lokasi wisata utama para pelancong dari belahan dunia manapun.

Kawasan Malioboro memang selalu memiliki daya tarik tertentu bagi para pengunjungnya, entah untuk sekadar mengobrol sambil berjalan, berfoto ria, berbelanja atau hanya duduk di pinggir jalannya. Ngomong-ngomong soal duduk di pinggir jalan, kalian sudah pernah mencoba kuliner ada di sekitar Malioboro belum? Di antara banyaknya penjual makanan, ternyata ada beberapa tempat kuliner khas Malioboro yang sudah melegenda lho! Penasaran? Berikut daftarnya.


Photo credit: hargamenu.com

Gudeg Yu Djum

Kalau kita sedang berada di Kota Gudeg, masa iya tidak menyicipi kuliner khas yang satu ini sih? Kuliner khas Yogyakarta ini sudah mendunia dan terkenal lezat hingga mancanegara. Memang, di Yogyakarta kalian akan menemukan kuliner ini dijajakan di sepanjang jalan. Bahkan ada satu wilayah yang sudah dikhususkan menjadi tempat menjual gudeg yakni Jalan Wijilan yang ada di sebelah timur alun-alun utara. 

Banyak sekali merek gudeg yang ditawarkan di jalanan tersebut, tapi salah satu gudeg yang paling fenomenal sekaligus legendaris adalah Gudeg Yu Djum ini. Nah, khusus untuk kalian yang berada di Malioboro, Gudeg Yu Djum bisa ditemukan di Jalan Dagen no. 2C. Meskipun berada di lokasi wisata, harga Gudeg Yu Djum tidaklah mahal harganya hanya sekitar Rp 20.000-an saja untuk satu porsi nasi gudeg. 


Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya merupakan salah satu jajanan legendaris yang berada di kawasan Jalan Malioboro tepatnya berada di depan Toko Samijaya dan di samping Hotel Mutiara yang merupakan salah satu hotel murah di Yogyakarta dekat Malioboro atau tidak jauh dari Halte Trans Yogya- Malioboro 2. Meskipun hanya dijual dengan gerobak kecil nan sederhana, jajanan ini tidak pernah sepi pengunjung. Menu utama yang ditawarkan berupa lumpia ayam dan lumpia spesial. Kedai ini buka mulai dari pukul 11.00 hingga pukul 19.00 waktu setempat. Harga yang ditawarkan pun sangat murah yakni berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 3.500 saja.


Photo credit: klikhotel.com

Angkringan Lik Man

Angkringan legendaris yang satu ini tentunya tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke Malioboro, Yogyakarta. Berada di sekitar Malioboro tepatnya di samping Stasiun Tugu, angkringan ini terkenal dengan menu signature-nya Kopi Joss. Kopi ini menjadi terkenal karena cara penyajiannya yang unik, yakni dengan memasukkan arang panas atau bara api ke dalam cangkir kopi tersebut. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Yogyakarta untuk menyicipi keunikan kopi yang disajikan oleh Lik Man ini. Selain kopi Joss, kita  juga bisa menikmati menu lain seperti beraneka ragam sate, nasi kucing, susu jahe, teh, dan gorengan. 

Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan minuman hangat yang terbuat dari air jahe, ronde, kolang kaling, roti tawar, dan juga kacang. Kalian pasti akan menemukan banyak sekali pedagang wedang ronde di sepanjang jalan Malioboro, mulai dari sore hari hingga malam. Ketika berjalan di Malioboro pada malam hari, sempatkanlah dulu untuk menikmati semangkuk Wedang Ronde agar kalian tidak masuk angin karena Yogyakarta ketika malam hari memiliki udara yang cukup sejuk. Masalah harga, kalian tidak perlu khawatir karena Wedang Ronde ini dijual hanya dengan harga 6 ribu rupiah saja. Kita tidak perlu khawatir kesulitan menemukan wedang ronde karena meskipun kita menginap di hotel mewah ataupun hotel murah di Jogja dekat Malioboro sekali pun, kita bisa tetap menemukan minuman legendaris ini.

Nah, kira-kira itulah daftar makanan dan minuman wajib yang bisa kalian coba di Malioboro. Tidak jarang para pengunjung justru menemukan tempat makan dengan harga yang cukup mahal karena Malioboro termasuk tempat wisata. Oleh karena itu, dengan beberapa daftar di atas semoga kita bisa lebih berhemat ketika berlibur di Malioboro. Btw, ngomongin soal berhemat ketika berlibur, kita juga bisa lo memotong biaya penginapan dengan memilih beberapa hotel murah di Jogja dekat Malioboro.


Selamat beraktivitas, happy reading dan sampai jumpa di postingan berikutnya, pals.

Wassalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.



16 comments:

  1. Kalo gudeg aku lebih suka langsung ke daerah wijilan sentranya gudeg tp kapan2 seru juga keknya makan gudeg di malioboro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, asyik juga lo sambil menikmati ramainya Maliboro... :) Aku kapan-kapan mau coba yang di Wijilan aah, malah belum pernah hehe.

      Delete
  2. Unik juga ya kopi dimasuki arang panas. Btw gudeg Yu Djum udah pernah nyoba, tapi tidak makan langsung di Jogyanya. Suami yg beli trus dibawa pulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, unik dan rasanya khas banget. Wah... oleh-olehnya gudeg, luaaar biasa hehe.

      Delete
  3. Mbaak aku ngiler malem malem gini baca artikelnya. Mau ke jogja nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang nulis aja juga ngiler kok mbak, hehe

      Delete
  4. Jalan Malioboro memang menyenangkan ya, Mbak Marita.
    Bahkan pas sarapan, saya juga beli gudeg di pinggr jalan seharga 10 ribu hehehe.
    Soal Lumpia Samijaya, itu juga antre ya, Mbak. Pokoknya harus rela sabar hehehe. Tapi tetap di Malioboro itu banyak jualan bakpia aneka rasa, Mbak. Kemarin ke sana beli 25 ribu sekotak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, benar.. Bakpia belum aku masukkan.. beneran nggak sah tuh kalau ke Yogya belum beli bakpia, hehe. Makasih sudah mengingatkan, mas.

      Delete
  5. Aku sukanya wedang ronde ama angkringan mbak rit 😊,terakhir ke malioboro pas 2014 sebelum ke merapi kaliurang jalan jalan disana 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya mbak, sambil santai-santai menikmati Malioboro cicip-cicip wedang ronde dan angkringan.

      Delete
  6. Paling fave yang lumpia samijaya. Enak banget, tiap mampir ke malioboro pasti menyempatkan beli jajanan satu ini.

    ReplyDelete
  7. Aku belum sah berarti ya ke sana nya, baru pernah gudeg sama ronde nya doang soalnya mba.. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Aku waktu itu belum sempat ke angkringan LIk Man. Ntar ke sana ah kapan-kapan :)

    ReplyDelete
  9. Aku pas jalan2 ke yogyakarta bareng keluarga, aku cuma kunjungi malioboro aja. Itupun pas beli oleh2 aja dan aku juga sempet nyobain makanan gudeg sama susu jahe. Jadi pengin kesana lagi nih.

    nutazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. wah rumahku di Jogja dekat ke semua kuliner tapi kok belum coba ya?

    hehehe kurang update :)

    ReplyDelete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.