Tuesday, August 1, 2017

5 Alasan Ini Bikin Aku Nekat Ikut ODOP!



Assalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Nggak kerasa kalendernya udah ganti bulan aja nih. Ada yang punya target bulanan kah? Kalau ada, apa target bulan lalu terpenuhi? Aku sendiri bulan lalu berusaha untuk bisa update blog minimal tiga kali dalam seminggu, maka setidaknya dalam satu bulan harus ada 12 postingan blog. Berhasil? Alhamdulillah, di bulan Juli aku bisa menutup target yang aku buat sendiri. Meski seharusnya aku punya jadwal posting yang harus aku tepati, pada kenyataannya aku masih meleset terus, tetap update blog dengan jumlah yang ditargetkan tapi tidak di jadwal yang sudah kutentukan. Nah di bulan Agustus ini aku ingin lebih konsisten dengan jadwal yang sudah kupilih.

Ternyata di luar dugaan Blogger Muslimah mengadakan kegiatan yang menantang adrenalin; One Day One Post selama satu bulan di bulannya rakyat Indonesia ini. Waktu membaca postingan tersebut di grup Facebook agak maju mundur, ikutan nggak ya, ikutan nggak ya... Bismillah, akhirnya aku ikut daftar juga untuk mengikuti tantangan ini.

Kenapa?


Yang pertama tentu saja untuk melatih diri agar bisa konsisten dengan komitmen yang telah dibuat. Konsisten itu terasa ringan di mulut, tapi berat pelaksanaannya. Kadang untuk bisa konsisten butuh dipaksa, dan mengikuti ODOP macam begini bisa menjadi alasan untuk tetap konsisten. Konsisten juga memaksaku untuk mengikuti kandang waktu yang sudah aku buat sendiri. Kapan waktu buat ngeblog, kapan waktu buat anak, kapan waktu buat ngurus rumah. Sekalinya nggak disiplin, bubar semuanya. Semoga dengan mengikuti ODOP ini secara tidak langsung akan membantuku untuk membiasakan diri menjadi lebih disiplin, tidak hanya soal ngeblog, tapi juga di lini kehidupanku yang lain.


Kedua, dengan terus posting setiap hari, itu artinya aku menolak alasan 'nggak punya ide'. Mau tidak mau aku harus bisa mengolah ide apapun, sesederhana apapun menjadi tulisan yang asyik dibaca, syukur-syukur bisa memberi manfaat. Artinya, aku juga harus lebih banyak membaca. Entah itu membaca buku, membaca status orang yang mungkin bisa menginspirasi jadi sebuah tulisan, dan membaca alam (kegiatan sehari-hari). Banyak teman di luar blogger yang suka tanya, aku pengen bisa menulis deh, ajari dong. Aku suka senyum kalau ditanyain begitu, sambil jawab, ya nulis aja yang pengen kamu tulis. Nggak usah yang susah dulu, tulis keseharian kamu, tentang anak, tentang suami, tentang kegiatan sehari-hari. Preeet, nyatanya yang ngasih saran aja kadang suka kehabisan bahan tulisan. Padahal aslinya nulis itu ya sesederhana itu, nggak perlu muluk-muluk, tiap hari pasti ada bahan yang bisa ditulis kok. Masalahnya mau atau tidak menuliskannya.


Ketiga, blog tanpa konten apalah pantas disebut sebagai blog? Yang ada jadi sarang laba-laba dong. Dan sudah kesekian kali blogku ini jadi sarang laba-laba karena aku tidak konsisten posting. Ngakunya blogger, tapi nggak pernah posting. Ke laut aje deh... hehe. Maka, dengan rutin mengikuti ODOP selama sebulan ini secara tidak langsung aku sudah mengusir cantik sarang laba-laba dan menjadikan blog ini tempat yang nyaman untuk dikunjungi. So, jangan lupa mampir ke sini ya, pals. *MaksaDotCom.


Keempat, terkadang aku bingung mau blogwalking ke mana. Dengan ikut kegiatan ini, aku jadi punya pilihan untuk berkunjung ke 'rumah' siapa. Tinggal nengok grup Facebook Blogger Muslimah, sudah ada link dari teman-teman sesama peserta ODOP yang siap disinggahi. Tentu saja blogwalking menjadi ajang silaturahmi antar blogger yang penting banget. Yang tadinya nggak tahu, jadi tahu. Yang tadinya udah kenal, jadi semakin dekat. Silaturahmi lewat blogwalking ini juga bermanfaat banget untuk saling menginspirasi, entah itu dari sisi tulisan ataupun sisi desain template. Kadang setelah blogwalking ke tempat teman, jadi punya inspirasi untuk membuat tulisan dengan tone yang sama atau jadi kepengen utak-atik template biar lebih manis.


Kelima, ini bukan target utama sih, tapi kalau ujung-ujungnya DA/ PA bisa naik kan alhamdulillah, hehe. Seneng kan ya kalau ngecek MOZ dan taraa... DA/ PA nya bisa di angka cantik yang diharapkan. Tentu saja kalau setelah sebulan nanti DA/ PA bisa naik, tantangan di bulan selanjutnya adalah mempertahankan agar bisa di angka yang sama, dan kalau bisa lebih meningkat lagi. Weits, memang buat apa sih DA/ PA kudu naik? Ya, biar gampang kalau nyari job, hehe. Kan sekarang DA/ PA selalu jadi syarat tuh. Semakin tinggi DA/ PA, blog kita semakin dianggap oke oleh pemberi kerjaan. Tapi perlu digarisbawahi ya, ini cuma bonus, kita perlu memurnikan niat ngeblog bukan hanya untuk masalah dompet, hehe.

Ya, kira-kira lima alasan itulah yang menjadi motivasiku mengapa aku tertantang untuk ikut One Day One Post-nya Blogger Muslimah. Doakan aku, pemirsaaaah. Buat teman-teman yang juga mengikuti kegiatan ini, semangaaaaaaat ya, pals!

Keep writing, keep sharing, keep inspiring. Wassalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia


7 comments:

  1. Yeyy... DA dan PA yang kemudian berujung pada invoice sesuatu banget ya, Mba ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak.. hehe, tapi ini mah bonus saja, yang penting belajar konsistennya :)

      Delete
  2. Bismillah.. Aku jg mencoba konsisten ikut ODOP nih.. Smg lancar.. Saling mendoakan ya Mba..

    ReplyDelete
  3. wahhh semangat mba odop nya.. aku blm sanggup sepertinya

    ReplyDelete
  4. Aku pengen deh bisa ikutan tp blm bisa ngatur waktu antara kerjaan n nulis blm lagi ada baby skr. Keren deh marita bisa odop

    ReplyDelete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.