Wisata ke Solo? Jangan Lupa Main ke 7 Tempat Ini!

  • Tuesday, October 17, 2017
  • By Marita Ningtyas
  • 7 Comments

7 Tempat Wisata di Kota Solo

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Akhir-akhir ini aku merasa sering gagal fokus nih, pals. Contohnya, aku lagi ada di dapur sedang proses memasak sesuatu. Aku kepikiran untuk mengambil bumbu di dalam kulkas, eh bukannya beranjak menghampiri kulkas malah jalan ke arah tempat cuci piring yang letaknya saling berlawanan. Ada lagi nih, pas lagi ngobrol sama suami, di dalam pikiran pengennya ngomong kata A, ternyata justru kata Z yang keluar dari mulut. Suami jadi bengong memahami maksudku. Setelah aku ngeh kalau salah ngomong, baru aku jelasin yang aku maksud itu A. Eh, suami bengong lagi, “kok bisa maksudnya A ngomongnya Z. Jauh banget lo, bun. Wah, kayanya bunda kurang piknik nih.”
Aku pun mengiyakan pernyataan pak suami. “Aah, bener banget tuh. Udah lama kita nggak piknik.” Aku pun mengajukan proposal untuk berwisata ke Solo. Kenapa Solo? Pertama, karena buatku Solo itu eksotis dan nyeni. Aku pernah beberapa kali ke sana untuk menyaksikan pementasan teater.  Selalu ada rindu untuk kota ini. Kedua, lokasinya nggak terlalu jauh dari Semarang, jadi bisa minim budget, hehe. Ketiga, pada tahun 2015 kami pernah wisata dadakan ke Solo naik kereta dan itu seru banget. Kak Ifa udah mulai nagih nih, “aku mau lagi dong bun naik kereta ke Solo.”

Pengalaman Naik Kereta ke Kota Solo

Sepertinya bakalan seru banget kalau dari sekarang mulai merencanakan berwisata ke Solo. Apalagi sekarang sudah ada Affan, perjalanan naik kereta pasti tambah heboh dan penuh cerita. Hmm, tengok jadwal dan harga tiket kereta dulu aah, biar bisa lebih well prepared acara liburannya. Jangan sampai mengalami seperti dua tahun yang lalu, kami beneran seperti keluarga yang tersesat di Solo. Sesampainya di stasiun, kami bingung mau ke mana. Akhirnya cuma cari makan siang, terus jalan ke terminal bus Solo yang keren buangeeet. Terminal berasa bandara euy. Di terminal, kami cuzz cari bus jurusan Semarang, terus pulang deh. Nggak banget kan?

Meskipun pengalaman kami berwisata ke Solo agak nyentrik, tapi tetap saja hal tersebut meninggalkan kesan yang dalam buat Kak Ifa. Makanya jadi pengen merancang wisata ke Solo yang beneran niat, biar Kak Ifa dan Affan bisa tambah happy.

7 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Aku pun mulai cari-cari tempat wisata di Solo yang asyik buat dikunjungi keluarga. Pengennya sih nggak cuma yang fun-fun aja, tapi juga ada sisi edukasinya gitu deh. Akhirnya setelah pilah pilih, tujuh tempat ini kayanya recommended buat dikunjungi.

Keraton Kasunanan Surakarta

Tempat pertama tentu saja Keraton Surakarta. Selain karena letaknya di pusat kota, pastinya asyik deh membawa Ifa dan Affan berkunjung ke situs sejarah ini. Apalagi anak-anakku sudah menjadi bagian kids jaman now yang mulai tidak mengenal wayang kulit dan kesenian daerah lainnya. Berwisata ke Keraton Kasunanan Surakarta bisa membantuku untuk mengenalkan budaya dan seni Jawa kepada mereka. Kalau bukan mereka kelak yang nguri-uri budaya Jawa, siapa lagi to? Selain belajar budaya dan seni, belajar sejarah Solo langsung di kotanya pasti akan sangat menarik dan terekam kuat.

Keraton Kasunanan Surakarta Kota Solo

Keraton ini ternyata dibangun oleh Pakoe Boewono II pada 1745. Jadi umurnya sudah berapa tahun ya? Namun kalau mau berkunjung ke sini harus benar-benar memperhatikan jam bukanya nih. Catat dulu ah, kalau hari Senin – Sabtu, bukanya dari jam 08.30 – 14.00. Khusus hari Minggu hanya dibuka dari jam 08.30 – 13.00.


Taman Sriwedari

Taman ini mengingatkan waktu jaman masih main teater. Aku pernah nongkrong di sini sama teman-teman teater, berdiskusi asyik tentang kesenian. Bakalan asyik banget kalau bisa napak tilas ke taman yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, Kecamatan, Laweyan, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini. Apalagi napak tilasnya nggak sendirian, tapi bareng keluarga.

Di sini kita bisa nonton pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Seru lo nonton Wayang Orang. Kalau anak-anak diajak nonton pasti bakal tanya terus nih, itu orangnya ngomong apa ya bu, hehe. Wayang orang yang ditampilkan di sini diambil dari kisah Ramayana dan Mahabarata.

Taman Sriwedari Wisata di Kota Solo

Taman Sriwedari ini juga situs sejarah lo. Berdiri sejak era Pakubuwana X. Dulu dibuat sebagai taman hiburan rakyat. Terkenal dengan Malam Selikurannya.  Untuk masuk ke taman ini cukup sediakan Rp. 12.000/ orang. Buka dari jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam.

Monumen Pers Nasional

Wisata edukasi bersama anak-anak sepertinya bakal kece kalau singgah ke Monumen Pers Nasional yang terletak di Jl. Gajah Mada, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta. Didirikan sejak 1978 sebagai tempat untuk belajar mengenai sejarah pers Indonesia. Kita bisa mengajak anak-anak untuk melihat koleksi pers nasional, seperti majalah, koran dan benda-benda sejarah lainnya.

Monumen Pers Nasional Wisata Kota Solo

Wisata di monument ini juga sangat hemat karena tidak membutuhkan biaya. Selain berkeliling menikmati display benda-benda sejarah, anak-anak pasti menikmati diorama mengenai perkembangan pers di Indonesia yang ditampilkan. Kalau mau berkunjung ke sini, pastikan datang sebelum jam 16.00 ya.

Pandawa Water World

Mana ada anak yang nggak suka diajak main air? Maka aku pikir wajib hukumnya memasukkan wisata air ke dalam tujuan wisata ke Solo kali ini. Denger-denger tempat ini merupakan obyek wisata paling besar se-Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nggak tanggung-tanggung, ada 27 wahana permainan yang akan memanjakan pengunjung.

Pandawa Water World Wisata Kota Solo

Dengan fasilitas yang lengkap, wajar saja kalau obyek wisata yang berlokasi di Gedangan, Grogol, Sukoharjo ini membanderol harga tiket masuknya cukup tinggi, yaitu Rp. 80.000/orang saat weekdays dan Rp. 100.000/orang saat weekend/ hari libur. Jam buka tempat wisata air ini dari jam 08.00 – 17.00.

Museum Batik Kuno Danar Hadi

Pasti kenal dong dengan Batik Danar Hadi, salah satu perusahaan batik paling terkenal di Indonesia. Ternyata selain memproduksi batik, Danar Hadi memiliki visi untuk memperkenalkan dan melestarikan batik, yaitu dengan cara mendirikan museum yang bertempat di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Surakarta.

Berdiri sejak tahun 2008, kita bisa melihat koleksi kain batik sebanyak 10.000 helai. Bahkan MURI telah menetapkan museum ini sebagai museum dengan koleksi batik paling banyak. Wah, seru nih bisa mengajarkan Ifa tentang jenis-jenis batik. Konon kita juga bisa melihat batik yang dibuat sejak zaman colonial lo.

Museum Batik Kuno Danar Hadi Wisata Kota Solo

Untuk menikmati koleksi batik di museum ini, kita hanya perlu datang sekitar jam 09.00 – 16.00 dan menyiapkan Rp. 35.000/orang.

Agrowisata Sondokoro

Lokasinya memang tidak tepat berada di Solo, namun menurutku obyek wisata ini layak untuk dikunjungi. Menurut informasi yang aku dapat, setidaknya butuh 45 menit menuju lokasi ini dari pusat kota solo. Tepatnya di Jl. Mangkunegara, Bojonegara, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta.

Obyek wisata yang buka dari jam 08.00 – 17.00 ini menarik biaya masuk dari pengunjungnya sebesar  Rp. 5.000/orang. Murah kan? Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau ini, kita bisa belajar sejarah tentang Pabrik Gula paling besar yang ada di Karanganyar. Ya, Agrowisata Sondokoro ini memang merupakan pabrik gula tebu. Bahkan sampai sekarang pun masih memproduksi gula lo. Kira-kira bisa mborong gula nggak ya di sana? Hehe.  

Agrowisata Sondokoro Wisata Kota Solo

Selain belajar tentang sejarah pabrik gula tebu, anak-anak bisa bermain di wahana yang tersedia, seperti taman lalu lintas, jembatan gantung. Flying fox dan masih banyak lagi. Oya, untuk menikmati wahana-wahana yang ada, kita harus menyiapkan dana tambahan ya, karena tiketnya nggak include tiket masuk. Aku dapat saran dari temanku, baiknya kalau ke lokasi ini pas musim panen tebu, jadi bisa lihat proses giling tebu menjadi gula. Wah, seru tuh pastinya. Oya, ada satu lagi yang nggak kalah asyik; naik kereta lokomotif yang bermesin uap!

Bonbin Jurug

Udah lama nggak mendengar kata ‘bonbin’. Ada yang tahu apa artinya? Kalau orang Jawa harusnya ngerti dong. Yup, bonbin is kebun binatang. Berlokasi di Jl. Ir. Sutami No. 40, Jebres, Kota Surakarta, kebun binatang ini merupakan obyek wisata rakyat yang sangat terjangkau. Hanya dengan tiket masuk sekitar Rp. 7.000/ orang, kita bisa melihat  beraneka macam binatang. Selain itu kita juga bisa mengajak anak-anak berenang, naik kereta mini dan membeli oleh-oleh khas Solo sebagai cinderamata. Kebun binatang ini beroperasional dari jam delapan pagi sampai jam lima sore.

Bonbin Jurug Wisata Kota Solo

Wah, bingung juga nih kalau harus memilih satu atau dua tempat wisata saja yang harus dikunjungi. Kalau kalian dikasih daftar seperti itu, mana yang akan kalian kunjungi? Atau mungkin kalian punya referensi tempat wisata lain yang ada di Solo? Kasih tau dong.  Aku tunggu banget lo informasi dari kalian, pals. Eniwei, sampai jumpa di cerita-ceritaku selanjutnya ya.

 Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



#ODOPOKT16



You Might Also Like

7 comments

  1. Aku dari jaman tinggal di Semarang, cuman sekali apa dua kali aja deh ke Solo. Udah 25 tahun kali terakhir kesana. Suami malah 2 tahun terakhir ini ada 4 kali ke Solo. Kata suami " Bagus. say. Rapi. Maju"
    Dadi tambah penasaran kan

    ReplyDelete
  2. Aku sering ga fokus... tandanya butuh piknik ya ((modus))

    Btw pengin banget ke Museum Danar hadi.. :D

    ReplyDelete
  3. Pengen ke Solo makan selat solo viens, murah dan yummy buangeeettttt... Duh, jadi ngiler ��

    ReplyDelete

  4. Dari terminal naik bus kecil jurusan yg mo ke UMS itu. Turun solo square. Ngemol. Hihihi. Aku seringe gt mba. Udah ke taman balekambang belum. Itu juga mayan buat hiburan 😊 kl ke kra, ke tawangmangu sekaluan liat waterfall

    ReplyDelete
  5. Aku sering ke Solo, tapi baru ke tlatar, pandawa ama tawang mangu grojogan sewu aja, dan sering ke pgs dan btc beli baju batik 😀

    ReplyDelete
  6. Wah museum pers niy aku belum pernah mba, bisa diagendakan kl k solo lagi..

    ReplyDelete
  7. Kangen banget sama Solo, terakhir ke sana Hana masih bayi 😁😁

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com