Cerita Affan Baby Spa dan Terapi Nebulizer di Harapan Bunda Semarang

  • Saturday, October 14, 2017
  • By Marita Ningtyas
  • 10 Comments


Cerita Affan Baby Spa dan Terapi Nebulizer di Harapan Bunda Semarang


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Nggak kerasa udah sampai weekend lagi aja nih, dan hari ini program One Day One Post-nya Blogger Muslimah sudah masuk hari ke tiga belas. Tambah semangat, tapi sekaligus tambah ngos-ngosan. Namun semakin membuat aku sadar juga bahwa memang benar ide itu ada di mana-mana, tinggal kita mau atau tidak mengeksekusinya.

Kali ini aku berbagi pengalaman saat mengajak Affan pertama kali baby spa dan terapi nebulizer di Harapan Bunda Semarang. Aku mengenal Harapan Bunda sejak hampir enam tahun yang lalu, ya seusianya kak Ifa lah. Waktu kak Ifa masih bayi, Harapan Bunda juga baru banget dibuka. Lima tahun berlalu dan ternyata sudah banyak banget perbedaannya.


Yang paling kentara sih tempatnya semakin luas. Kolam untuk baby spa yang dulunya hanya satu dan terletak di belakang ruang pendaftaran, sekarang sudah dipindah ke ruangan dalam dan ada dua kolam. Tentu saja kini pelanggannya sudah semakin banyak, kalau kolamnya cuma satu tidak memadai kebutuhan pelanggan dong.

Ruang Depan Harapan Bunda Baby Spa Semarang


Lima tahun yang lalu aku masih meraba-raba jadi ibu, banyak hal yang baru aku pelajari, termasuk soal pijat-memijat. Awalnya karena mencari tukang pijat bayi semakin sulit, aku googling deh layanan pijat bayi di Semarang. Dari situlah kemudian aku mengetahui lebih lanjut tentang baby spa dan manfaatnya. Sebenarnya sebelum memutuskan Harapan Bunda sebagai tempat baby spa Ifa dan Affan, aku sudah survey dan tanya-tanya harga dulu ke beberapa tempat lainnya. Kalau ditanya kenapa akhirnya memutuskan di Harapan Bunda yang notabene lokasinya cukup lumayan dari rumah, ya pasti karena budget kami cukupnya di tempat ini, hehe. Dibandingkan beberapa tempat yang pernah aku survey, Harapan Bunda menawarkan paket yang cukup terjangkau, apalagi kalau kita langsung mendaftar jadi member. Lumayan banget deh selisih biayanya.

Keunggulan Menjadi Member Harapan Bunda

Tidak ada yang berbeda dari lima tahun yang lalu soal layanan di Harapan Bunda. Mbak-mbak terapisnya ramah dan hangat. Qodarullah saat kunjungan pertamaku ke Harapan Bunda, aku bertemu dengan mbak Tika yang seingatku dulu juga sering menangani Ifa. Mbak Tika ini terapis favoritku, ngobrolnya banyak dan kalau bayi nangis dia nggak gugup, selalu punya cara buat komunikasi sama si bayi.

Ruang Dalam di Harapan Bunda Massage Baby Center Semarang


Ketika sampai di Harapan Bunda, kita akan disambut dengan mbak terapis yang berjaga di ruang pendaftaran. Kalau pagi sampai siang hari ada dua atau tiga terapis gitu deh, saling bergantian siapa yang menangani baby, siapa yang berjaga di ruang pendaftaran. Ketika di ruang pendaftaran kita bakal ditanya sudah pernah ke sana sebelumnya kah, kalau sudah pernah ke sana pasti akan ditanya apakah paspornya dibawa, kalau belum pernah ke sana kita akan ditanya informasi sebagaimana umumnya – nama, alamat, no telepon, nama anak, usia anak. Setelah itu mbak terapis akan menjelaskan layanan apa saja yang bisa kita ambil beserta tarifnya. Kita juga akan ditawari apakah bersedia menjadi member. Saat itu aku langsung daftar jadi member karena yakin bakalan sering ke sana lagi.

Keuntungan menjadi member tentu saja kita bisa mendapat harga spesial dibanding pelanggan umum; diskon 25% setiap hari untuk layanan baby spa dan pijat senam bayi. Selain itu setiap hari Kamis kita juga bisa mendapat harga hemat. Member Harapan Bunda juga mendapat fasilitas untuk mengikuti kelas stimulasi motorik anak setiap hari Rabu, jam 14.00 – 15.00. Kelas ini selalu fully booked setiap bulan, benar-benar harus jauh-jauh hari daftarnya kalau mau ikut kelas ini.

Terus member juga dapat buku panduan stimulasi perkembangan motorik anak. Buku ini membantu banget buat aku. Apalagi dulu Affan sempet bikin dag dig dug karena sampai usia 6 bulan, dia belum mau miring dan tengkurap sendiri. Buku panduan itu helpful banget karena menunjukkan step by step how to stimulate the baby agar kemampuan motoriknya sesuai dengan usianya. Sayangnya aku cari-cari di tas kok bukunya enggak ketemu, padahal biasanya aku letakkan sepaket sama paspornya Affan.

Paspor Tumbuh Kembang Balita Harapan Bunda Baby Spa


Paspor? Huum, keren kan si Affan punya paspor euy, emaknya aja kagak punya.. hihi. Namanya Paspor Tumbuh Kembang Balita, semacam buku kunjungan gitu deh. Selain sebagai rekam jejak udah berapa kali berkunjung ke Harapan Bunda, ada juga halaman khusus yang memuat checklist tumbuh kembang balita 0 – 2 tahun. Membantu banget untuk mengetahui apakah tumbuh kembang Affan sesuai dengan usianya. Alhamdulillah di usianya yang ke 10 bulan, sekarang tumbuh kembangnya sudah sesuai dengan yang ada di checklist. Tinggal memberanikan diri untuk lepas tangan, terus jalan deh.

Sebelum diterapi, bayi akan ditimbang lebih dulu. Ini foto waktu kita pertama kali berkunjung, Affan masih lima bulan. Ditimbang kok ya masih bisa bobok gitu to dek. Sekarang kalau ditimbang udah nggak mau ditidurin lagi, harus sambil duduk di timbangan, hehe.

Ditimbang di Harapan Bunda Baby Spa


Layanan-layanan di Harapan Bunda

Nah, sekarang kita mulai kenalan sama empat layanan yang bisa kita pilih di Harapan Bunda. Aku akan jembrengin satu per satu ya.

Baby Spa

Baby spa adalah paket lengkap yang meliputi senam, berenang dan pijat untuk bayi. Baby spa ini bisa dilakukan hingga anak berusia 18 bulan (semoga nggak salah, boleh confirm dulu ke pihak Harapan Bunda untuk memastikan.) Baby spa ini bisa dimulai sejak bayi usia tiga bulan, meski ada yang bilang juga dari satu atau dua bulan tidak masalah. Namun aku sendiri baru membawa Ifa dan Affan berbaby spa saat usia mereka lima bulan. Alasannya? Pas ada waktunya aja, hehe. Sebelum-sebelumnya udah merencanakan tapi belum tereksekusi, hehe.

Jadi rangkaian baby spa  diawali dengan senam terlebih dahulu. Istilahnya bayi dilemesin dulu otot-ototnya biar nggak kaget kena air, selain itu juga sambil distimulasi motoriknya. Waktu awal ke Harapan Bunda, aku juga diajari mbak Tika caranya stimulasi Affan biar mau miring dan tengkurap sendiri.

Baby Gym di Harapan Bunda Baby Massage Center Semarang


Setelah kurang lebih lima menit si bayi diajak melemaskan otot-otot tubuhnya, kemudian dibawalah ke kolam renang. Di sini untuk bayi kecil dipakaikan pelampung leher. Nggak Ifa, nggak Affan, kayanya nggak begitu nyaman sama pelampungnya. Bahkan Affan yang jarang nangis di rumah, pecah juga tangisannya di situ. Yang heboh malah si kakak menyemangati adiknya biar mau berenang dan nggak nangis terus-terusan. Termasuk heboh memainkan mainan yang disusun rapi di pinggir kolam dan memberikan ke adiknya.

Melihat dari Paspor si Affan, ternyata dari sebelas kunjungan ke Harapan Bunda, baru lima kali kami melakukan baby spa. Begini-begini cemen juga aku lihat Affan nangis melulu tiap dimasukkan ke kolam, jadi aku nggak tega lihatnya, soalnya Affan nangisnya heboh banget. Sampai ada bayi lain yang tadinya nggak nangis, jadi ikutan nangis gara-gara lihat Affan nangis, hihi.



Setelah selesai renang, bayi diangkat, dikeringkan (kok jadi kaya artikel masak-memasak ya, hihi), lalu dibawa ke tempat semula. Mulai deh dipijat. Meski sudah tahu cara mijat bayi, tapi aku masih nggak pede kalau bergantung pada pijatanku sehari-hari. Jadi pengennya at least sebulan sekali aku ajak Affan pijat. Aku sendiri penggemar pijat dari kecil. Sampai sekarang pun aku pasti manggil terapis langganan ke rumah setidaknya sebulan sekali. Selain me time, biar badan lemes shaaay, jadi siap tempur lagi ngurusin anak, suami, rumah dan to do list artikel.

Begitu juga Ifa, pengennya aku ajak dia pijat juga setiap sebulan sekali. Tapi ternyata hobi pijatku nggak menurun ke Ifa nih. Padahal pengen aku ajak nyalon dan spa bareng, kan seru ya jalan bareng sama anak cewek, tapi nih anak feminimnya belum keluar, hihi. Mungkin beberapa tahun ke depan.

Berenang di Harapan Bunda Baby Massage Center Semarang


Oya, untuk bisa menikmati layanan baby spa di Harapan Bunda, kita harus merogoh kocek sebesar Rp 120.000,-. Namun jika kita jadi member, kita cukup bayar Rp 90.000. Kalau pas hari Kamis, malah lebih hemat lagi, sediakan saja Rp 75.000, anak kita sudah seger dan ceria setelahnya. Kalau mau semakin murah, enaknya sih daftar paket sekalian; Rp 300.000 dapat empat kali treatment baby spa.

Pijat dan Senam Bayi/ Balita

Selain paket lengkap baby spa, di Harapan Bunda juga tersedia paket pijat senam bayi dan balita. Bedanya di paket ini tentu saja nggak ada renangnya. Setelah bayi diajak senam, lanjut dipijat.

Semakin nambah umurnya, tiap kali diajak baby spa si Affan jadi sering nangis, aku banting setir milih paket pijat dan senam. Aku kira dia nggak nyaman sama renangnya karena harus pakai pelampung di leher, ternyata waktu ambil paket senam dan pijat tetap aja nangis. Sering banget dikira sama si mbak-mbak terapis Affan haus dan minta minum. Padahal aku tahu dia nggak lagi haus, wong sepanjang jalan dia udah minum. Ketika aku gendong, langsung seketika si Affan diam dan ketawa-tawa. Begitu kukembalikan ke terapisnya, nangis lagi dia.


Baby Massage di Harapan Bunda Semarang


Kalau pas ketemu terapis yang jam terbangnya udah tinggi, terapisnya bisa stay cool sambil tetap ngajak ngobrol Affan, meski Affan cuek-cuek aja. Tapi ada beberapa terapis yang mungkin baru atau belum cukup lama bekerja di situ atau mungkin memang nggak begitu banyak ngomong, suka jadi grogi mengatasi baby yang cranky kaya Affan. Padahal aku juga santai sih, namanya juga bayi, kali dia takut dipegang sama  orang asing. Kalau Ifa dulu, misal pun pas renang nangis, pas dipijat anteng. Affan mah enggak, tambah gede malah sepanjang proses pijat senam atau pun renang, nangis melulu doi, diamnya kalau udah nempel si emak. Mungkin dalam hati dia bilang, “aku malu bun, bukan mahramnya ini, auratku dilihat tante-tante cantik, piye iki?” Hehehe. Meski nangisnya bikin heboh se-Harapan Bunda, setelah dipijat biasanya Affan langsung pulas boboknya. Kalau biasanya malam sering bangun, setiap habis dipijat dia paling sekali doang bangunnya.

Kalau mau ngajakin anaknya pijat dan senam di Harapan Bunda, sediakan saja Rp 37.000. Btw, itu harga member ya. Kalau nggak member mungkin Rp. 50.000, maafkeun aku lupa, hihi. Harapan Bunda melayani pijat dari bayi sampai anak usia lima tahun. Jadi kalau punya kakak yang masih balita dan lagi capek badannya bisa sekalian diikutkan pijat sembari nungguin adiknya.

Nebulizer

Ini juga salah satu terapi favorit di Harapan Bunda. Kami sudah delapan kali nebulizer di sana. Affan sejak lahir itu nafasnya sering banget grok grok grok gitu. Hasil googling sih katanya biasa bayi seperti itu, nanti kalau sudah setahun akan hilang dengan sendirinya. Rajin-rajin aja dijemur tiap pagi. Tapi emaknya Affan memang rada malas, jadi suka kelewat jam penjemuran. Nggak ngerti nih ada pengaruhnya atau nggak, baby Affan jadi sering batuk. Waktu baby spa pertama kali, qodarullah Affan juga lagi batuk pilek, jadi sekalian aja diterapi nebulizer.

Nebulizer di Harapan Bunda Baby Massage Center Semarang


Nebulizer bantu banget mengencerkan dahak plus kalau ada ingus yang menyumbat jadi bisa keluar. Dulu kakak Ifa juga kalau lagi batuk pilek andalan banget nebulizer ke Harapan Bunda. Jadi ingat, sebulan lalu saat Affan lagi-lagi batuk pilek, kita nggak segera bawa ke Harapan Bunda buat nebulizer. Lama-lama batuknya tambah banyak dan sering, badannya pun panas. Akhirnya hari itu Ayahnya janji pulang awal buat bawa Affan ke Harapan Bunda, eh belum sempat ke sana, anaknya udah disuruh mondok di rumah sakit. Dan selama rawat inap di rumah sakit, Affan juga dikasih nebulizer sebagai pengobatannya. Dua kali sehari dan hampir satu jam tiap sekali terapi. Setelah pulang dari rumah sakit dan dahaknya masih terdengar grok-grok, aku bawa lagi si Affan ke Harapan Bunda biar tuntas tas tas batuknya. Alhamdulillah sehat.

Tarif untuk nebulizer di Harapan Bunda yaitu Rp 55.000. Berhubung efek dari nebulizer lebih terasa jika dilakukan lebih dari sekali, ada baiknya kalau kita ambil paket untuk empat kali treatment sekaligus. Tarif paketnya Rp 180.000. Tarif ini berlaku baik untuk member ataupun non member, dan sudah termasuk obat yang dipakai untuk nebulizernya. Untuk bayi seusia Affan, terapinya kurang lebih tiga puluh menit. Selain untuk bayi dan balita, orang dewasa juga diterima lo kalau mau terapi nebulizer di sana. Kapan hari ayahnya ifAffan juga sempat merasakan nebulizer di sana, enak katanya, hihi.


Stimulasi Motorik

Layanan ini satu-satunya yang belum pernah aku coba. Dulu sempat mau coba ketika Affan nggak segera menunjukkan keinginan untuk miring dan tengkurap. Namun mbak terapis bilang untuk menunggu dan memberikan stimulasi di rumah lebih dulu. Nanti kalau sampai sembilan bulan, perkembangan motoriknya tidak terkejar dan belum juga sesuai usia, barulah boleh diperkenankan ikut layanan stimulasi motorik.

Alhamdulillah setelah enam bulan lebih beberapa hari, Affan menunjukkan kelihaiannya miring dan langsung disusul bisa tengkurap. Bahkan langsung ngebut bisa menggerakkan tubuhnya maju ke depan, ambil mainan dan nggak lama kemudian mulai belajar merangkak. Jadi aku nggak bisa cerita banyak soal layanan yang satu ini. Kalau kalian pengen tahu, bisa langsung main ke Harapan Bunda aja ya, pals.

Untuk bisa menikmati layanan ini, baik member atau pun non member harus menyediakan Rp 65.000. Agar lebih hemat bisa mengambil paket untuk enam kali sesi, yaitu Rp 300.000.

Nilai untuk Harapan Bunda

Kalau ditanya apakah aku puas atau tidak dengan pelayanan di Harapan Bunda? Ya, aku puas. Menurutku dengan harga yang cukup terjangkau, para terapisnya welcome, ramah dan hangat menyambut dan melayani para customer-nya. 

Jika boleh kasih saran, semoga ke depannya skill para terapis bisa semakin merata. Ya, memang nggak bisa dibohongi jam terbang menentukan keahlian seseorang. Selain itu sifat dan karakter tiap terapis pun pasti juga berbeda-beda. Namun customer biasanya nggak mau tahu apakah si terapis baru atau sudah lama, sifatnya pendiam atau senang ngobrol, customer pengennya tentu mendapat layanan yang kualitasnya sama meskipun harus bertemu dengan terapis yang berbeda-beda. 

Anyway, itu opiniku pribadi ya, pastinya tiap orang bisa punya pandangan yang lain. So, kalau disuruh kasih nilai antara 1-10, I’ll give 8 for Harapan Bunda.

Daftar Tarif Harapan Bunda Baby Massage Center Semarang


Buat teman-teman yang ingin merasakan layanan dari Harapan Bunda, bisa langsung cuzz aja ke Jalan Lamper Tengah II No.594, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241. Meskipun jam layanan mulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam, bukan berarti kita bisa dadakan kaya tahu bulat ya datang ke sana. Pastikan untuk reservasi dulu agar tidak antre kelamaan.

Harapan Bunda Baby Spa
Phone: 0811 2772 333/ 024 – 844 6415
BBM: 7C117D7B
WA: 0857 4137 1022
Facebook: Harapan Bunda Semarang
Instagram: @harapan_bunda_semarang

Semoga bermanfaat, salam semangat dan sehat selalu! Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



#ODOPOKT13



You Might Also Like

10 comments

  1. Wah Affan menikmati sekali spanya dan nwbulizer anteng ya pinter deh 😀

    ReplyDelete
  2. Udah pernah sekali kesini jaman thifa bayi, sekarang biasanya pakai mbah pijet yg dipanggil k rumah. Iya enak jane di harapan bunda, cuma kadang ayahe ngga bs nganterin.

    ReplyDelete
  3. Wow, blm pernah kendor sehari pun nih odopnya? Salut!
    Terimakasih info baby spanya ya :)

    ReplyDelete
  4. Jaman anakku dulu baby spa belum ngehits, jadi pijetan ya ala mbah dukun bayi ��

    ReplyDelete
  5. Aku belom pernah kelakon baby spa in dhafin mba. Sampai umur 5 tahun. Alhamdulillah spa sendiri di ember rumah.dia uda seneng banget. Hahahaaa.. layaknya nyaman y mba baby spa di harbun. Liat dik affan kok sampe isa anteng gt...

    ReplyDelete
  6. Dari anak pertama sampai ketiga belum pernah ngrasain baby spa hihii... waktu itu pas caca batuk pilek, sempat pengen nebu tapi ga tahu dimana dan bagaimana prosesnya..tfs ya. infonya bantu banget

    ReplyDelete
  7. Wah, komplit plit ya layanan baby spa di Harapan Bunda.

    Btw, aku yg jg ada asma, dulu sering banget subuh2 main ke Pantai Cipta, Marina ato Tambak Lorok (smoga nggak salah tulis) di pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

    Angin pantai insyaAllah jadi 'nebulizer' alami nafas grok grok khas penderita asma.
    HIH ^^

    ReplyDelete
  8. Wah kapan2 mo nyobain ah baby spa di harapan bunda

    ReplyDelete
  9. Wah kapan2 mo nyobain ah baby spa di harapan bunda

    ReplyDelete
  10. Sempat kesana juga sudah daftar juga jadi member . Mau sih coba nebulizernya karna anak juga suka ngrok" kalo lagi pilek. Dan jarang keluar lendirnya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com