Arisan Resik bersama HIJUP; Nongkrong Penuh Faedah Berbonus Keluarga Harmonis

  • Saturday, November 18, 2017
  • By Marita Ningtyas
  • 3 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa sih yang terlintas di benak teman-teman ketika mendengar kata “arisan”? Biasanya sih yang aku tahu dan sering aku alami, arisan adalah aktivitas segerombolan emak-emak rempong, bayar iuran ini itu,  ketika para pengurus RT sedang melaporkan beberapa kegiatan, emak lainnya justru asyik ngerumpi sambil nunggu kocokan, dan yang beruntung namanya tampil di lintingan kocokan akan tersenyum manis disambut guyonan dari emak-emak lain.


Namun arisan yang aku ikuti kali ini sangat berbeda, penuh ilmu yang bermanfaat meski masih tetap rempong, namanya juga wanita, hehe. Arisan Resik merupakan sebuah #HIJUPevent yang digelar di Verve Bistro and Café Bar Semarang pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017. Berlangsung tepat di hari Sumpah Pemuda, maka tak heran jika sekitar tiga puluh blogger perempuan sangat antusias mengikuti rangkaian acara dari #HIJUPbloggersmeetup tersebut.



Aku sendiri saat itu sempat tergopoh-gopoh dan berlari menuju lokasi karena berangkat terlalu mepet dan dihadang macet di mana-mana. Saking jarangnya ke luar rumah, aku lupa kalau Semarang kini mulai penuh dengan kepungan kemacetan, apalagi akhir minggu seperti itu. Dengan nafas ngos-ngosan akhirnya tiba juga di lokasi acara, tetep ya kudu diabadikan dulu biar nggak dibilang hoax. Memasuki ruang arisan, teman-teman blogger lainnya sudah anteng menyimak dua narasumber yang mulai memberikan materi kece penuh faedah.

Tips Keluarga Harmonis ala Fitri Aulia dan Resik-V

Moderator Arisan Resik yang centil nan cantik mampu membawakan acara dengan ciamik, sehingga kami pun dengan tangkas bisa mendulang banyak ilmu bermanfaat dari dua narasumber kece; mbak Fitri Aulia dan Mbak Yuna Eko Kristiani.



Meski menyampaikan dua materi yang berbeda, namun terdapat benang merah yang menggabungkan keduanya. Yaitu tentang menciptakan sebuah keluarga yang harmonis. Siapa yang pengen pernikahannya harmonis? Yuuuk, cuzz kita intip tips dari dua wanita kece tersebut.

Belajar dari Seorang Fitri Aulia

Aku kagum dengan kisah mbak Fitri Aulia yang seorang fashion designer sekaligus pemilik brand KIVITS, bagaimana jatuh bangunnya dia dan suami bekerja sama dalam membesarkan bisnisnya. Menikah muda ternyata bukan sebuah hambatan untuk terus berkarya. Mbak cantik ini buktinya.

Mbak Fitri menceritakan beberapa tantangan yang dihadapinya pada awal pernikahan dan masa-masa membangun bisnis. Komunikasi adalah hal paling penting dalam sebuah mahligai pernikahan, doi menekankan hal tersebut. Apalagi bekerja bareng dengan suami jelas bukan hal mudah, wong yang nggak kerja bareng aja sering ribut-ribut. Tips pertama dari mbak Fitri bagi yang ingin membangun bisnis bersama pasangannya yaitu kita harus pintar menempatkan diri; mana urusan pribadi, mana urusan pekerjaan. Harus pas porsinya dan jangan dicampur-aduk, biarlah yang dicampur cuma gado-gado dan tahu campur, hihi. Intinya, jangan mudah baper, pals. #plak. Karena baper biasanya hanya berujung emosi dan meninggalkan logika, bahaya kalau nggak diatasi dengan tepat.



Tapi siang itu mbak Fitri juga berhasil bikin aku baper lewat ceritanya tentang sisi positif membangun bisnis bersama pasangan, salah satunya yaitu bisa bersama setiap saat dengan suami di berbagai kesempatan, mupeng banget! Ketika beberapa wanita harus mengalami berpisah jarak dengan suami, mbak Fitri malah ke mana-mana bareng suami, termasuk ketika ada pekerjaan ke luar kota.

Eits, stop baper ah, nggak perlu iri dengan kehidupan orang lain, urip iku wang sinawang kalau kata simbah. Setiap wanita punya perjuangannya sendiri-sendiri, saaii. Betul apa betuuul? Daripada baper, mending lanjut kepoin tips cantik berikutnya dari mbak Fitri. Dia menyampaikan bahwa apapun aktivitas yang sedang kita tekuni, wajib banget untuk kita menikmati pekerjaan dan passion. Setuju banget sama yang ini. Mengutip sebuah wejangan Ayah Edy di seminar yang pernah aku ikuti beberapa tahun lalu; do your passion and money will follow! Btw, tips mbak Fitri tentang menikmati pekerjaan ini ternyata dalam banget lo maknyanya. Wanita yang mengenal kekuatan dan kelemahan dirinya dengan benar akan selalu bahagia menjalani hidup, dan wanita yang bahagia akan mampu membahagiakan pasangannya. 

Dalam kesempatan tersebut Mbak Fitri juga mengingatkan bahwa sebagai wanita kita perlu memperhatikan segala aspek kehidupan, baik itu akademis, fashion, termasuk juga kesehatan dan kebersihan diri. Kebersihan diri pun nggak hanya soal fisik, namun juga hati. Haduuh, mendadak ngefans deh sama mbak cantik ini. Self reminder; kebersihan hati akan terpancar dalam fisik kita. Mo perawatan tubuh semahal apapun, tapi kalau hatinya kotor penuh prasangka buruk pada  Sang Pemilik Hidup dan orang lain, bakalan nggak keliatan cantik deh fisiknya. Tapi orang yang mampu menjaga hati akan selalu nampak memesona, meski perawatan yang dilakukan hanya ala kadarnya. Sebagaimana mbak Fitri hari itu, make up nya tak berlebihan namun terlihat elegan dalam balutan busananya yang syar’i dan stylish. Sikapnya yang santun menambah keanggunan pesona dirinya.

At last but not least, Mbak Fitri membisikkan sebuah tips pamungkas untuk keharmonisan rumah tangga. Masih bersangkutan soal kebersihan diri nih. “Yang dibersihkan jangan cuma yang kelihatan aja, yang nggak kelihatan juga wajib  dijaga.” Maksudnya, bukan hanya muka, badan, tangan dan kaki aja yang dibikin kinclong, area kewanitaan pun wajib dijaga kesehatannya. Apalagi sebagai wanita bersuami, miss V bisa jadi kunci keharmonisan lo. Kalau miss V nggak sehat, pastinya akan mengurangi kebahagiaan kita dan pak su to?


Semakin Harmonis dengan Resik-V

Menyambung pernyataan mbak Fitri Aulia tentang kebersihan area kewanitaan, mbak Yuna Eko Kristiani yang merupakan Senior Public Relation dari PT. KINO INDONESIA membeberkan tips penting untuk menjaga miss V.



Area kewanitaan merupakan wilayah paling sensitif bagi seorang wanita. Jika tidak dijaga dengan benar, akan menjadi tempat tumbuhnya jamur Candida Albicans yang bisa menyebabkan #keputihan, Menurut penjelasan dari mbak Yuna, ternyata 70% wanita mengalaminya. Sebenarnya kita nggak perlu khawatir kok dengan keputihan selama masih normal. Keputihan yang normal biasanya terjadi ketika menjelang haid dan memasuki masa subur. Jumlahnya tidak berlebihan, tidak berbau dan bening.

Namun jika kita mengalami keputihan yang baunya menyengat, jumlahnya sangat mengganggu hingga bikin kita gonta-ganti celana berulangkali dalam satu hari, dan berwarna kuning atau putih kental, wajib banget untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa dicari penyebab dan cara mengatasinya. Kalau mengalami keputihan yang tidak normal seperti ini, jangan dibiarkan, pals. Karena selain memberikan rasa tak nyaman, hal tersebut juga bisa menjadi penanda adanya penyakit di dalam diri. Bahkan untuk ibu hamil, keputihan semacam ini bisa menggugurkan kandungan. Bahaya banget kan?

Nah, untuk #mengatasikeputihan, sebenarnya caranya cukup mudah kok. Mbak Yuna menyampaikan asal kita rajin menjaga miss V tetap kering dengan cara rajin mengelap area tersebut setelah buang air, mengganti celana dalam ketika sudah lembab dan mengganti pembalut tiap 4 jam sekali saat haid. Jangan lupa juga untuk memperhatikan cara yang benar saat membersihkan area kewanitaan setelah buang air  baik itu BAB atau BAK. Jika biasanya kita membersihkan dengan cara mengusap daerah itu dari arah belakang ke depan, sekarang ubah kebiasaan itu. Cara yang benar yaitu bersihkan area tersebut dari arah depan ke belakang, sehingga bakteri dari anus tidak mampir ke miss V.

Mbak Yuna menambahkan miss V merupakan area yang bersifat asam, maka harus dibersihkan dengan cairan yang cocok. Cairan sabun yang bersifat basa justru akan merusak pH di area kewanitaan karena sabun tidak hanya membunuh bakteri yang buruk, namun juga bakteri baik.

Salah satu cairan yang bisa digunakan untuk  membersihkan area kewanitaan adalah rebusan air sirih. Ternyata dibalik sederhananya selembar daun sirih terkandung berbagai macam manfaat. #Manfaatdaunsirih salah satunya sebagai antiseptik alami. Daun sirih mampu menekan jumlah jamur dan bakteri di area kewanitaan, namun berbeda dengan cairan sabun yang membunuh semua jenis bakteri, rebusan air sirih hanya membunuh bakteri jahat sehingga kondisi area kewanitaan menjadi seimbang.

Aku jadi ingat waktu almarhumah ibu masih sehat, beliau rajin banget merebus daun sirih. Selain untuk diminum, juga untuk digunakan sebagai cairan pembersih area kewanitaan. Aku dulu suka  ikut nyiumin aromanya yang segar, hihi. Tapi kalau sekarang disuruh ngikutin resep tradisonal dari ibu tersebut, kok ya nggak ada waktu ya? #soksibuk.



Alhamdulillah menjawab kebutuhan wanita modern jaman now, sekarang sudah ada Resik V Godogan Sirih. Meski dikemas dalam botol plastik  kekinian, mbak Yuna memastikan kalau Resik V Godogan Sirih benar-benar dibuat dari godogan sirih asli dan diperkaya dengan ekstrak rumput Fatimah.

Dengan kandungan minyak atsiri di dalamnya, kita nggak perlu khawatir lagi dengan keputihan, gatal-gatal atau pun bau tak sedap di area kewanitaan. Pastinya pun suami jadi semakin nempel kaya perangko, hihi.

Pertanyaan yang umum diajukan pasti soal keamanan penggunaan Resik V Godogan Sirih setiap hari. Mbak Yuna tersenyum menanggapi pertanyaan tersebut, kemudian memaparkan beberapa alasan mengapa produk ini aman digunakan untuk perawatan harian;
  • Terbuat dari bahan alami.
  • Sudah teruji secara klinis dan mikrobiologis untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab keputihan.
  • Menyeimbangkan PH normal vagina yaitu 3-4.
  • Sudah dijamin halal oleh MUI.



Jadi nggak perlu ragu lagi ya untuk selalu memakai Resik V Godogan Sirih dua kali setiap mandi. Caranya mudah kok, tinggal tuangkan beberapa tetes ke tangan, basuhkan ke miss V, kemudian basuh dengan air bersih. Dengan kemasan modernnya, kini kita bisa tetap sehat dengan ramuan tradisional, tapi nggak perlu rempong  nunggu rebusan matang, bahkan bisa dibawa ke mana-mana saat bepergian. Oya, produk ini juga aman buat remaja. So, yang punya anak perempuan remaja bisa banget untuk dipakai berdua
.

Workshop Menulis Indah

Setelah dihujani dengan berbagai ilmu penuh faedah dari mbak Fitri dan mbak Yuna, ternyata acara hari itu belum berakhir. Masih ada satu kegiatan yang nggak kalah kece; Brush and Hand Lettering Workshop.



Apaan tuh? Istilah sederhananya yaitu belajar menulis kaligrafi. Jangan terbayang kaligrafi di sini tentang menggoreskan tulisan Arab yang biasa dipajang di ruang tamu lo. Memang sih kalau di sini kaligrafi selalu identik dengan tulisan Arab. Padahal sebenarnya kaligrafi itu seni menulis indah, dan hampir di semua negara memiliki tipe kaligrafinya masing-masing. Buat pecinta drama kolosal Asia, pasti nggak asing dong dengan tulisan kaligrafi ala Cina, Jepang ataup pun Korea. Di Jawa pun kita juga punya huruf hanacaraka yang bisa digolongkan sebagai seni menulis indah. Aah, jadi ingat eyang putri dan eyang kakung yang sangat piawai menulis huruf Jawa dengan sangat indah.

Workshop menulis indah saat itu dibersamai oleh teman-teman dari Semarang Coret dan Duduk Nyeni. Meski masih muda, namun pengetahuan mereka tentang brush and hand lettering keren banget. Salah satunya yaitu mas Edison yang memandu kami belajar step by step lettering yang kece. Kaya kembali jadi anak kelas satu SD bo. Kami diminta untuk menulis huruf tegak bersambung yang baik dan benar. Ternyata nggak boleh asal lo, ada ketentuannya yaitu saat menarik garis ke atas harus tipis, sedangkan saat menarik garis ke bawah harus tebal.








Setelah diberikan perangkat untuk menulis indah, ada kertas materi, kertas untuk menggambar, kuas, pensil, penghapus,dan cat air, kami pun dipersilakan untuk melemaskan jemari sesuai arahan yang diberikan. Jangankan memegang kuas, megang bolpoin saja sudah jarang, kaku banget tanganku kebanyakan nutul keyboard. Dengan segenap tenaga, akhirnya bisa juga kutaklukkan kuas, kertas dan cat air tersebut. Taraaaa… beginilah hasilnya… 



hihihi, dibandingkan hasil karya teman-teman juauh banget lah. Tapi aku tetap happy kok, apalagi waktu sampai rumah si Ifa bilang kalau bikinanku bagus, wkwkkw. Ya iyalah anak sendiri yang bilang.


Dapat Discount Belanja, Mau?

Dengan berakhirnya workshop menulis tersebut, rangkaian acara #HIJUPmeetusemarang juga berakhir. Wah, aku merasa sangat senang dan beruntung bisa gabung di acara kece tersebut.

Beberapa teman yang sempat melihat postinganku di IG dan Facebook pun ikutan envy melihat acara penuh faedah tersebut. Buat teman-teman yang kemarin ngiri bin gemes lihat aku seseruan and happy-happy di Arisan Resik, aku mau menghapus kekecewaan kalian nih.  Nggak afdol kalau seneng sendirian.

Aku mau bagiin diskon belanja sebesar Rp 50.000,00. Lumayan kan buat menghilangkan manyun, hehe. Syaratnya, klik banner di bawah, lalu puas-puasin pilih produk dengan minimum berbelanja Rp 250.000,00, lalu isikan kode voucher: HIJUPBMUSEMARANG saat melakukan checkout.

So, stop dong meweknya meski belum bisa hadir di arisan penuh faedah akhir Oktober lalu, kan udah bisa belanja kece sekarang. Udahan dulu ya, pals… besok lanjut lagi bagi-bagi ceritanya. By the way, jangan lupa selalu sedia Resik-V Godokan Sirih, gunakan setiap hari dan dapatkan kesehatan diri berbonus keharmonisan dengan suami.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.





You Might Also Like

3 comments

  1. Lumayan ya mak..bisa me time dan meet up penuh gizi di acara ini :)

    ReplyDelete
  2. Pernah belanja di Hijup, cepat dan berkualitas. :D

    ReplyDelete
  3. Handletteringnya bagus tau mbak, daripada punya saya :'))
    Semoga ketemu di acara yang lain

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com