Hari Pertama Affan Toilet Training

  • Monday, December 11, 2017
  • By Marita Ningtyas
  • 0 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Selain masih memotivasi Affan agar mau belajar jalan secara mandiri, mulai minggu ini aku mulai melatih Affan toilet training. Masih setahun udah mau toilet training? Pengalaman dari si kakak dulu yang telat banget toilet trainingnya, baru lepas pospak umur tiga tahunan, huhu. Kayanya Affan kudu dimajuin deh toilet trainingnya.
Jadi ingat dulu ada seorang temanku yang berhasil toilet training baby-nya sejak bayi. Jadi tiap bayinya kelihatan mau pup, langsung digendong ke toilet terus dipersilakan pup. Memang kan ya fitrah anak-anak itu sebenarnya mencintai kebersihan, orangtuanya aja yang kadang malas, terus dikasih pospak biar praktis, akhirnya dia pup dan pip seenaknya tanpa merasa risih.

Karena kemarin habis ikut workshop bersama Ustadz Harry Santosa, aku jadi kaya dijewer mengenai fitrah ini. Makanya hari ini aku mulai mempersiapkan Affan untuk toilet training.  Aku optimis bisa melatih Affan melepas pospak setidaknya di awal latihan ini hanya di siang hari. Dan aku dikejutkan oleh sesuatu hal. Apakah itu? (Disclaimer; bagi yang jijik, jangan diteruskan membaca hehe).

Jadi sejak Affan berusia 0 hingga setahun ini, Affan hampir nggak pernah lepas pospak. Sebulan atau dua bulan di awal, sempat sih makai popok kain. Tapi Affan ini memang bayi cuek deh, masa pip atau pup tenang aja, nggak bangun dari tidurnya gitu.



Udah dasar Affan ini tipe baby cuek, plus fitrah kebersihannya hampir tercerabut karena pakai pospak melulu, pip dan pup jadi hal yang baru buat dia. Meski belum bisa berkomunikasi dengan sempurna, namun aku coba ngobrol sama Affan kalau hari ini dari sejak mandi pagi sampai sore Affan tidak pakai pospak. Jadi kalau mau pip atau pup, Affan harus bilang atau kasih tanda ya ke bunda.

Hari ini, Affan seperti biasa main di sudut favoritnya sambil asyik baca buku. Tiba-tiba si kakak bilang, “bun kok bau pup ya.” Aku segera mendekati Affan, dan super kaget ketika Affan sudah asyik mainan pup nya, wkwkkw. Antara geli, konyol dan jijik, aku segera menggotong Affan ke kamar mandi yang masih asyik ngremeti pup nya. “Dek, itu pup, bau, bukan bubur ya…” Sambil harap-harap cemas semoga nggak ada pup yang dia jilatin, wkwkw.

Salahku juga sih tadi mengawasi nggak dari dekat. Padahal sebelumnya Affan sudah kentut, harusnya itu tanda buatku kalau doi mau pup.

Begitulah cerita toilet training hari ini. At least, aku jadi harus mulai menghafal kapan jam-jam Affan pup dan pip, hehe. Besok ada cerita apa lagi ya?

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

#Harikedelapan
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com