Sakura Collagen Anti AGE’s Cream Membantuku Melumpuhkan Si Monster AGE’s

  • Saturday, February 10, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 3 Comments

Sakura Collagen Anti AGE’s Cream


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Aku termasuk orang yang nggak telaten dalam urusan merawat wajah. Kalau lihat wajah teman bersinar cerah rasanya mupeng, terus terinspirasi deh beli krim-krim perawatan, tapi selalu berujung mangkrak setelah dicolek sekali dua kali saja. Lalu ketika lihat cermin dan merasa wajah begitu buluk, ingat deh kalau masih punya krim yang nggak dipakai. Begitu mo makai ternyata sudah expired, masuk tong sampah akhirnya. Sering banget deh begitu. P-A-R-A-H!


Sejak bulan Oktober lalu aku mulai sering keluyuran naik motor lagi, tanpa pernah menggunakan masker dan sarung tangan! Hingga suatu hari, aku melihat kulit punggung tangan yang semakin menghitam, aku terhenyak. Kalau punggung tangan saja begitu penampakannya, apa kabar dengan wajahku ya? Boro-boro perawatan, pakai sun screen aja sering nggak ingatnya. Dan aku sangat jarang bercermin, wkwk. Sepertinya aku memang wanita jadi-jadian deh.

Hari itu entah kesambit apaan, aku ambil cermin dan baru sadar betapa wajahku udah seperti zebra, belang bangeeeeet. Wah, aku langsung ngibrit googling sana-sini, it’s time to do the skin treatment! At least untuk mengembalikan kulit wajah ke warna semula.

Kenapa Harus Memulai Perawatan Kulit?

Karena monster AGE’s mulai menyerangku! 

Hiks… Apa itu monster AGE’s?

what is AGEs?


Monster ini menyerang disebabkan oleh pola hidupku yang acak adut. Salah satunya kurang menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh. Aku memang jarang tuh minum sirup atau teh manis, tapi setelah aku pikir-pikir makanan yang masuk ke tubuhku lebih banyak yang mengandung karbohidrat. Misal, makan sepiring nasi penuh tapi dengan sayuran dan lauk yang cuma seuprit. Nah, ketika kita makan, tubuh secara otomatis akan memecah karbohidrat menjadi gula seperti glukosa dan fruktosa. Memang pada dasarnya tubuh akan menggunakan gula ini untuk bahan bakar semua aktivitas kita lakukan.

Tapi ternyata saat usia semakin menua, umumnya ketika mulai masuk kepala tiga, ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan bergula atau mengandung glisemik tinggi, gula ini akan bereaksi dengan cara yang tidak normal terhadap protein dan lemak yang kemudian menghasilkan molekul berbahaya yang disebut sebagai Advanced Glycation Endproducts atau singkatnya ya si monster AGE’s itu.

proses glikasi


Semakin banyak AGE’s yang kita miliki di dalam tubuh, akan semakin cepat proses penuaan itu terjadi. Menurut penelitian para ilmuwan di tahun 2001, AGE’s bisa menyebabkan komplikasi diabetes dan penuaan. Itu kenapa pasien dengan penyakit diabetes cenderung menua lebih cepat.

Bad news lainnya, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 mencatat bahwa AGE’s membentuk hubungan silang antara protein di dalam tubuh yang bisa mengubah struktur dan fungsinya sehingga menyebabkan hal-hal seperti retinopati, nyeri saraf, aterosklerosis, dan banyak lagi. Waduh, kok jadi ngeri ya? Apa karena si AGE’s ini ya aku jadi sering kesemutan?

Lalu hubungannya AGE’s dengan kulit apaan dong?

Si monster AGE’s ini sangat mempengaruhi kandungan kolagen dan elastin di dalam tubuh. Padahal kolagen adalah zat penting yang dibutuhkan kulit untuk tetap kencang sedangkan elastin berkaitan dengan daya elastisitas kulit.  

British Journal of Dermatology melaporkan bahwa setelah usia 35 tahun, glikasi pada kulit akan semakin meningkat dan terus berlanjut seiring bertambahnya usia. Lebih buruk lagi saat kita terpapar sinar UV tanpa ada proteksi. Sinar ini akan semakin meningkatkan AGE’s di dalam tubuh dan tentu saja mempercepat penuaan kulit. PR banget nih buat aku yang sering malas pakai sun screen tiap keluar rumah.

Aku semakin ketar-ketir ketika hampir semua masalah di bawah ini sudah muncul di dalam diriku;

Ciri-ciri AGEs Menyerang Kulit


Dengan semua tanda-tanda yang telah jelas ini, masa iya sih aku masih mau menunda-nunda merawat kulit wajahku? Bukan biar tambah gimana-gimana, wong alhamdulillah suami mah nerima-nerima aja casingnya bojonya ini, hehe. Cuma baru saja dapat ilham kalau merawat kulit wajah itu kan juga salah satu bentuk syukurku terhadap pemberian Allah. Bener nggak sih? Toh kalau wajah enak dilihat yang pertama kali seneng juga diri sendiri hehe.

Nah sekarang pertanyaan besarnya, bagaimana mengurangi AGE’s dan menunda proses penuaan?

Dari penjelasan di atas kan kita udah tahu nih semakin banyak glukosa yang kita miliki di aliran darah kita, semakin besar kemungkinan kita untuk menghasilkan AGE’s, yang artinya semakin cepat pula kulit kita akan menua.  Jadi ya hal pertama yang harus dilakukan adalah mengontrol kadar gula darah, apalagi jika kita termasuk yang rentan diabetes. Bahkan jika kita bukan penderita diabetes pun, lonjakan gula darah dapat mempengaruhi kondisi kulit bo. So, kita harus waspada banget jangan sampai gula darah kita berlebihan. Caranya? Kurangi makanan yang manis-manis. Atur pola makan dengan baik, daripada makan sekali tapi porsinya langsung mak bedhundug, mending makan setiap tiga atau empat jam dengan porsi kecil.

Terus, pilih makanan yang rendah glisemik. Kurangi asupan roti tawar, nasi, kentang dan sejenisnya yang bisa meningkatkan gula darah. Perbanyaklah mengonsumsi jenis makanan yang mampu memecah dan membantu menstabilkan kadar gula darah serta membuat kita tetap kenyang. Misal, kacang-kacangan, daging tanpa lema, telur, tahu, sayuran, roti gandum, yogurt; dan buah yang berglikemik rendah seperti blewah.

Selain itu hindari juga makanan yang disajikan dengan digoreng, dibakar atau dipanggang. Baiknya sih makan rebus-rebusan saja, itu pun hindari yang terlalu matang. Dan satu lagi kurangi mengonsumsi makanan-makanan ringan semacam potato chips. Kayanya sih nggak manis ya, tapi snack kaya begitu kadar glikemiknya tinggi lo!

Hindari AGEs

Itu langkah-langkah yang bisa kita lakukan dari dalam tubuh untuk mencegah AGE’s datang menyerang, nah sekarang bagaimana caranya kita menjaga kulit tetap terlihat halus dan bersinar dengan perawatan dari luar?

Udah jelas banget lah ya, karena paparan sinar UV meningkatkan pembentukan AGE’s, maka wajib banget untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari, SELALU! Kita juga perlu ingat bahwa glycation mempengaruhi seluruh kulit kita, bukan hanya wajah, jadi lindungi tangan, leher, lengan, dan kaki juga, kapan pun mereka terpapar. So, catatan penting buat mom rider macam eike; sarung tangan, masker, dan kaos kaki itu benda wajib yang harus selalu dibawa ketika berkendara.

Perawatan kulit yang tepat dapat membantu memberikan nutrisi dan vitamin penting secara langsung ke lapisan kulit kita yang lebih dalam. Nutrisi dalam sebuah krim perawatan dapat mempercepat produksi kolagen dan pembaharuan kulit secara alami. Ketika kulit kita berhasil melakukan regenerasi, artinya zat-zat AGE’s yang ada di dalam tubuh bisa berganti menjadi jaringan sehat dengan lebih cepat.

Setelah baca-baca review dari para beauty blogger dan rekomendasi teman-teman, aku merasa harus nyobain Sakura Collagen Anti AGE’s Cream untuk perawatan kulit wajahku yang acak adut karena serangan monster AGE’s. Bismillah, semoga cocok. Maklum, kulitku ini banyak banget PR nya. Udah kusam, kering, banyak bintik hitamnya, tapi begitu nggak klik sama krimnya bisa langsung bruntusan dan jerawatan. Salah satu alasan kenapa jadi malas perawatan karena susah banget cari yang cocok di hati, eh di muka.

Sakura Collagen dari PT Meiji


Salah satu alasanku ingin mencoba Sakura Collagen karena produk ini dibuat oleh perusahaan ternama; PT Meiji Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dan telah berdiri sejak tahun 1974 di Indonesia ini merupakan anak perusahaan dari Meiji Seika Pharma, Co, Ltd yang berpusat di Jepang. Banyak penghargaan baik yang berskala internasional dan nasional yang telah diraih oleh PT Meiji Indonesia, salah satunya ia mendapat klasifikasi A+ di bidang Cara Pembuatan Obat Baik (CPOB). Semua penghargaan tersebut tentu saja karena PT Meiji selalu memilih bahan baku yang terbaik, didukung dengan fasilitas paling oke dan dedikasinya untuk selalu meningkatkan kualitas produk-produknya. Dengan semua catatan tersebut, kayanya nggak perlu ragu lagi deh sama kualitas krim bikinannya.

Alhamdulillah aku dapat rejeki untuk merasakan Sakura Collagen menyapa kulitku. Detik-detik menunggu paketannya tiba berasa menanti calon suami datang melamar, eh…

Paket Cantik yang Bikin Cantik

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun datang juga. Pertama kali lihat packaging-nya, aku sudah langsung jatuh hati.  Dikemas dalam box berwarna putih yang eksklusif. Dilengkapi pula dengan pita yang semakin mempermanis tampilannya. Saat membuka pitanya, rasanya deg-degan… jadi ingat masa-masa waktu bukain kado-kado nikahan, wkwkwk.

Paket Sakura Collagen dari PT Meiji

Ternyata semakin dibuka semakin bikin jatuh cinta. Di dalam box itu, tertata rapi tiga buah barang yang  semuanya dikemas dengan cantik. Yang pertama ada beauty blender atau kalau orang ndeso macam aku menyebutnya sebagai alat nutul krim ke wajah, halah. Atau sederhananya kita sebut saja dengan spons. Btw, spons-nya unyu banget bentuknya. Katanya temenku beauty blender sebenarnya nama merk, cuma saking femesnya, semua produk yang bentuk dan fungsinya sama dengan merk femes itu akhirnya sering disebut juga dengan nama tersebut. Ya, semacam orang Indonesia menyebut Honda untuk semua merk motor dan Rinso untuk semua merk sabun cuci baju gitu deh. Di paket yang aku terima, aku dapat spons yang warna pink.

Dalam Paket Sakura Collagen PT Meiji


Barang kedua yaitu bandana, yang lagi-lagi juga berwarna pink. Sepertinya aku sedang dilatih untuk menjadi perempuan yang sebenar-benarnya, hehe. Awalnya waktu aku membuka box-nya, aku pikir itu bukan bandana, tapi waslap. Baru tahu kalau bandana setelah kemasannya dibuka sama mbak Ifa. Helpful banget saat akan memakai krimnya biar rambut nggak mengganggu ke area wajah.

Nah, produk yang ketiga tentu saja yang aku nanti-nanti sepanjang hari; Sakura Collagen Anti AGE’s Cream kemasan 10 gram! Dikemas dalam kotak putih berpita dengan gambar sakura komplit dengan tangkainya. Elegan dan cantik. Setelah pita dibuka, taraaaa…. Baguuuus bangeeeet. Sebuah wadah kaca berdesain sederhana tapi mewah dipilih sebagai tempat krim ini. Bentuk wadahnya gede dan tebal, seakan-akan krimnya  lebih dari 10 gram. Saking cantiknya, mbak Ifa sudah request, “bun, kalau udah habis isinya, boleh aku pakai mainan ya tempatnya.”

Wadah Kaca Sakura Collagen PT Meiji

Untuk keamanan krim, wadah ini dilengkapi dengan tutup model ulir. Pas banget buat emak-emak beranak bayi dan balita kaya aku, jadi nggak mudah tumpah dan nggak mudah dibuat mainan buka tutup sama anak-anak. Amaaan. Selain tutup uliran yang menambah kesan mewah, di dalam wadah masih ada double protection berupa tutup pembatas yang warnanya putih susu, senada dengan warna badan bagian dalam wadah tersebut.

Seperti biasa sebelum memulai pemakaian sebuah produk kecantikan, aku cari tahu dong bahan-bahan apa yang terkandung di dalamnya. Selain kemasannya yang cantik dan mewah, kemasan Sakura Collagen Anti AGE’s Cream ini ternyata juga sangat informatif. Kita tidak hanya dengan jelas bisa membaca kandungan krimnya, tapi juga kode produksi, tanggal expired, no BPOM, cara pemakaian dan penyimpanannya. Semua keterangan ini tersedia dalam dua bahasa; Indonesia dan Inggris.

ingredients Sakura Collagen PT Meiji


Dari kemasan tersebut, aku jadi tahu kalau krim yang digadang-gadang bisa melawan monster AGE’s ini mengandung bahan-bahan di bawah ini:
  • Aqua
  • Isopropyl Palmitate
  •  Glycerin
  • Isododecane
  • Hydrogenated Tetradecenyl/Methylpentadecene
  • Behenyl Alcohol
  • Propylane Glycol
  • Triethylhexanoin
  • Polyglyceryl-10 Pentastearate
  • Sodium Stearoyl Lactylate
  • Polyacrylamide
  • C13-14 Isoparrafin Laureth-7
  • Collagen
  • Prunus Serrulata Flower Extract
  • Phanthenol
  • Phenoxyethanol
  • Chlorphenesin
  • Fragrance
  • Triethanolamine
  • Sodium Hyaluronate
  • Tocopheryl Acetate
  • Disodium EDTA
  •  Cl 45430

Berhubung bahan-bahannya pakai bahasa kimia dan nilai kimiaku di bawah rata-rata, jadi jangan tanya ya maksud bahan-bahan itu apa saja, hehe. Tapi dari  baca-baca di website resminya PT Meiji, Sakura Collagen menjamin bisa menjadi alternatif pengusir monster AGE’s karena memiliki kandungan;

kandungan Sakura Collagen PT Meiji


Sakura Extract

Sesuai dengan namanya, krim ini memang mengandung ekstrak bunga sakura yang ternyata berfungsi untuk menghambat proses penuaan.

Hydrolyzed Fish Collagen Type 1

Seperti yang kita tahu kalau AGE’s itu bikin kolagen di kulit kita jadi berkurang. Krim dari meiji ini menambahkan kolagen yang diambil dari tubuh ikan yang fungsinya tentu saja untuk membantu peningkatan jumlah kolagen di kulit kita. Hasil akhirnya nanti kulit kita bisa jadi lebih kencang.

Pro Vitamin B5

Salah satu efek AGE’s yang bikin senep yaitu kulit jadi tampak kusam. Semua itu karena kulit gagal melakukan regenerasi. Di sinilah fungsi pro vitamin B5 bekerja. Diharapkan setelah kita rutin memakai krim ini, kulit akan bisa regenerasi.

Hyaluronic Acid

Efek dari kulit yang gagal beregenerasi, selain kusam, kulit juga jadi cepat kering dan mudah bersisik. Fungsi dari hyaluronic acid ini untuk melembabkan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Vitamin E

Kalau yang ini pasti sudah hafal banget di luar kepala kan? Ya, bener… untuk antioksidan. Ternyata yang butuh antioksidan bukan hanya tubuh secara keseluruhan, tapi juga kulit kita. Kulit yang mendapatkan nutrisi antioksidan dalam jumlah cukup akan tampak segar dan lebih muda.

Kembali Percaya Diri dengan Sakura Collagen Anti AGE’s Cream

Setelah mengetahui kandungan dalam krim yang diproduksi PT Meiji tersebut, kini saatnya mengaplikasikan ke wajahku yang kurang kasih sayang dan sentuhan produk kecantikan ini.

Pertama kali aku membuka uliran wadah dan pembatasnya, aku semakin dibuat jatuh cinta dengan krim yang ternyata berwarna pink lembut. Dan bukan hanya warnanya yang lembut, krimnya pun begitu lembut. Wanginya pun unik dan sangat khas. Mungkinkah itu wangi bunga sakura? Entahlah, wong aku juga belum pernah lihat penampakan asli bunga sakura, hehe.

Krim pink Sakura Collagen PT Meiji


Ketika aku oleskan ke wajahku, kesan pertama yang aku dapat adalah sedikit panas, semacam semriwing di awal dan cukup berminyak. Namun selanjutnya terasa lebih adem sih. Enak di muka. Jika tidak dilapisi dengan bedak, aku merasa wajahku sangat berminyak. Namun setelah aku telusuri, mungkin itu efek dari terlalu banyak jumlah krim yang aku pakai. Di pemakaian selanjutnya, aku coba untuk mengurangi jumlah krim yang aku oleskan, alhamdulillah it’s not too much oily.

Kalau aku gunakan saat di rumah saja, aku merasa tidak perlu touch up karena masih oke hingga mandi sore. Namun saat aku pakai berpanas-panasan, di tengah hari yang terik wajahku mulai semakin oily dan butuh touch up. Wajar sih, karena hasil dari baca-baca dan belajar dari teman yang lebih mengerti soal dunia kecantikan ternyata memang untuk melindungi diri dari sinar UV, kita perlu mengulang pemakaian krim setidaknya setiap tiga - empat jam sekali.

Cara Pakai dan Penyimpanan Sakura Collagen PT Meiji


Salah satu hal yang bikin aku tambah jatuh cinta dengan Sakura Collagen Anti AGE’s Cream karena krim ini tidak hanya berfungsi sebagai day cream, tapi juga night cream. SIMPLE! Ini penting buat aku yang sering riweh dan salah pakai antara krim yang harus dipakai saat pagi dan malam.

Nah, ternyata dari hasil pemakaianku selama hampir sebulan ini. Aku merasa ketika dipakai di malam hari sebelum tidur justru efeknya lebih terasa. Ketika bangun tidur, kulit jadi lebih lembab, kenyal dan halus. Jadi bikin ketagihan ngelus-elus wajah setiap bangun tidur, hehe.

Kalau disuruh menilai tentang krim ini, aku kasih nilai 9.5 untuk packaging-nya yang memang kece banget. Sedangkan untuk krimnya sendiri, aku kasih nilai 8. Alhamdulillah memang nggak ada efek samping seperti iritasi atau munculnya jerawat, namun di wajahku, krim ini memang look so oily. Tentu saja hasil berbeda-beda untuk setiap orang ya, pals. Karena beberapa teman yang memakai pun banyak yang tidak merasakan hal ini. Mungkin bergantung juga dengan tingkat AGE’s di dalam tubuh. Kayanya, memang monster AGE’s sudah menerkam buas diriku, jadi harus dibasmi luar dalam biar efek krimnya semakin cespleng.

Selalu cintaaah dengan Sakura Collagen PT Meiji


So far, aku tetap cintaaah sama si krim pink nan lembut ini karena udah bikin kulit kusamku minggir dan mlipir, bintik-bintik hitam mulai tersamarkan, kulit jadi lebih kencang, lembab dan haluuuuuuus. Percaya diriku yang beberapa waktu lalu sempat nyungsep, alhamdulillah bisa kembali meningkat. Makasih ya Sakura Collagen Anti AGE’s Cream.

Anyway, biar awet kita nggak perlu kok menyimpan si Sakura yang cantik ini di dalam kulkas, cukup pastikan menyimpannya di tempat dengan suhu ruang dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Oya, jangan lupa sebelum mengaplikasikan krim pink ini di wajah dan leher kita, bersihkan dulu area tersebut dengan toner atau facial foam ya.

Harga?

Untuk kemasan 10 gram, siapkan saja sekitar Rp 145.000 - 160.000 dan Rp 340.000 - 400.000 untuk kemasan 30 gram. Insya Allah sesuai dengan hasilnya lah, ana rega ana rupa kalau kata orang Jawa. Aku pakai kemasan yang 10 gram sampai hari ini juga masih ada nih. Padahal sudah aku pakai tiap pagi dan malam hampir satu bulan. Irit kan?

Tangkis AGEs dengan Sakura Collagen PT Meiji


Jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Sakura Collagen, kulik saja official website dan social media-nya berikut ini ya;

Website: www.sakura-collagen.com
Fanpage: Sakura Collagen by PT Meiji (@sakura.collagen.official)
Instagram: @sakura_collagen_id

Yuk, tangkis serangan monster AGE’s dengan Sakura Collagen Anti AGE’s Cream dan selalu jaga pola hidup sehat dalam setiap aspek kehidupan kita! Salam cantik dan semangat untuk hidup lebih sehat ya, pals!  Boleh juga lo kalau mau mampir ke video reviewku;



Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Sumber Informasi:






You Might Also Like

3 comments

  1. uwow...
    penjelasannya super duper lengkap mba.

    ReplyDelete
  2. Hm..jadi pengen nyoba juga..hehe..

    ReplyDelete
  3. Lengkaaap...kemasannya juga cantik..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com