Monday, May 15, 2017

Prive Uri-cran Usir Cantik Anyang-anyangan



Anyang-anyangku..
Anyang-anyangku..
Kau buatku meringis
Sakitnya sungguh tak tahan

Coba deh nyanyikan empat bait di atas dengan nada lagu Ayang-ayangku dari Dewi-dewi, hehe. Siapa tahu yang lagi mengalami anyang-anyangan bisa sedikit terobati rasa sakitnya. Ngomongin soal anyang-anyangan, aku jadi ingat pengalamanku 9 tahun yang lalu nih. Waktu itu masih awal-awal nikah dan kerja di sebuah pabrik mebel sebagai seorang penerjemah. Letak kantorku dengan kamar mandi jauh banget, kalau mau buang air aku harus menuruni tangga lalu keluar dari pabrik dan masuk ke komplek perkantoran utama. Gegara letak kamar mandi yang jauh ini aku jadi suka nahan-nahan pipis. Membayangkan naik turun tangga sudah bikin aku lemes duluan. Akhirnya daripada harus naik turun tangga berulang kali dalam sehari, aku biasanya baru buang air kecil saat tiba jam istirahat. Aku juga mengurangi minum karena takut kebelet pipis.

Awalnya kebiasaanku itu tidak membawa dampak apapun pada kondisi tubuhku. Hingga sebulan kemudian aku merasa aku jadi sering anyang-anyangan, sedikit-sedikit kepengen buang air kecil, tapi begitu sampai di toilet pipis yang keluar cuma sedikit. Repot banget karena aku malah jadi sering naik turun tangga gara-gara anyang-anyangan ini. Selain air seni yang keluar hanya sedikit, aku juga mengalami sakit saat buang air kecil, sampai meringis dan menggigil. Saat aku laporan ke suami, malah dimarahi, "makanya to minum yang banyak dan jangan suka nahan pipis." Aku cuma bisa cemberut aja dinasehati begitu.

Hingga suatu hari, sekitar jam tiga atau empat pagi, hasrat ingin buang air kecilku tiba-tiba datang. Sambil meringis aku mencoba mengeluarkan air seniku, tapi kaget bukan kepalang ketika yang kulihat bukan air seni seperti biasa, tapi sudah bercampur darah. Sakitnya sungguh tak tertahankan. Setelah dari kamar mandi, aku segera membangunkan suami dan menceritakan kondisiku. Suami langsung membawaku ke IGD (instalasi gawat darurat) di rumah sakit tempat ia kerja pagi itu juga. Sepanjang perjalanan aku meringis menahan sakit. Aku juga minta sama suamiku untuk mengendarai motornya pelan-pelan, karena kalau terkena guncangan, perut bagian bawahku rasanya sakit sekali. Beberapa kali aku juga minta berhenti di pom bensin untuk buang air kecil, lagi-lagi yang keluar air seni yang bercampur darah.

Sakitnya Anyang-anyangan
Sakitnya Anyang-anyangan

Sesampainya di IGD, perawat menanyaiku macam-macam. Sempat dongkol ketika perawat berasumsi, "jangan-jangan ibu menstruasi." Gedubrag, masa iya aku nggak bisa mengenali darah menstruasi dan lagi saat itu aku juga sudah datang bulan, jadi aku yakin banget darah yang keluar bukan darah menstruasi. Akhirnya aku menjalani cek laboratorium. Hasilnya menyatakan kalau aku terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK). Selain cek laboratorium, saat itu aku juga melakukan USG bagian ginjal, dan diketemukanlah beberapa kristal di ginjalku.

Huff, hanya gara-gara kebiasaan buruk yang kuanggap sepele, aku harus merasakan akibat sedemikian sakit. Sejak saat itu aku mulai menjaga asupan cairan dan berusaha tidak menahan-nahan pipis. Meskipun ternyata mengubah kebiasaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Beberapa kali ketika aku mulai teledor dan kembali menahan pipis, apalagi kalau sudah asyik di depan laptop dan banyak ide yang harus dituntaskan, rasanya mau berhenti untuk ke toilet saja enggan. Eng ing eng, anyang-anyangan mulai datang lagi deh. Alhamdulillah, kejadian 9 tahun yang lalu nggak sampai terulang. Kapok bin ngeri deh kalau harus buang air kecil berdarah lagi.


Penyebab Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih

Fakta Anyang-anyangan
Fakta Anyang-anyangan
Ternyata fakta membuktikan kalau dari 10 wanita, lima di antaranya pasti pernah mengalami infeksi saluran kemih. Anyang-anyangan merupakan gejala awal dari ISK. Adapun penyebab dari anyang-anyangan ini antara lain;
  1. suka menahan kencing
  2. pakaian dalam yang kotor
  3. cara membasuh yang salah setelah buang air besar
  4. toilet yang kotor
Selain empat penyebab utama tersebut, anyang-anyangan dan ISK juga bisa muncul saat wanita sedang hamil ataupun ada penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. 

ISK sendiri sebenarnya bisa terjadi baik pada wanita maupun pria, namun wanita lebih rentan dikarenakan jarak uretra dan anusnya lebih pendek dari laki-laki. Utamanya ISK terjadi karena adanya bakteri E. coli yang menempel pada saluran kemih.

Selain anyang-anyangan, gejala lain dari ISK adalah nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita, jika terjadi pada pria akan menimbulkan gejala nyeri pada anus, rasa perih ketika buang air kecil, urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah, badan terasa tidak fit, mudah lelah dan kurang sehat dan mengalami demam.

Nah, kalau kita sudah mengalami gejala-gejala di atas, lebih baik langsung deh cuzz ke dokter untuk memastikan apakah benar kita mengalami infeksi. Dengan pemeriksaan dari dokter, kita akan tahu bagian sistem kemih manakah yang terinfeksi. Beda tempat yang terinfeksi maka gejala yang kita alami pun bisa berbeda.

Jika infeksi terjadi pada bagian kandung kemih (sistitis), kita akan mengalami perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine. Sedangkan jika infeksi terjadi pada saluran kencing (urethritis), kemaluan akan terasa perih saat buang air kecil. Penyebab infeksi urethritis ini sama dengan infeksi sistitis, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal (bakteri E.coli) dari anus ke saluran kemih. Infeksi yang lebih parah akan terjadi ketika sudah mencapai ginjal (pielonefritis akut), biasanya akan ada nyeri pada pinggang bagian belakang atas, muncul demam tinggi, mual, dan muntah.

Jika diagnosa sudah didapat, dokter biasanya akan memberikan antibiotik sebagai pengobatan. Antibiotik yang biasa disarankan oleh dokter antara lain ciprofloxacin, levofloxacin dan trimethoprim. Selain antibiotik biasanya dokter juga memberikan pereda nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat. Jangan kuatir, bila infeksi yang kita alami tidak berbahaya, kita tidak perlu dirawat di rumah sakit kok.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih

Yang sudah pernah mengalami sakitnya anyang-anyangan pastinya ogah mengalaminya lagi. Apalagi kalau kasusnya seperti yang aku alami, sudah sampai kencing berdarah, nggak mau pakai banget deh kejadian lagi. Biar anyang-anyangan nggak lagi datang, kita bisa melakukan tips berikut ini;

Anyang-anyangan tidak sepele
Anyang-anyangan tidak sepele
  1. Pastikan toilet yang akan kita gunakan bersih, terutama jika kita menggunakan toilet duduk. Sebelum buang air kecil, bersihkan dulu dudukan toilet dengan tisu agar bakteri yang menempel bisa hilang, syukur-syukur kalau kita selalu sedia tissu basah antiseptik.
  2. Selesai buang air kecil atau air besar, basuhlah dengan air atau tisu. Jangan lupa cara basuh yang benar yaitu dari arah depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari agar bakteri E. coli tidak mampir ke saluran kemih.
  3. Gunakan pakaian dalam dari katun dan hindari ukuran yang terlalu ketat. Rajinlah mengganti pakaian dalam.
  4. Bagi yang sudah punya pasangan resmi (baca: menikah), selesai berhubungan intim segera buang air kecil dan bersihkan orgam intim kita.
  5. Perbanyaklah minum air putih. Semakin banyak air putih yang kita minum, semakin sering kita buang air kecil, maka bakteri E. coli akan banyak yang terbuang dan tidak sempat berkembang biak.
Namun ternyata lima tips di atas juga masih belum cukup untuk membantu kita mengatasi anyang-anyangan dan susah buang air kecil. Agar tips tersebut bisa lebih efektif, kita juga perlu bantuan cranberry. Mengonsumsi jus cranberry secara rutin bisa mengatasi susah buang air kecil dan anyang-anyangan. Selain itu jus cranberry juga bisa menghindarkan kita dari pemakaian antibiotik yang terus-menerus. Bagaimanapun obat kimiawi yang dikonsumsi berlanjut pasti memberikan efek samping pada tubuh.

Cranberry solusi alami anyang-anyangan
Cranberry solusi alami anyang-anyangan

Usir Cantik Anyang-anyangan dengan Ekstrak Cranberry

Pastinya pengen tahu lebih lanjut dong tentang cranberry? Cranberry merupakan jenis berry yang tumbuh secara liar dan berwarna merah tua. Biasa ditemukan di Amerika bagian utara dan Kanada. Dari dulu buah ini telah dipercaya sebagai obat yang mujarab. Kini dengan semakin berkembangnya riset dan teknologi, cranberry diketahui sebagai penghasil antioksidan dan sumber vitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sariawan.

Sejarah Cranberry Solusi Alami Anyang-anyangan
Sejarah Cranberry Solusi Alami Anyang-anyangan

Menurut penelitian terbaru cranberry mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu buah berwarna merah ini kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin serta memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol yang menjadikan buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Namun sayangnya kandungan antioksidan polifenol dalam cranberry ini kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Kandungan cranberry solusi alami anyang-anyangan

Manfaat cranberry solusi alami anyang-anyangan
Kandungan dan Manfaat Cranberry

Buah cranberry juga memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins. Antioksidan inilah yang membuat cranberry ampuh melindungi kita dari infeksi saluran kemih. Antioksidan ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ISK. Si proanthocyanidins ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Wah, berarti kalau mau bebas dari anyang-anyangan dan ISK, kita harus rajin bikin jus cranberry nih. Tapi bukannya cranberry ini susah didapat di Indonesia? Terus bagaimana dong solusinya? Don't worry and be happy, pals.. Karena sekarang sudah ada Prive Uri-cran yang dibuat dari ekstrak cranberry, jadi kita nggak perlu susah-susah cari dan ngejus buah cranberry. Tinggal beli saja di apotek dan supermarket terdekat, minum sesuai dosis dan dadah bye-bye deh sama si anyang-anyangan.

Prive Uricran Kapsul Solusi Anyang-anyangan

Prive Uri-cran sendiri ada dua jenis, pals. Yang pertama yaitu Prive Uri-cran yang berbentuk kapsul. Produk ini mengandung 250 mg ekstrak cranberry. Dalam satu kotak terdiri dari 30 kapsul. Dosis yang digunakan yaitu 1 -2 kapsul dalam sehari. Di apotek dekat rumah, Prive Uri-cran kapsul ini dijual dengan harga empat puluh ribuan untuk satu strip isi 10 kapsul. Jadi satu kotak harganya berkisar 120 ribuan.

Prive Uricran Plus Minuman Segar Penghilang Anyang-anyangan

Buat yang nggak suka mengonsumsi kapsul seperti aku, Prive Uri-cran Plus lebih cocok nih. Jenis Prive Uri-cran yang kedua ini berbentuk serbuk di dalam sachet, tinggal kita seduh pakai air, jadi deh minuman segar rasa cranberry. Rasanya segar, kecut-kecut manis dan segar. Bikin nagih.

Si Prive Uri-cran Plus ini mengandung 375 mg ekstrak cranberry; 60 mg vitamin C, 0,1 mg bifidobacterium bifidum, 0,1 lactobacillus acidophilus, 0,1 mg frukto oligo  sakarida dan 1 mg kalsium laktat glukonat. Dalam satu kotak terdiri dari 15 sachet. Meski rasanya enak dan bikin nagih, jangan terus minum tanpa aturan ya, pals. Pemakaian yang disarankan 1 -2 sachet per hari. Harga Prive Uri-cran plus berkisar 94 ribu hingga 120 ribu. Lihat cara membuat Prive Uricran Plus di sini yuk;


Dengan kandungannya yang aman, Prive Uri-cran ini bisa dikonsumsi baik ibu hamil dan ibu menyusui lo. Jadi aku pun nggak perlu khawatir lagi kalau anyang-anyangan kambuh, tinggal ambil Prive Uri-cran, langsung deh usir cantik si penyebab ISK ini, hush hush hush minggir.

Itu ceritaku tentang pengalaman buruk karena anyang-anyangan dan ISK, kalau kamu punya cerita nggak berkaitan dengan si anyang-anyangan, pals? Ada yang sudah rutin minum Prive Uri-cran juga kah? Yuk, share ceritamu di kolom komentar. Thanks for visiting and sampai jumpa di postingan berikutnya ya, pals!



Referensi:
Website resmi Uricran
http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih/pengobatan
http://www.alodokter.com/nyeri-buang-air-kecil-waspadai-anyang-anyangan



18 comments:

  1. Haaa serem juga ya kalau sampe pipis berdarah gitu. Aku kadang juga suka nahan pipis, lalu air seninya jadi keruh gitu. Berarti itu udah tanda-tanda ya...

    Thanks for sharing mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jangan sampai kejadian kaya aku deh, sakit bangeeet. Mending mencegah daripada mengobati.

      Delete
  2. dapet ilmu baru ni terkait ISK, kudu berhati hati ni...kadang jg suka nahan BAK soale,nggak baik efeknya yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, diusahakan jangan diempet2.. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati? Aku kadang masih kecolongan kalau lagi kebelet banget, tapi masih nyusuin...

      Delete
  3. Mba, lengkap banget. Aku jd teredukasi baca postingan ini. Inget juga dulu awal nikah pernah anyang2an juga, trus pas 2012 juga...nggak enak banget ya rasanya...nggak mau dan jgn sampe kena lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sakit.. Nggak nyaman banget.

      Delete
  4. Duhh ngeri juga ya kalo kena ISK gitu. Aku belum pernah ngalami, doyan minum dan nggak pernah nahan pipis.

    Sekarang krn sering pergi, aku kalo numpang ke toilet yg model closed duduk, selalu sangu tisu buat ngelap dudukannya. Takut juga kena bakteri atau kotoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kapok deh suka nahan-nahan pipis. Bikin sakit...

      Huum, suka worry kalau jalan2 ketemu toilet duduk.. Harus sedia tisu :)

      Delete
  5. dulu pas kecil pernah anyang-anyangen dan rasanya tidak nyaman banget. sekarang udah ada u cran tak perlu panik ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nggak perlu takut lagi ada uricran, yang serbuk aku lebih suka.. Seger :)

      Delete
  6. Kalau aku pernah tapi ga sampe berdarah Mbak. Yang sampe kaya gitu Ibuku

    ReplyDelete
  7. Jadi inget masa masa itu, disuruh banyak minum sama nggak ngempet pipis susahnya minta ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang nurun ke anaknya pula, duh duh duh.

      Delete
  8. Aku juga beberapa kali ngalamin ayang-ayangan mbak tapi berkat Prive-uricran semua teratasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, untung sekarang udah ada Prive Uricran yaa.. :)

      Delete
  9. Anyang2an emang nyebelin dan ngeselin... aku biasanya cuma minum air putih aja kalo anyang2an.. tapi kadang suka lama sembuhnya... sekarang ada solusi yang lebih praktis dan cepat buat anyang2an ya... thank you informasinyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. alhamdulillah sekarang udah ada Prive Uricran. Sama-sama mbak.

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.