header marita’s palace

About Me and My Palace

Konten [Tampil]
Assalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pertama-tama mau ngucapin terima kasih buat teman-teman yang sudah sudi berkunjung ke "istanaku" ini. Terima kasih yang sudi membaca celotehan-celotehanku yang masih dangkal, memberikan apresiasi, komentar bahkan kritik dan saran terhadap tampilan rumahku yang masih sederhana ini.

Tapi kayanya jargon "nggak kenal maka nggak sayang" masih berlaku ya :) Ngapain juga ya nengok-nengok kalau kenal aja enggak :) So, ijinkanlah aku menceritakan sekelumit tentang diriku; seorang ibu rumah tangga dengan sejuta impiannya :)

Personal Life

Keluarga Martin Marita
Dilahirkan dari rahim seorang wanita bernama Endah Susilaningtyas pada 16 Maret 1985 di sebuah kota yang terkenal dengan sebutan kota Lunpia. Kedua orang tuaku menyematkan nama Marita Surya Ningtyas sebagai doa dan harapan atas kehidupan yang akan aku jalani.  

Marita atau Ririt menjadi sapaan akrab untuk beberapa teman. Agar lebih simple dan biar nggak kepanjangan, aku lebih suka menggunakan Marita Ningtyas sebagai nama pena.

Sempat merasakan hidup di Salatiga selama kurang lebih 16 tahun, kemudian kembali lagi ke Semarang sejak kuliah hingga melepaskan masa jones-nya lalu dikaruniai seorang anak perempuan. Alhamdulillah diberikan suami yang super sabar menghadapi kebawelanku dan "lupa waktu"-ku kalau sedang asyik nulis dan ngeblog. Oya, suamiku juga sekarang jadi ketularan ngeblog lo, boleh main-main ke blognya doi di Martin Setiawan - Merangkai Kode Menjadi Cerita.

Selain warna hitam, biru adalah warna favoritku. That's why setelah bertualang dari satu tema ke tema lainnya, akhirnya kembali juga ke tema blog dengan warna dasar biru. Rasanya "gue bangeeeet!" Selain menulis, baca buku, koleksi buku, jualan buku,  nonton drama korea, ndengerin musik, dan Smule-an adalah rentetan hobiku.

Cita-cita yang paling tinggi jelas pengen masuk surga, hehe. Kalau cita-cita di dunia, pengen bisa mengunjungi Baitullah, keliling ke tempat-tempat cantik di Indonesia, belajar menjahit dan membuat butik gamis syar'i dengan brand dari hasil produk sendiri, serta tentunya bisa menghasilkan banyak karya yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Aamiin.

Business and Activities

Kesibukan saat ini selain ngurusin rumah yang enggak pernah rapi, main-main sama Mayda Hanifa Setianingtyas dan Muhammad Rafanda Setiawan, serta jeng-jeng sama Martin Eko Setiawan - sang mantan pacar, aku masih tetap asyik menggeluti dunia freelance content writer yang telah dirintis sejak 2012 dan mulai blogging profesionally

Namun yang pasti karena aku suka nulis, pokoknya mah nulis aja... dibaca enggak dibaca yang penting happy :) Eh, tetap kudu dibaca, kalau nggak dibaca sama orang lain, berarti belum disebut penulis :D.

Saking punya banyak keinginan, aku pernah nyemplung ke berbagai bisnis; dari MLM sampai jualan buku. Tapi kalau sudah nulis, semuanya jadi nggak terpegang. Akhirnya aku putusin untuk fokus saja di dunia blogging dan content writer

Buat yang punya web atau bisnis tapi nggak sempat update dengan artikel-artikel terbaru, bisa lo kerja sama denganku. Untuk info lebih lanjut bisa kulik ke Jasa Blogspedia ya!
Pertama kali datang event blogger
Me and Emaks of IIDN and Gandjel Rel
Saat ini berusaha mendekatkan diri kembali dengan Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis Semarang dan Komunitas Blogger Gandjel Rel agar terus bersemangat menulis sebagaimana teman-teman yang lebih senior dan sudah menghasilkan banyak karya. Aku juga bergabung dengan beberapa komunitas blogger lainnya, seperti Blogger Perempuan, Blogger Muslimah, KEB, Blogger Cihuy, dsb. 

Hal itu aku lakukan demi menambah wawasan tentang dunia blogging dan menjalin pertemanan dengan lebih banyak blogger. Semoga semakin sering berdekatan dengan mereka, aku juga ketularan pinter dan produktif. Aamiin.
Me and ibu-ibu di IIP Semarang
Bersama Komunitas Ibu Profesional Semarang
Komunitas kesayangan
Bersama Komunitas HEBAT

Komunitas Yukjos Semarang
with Yukjos Community Chapter Semarang
HSMI Semarang
Serunya HSMN

Dikarenakan ketertarikanku pada dunia parenting dan women empowerment, aku bergabung ke beberapa komunitas yang bisa mewadahi passion-ku tersebut, antara lain; Yukjos Community Semarang Chapter, Homeschooling Muslim Nusantara (HSMN) Semarang, Komunitas Ibu Profesional Semarang dan Komunitas HEBAT (Home Education Based on Akhlaq and Talents). Dari komunitas-komunitas ersebut, aku banyak bertemu dan belajar dari orang-orang yang luar biasa.

Beberapa catatan pribadi mengenai tumbuh kembang anak, aku dokumentasikan di blog Rumah Kita sebagai pengingat bagiku tentang perjalanan menjadi seorang ibu. Sedangkan di Blogspedia, aku mencoba mengumpulkan sedikit ilmu yang aku dapat tentang tutorial-tutorial blogging dan tips menulis sederhana untuk pemula.
Meskipun officially, I'm a housewife, aku ingin melibatkan diri dalam banyak kegiatan agar lebih memberikan peran yang bermanfaat bagi sekitar, walau sekecil apapun.

Lebih Dekat dengan Marita's Palace

Merupakan sebuah blog personal yang ditujukan untuk mengumpulkan serpihan-serpihan pengalaman, kenangan, catatan-catatan yang semoga bisa membawa manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Blog ini tidak sekedar menjadi sarana ekspresi diri, namun juga wadah agar lebih jago dan produktif dalam menghasilkan karya yang berkualitas dan bermanfaat.

Akhirnya setelah perjalanan panjang, aku sudah menemukan desain rumah yang klik. Kombinasi dua tone warna biru yang merupakan warna favoritku semakin membuatku nyaman berlama-lama di sini. Semoga saja teman-teman kongkow juga merasakan hal yang sama. Thanks to Igniel yang sudah bikin template sekece ini, hehe.

Untuk menguatkan filosofi di balik nama Marita's Palace, tagline awal blog ini adalah "The Most Expressive Spot to Reveal about Me and How I See The Life". Namun karena terasa terlalu panjang, aku sempat menggantinya menjadi Diary Emak Dasteran, Merekam Makna dan Jejak Kehidupan.

Entah kenapa dalam perjalanannya, aku merasa kurang sreg dengan tagline tersebut. Rasanya nggak gue banget. Pertama, aku sudah jarang banget dasteran, wkwk. Kedua, keknya jadi berkesan berat banget blognya, nggak santuy.

Hingga saat utak-atik template ini, aku menemukan bahwa header utamanya cukup kecil. Hanya pas untuk dipasangi logo. Sebagai penanda nama blog ini, kupasanglah tulisan Marita's Palace beserta logo yang juga menjadi favicon blog ini, yaitu istana ala-ala Jepang dengan huruf M di depannya. M menunjuk pada Marita, dan gambar istana menggambarkan palace, hehe. Maksa nggak sih.

Karena sudah kadung jatuh cinta pada template yang bisa menampilkan header besar. Aku pasang juga header tambahan yang kuletakkan di bawah menu bar. Header tambahan ini mendeskripsikan arti Marita's Palace dengan lebih detail.
behind the header & name of marita's palace
Jika dilihat dari PC, teman-teman kongkow bisa melihat ada tanda panah yang menunjuk ke arah nama blog. Seakan memberi penjelasan kalau blog yang bernama Marita's Palace adalah Zona Bebas Bercerita. Apa tuh maksudnya?

Si pemilik blog bakal bercerita tentang apa saja. Bisa dilihat dari kategori blog yang lumayan banyak. Namanya juga lifestyle blog ya, apa saja yang bisa ditulis, ya ditulis deh, wkwkw. 

Untuk mewakili gambar diriku, ada kartun perempuan berkerudung pink dan berkacamata, lengkap dengan tahi lalatnya, duduk manis sedang mengetik. Di depan laptop terdapat gambar yang digunakan untuk favicon blog. Gambar call out di samping kepala sebagai wujud betapa aku sebenarnya suka berceloteh tentang apapun. 

Layaknya pesawat kertas yang terbang dibawa angin, aku ingin celoteh-celoteh yang berbentuk tulisan di blog ini bisa sampai ke para pembaca yang membutuhkan. Harapannya tentu saja bisa membawa manfaat bagi pembacanya. 

Namun jikalau ada celoteh-celotehku yang malah membuat pembacanya jadi emosi jiwa, marah dan jengkel, aku minta maaf sebesar-besarnya. Bagaimanapun kita punya pandangan terhadap suatu hal yang mungkin saja berbeda. Bukan maksudku menciderai hati, hanya saja mungkin sepatu kita yang tak sama. 

Niche yang aku ambil untuk Marita's Palace memang lifestyle, tetapi parenting, mental health dan marriage adalah tema-tema yang paling I concern with. Namun selain tema-tema di atas, teman-teman kongkow juga bisa membaca banyak artikel yang dibagi dalam beberapa kategori berikut ini:
  • Asah-Asih-Asuh: berisi tentang artikel yang bertema parenting dan edukasi.
  • Beauty & Fashion: berisi tentang artikel yang terkait dengan dunia kecantikan, semacam skincare dan dunia fashion.
  • Blog & Write: berisi artikel yang memuat tips-tips menulis dan blogging.
  • Book Review: karena aku suka baca buku, aku ingin mengabadikan beberapa insight yang kudapat setelah membaca sebuah buku. Artikel-artikel tentang buku yang sudah kubaca, bisa dilihat di sini ya. 
  • Celotehku: ada kalanya aku hanya ingin ngecipris mengeluarkan uneg-unegku. Kalau kalian suka baca curcolan, tengok deh di kategori ini.
  • Dua Kacamata: ini adalah proyek duet blogging bersama suami. Belum konsisten, doakan lebih rajin update ya.
  • Entertainment: berisi tentang ulasan-ulasan film, drama Korea, musik favorit dan aneka hiburan lainnya.
  • Health: butuh artikel-artikel bertemakan kesehatan? Tengok di sini ya.
  • How to: jika ingin membaca artikel tentang tips-tips tertentu, cari saja di sini. Semoga yang dicari ketemu ya.
  • Jalan & Jajan: catatan tentang tempat wisata, tempat makan dan hotel yang pernah kusinggahi.
  • Life Motivation: berisi tulisan yang akan memberikan penyemangat dan menghangatkan hari-harimu. Juga bisa ditemukan tulisan terkait mental health.
  • Marriage: butuh tulisan tentang pernikahan, mampir ke sini aja.
  • Poe-fict: dulu suka banget nulis puisi dan fiksi, bisa dibaca di kategori ini kalau mau ngintip-intip ya.
  • Profil: berisi tentang cerita orang-orang hebat dan inspiratif. 
  • Soal Uang: butuh pencerahan tentang cara mengelola uang? Mungkin artikel yang ada di kategori ini bisa membantumu.
  • Sudut Rumah: pernah jadi penulis konten lepas untuk website-website interior, aku juga mau berbagi beberapa ide tentang penataan rumah. 
  • TeknOto: nggak banyak tahu sih tentang tema ini, tapi aku menulis beberapa hal terkait teknologi dan otomotif juga lo. Kalau nggak percaya, buktikan saja sendri.
Keinginan terbesar saat ini adalah bisa pecah telur buku solo. Sembari menanti kesempatan itu datang, tetap semangat untuk terus berkarya setiap waktunya. Blog ini menjadi salah satu bentuk karya yang bisa kupersembahkan. Beberapa karya yang pernah aku tulis dan pencapaianku di ranah blogging  serta aktivitas lain kudokumentasikan dalam halaman Recognition.

Meskipun blog ini bersifat personal, dalam penyusunannya aku berusaha seprofesional mungkin. Aku juga memiliki acuan dan ketentuan dalam mengembangkan blog ini yang  kutuangkan dalam Disclosure.

Ingin kenal lebih dekat denganku? Cuzz bisa add, follow and main-main ke sosial mediaku berikut ini;

Facebook: Marita Ningtyas
Fanpage: @MaritaPalace
Twitter: @maritaningtyas
Instagram: @maritaningtyas
Email: ms.ninktyaz@gmail.com

Sekali lagi, terima kasih banyak atas kunjungannya ya sederek-sederek. Selamat menikmati dan jangan lupa repeat order yaaa... eh maksudnya jangan sungkan-sungkan balik lagi kemari :)

Wassalammu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.