3 Cara Adopsi Hutan Ini Melestarikan Kehidupan


3 cara adopsi hutan untuk melestarikan kehidupan

Jujur, aku dulu bukan orang yang memilliki kepedulian tinggi pada lingkungan, apalagi soal hutan. Aku hanya sesekali membaca berita terkait hutan, namun belum tergerak untuk berbuat sesuatu dalam menjaga hutan. Paling hanya ikutan ngedumel ketika membaca berita kebakaran hutan. Tak lebih.

Hingga suatu hari aku dipertemukan dengan sebuah organisasi lingkungan hidup yang membuka mataku lebar-lebar. Sebuah takdir yang manis. Awalnya aku datang ke kantor organisasi tersebut untuk memenuhi undangan wawancara pekerjaan. Siapa menyangka wawancara itu tak hanya membuka pintu rezeki bagiku, namun juga membuka mataku tentang pentingnya keberadaan hutan di negara ini.

Berkenalan dengan Trees4Tress

Saat aku menerima panggilan wawancara, aku agak lupa bahwa pernah memasukkan lamaran ke organisasi tersebut. Maklum, setiap kali ada lowongan content writer atau sejenisnya, aku buru-buru klik apply. Seringnya setelah melamar aku melupakannya. Bukan apa-apa, usia yang tak lagi muda membuatku hopeless bisa diterima jadi karyawan.

organisasi non profit untuk penanaman pohon
Makanya ketika mendapat panggilan wawancara dari organisasi non profit yang bergerak dalam bidang penanaman pohon tersebut, aku terkesima. Ternyata masih ada kantor yang mau menerimaku, tanpa melihat status dan usia. Trees4Trees atau biasa disingkat dengan T4T membawa pengalaman baru bagiku.
Trees4Trees adalah program Yayasan Bumi Hijau Lestari (Sustainable Green Earth Foundation), sebuah yayasan nirlaba yang didirikan di Indonesia. Mereka berdedikasi untuk mendorong pelestarian hutan berbasis kemasyarakatan atau komunitas, sebagai cara untuk membantu lingkungan dan mengurangi kemiskinan pedesaan dengan menanam pohon.
Meski pada akhirnya aku belum bisa bergabung sebagai full time worker di sana, dengan adanya sebuah proyek kepenulisan yang aku kerjakan untuk mereka, aku jadi sedikit tahu mengenai T4T dan betapa pentingnya melestarikan hutan. Karena sejatinya menjaga hutan sama halnya dengan melestarikan kehidupan.

Mengenal Manfaat Pohon

Karena beberapa artikel yang kutulis untuk T4T tentu saja berkaitan dengan pohon dan pelestarian hutan, barulah aku tahu kalau pohon memiliki banyak manfaat, diantaranya:

4 manfaat pohon bagi manusia

1. Pohon Menahan Tanah pada Tempatnya

Akar pohon yang tumbuh jauh di dalam tanah ternyata mampu menahan tanah agar tetap pada tempatnya. Akar pohon juga mampu mencegah erosi tanah, terutama bila pohon-pohon itu tumbuh di lereng bukit dan medan curam lainnya.

2. Pohon Menyerap Karbondioksida

Seperti yang kita pelajari di sekolah, pohon dan tumbuhan hijau lainnya menyerap karbondioksida yang dihasilkan manusia dan organisme lain. Tanpa pohon, tingkat karbondioksida di atmosfer kita akan lebih tinggi daripada sekarang.

3. Pohon Menghasilkan Oksigen

Melalui fotosintesis, pohon menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia dan banyak organisme lain untuk hidup.

4. Beberapa Hewan Bergantung pada Pohon

Pohon menyediakan habitat penting bagi satwa liar dan tempat utama yang sangat dibutuhkan bagi banyak ekosistem di Bumi. Salah satu penyebab terjadinya kelangkaan satwa yaitu karena berkurangnya jumlah pohon.


manfaat pohon untuk kehidupan seluruh makhluk

5. Pohon Membuat Kota Lebih Layak Huni

Hutan kota yang hidup sangat penting bagi kota. Hutan kota yang sehat adalah salah satu faktor terpenting dalam pembentukan kota yang layak huni. Selain itu keberadaan hutan kota juga bisa membantu anak-anak menumbuhkan empati terhadap lingkungan.

Bahkan hanya dengan melihat pepohonan di kota dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesejahteraan penduduk perkotaan secara keseluruhan. Sebuah studi mengungkapkam fakta bahwa kota yang memiliki ruang hijau dengan pepohonan dapat membantu mengurangi tingkat kejahatan sekitar 50 persen.

6. Pohon Meningkatkan Nilai Properti dan Bisnis

Diketahui bahwa ketika ada pohon yang tumbuh di sebuah rumah, penjualannya akan mencapai 7 hingga 19 persen lebih banyak daripada jika tidak ada pohon yang ditanam di sana. Selain itu, fakta membuktikan bahwa banyak orang yang memulai bisnis di sebuah gedung dengan pepohonan di sekitarnya.

7. Pohon Membantu Menghemat Energi

Pepohonan yang ditanam di dekat rumah dan bangunan lain dapat membantu menghalangi angin dan menciptakan keteduhan. Hal ini membantu mengurangi penggunaan kipas angin atau AC di rumah-rumah.

8. Pohon Penting untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pemandangan pepohonan dan ruang hijau dari jendela rumah sakit telah dibuktikan dapat meningkatkan penyembuhan pasien dan mengurangi stress. Pepohonan di sekitar sekolah juga akan memberikan dampak baik kepada anak-anak. Mereka jadi lebih semangat bermain dan lebih konsentrasi saat belajar.


pohon dan manfaatnya bagi hidup

9. Pohon Memberi Kita Makan

Dengan menanam pohon buah-buahan atau kacang-kacangan di halaman, kita dapat menghasilkan makanan yang berlimpah untuk diri kita dan keluarga. Bahkan mungkin cukup untuk dibagikan kepada teman, tetangga, anggota keluarga lainnya, dan kolega di komunitas.

10. Pohon Memberikan Rasa pada Suatu Tempat

Pepohonan dapat memberikan karakter dan keindahan unik pada suatu tempat yang hanya dapat ditemukan di tempat tersebut. Menanam pohon adalah cara bagus untuk menambahkan sentuhan alam yang indah pada rumah kita dan meningkatkan estetika suatu tempat.

11. Pohon sebagai Investasi Masa Depan

Saat kita menanam pohon, kita memberikan hadiah untuk lingkungan dan masyarakat. Karena banyak spesies pohon dapat hidup ratusan tahun atau lebih, berinvestasi dalam penanaman pohon dapat bertahan jauh melampaui masa hidup kita sendiri.

12. Pohon Menjaga Siklus Air

Pepohonan dapat membantu mencegah air hujan menjadi banjir. Akar-akar pohon akan menyerap air tersebut ke dalam tanah sehingga banjir tidak akan terjadi. Pohon juga mampu menjaga uap air di atmosfer sehingga meningkatkan peluang terjadinya hujan.

Ketika hutan ditebang, uap air di atmosfer menghilang di suatu daerah, menurunkan curah hujan dan meningkatkan risiko kekeringan dan penggurunan. Dengan menanam pohon, beberapa dari efek negatif in tidak akan terjadi.

manfaat pohon bagi manusia dan hewan

13. Pohon Membantu Menahan Badai

Di sepanjang garis pantai, pohon hutan bakau mampu melindungi sekitarnya dari badai pantai yang keras. Pohon-pohon itu juga membantu melindungi daerah pedalaman dari gelombang badai serta angin kencang. Ketika hutan-hutan ini dipindahkan dari garis pantai, perlindungan penting ini menghilang. Pepohonan di habitat lain juga membantu mengurangi kondisi angin selama badai.

14. Pohon Menghasilkan Produk yang Dibutuhkan Manusia

Pohon menghasilkan banyak produk penting yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kayu, obat-obatan, dan makanan. Misalnya, pohon kelor dianggap sebagai makanan herbal super, dengan semua bagian pohonnya yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan dan obat-obatan. Bahkan bijinya digunakan di beberapa negara berkembang untuk penjernihan air.

15. Pohon Membersihkan Tanah dan Udara

Pohon dapat menyimpan beberapa polutan dan dapat mengubah polutan lainnya menjadi bentuk yang tidak terlalu beracun. Pohon sangat berguna untuk menyaring limbah dan bahan kimia dari peternakan, menyaring limpasan air ke sungai, membersihkan polusi logam berat dan polutan organik, serta membantu membersihkan kotoran hewan di air dan tumpahan di pinggir jalan.

Selain itu pohon juga mampu mencegat polutan udara seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, ozon, dan materi partikulat.

16. Pohon Membantu Mengendalikan Kebisingan

Pepohonan membantu menyerap suara keras di udara, terutama di lingkungan perkotaan. Ketika ditanam secara strategis di sekitar perumahan, pepohonan bahkan dapat membantu mengurangi kebisingan kota yang keras dari jalan raya dan bandara.

16 manfaat pohon di atas kuketahui ketika menyusun beberapa tulisan terkait kelestarian hutan dan lingkungan. Dari situ aku tersadar betapa selama ini aku terlalu abai pada sekitarku. Padahal seharusnya aku berterima kasih pada pohon-pohon yang ada. Karena mereka aku masih bisa menghirup udara yang bersih. Aku mulai tergerak untuk melakukan sesuatu, tapi mulai dari mana ya?

Kegiatan-kegiatan Trees4Trees

Setelah mengenali manfaat pohon, seketika aku dibuat terkesima dengan serangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh Trees4Trees. Sepertinya mainku kurang jauh hingga tak mengetahui ada organisasi non profit sekeren ini yang tak jauh dari tempat tinggalku.

kegiatan trees4trees di Indonesia
Trees4Trees mengajak beberapa komunitas yang biasa bergerak pada aksi sosial, khususnya pencinta lingkungan, untuk melakukan aksi penanaman pohon di beberapa titik di Indonesia. Beberapa yang kutahu, diantaranya penanaman pohon di Desa Wonosari bekerjasama dengan Tree, sebuah perusahaan furnitur kayu dari Hongkong yang sangat aware terhadap sustainability.

Selain itu juga penanaman pohon di Desa Selogiri yang bekerjasama dengan One Hope. Sebuah komunitas internasional yang unik, di mana mereka menjual paket wine sebagai bentuk donasi untuk kegiatan-kegiatan sosial. Salah satunya untuk menyokong penanaman pohon di negara kita.

Program yang dilakukan Trees4Trees tidak main-main. Sebelum melakukan penanaman pohon di sebuah wilayah, mereka akan meneliti dulu pohon apa yang cocok ditanam pada tempat tersebut. Kebanyakan petani lokal di Indonesia tidak mendapatkan edukasi yang tepat masalah penanaman pohon. Mereka hanya menanam tumbuhan yang biasa ditanam oleh nenek moyang secara turun-menurun. Tanpa disadari bahwa jenis pohon yang ditanam justru bisa merusak nilai tanah.

Trees4Trees yang tahu dengan pasti pentingnya hutan Indonesia untuk keberlangsungan hidup dunia, melakukan beberapa hal ini:
  • Memberikan bibit gratis dari spesies pohon bernilai tinggi yang nantinya akan tumbuh menjadi aset berharga bagi para petani lokal.
  • Memberikan pelatihan untuk mengoptimalkan nilai pohon yang ditanam oleh para petani dan membantu mereka meningkatkan taraf hidupnya. Hasil buah dari pohon yang ditanam bisa dijual oleh para petani sehinggga mereka mendapat penghasilan yang layak.
  • Memberikan lingkungan yang lebih aman. Dengan pemiliah pohon yang tepat, masyarakat di wilayah terpiih akan mendapat ruang hijau lebih luas, sehingga membantu mengurangi erosi, menjaga sungai lebih bersih, dan kualitas udara lebih baik.
Secara nyata baru kusadari bahwa Trees4Trees telah melakukan gerakan adopsi hutan sebagaimana diperkenalkan oleh Hutan Itu Indonesia.

Berkenalan dengan Hutan Itu Indonesia

Hutan Itu Indonesia (HII) adalah sebuah gerakan terbuka yang diinisiasi oleh anak-anak muda inspiratif. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa cinta kepada hutan Indonesia yang sangat berpengaruh dalam kehidupan umat manusia, tidak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga dunia. Dibentuk sejak 2016. para pendiri HII sadar bahwa ada banyak orang dan komunitas yang mau diajak berkolaborasi dalam menjaga hutan.

aksi nyata hutan itu indonesia

Sejak 2016 hingga sekarang, HII telah menyelenggarakaan banyak program keren, antara lain:
  1. Rangkaian kegiatan peluncuran Hutan Itu Indonesia Kompetisi media sosial “Hutan itu …” untuk mendorong kreativitas publik untuk membuat kreasi visual, baik foto, infografik, dan video
  2. Kegiatan ‘Youth-for-Youth’ Campaign yang memancing minat dan kreativitas mahasiswa dari beberapa kota di Indonesia untuk membuat kampanye #HutanItuIndonesia di wilayah mereka masing-masing
  3. Fun run #KuLarikeHutan untuk kampanye perlindungan hutan dengan cara mengadopsi pohon
  4. #JamuanHutan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas apa saja bahan-bahan makanan yang asalnya dari hutan
  5. #KelasSukaHutan, kelas pelatihan sukarelawan yang membekali pengetahuan tentang hutan Indonesia sekaligus membekali meningkatkan kapasitas diri sukarelawan
  6. #MusikaForesta, konser untuk merayakan Hari Hutan Indonesia
Dan yang paling gres adalah aksi Adopsi Hutan yang resmi digaungkan sejak 7 Agustus 2020. Aksi tersebut adalah bukti nyata yang bisa kita lakukan untuk ikut serta menjaga hutan. Caranya mudah, kita tinggal ikut berdonasi lewat kitabisa.com. Nantinya donasi yang terkumpul akan digunakan dalam penyelenggaraan aktivitas yang mendukung kelestarian hutan.

Dikutip dalam laman hutanitu.id, Andre Christian sebagai ketua umum HII menyampaikan;
Dana adopsi hutan nantinya akan diserahkan kepada para komunitas yang melakukan penjagaan hutan di 10 lokasi hutan, mulai dari Sumatera hingga Nusa Tenggara. Dana akan digunakan untuk aktivitas memastikan kelestarian hutan seperti patroli, pengembangan masyarakat sekitar hutan, termasuk juga mendukung pendidikan dan kesehatan masyarakat sekitar hutan.
Seiring dengan dijalankannya aksi Adopsi Hutan, HII juga meminta pemerintah untuk mencanangkan 7 Agustus sebagai Hari Hutan Indonesia. Sebagai negara dengan hutan tropis yang sangat luas, HII merasa perlu adanya Hari Hutan Indonesia agar di hari itu seluruh masyarakat Indonesia bisa fokus dan mengingat pentingnya keberadaan hutan di negeri ini. Dari satu hari yang akan terus dirayakan setiap tahunnya ini, diharapkan masyarakat pelan-pelan akan sadar pentingnya menjaga hutan di setiap harinya.


Pada 7 Agustus 2020 lalu, HII mengajak kurang lebih 100 organisasi dan komunitas untuk berkolaborasi menyelenggarakan live streaming bertemakan Hutan Kita Juara. Pada acara berdurasi lebih dari 4 jam tersebut, kita tidak hanya akan dihibur dengan suguhan-suguhan musikal dan budaya yang indah, namun mata kita juga akan terbuka dengan informasi-informasi terkait kehutanan.

Salah satu sesi yang paling membuatku berdecak kagum adalah kisah wanita-wanita inspiratif yang memiliki kesadaran dalam menjaga hutan di sekitarnya. Sesi itu mampu membuatku mbrebes mili dan bertanya, apa yang sudah kulakukan untuk hutan di negara ini?

3 Cara Mudah Adopsi Hutan untuk Melestarikan Kehidupan

Apakah pertanyaan yang sama juga muncul di benak kalian, pals? Jika iya, mungkin ini saatnya kita melakukan 3 hal berikut ini:

cara untuk mengadopsi hutan mudah dan tepat

1. Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Sebenarnya ini cara termudah, terutama jika kita mempunyai lahan yang cukup untuk menanam sebuah pohon. Namun ini juga bisa menjadi cara paling sulit, apalagi jika kita tinggal di lahan yang sempit. Merawat pohon pun membutuhkan pengetahuan yang tidak main-main. Jangan sampai setelah menanam, kita abai pada pohon tersebut. Nanti jadinya malah menzholimi tanaman tersebut.

Sampai detik ini aku belum terlalu tertarik dengan kegiatan tanam-menanam, justru suamiku yang lebih senang berkebun. Aku cukup menjadi penikmat ruang hijau sederhana yang dikelola oleh suami. Meski tak luas, namun ruang hijau tersebut mampu memberikan udara sejuk dan keteduhan tersendiri. Kalau teman-teman suka berkebun nggak nih?

2. Donasi $1 untuk Hutan yang Hijau

Buat yang lahannya sempit, yang nggak punya waktu untuk tanam-menanam, Trees4Trees siap membantu keinginan kita untuk mengadopsi hutan. Cukup dengan berdonasi mulai dari $1, kita bisa turut serta dalam aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh Trees4Trees. Selain penanaman pohon, Trees4Trees juga menggunakan dana donasi untuk melakukan edukasi kepada para petani lokal agar dapat merawat pohon dengan benar dan tepat.

3. Donasi via HII di kitabisa.com

Selain lewat Trees4Trees, kita juga bisa melakukan adopsi hutan lewat donasi yang digalakkan oleh HII lewat kitabisa.com.

Jika melakukan ketiganya terasa berat, pilih salah satu saja namun dengan kesungguhan yang sebenar-benarnya, insya Allah kita telah berkontribusi dalam melakukan adopsi hutan. Semoga kita selalu dimampukan untuk selalu menjaga hutan kita agar kelak anak cucu masih bisa menikmati keindahan ruang hijau di negara ini. Aamiin.





Referensi:
  • https://greentumble.com/20-reasons-why-we-should-plant-trees/
  • https://trees4trees.org/about/
  • https://hutanitu.id/2020/08/13/gotong-royong-rayakan-hari-hutan-indonesia-dengan-adopsi-hutan/


Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Semoga makin banyak yang berdonasi lewat adopsi hutan ya agar hutan kita makin lestari dan terjaga

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email