header marita’s palace

Cari Tahu Pengertian Ortopedi dan Jenis Penyakit Terkait Yuk!

1 comment
pengertian ortopedi dari para ahli
Cara mencegah rematik pernah menjadi hal yang ingin kuketahui dengan detail. Bukan apa-apa, jauh sebelum ibuku mengalami kelumpuhan selama bertahun-tahun, ibu sempat mengalami rematik berkepanjangan.

Karena hal itu aku jadi tertarik mempelajari rematik dan kawan-kawannya. Ngobrolin soal rematik, ternyata nggak bisa jauh-jauh dari pengertian ortopedi. Adakah di antara sohib kongkow yang mengetahui secara komplit mengenai ortopedi?

Pengertian Ortopedi

Ortopedi adalah salah satu cabang kedokteran yang berfokus pada perawatan sistem muskuloskeletal. Sistem tersebut terdiri dari otot, tulang, sendi, ligamen, dan tendon.
Dokter yang memiliki spesialisasi pada bidang ortopedi dikenal sebagai dokter ortopedi. Ahli ortopedi menggunakan pendekatan bedah dan non-bedah untuk menangani masalah muskuloskeletal, seperti cedera olahraga, nyeri sendi, dan masalah punggung.

Seorang ahli ortopedi dapat berspesialisasi dalam cabang kedokteran ortopedi tertentu. Cabang-cabang ini disebut subspesialisasi.

Beberapa subspesialisasi ortopedi antara lain:
  • Tangan dan ekstremitas atas
  • Kaki dan pergelangan kaki atau podiatri
  • Onkologi ortopedi, termasuk perawatan tumor dan kanker
  • Ortopedi pediatrik
  • Perawatan olahraga
  • Operasi tulang belakang
  • Operasi trauma
  • Operasi penggantian sendi

Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Ortopedi

Rematik adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem muskuloskeletal. Selain rematik tentunya ada jenis penyakit lain. Yuk kenalan dengan beberapa penyakit tersebut.

Penyakit yang berhubungan dengan sistem muskuloskeletal ini ada yang muncul sejak lahir. Namun beberapa di antaranya bisa terjadi akibat cedera atau keausan terkait usia.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi paling umum yang dapat ditangani oleh ahli ortopedi:
  • Nyeri sendi akibat artritis
  • Patah tulang
  • Cedera jaringan lunak, yang mempengaruhi otot, tendon, dan ligamen
  • Sakit punggung
  • Sakit leher
  • Nyeri bahu dan masalah, seperti radang kandung lendir
  • Sindrom terowongan karpal
  • Penggunaan berlebihan dan cedera olahraga, termasuk keseleo, tendinitis, robekan meniskus, dan Robekan anterior cruciate ligament (ACL)
  • Kondisi bawaan, seperti kaki pengkor dan skoliosis
  • Kanker tulang

Pengobatan yang Bisa Diberikan oleh Ahli Ortopedi

Ada beragam jenis perawatan yang bisa diberikan oleh ahli ortopedi. Tentunya beda kasus akan beda penanganan.

Namun biasanya ahli ortopedi dapat merekomendasikan beberapa hal berikut saat mengobati kondisi muskuloskeletal kronis:
  • Memberikan obat anti inflamasi yang dijual bebas
  • Melakukan rehabilitasi dan terapi fisik
  • Program latihan di rumah
  • Suntikan
  • Akupunktur
  • Alat bantu mobilitas
penyakit sendi
Ketika semua jenis pengobatan lain gagal membawa perbaikan atau kesembuhan, biasanya ahli ortopedi akan menyarankan tindakan operasi.

Adapun jenis-jenis operasi yang bisa dilakukan oleh ahli ortopedi, sebagai berikut:

1. Total Joint Replacement (TJR) alias Penggantian Sendi Total

Operasi TJR adalah salah satu operasi yang dianggap paling efektif untuk mengatasi penyakit sendi kronis. Selama TJR, atau artroplasti, dokter akan mengangkat permukaan sendi yang rusak.

Kemudian dokter akan menggunakan prostesis sebagai pengganti untuk mereplikasi fungsi sendi sehat yang khas. Banyak orang dapat melakukan aktivitas sehari-hari lebih cepat setelah melakukan TJR.

2. Bedah Artroskopi

Pembedahan arthroscopic adalah prosedur invasif minimal yang menggunakan arthroscope untuk mendiagnosis masalah sendi. Artroskop adalah kamera yang panjang dan tipis. Kira-kira seukuran lubang kancing gitu deh.

Kamera itu dimasukkan oleh ahli bedah ortopedi ke dalam sendi seseorang, paling sering di lutut atau bahu. Kamera terhubung ke monitor video yang memungkinkan dokter melihat bagian dalam sambungan.

Dokter bedah kemudian dapat menggunakan beberapa instrumen kecil dan tipis untuk mengatasi berbagai masalah dengan membuat sayatan kecil tambahan.

Bedah artroskopi lutut adalah jenis bedah ortopedi yang paling umum. Seorang ahli ortopedi dapat melakukan bedah artroskopi untuk memperbaiki cedera sendi yang umum, seperti robekan meniskus, robekan ACL, dan robekan manset rotator.

Diperlukan waktu 1 minggu hingga beberapa bulan bagi seseorang untuk pulih sepenuhnya dari artroskopi.

3. Operasi Perbaikan Patah Tulang

Seorang ahli bedah ortopedi dapat merekomendasikan operasi perbaikan patah tulang untuk mengembalikan anatomi normal dari patah tulang yang lebih parah. Untuk menstabilkan tulang, mereka dapat menggunakan berbagai jenis implan. Ini termasuk batang, pelat, sekrup, dan kabel.

Setelah operasi perbaikan patah tulang, biasanya seseorang kehilangan kekuatan otot dan rentang gerak di area yang cedera. Namun, dokter akan merekomendasikan latihan khusus untuk mengembalikan kekuatan otot, gerak sendi, dan kelenturan secara normal.

4. Operasi Pencangkokan Tulang

Ahli bedah ortopedi dapat melakukan pencangkokan tulang untuk meningkatkan regenerasi tulang ketika tubuh seseorang tidak dapat menghasilkan cukup tulang baru.

Dalam operasi pencangkokan tulang, ahli bedah ortopedi menggunakan tulang dari tubuh seseorang atau donor untuk memperbaiki dan memperkuat tulang yang sakit atau rusak. Mereka juga dapat menggunakan pengganti tulang sintetis dan faktor biologis ketika cangkok tulang alami tidak tersedia.

5. Fusi tulang belakang

Selama operasi fusi tulang belakang, dokter akan menyatukan dua tulang belakang atau lebih untuk memperbaiki masalah pada tulang belakang. Prosedur ini memungkinkan vertebra sembuh menjadi satu massa tulang yang padat.

Seorang ahli bedah tulang belakang ortopedi dapat melakukan fusi tulang belakang untuk beberapa masalah punggung dan leher, termasuk skoliosis dan cedera pada tulang belakang atau diskus intervertebralis.

Tentunya tidak ada satupun orang yang pengen bermasalah dengan penyakit ortopedi kan? Oleh karenanya temen kongkow bisa melakukan tips hidup sehat untuk menghindari terjadinya rematik dan penyakit yang berhubungan dengan sendi lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang menyehatkan sendi, temen kongkow bisa mengunjungi https://sendi-sehat.com. Semoga informasi mengenai pengertian ortopedi dan penyakit yang berhubungan dengannya ini bermanfaat. Salam sehat selalu, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Soal tulang ini memang agak urgent apalagi sekarang banyak penyakit tulang karena kebiasaan buruk setiap hari. Jadi resah, kalau enggak paham benar perihal tulang. Sangat bermanfaat ini mah, menambah pengetahuan tentang tulang, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment