Wednesday, August 31, 2016

Memberikan Pendidikan Terbaik bagi Buah Hati Melalui Investasi Reksadana Online


Ketika membicarakan impian, akan tergambar beberapa hal dalam bayanganku; pergi ke tanah suci untuk menunaikan umroh atau haji, keliling Indonesia menikmati segala pesona dan keindahannya, mempunyai rumah yang cukup luas halamannya dan bisa sebagai tempat berkumpul serta berkarya bagi masyarakat sekitar, membangun daycare dan PAUD yang berkualitas untuk masyarakat menengah ke bawah. Namun di antara beragam impianku tersebut, pendidikan anak-anakku masuk dalam prioritas paling tinggi.


"Jangan meninggalkan anak-anak yang lemah". Sebuah penggalan pesan tersebut terus terngiang di telingaku. Aku mungkin saja tidak bisa meninggalkan banyak harta bagi anak-anakku kelak. Namun aku tidak ingin meninggalkan anak-anakku dalam keadaan yang kurang ilmu dan pengetahuan. Harta yang melimpah tanpa kecerdasan finansial yang baik tentunya tidak akan memberikan keuntungan apapun bagi anak-anakku. Namun jika kutinggalkan anak-anakku dengan ilmu pengetahuan dan life skill yang cukup, insya Allah seberapapun harta yang kutinggalkan ataupun tidak ada sama sekali harta yang kutinggalkan untuk mereka, mereka akan bisa bertahan hidup dengan cukup layak.

Berkaca pada kondisi keuangan saat ini, terkadang aku bertanya-tanya apakah aku akan sanggup memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anakku. Jadi ingat beberapa bulan yang lalu ketika aku memasukkan anakku ke sebuah taman kanan-kanak, aku sudah harus merogok kocek sebesar lima juta rupiah untuk membayar uang gedungnya. Itu baru TK, bagaimana nanti kelak SD, SMP, SMA bahkan kuliahnya? Itu baru satu anak, bagaimana nanti dengan anak yang kedua dan seterusnya?


Bergidik ngeri aku membayangkan hal tersebut. Apalagi jika melihat kemampuan ekonomiku dan keluarga yang biasa-biasa saja. Gaji suami yang standar UMR di kota kami ditambah dengan pendapatanku dari kerjaan freelance terkadang tak habis pikir bagaimana kami sanggup menjalani angka dan hitungan yang sering tak masuk akal. 

Namun begitulah matematika Allah terkadang tak selalu sama dengan hitung-hitungan manusia. Betapa telah diaturNYA sebaik mungkin bagaimana rizki untuk hamba-hambaNYA. Yang terpenting adalah bagaimana kita berikhtiar sebaik mungkin, masalah hasil adalah urusan Allah.

Ngomongin soal ikhtiar untuk bisa memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anakku, sejauh ini aku hanya mengandalkan tabungan yang jumlahnya juga tak seberapa. Saat ini aku mulai berpikir untuk memulai investasi. Selama ini aku berpikir tabungan adalah salah satu bentuk investasi, namun baru aku sadari kalau tabungan dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Tabungan adalah simpanan untuk keadaan darurat yang bisa diambil sewaktu-waktu, sedangkan investasi adalah membiarkan uang bekerja untuk kita. Ketika kita menginvestasikan sejumlah dana di suatu tempat, maka dana itu akan diolah sebaik mungkin untuk bisa berbuah lebih besar.

Ada banyak jenis investasi, antara lain; properti, emas, obligasi, saham dan reksadana. Tiap jenis tersebut tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi pun beraneka ragam, ada yang membutuhkan modal besar hingga ratusan juta rupiah - biasanya jika kita ingin memulai investasi di bidang properti, namun ada juga yang hanya membutuhkan seratus ribu rupiah.

Di era modern seperti sekarang ini, semua memang serba dimudahkan. Jika dulu hanya orang berduit banyak yang mampu melakukan investasi, sekarang orang dengan kantong pas-pasan juga bisa memulai investasi. Bahkan jika yang malas pergi kemana-mana, kini sudah banyak ditawarkan pula investasi online. Tentunya jika kita memilih investasi lewat online, kita harus lebih berhati-hati dan mengenal betul siapa manajer investasi kita, jangan sampai kita tertipu perusahaan bodong yang ingin mengambil keuntungan dari kita.

Di antara sekian jenis investasi tersebut, buatku sih yang paling cocok adalah investasi reksadana. Mengapa? Reksadana adalah jenis investasi yang mengkombinasikan berbagai instrument investasi, seperti saham, obligasi dan deposito, dan dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya. Manajer investasi ini nantinya yang akan mengumpulkan dana dari para investor untuk dikelola dengan strategi yang khusus. Dikarenakan dana kita digabungkan dengan dana para investor lainnya, maka modal yang kita keluarkan untuk investasi dalam bentuk reksadana ini cukup ringan, bahkan ada yang bisa dimulai dari seratus ribu rupiah. Cukup terjangkau, kan?

Reksadana sendiri memiliki berbagai ragam, antara lain; reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, reksadana terproteksi, reksadana indeks, ETF (Exchange Traded Fund) dan reksadana syariah. 

Bagi yang sedang belajar menjauhi riba sepertiku, reksadana syariah bisa jadi pilihan investasi yang paling cocok. Reksadana jenis ini biasanya menginvestasikan dana kelolaannya menurut ketentuan dan prinsip syariah. Reksadana syariah tidak menginvestasikan dananya pada saham atau obligasi dari perusahaan yang pengelolaan atau produknya bertentangan dengan prinsip syariah. 

Bingung memilih reksadana karena ada banyak tawaran? Malas keluar rumah karena ribet bawa anak kecil kesana kemari? Tenang, kini sudah tersedian reksadana online yang akan membantu kita berinvestasi tanpa ribet dan puyeng. POEMS ProFunds adalah salah satu reksadana online terpercaya yang dikelola oleh PT Phillip Securities Indonesia. Jangan khawatir, perusahaannya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Jadi dana yang kita investasikan dipastikan aman dan menghasilkan dengan baik.


Tentang Philip Securities
Philip Securities adalah sebuah perusahaan sekuritas yang telah terpercaya dan hadir di Indonesia sejak tahun 1994. Untuk menjadi nasabahnya, caranya cukup mudah. Cukup dengan mengunjungi situs www.poems.co.id, klik open an account, lalu isi data yang diminta. Setelah itu unduh dan cetak data tersebut, kirimkan beserta syarat-syarat yang diminta ke kantor Philips Securities Indonesia. Mudah, kan?

POEMS sendiri merupakan supermarket reksadana online yang dikelola oleh Philip Securities Indonesia. Di sini kita akan menemukan banyak pilihan reksadana. POEMS akan membantu kita untuk memilihkan reksadana yang cocok untuk kondisi keuangan dan karakter kita. Dengan adanya POEMS, kita tidak perlu berkeliling satu kantor keuangan ke kantor lainnya, cukup klik situsnya dan POEMS akan memilihkan yang terbaik untuk kita. 




Dengan empat fitur cerdasnya; Smart Start, Smart Plan, Smart Safe - Smart Order dan Auto Sweep, POEMS selangkah lebih maju dalam membantu masyarakat Indonesia untuk lebih cerdas berinvestasi dalam mewujudkan impian-impiannya.

Kini, pilihan ada di tangan kita masing-masing. Apakah kita akan memilih terlena oleh waktu yang tidak akan berjalan mundur dan terus bergegas maju tanpa persiapan apapun hingga tanpa sadar impian hanyalah tinggal impian, atau memilih untuk mewujudkan impian kita dengan berinvestasi secara cerdas dan tepat? 

Selamat berpikir, dan selamat mewujudkan impian besar kita!









4 comments:

  1. wah ikutan juga toh... semoga menang ya mbak kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba-coba mbak.. siapa tahu rejeki :) Aamiin.

      Delete
  2. akupun investasinya kebanyakan di reksadana mba... tp krn kerjaanku memang di perbankan, jdnya aku lbh suka belinya lwt bank sendiri, yg mana untuk staff gratis biaya pembelian ;p.. dan lbh gampang aja memantaunya :D.. reksadana udh paling gampanglah utk para pemula yg memang mau investasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik ya kalau kerja di perbankan nggak bingung milih, udah paham banget mana yang oke punya :)

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.