Wednesday, September 7, 2016

Serunya Reuni SMA dan 6 Manfaatnya



Hi, pals!

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata 'reuni'? Sebagai mantan-mantan abegeh, pasti masa sekolah sudah berlalu cukup lama ya. Seringkali reuni menjadi hal yang paling dinanti oleh sebagian besar dari kita. Berkumpul kembali dengan teman-teman seperjuangan semasa sekolah atau kuliah bisa memotivasi semangat hidup yang mungkin mulai berjalan stagnan. 



Teman-teman seangkatan dan sejurusanku waktu kuliah biasanya mengadakan reunian setiap tahun sekali. Biasanya diadakan saat libur lebaran idul fitri. Namun sudah dua kali ini aku absen datang dikarenakan lokasi acara yang di tengah sebuah mall besar di Semarang tidak membuat anakku nyaman untuk lari-lari. Terakhir datang reuni yang ada Ifa tantrum saking bosannya, jadilah sekarang mikir-mikir kalau mau datang reuni, hihi.

Ada sebuah acara reuni yang sangat berkesan bagiku, yaitu reuni SMA kelas tiga bahasa yang diadakan sekitar lima tahun yang lalu. Aku agak lupa kapan tepatnya, yang pasti saat itu Ifa masih umur setahun atau malah belum ada setahun. Sampai saat ini kami belum pernah bertemu kembali, meski rencana demi rencana reuni sudah diagendakan tapi mengumpulkan orang-orang dengan aktivitas yang sudah berbeda-beda, juga tempat tinggal yang sudah berpencar-pencar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. 



Apa sih yang seru dari reuni? Berkumpul kembali dengan teman-teman yang dulu masih umur belasan dan ababil, kemudian bertemu saat sebagian besar sudah punya pasangan dan anak. Yang seru ketika terungkap fakta bahwa pasangannya ternyata juga sama-sama teman sekelas, atau kakak kelas. Langsung deh dikepoin ceritanya, hehe.

Namun ternyata tidak semua orang menyukai momen-momen reuni. Ada beberapa orang yang merasa minder ketika diajak reuni karena merasa kondisinya belum semapan teman-temannya, merasa reuni hanya jadi ajang pamer, merasa belum menjadi apa-apa padahal teman-temannya banyak yang sudah sukses, sampai takut ketemu mantan dan terjebak nostalgia. Padahal ketakutan dan kekhawatiran seperti itu nggak perlu terjadi ya, apalagi kalau kita tahu ternyata setidaknya ada enam manfaat dari reuni sekolah. 

6 Manfaat Reuni Sekolah

1. Sebagai Ajang Silaturahim

Tentunya kita tidak ingin jalinan pertemanan yang sudah terbina cukup lama terputus begitu saja. Reuni bisa menjadi ajang untuk menjalin silaturahim. Kita jadi tahu kabarnya teman-teman dan guru-guru. Melalui reuni kita juga bisa saling bertukar informasi-informasi penting sehingga bisa menambah wawasan dan pandangan kita. 


2. Mengenang Masa-masa Sekolah

Buatku reuni merupakan salah satu pil awet muda. Saat reuni  memori kita seperti dilepaskan kembali ke masa-masa sekolah. Mengenang kelucuan, kekonyolan dan kenakalan semasa sekolah bisa membuat kita terbahak dan melupakan masalah hidup yang mungkin sedang membelenggu. Banyak tertawa di hari itu bisa mengurangi kerut ketuaan dan menumbuhkan kebahagiaan.


3. Memperkuat Koneksi Pertemanan

Selain sebagai ajang silaturahim, reuni sekolah bisa memperkuat jaringan pertemanan kita. Bahkan tak jarang dari reuni sekolah bisa menjadi ajang bisnis yang cukup oke. Bertemu dengan banyak teman yang kini memiliki profesi beragam bisa menjadi pembuka jalan untuk memulai bisnis bersama. Apalagi kalau ada teman yang lagi cari content writer untuk bisnisnya, langsung dah sodorin kartu nama, hehehe.


4. Sebagai Ajang Bakti Sosial dan Penggalangan Dana

Tak jarang saat reuni kita mendapat informasi mengenai kondisi teman atau guru yang sedang sakit atau tertimpa musibah. Mumpung lagi ketemuan akhirnya bisa jadi ajang untuk sekalian menggalang dana dan melakukan bakti sosial untuk meringankan kesusahan teman dan guru tersebut. Jangan sampai reuni hanya jadi ajang hura-hura, namun juga ajang untuk saling menolong.

5. Mengusir Kegalauan

Hidup pasti penuh masalah. Ada kalanya kita terlalu disibukkan oleh segudang aktivitas yang menjemukan hingga tidak punya waktu untuk tertawa. Saat reuni inilah kita bisa banyak tertawa karena bertemu dengan banyak teman dan segala kenangan masa sekolah yang pasti lucu dan seru. Meski hanya beberapa jam ketemuan, dijamin rasa galau yang tadinya menempel di hati dan otak tiba-tiba hilang, berganti dengan kegembiraan yang membuncah.


6. Memperpanjang Usia

Salah satu manfaat silaturahim adalah memperpanjang usia. So, kalau kita datang ke acara reuni bisa jadi sarana untuk memperpanjang usia lo. Mau nggak punya usia yang panjang? Mau dong ya... asal usianya berkah tentunya, hehe. 

Namanya juga sebuah agenda kehidupan ya, pasti ada sisi negatif dan positifnya. Tinggal bagaimana kita memandang dan menanggapinya. Buatku sih reuni adalah sebuah momen  yang cukup seru dan patut untuk selalu ditunggu.



Ini ceritaku tentang reuni, bagaimana denganmu?


20 comments:

  1. Enak ya bisa reuni, dulu sekali mau reuni stm malah pas ada kegiatan :(, nyesel sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau reuni harus ajak aku lo... jaga2 kalau ketemu mantan.. #siap2 gondeli... hehehe.. :D

      Delete
  2. reuni = silaturahmi=panjang umur = banyak rejeki :D

    ReplyDelete
  3. waah..senang sekali mba. Says pernah reuni SMA tapi udah lama banget sekitar 9 th yang lalu dan lupa tidak foto2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. ini juga udah lama nggak ketemuan.. pengen kumpul2 lagi... seru :) Itu kalau nggak dikirimin temen juga nggak punya fotonya aku mbak, hihi

      Delete
  4. Besok minggu insyaAllah mau reuni di Purworejo, sudah 19 tahun nggak ketemu.
    *mantan UUpps :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh eh eh... inget suami dan buntut ya mbak, hehe :D

      Delete
  5. iya mbak, ajang reuni memang ajang penuh berkah lah.. emang gak ada ruginya silaturohim yak..

    dapat pahalanya.. dapat koneksinya.. dapat senangnya..

    asaaaalll

    gak CLBK aja.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul positif dan negatif nya pasti ada, asal kita pinter2 aja ambil positifnya aja ya mbak.. Pokoknya kalau reuni dilarang baper hehe

      Delete
  6. Tahun ini boleh dibilang tahun reuni buat ei. Meskipun ada aja yang melihat reuni dari sisi negatif, buat ei reuni justru banyak sisi positifnya hehehe.
    Salam kenal ya ;-)

    ReplyDelete
  7. Wah setahun sekali reuni? Kalau saya agak kesusahan krn tmn2 kuliah dah mencar2 ke kota lain jg hehe. Tapi seru juga ya kalau bisa sering2 kumpul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau yang temen2 kuliah begitu. Kebetulan masih banyak yang sekota :D Cuma aku sering absen sih, kebanyakan yang masih ngumpul yang masih pada jomblo, hehe :D

      Delete
  8. ahhh bener banget tuh mba, terutama yang nomor 4. Biasanya abis reuni dan denger kabar ada teman yang kurang beruntung atau terkena musibah, langsung pada patungan buat bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. jangan sampai cuma senang-senang aja ya mbak :)

      Delete
  9. Sepertinya ini uda angkatan tua ya mbk, reuninya uda bawa anak (berasa muda) hehe
    Momen reuni emang nyenengin mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh berasa gimana gitu disebut tua, wkwkwk... generasi 90an lah :D

      Delete
  10. Reuni sering banget dilakukan pas momennya habis Lebaran cuma aku jarang datang soalnya jadwalnya suka nggak cocok. Paling banter ya reuni sendiri sama teman se-gank atau teman sepermainan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih gampang ngumpulinnya juga ya mbak :)

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.