Bersama LAZISBA, Bersedekah Jadi Lebih Mudah

  • Saturday, October 07, 2017
  • By Marita Ningtyas
  • 1 Comments




Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa kabar hari ini, pals? Tak terasa sudah sampai weekend ya, ada yang berencana untuk berlibur dengan keluarga? Apa pun rencana hari ini, pastikan untuk selalu bahagia dan have fun ya.

Kali ini aku mau ngobrolin tentang sedekah, manfaatnya dan ke manakah tempat yang paling aman untuk bersedekah. Sebagai umat Islam, kewajiban untuk bersedekah banyak diulang di dalam Al Quran. Sedekah itu sebenarnya bagaikan menabung. Sedekah terasa lebih istimewa karena menabungnya tidak di bank, tapi langsung ke Allah. Bayangkan saja sesuatu yang diniatkan karena lillahi ta’ala pasti akan membawa banyak manfaat, kan?


Dan berikanlah infak di jalan Allah dan janganlah engkau menjatuhkan dirimu ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang yang berbuat baik. (Al Baqarah: 195)

Gembirakanlah orang-orang yang taat, yaitu orang yang apabila disebut nama Allah maka bergetar hatinya dan orang yang bersabar atas apa yang menimpanya serta orang yang mendirikan shalat dan orang yang menginfakkan sebagian rizkinya yang Kami berikan kepadanya. (Surat Al Hajj: 34 – 35)

Katakanlah; ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizki pada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya, dan Allah menyempitkan rizki pada orang yang dikehendaki-Nya. Dan apapun yang kamu infakkan atas rizki yang diberikan Allah, maka Allah menggantinya kembali dan Allah-lah sebaik-baik pemberi rezeki. (Surat Saba: 39)

Itulah beberapa seruan untuk bersedekah yang bisa kita temukan di dalam Al Quran. Tidak bergetarkah hati kita ketika Allah meminta berulang-ulang untuk menginfakkan rizki yang diberikan olehNya? Masihkah kita merasa takut jika bersedekah bisa membuat kita kekurangan, sedangkan kita berkata dengan yakin bahwa Allah lah maha pemberi rezeki?

Kenapa Harus Bersedekah?

Jika kita masih sulit dalam bersedekah, ada baiknya jika kita mencari tahu keutamaan dari bersedekah. Aku kutip dari situs Pondok Islami, setidaknya ada 10 keutamaan bersedekah, yaitu;


  1. Sedekah bisa membawa keberkahan pada harta yang dimiliki.
  2. Sedekah bisa menghapus dosa.
  3. Orang yang bersedekah akan mendapat pahala yang dilipatgandakan.
  4.  Orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir.
  5. Sedekah merupakan bukti keimanan kita kepada Allah.
  6. Sedekah mampu mencegah maksiat dalam jual-beli (perdagangan).
  7. Terdapat pintu khusus ke surga bagi orang-orang yang bersedekah.
  8. Sedekah bisa membebaskan dari siksa kubur dan api neraka.
  9. Sedekah memberikan pahala yang terus berkembang.
  10. Bersedekah akan mendatangkan kelapangan dada dan kebahagiaan.
    Setelah kita mengetahui 10 keutamaan sedekah tersebut, masihkah kita akan menunda-nunda bersedekah? Semoga kita dijauhkan dari sifat kikir dan sempit hati ya, pals.

Ke Mana Harus Bersedekah?

Nah, setelah tahu manfaat apa saja yang kita dapat dari bersedekah. Kini saatnya menentukan ke manakah kita harus bersedekah? Bisa saja kita langsung memberikan kepada orang yang membutuhkan di sekitar kita, atau mungkin memberikan pada keluarga terdekat yang memiliki permasalahan ekonomi cukup berat. Bagaimana pun sebaik-baiknya bersedekah adalah kepada orang terdekat.

Namun jika ternyata lingkungan di sekitar dan keluarga kita tidak ada lagi yang membutuhkan bantuan, tentu kita harus mencari lembaga yang bisa menyalurkan sedekah kita dengan amanah dan terpercaya. Di antara banyaknya lembaga, Lazisba (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Baiturrahman) adalah salah satu pilihan terbaik.


Mengenal Lazisba Lebih Dekat

LAZISBA adalah lembaga amil zakat yang berada di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam ( YPKPI ) Masjid Raya Baiturrahman. Kelahiran LAZISBA pada awalnya bermula dari adanya potensi  Zakat, Infaq dan Shadaqah ( ZIS ) pada jamaah Masjid Raya Baiturrahman yang belum tergarap secara maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka di dirikan LAZ Baiturrahman sebagai nama awal LAZISBA sesuai SK Yayasan Masjid Baiturrahman.Tanggal 23 Maret 2006 / 22 shafar 1427 H Nomor 015/ SKEP/ YMB/ III /2006.

Seiring waktu dengan semakin berkembangnya LAZ Baiturrahman maka nama LAZ Baiturraman di rubah menjadi LAZISBA pada pertengahan tahun 2010 tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 2010, dengan harapan akan lebih maksimal dan lebih profesional. Seiring perkembangan Lembaga dan tuntutan UU No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, maka secara badan Hukum Lazisba telah terdaftar dalam SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 pada Tanggal 3 Desember menjadi Yayasan Lazis Baiturrahman.




Dengan dikukuhkannya Lazisba menjadi yayasan, maka lembaga ini semakin kuat dalam menjalankan visi misi dan tujuannya. Visi dari Lazisba yaitu terlaksananya pengelolaan zakat, infaq dan sadaqah yang efektif dan efesien sesuai dengan tuntutan agama islam. Sedangkan misi dari Lazisba adalah memberikan bimbingan dan dorongan kepada umat islam untuk melaksanakan kewajiban dalam menunaikan zakat, infaq dan sadaqah, serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terwujudnya keadilan sosial. Masya Allah keren banget ya visi misi dari Lazisba ini, pals.



Nah, untuk mewujudkan dan mencapai visi misinya, Lazisba mengejawantahkannya lewat tujuan didirikannya lembaga ini dengan lebih detail dan spesifik. Ada pun tujuannya yaitu membantu mengatasi kesenjangan sosial ekonomi masyarakat  sehingga terwujud hubungan masyarakat serta sejahtera materiil dan spiritual, menjaga harkat dan martabat mustahik, mengentaskan kemiskinan dan memberikan bantuan pada anak yatim piatu.


Program-program Lazisba

Dengan latar belakang  tersebut maka bisa dipastikan jika Lazisba insya Allah amanah dan terpercaya dalam mengelola sedekah, infaq dan zakat para donaturnya. Terbukti dana yang telah dipercayakan kepada Lazisba disalurkan ke dalam berbagai bidang, antara lain ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kepemudaan.

·         Bidang Ekonomi




Lazisba memiliki program bernama KUBAH (Kredit Usaha Barokah), yaitu pemberian bantuan modal pada Mustahik tanpa bunga. Beberapa daerah yang telah merasakan bantuan ini antara lain desa Tambak Mulya,Tegowanu, Karangawen dan Cepoko (Gunung Pati) 2010 – 2015.

·         Bidang Kesehatan




BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta), IBU – KUS (Ibuku sehat – Anaku Cerdas) dan Sunah (Sunat Barokah) adalah tiga program yang dijalankan oleh Lazisba di bidang kesehatan.

·         Bidang Pendidikan




Di bidang ini, Lazisba memiliki beberapa program antara lain BUS (Bea Siswa Untuk Surga), Sekolahku Indah, Maksum (Masjidku Tersenyum), ELC (Education Learning Centre), Asyik (Taman Syiar Qur’an) dan Santri (Sahabat Anak berprestasi).

·         Bidang Kepemudaan




Di bidang ini Lazisba ikut berperan serta dalam menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU yang siap menegakkan Islam, berkarakter Islami, mandiri dan berjiwa sosial tinggi, sebagai Bank SDM Lembaga, sebagai organ pelaksana fungsi 3 yaitu pendistribusian dan penyaluran, sumber dai – dai dalam pembinaan serta sebagai sarana pengembangan semangat entrepreneurship di kalangan pemuda.

Duta atau Donatur Zakat

Untuk mencapai tujuan dan bisa menjalankan program-programnya, Lazisba sekarang ini memiliki tiga sumber dana, yaitu;


  • ·  ZAKAT, INFAQ SHADAQAH  - Hak penuh Pengurus LAZISBA dalam kebijakan pengelolaan anggaran.
  • ·   Dana CSR (Corporate Sosial Responbility) - dana bantuan sosial dari perusahaan disesuaikan  program LAZISBA dan program dari perusahaan.
  • ·   Dana Program/ Penawaran program-program khusus (beasiwa, Maksum, waqaf dll) kepada donatur dengan perjanjian jangka waktu tertentu. Memakai aqad khusus.




Dengan semakin berkembangnya Lazisba, perolehan dana yang diperoleh pun semakin meningkat setiap tahunnya. Alhamdulillah… itu artinya sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya bersedekah.  Sekarang saatnya dong buat kita untuk ambil bagian. Kalau pun secara ekonomi kita belum bisa menjadi donatur zakat untuk Lazisba, insya Allah kita tetap masih bisa bersedekah lo dengan menjadi duta zakat.

Apaan itu duta zakat? Duta zakat adalah pihak yang membantu menyiarkan pentingnya bersedekah kepada khalayak ramai sehingga akan semakin banyak yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk berbagi dengan yang membutuhkan. Contohnya ya dengan menulis di blog seperti ini. Kalian juga bisa lo, pals ambil bagian menjadi duta zakat.

Pengen jadi duta zakat tapi nggak punya blog? Tetap bisa dong, kan bisa tuh berbagi lewat sosial media yang kalian miliki. Daripada share status galau dan nggak jelas, mending berbagi kebaikan yang insya Allah lebih berfaedah. Bersedekah itu nggak melulu harus harta atau berwujud materi kok. Jika belum bisa bersedekah dengan harta, kita bisa kok bersedekah dengan ilmu, waktu dan tenaga yang kita miliki.

Nah, kalau kalian penasaran lebih lanjut tentang Lazisba dan apa saja kegiatannya dalam waktu dekat, bisa ya tengok langsung ke sosial medianya;



Bagi teman-teman yang ingin menjadi donatur bagi Lazisba bisa menyalurkan donasinya ke rekening-rekening berikut ini;



Semoga bermanfaat dan happy weekend, pals. Jangan lupa bersedekah ya, semoga berkah.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah


#ODOPOKT6


You Might Also Like

1 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com