header marita’s palace

Ini Bukti Internet Menyatukan Indonesia, Blogspedia Group Saksinya!

cara dan bukti internet menyatukan Indonesia
Tak perlu dipungkiri bahwa internet menyatukan Indonesia adalah hal yang pasti. Namun aku baru merasakannya sendiri saat mengelola sebuah Whatsapp Group (WAG) ‘The Cupuers Blogspedia.’

Bahkan tanpa aku sadari, dalam mengelola bagian dari Blogspedia Group ini, lewat internet aku telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Ngobrolin soal Pancasila, tentunya sohib kongkow tahu kan kapan hari kelahiran Pancasila diperingati?

Menggali Hikmah Hari Kelahiran Pancasila

Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan bahwa setiap 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Melalui Kepres tersebut pula diputuskan kalau 1 Juni menjadi hari libur nasional.

Salah satu alasan mengapa pemerintah menetapkan tanggal tersebut sebagai libur nasional agar masyarakat mampu merenungi betapa berartinya Pancasila bagi negara ini. Dipilihnya Pancasila sebagai dasar negara tentu bukanlah hal sembarangan.

Oleh karenanya dengan menetapkan hari khusus untuk mengingat kelahiran dasar negara ini, diharapkan masyarakat bisa lebih menghidupkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

Itulah kenapa penting bagi kita belajar sejarah, pals. Dengan mempelajari sejarah kelahiran Pancasila, tentu akan mempermudah bagi kita mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari.

Ngomongin sejarah, tahu nggak bagaimana sih ceritanya kok 1 Juni bisa ditetapkan jadi hari lahir Pancasila? Ada yang tahu, pals?
sejarah hari kelahiran Pancasila
Fyi, setelah Jepang ditaklukkan sekutu, untuk meraih hati rakyat Indonesia, mereka menjanjikan akan memerdekakan Indonesia. Tidak menyia-nyiakan kesempatan, para founding fathers membentuk panitia persiapan kemerdekaan yang disebut dengan BPUPKI.

Di hari terakhir sidang pertama BPUPKI yang berlangsung pada 1 Juni 1945, Bapak Soekarno menceritakan gagasan tentang dasar negara yang diberi nama Pancasila. Panca berarti lima, sila berarti asas atau prinsip.

Sayangnya sampai akhir sidang, semua pihak belum mencapai kesepakatan. Hal tersebut karena ada dua kubu yang saat itu hadir, kubu agamis dan kubu nasionalis. Salah satu yang menjadi perdebatan panjang terkait bentuk negara. Apakah negara ini akan dibangun sebagai negara kebangsaan atau negara Islam.

Agar diskusi tidak melebar ke mana-mana, di akhir sidang dibentuklah Panitia Sembilan. Panitia ini terdiri dari orang-orang penting, yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, Haji Agus Salim, Achmad Soebardjo, A.A. Maramis, M. Yamin, Abikusno Tjokrosoejoso, Abdoel Kahar Moezakir, dan Wahid Hasjim.
cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila
Akhirnya setelah diskusi yang sangat alot, pada 22 Juni 1945, Panitia Sembilan mengumumkan rumusan dasar negara Republik Indonesia yang berisi lima sila. Rumusan ini dulunya dikenal dengan Jakarta Charter alias Piagam Jakarta.

Adapun lima sila itu yang kemudian menjadi dasar lahirnya Pancasila, sebagai berikut:
  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sadar atau tidak sadar, para founding fathers ataupun Panitia Sembilan dalam merumuskan Jakarta Charter juga telah menerapkan sila keempat. Mereka menyingkirkan ego masing-masing agar mencapai kesepakatan bersama.

Mengaplikasikan Sila Ke-4 dalam Mengelola Blogspedia Group

Berkaca dari sejarah bangsa tersebut, saat aku mengelola Blogspedia Group, khususnya WAG The Cupuers, aku berusaha menjalankan nilai-nilai Pancasila. Di antara ke lima sila yang ada, menurutku sila keempat adalah poin penting dalam berkomunitas.

Buat sohib kongkow yang belum tahu tentang Blogspedia Group, boleh lah ya kenalan sedikit tentang ‘anakku’ ini. Blogspedia adalah business branding yang sejak 2020 berkembang secara pelan-pelan.

Selain menjadi payung untuk beberapa blog yang aku kelola, di bawah branding ini, aku juga memiliki beberapa layanan jasa. Salah satu service yang dimiliki Blogspedia Group adalah pelatihan bloger untuk pemula.

Layanan ini tidak dipungut biaya. Ya, anggap saja semacam CSR (Corporate Social Responsibility)-nya Blogspedia gitu deh. Meski belum jadi corporate kaya Telkomgroup, boleh lah ya bikin program bermanfaat buat orang banyak.

Saat ini pelatihan blog yang kuadakan alhamdulillah sudah masuk batch ketiga. Awalnya usai pelatihan, aku akan membubarkan kelas dan membiarkan para alumni untuk berkelana di dunia blogging sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Namun ternyata hampir semua alumni meminta untuk tidak membubarkan WAG. Oleh karenanya, ketika kelas usai, aku akan memasukkan para alumni ke dalam sebuah WAG yang kemudian kunamai dengan ‘The Cupuers Blogspedia.’
jasa content writing Semarang, Blogspedia Group
Cupuers sendiri adalah nama panggilan yang kusematkan kepada para pembaca blogspedia.my.id, salah satu blogku yang berisi tutorial blogging sederhana. Cupuers maksudnya adalah orang-orang yang baru belajar.

Filosofi dari penggunaan nama ini karena kuharapkan para peserta dan alumni pelatihan blog tetap menjaga jiwa ‘cupu’ mereka. Bukan berarti tidak berkembang.

Namun jiwa ‘cupu’ di sini maksudnya, agar mereka selalu merasa tidak tahu dan terus belajar. Karena biasanya orang yang sudah merasa bisa, akan enggan untuk belajar dan belajar lagi.

Nah, aku nggak mau seperti itu. Aku pengen semua alumni pelatihan blog yang kukelola tidak berhenti belajar. Setelah selesai dari Blogspedia Coaching, tetap harus belajar dan memperkaya wawasan terkait ngeblog.

Sebagai orang yang punya karakter agak perfeksionis, ketika mengelola WAG “The Cupuers’, aku nggak ingin WAG ini hanya jadi tempat nongkrong belaka. Ya, meski tagline blogspedia.my.id adalah ‘Tongkrongan Blogger Cupu’. Aku mengusahakan WAG tersebut jadi tongkrongan yang bermanfaat.

Bersyukurnya bukan kali ini aku mengelola WAG. Sebelumnya aku sudah pernah diamanahi menjadi WAG di Komunitas YukJos (Yuk Jadi Orangtua Shalih) Semarang dan WAG Ibu Profesional Semarang. Dari dua pengalaman tersebut aku belajar satu hal penting tentang menghidupkan WAG;
Membuat semua anggota WAG merasa memiliki komunitas tersebut. Rasa memiliki ini yang akan menjadikan para anggota mau berkontribusi secara aktif dan nyata, nggak hanya jadi silent reader.
Lalu bagaimana agar rasa memiliki tersebut muncul, ini tiga hal yang aku lakukan dalam menerapkan sila keempat dasar negara Republik Indonesia:
cara pengamalan sila keempat Pancasila

1. Menjunjung Tinggi Demokrasi

Sebagaimana bentuk negara kita yang menganut sistem demokrasi, aku pun menerapkan hal yang sama di WAG ‘The Cupuers Blogspedia.’ Sejak awal aku sampaikan bahwa komunitas dan WAG ini bukanlah milikku, tapi milik bersama.
Dari kita, untuk kita, oleh kita.
Maka, untuk menghidupkannya seluruh anggota komunitas harus menunjukkan kontribusinya masing-masing. Toh, kontribusinya nanti juga akan kembali ke anggota masing-masing.

Awalnya semua hal kupegang sendiri, dari menetapkan aturan, membuat jadwal agar WAG terus hidup aktivitasnya. Namun perlahan tentu aku kesulitan.

Kesibukanku tidak hanya mengurusi WAG ini aja kan? Aku kemudian melibatkan semua anggota WAG untuk sama-sama bergerak dengan cara membentuk Super Team.

Super Team ini terdiri dari 5-6 anggota yang bertugas tiap bulannya untuk mengatur segala aktivitas di WAG. Setiap Super Team bebas mengadakan event tambahan di lain jadwal wajib, seperti SKSD (Saling Kenal Saling Dekat), Pojok Blogging, Blog Walking dan Instagram Walking.

Awalnya tentu nggak mudah membuat Super Team bergerak sesuai bayangan. Bersyukur mulai bulan Mei lalu, aku mulai melihat adanya kemajuan yang signifikan.

Aku sendiri nggak terlalu menggegas bahwa Super Team bisa berjalan maksimal dalam waktu cepat. Pengalaman mengelola dua WAG sebelumnya telah membuatku berkaca, bahwa semua butuh waktu dan adaptasi.

2. Musyawarah untuk Mufakat

Dengan adanya Super Team, secara nggak langsung anggota WAG “The Cupuers Blogspedia” belajar bermusyawarah. Seperti menetapkan narasumber tamu dan topik diskusi yang akan dibahas.

Setiap kepala pastinya punya ide berbeda-beda. Namun kalau saling gontok-gontokan ego dan keinginan, nggak akan pernah menemukan titik temu kan?

Dengan menerapkan musyawarah untuk mufakat, keputusan diambil dengan lebih adil dan seimbang. Misal narasumber pilihan A belum bisa diundang bulan ini karena ada topik bahasan yang lebih urgen didiskusikan, narasumber tersebut masih bisa kok dijadikan tamu di bulan berikutnya.

Sebagaimana lambang sila keempat dengan warna merah yang berarti berani. Ke depannya aku berharap, seluruh anggota WAG ‘The Cupuers Blogspedia’ juga makin berani menyuarakan pendapat mereka.

3. Bergotong Royong

Berhubungan dengan poin pertama, pembentukan Super Team makin menguatkan jiwa gotong royong di antara para anggota. Mereka bahu-membahu dalam membagi tugas di bulan jaga.

Misal, ada yang pekan ini bertugas mengawal dan mengingatkan jadwal Instagram Walking dan Blog Walking. Ada yang bertugas menghubungi narasumber tamu dan menjadi moderator.

Ada pula yang bertugas sebagai pembuat flyer, challenge dan hal-hal lain yang mampu ‘memanaskan’ WAG agar tetap hidup dan bersemangat. Tentunya semua hal di atas hanya bisa dilakukan bersama-sama, karena sendirian terlalu berat dan sulit.

Bergotong royong dalam menjalankan sebuah aktivitas sejatinya telah dilambangkan dengan gambar banteng. Banteng dikenal sebagai hewan yang kuat dan senang tinggal berkelompok.

Saat ada teman banteng yang terluka, banteng lainnya akan mendekat dan memberikan bantuan. Dari filosofi inilah, kami ingin menggerakkan ‘The Cupuers Blogspedia.’

Semoga ke depannya bisa ada juga semacam kas charity yang berguna untuk membantu sesama anggota yang sedang mengalami kesusahan, kabar duka ataupun memberikan hadiah saat ada anggota yang menikah atau melahirkan.

Hubungan Sila ke-4 dengan Internet Menyatukan Indonesia

Mungkin diantara temen kongkow saat ini ada yang berkerut. Lalu apa hubungannya penerapan sila keempat Pancasila dengan internet menyatukan Indonesia?

Gini, pals… anggota dari WAG ‘The Cupuers Blogspedia’ tidak hanya berasal dari Semarang, kota tempatku tinggal. Para anggotanya berasal dari seluruh Indonesia, bahkan ada yang tinggal di luar negeri juga.

Tentu saja karena kami bertemu di ruang maya, entah itu di WAG ataupun ruang meeting seperti Zoom dan Google Meet, kami butuh jaringan internet yang kuat dan stabil.
internet by IndiHome menyatukan Indonesia
Bayangkan jika kami harus berdiskusi secara online tapi internetnya ngadat? Bisa saja kan terjadi kesalahpahaman?

Bukannya mencapai mufakat, malah bisa jadi terjadi keonaran dan salah paham. Bahkan bukan nggak mungkin berakhir dengan keluarnya member dari WAG.

Tentu saja nggak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Beruntungnya kita punya IndiHome di Indonesia. Jaringan internetnya stabil dan bisa ditemukan di 496 kota dan kabupaten, termasuk Bintan, Karimun, Kei, Alor, Simeulue, Weh, Sebatik, Rote, Sabu, dan Nusa Penida.

Bahkan di daerah-daerah pelosok pun, IndiHome kini telah hadir. Sehingga makin banyak masyarakat Indonesia yang mampu merasakan manfaat internet. Tentu saja sebagian dari masyarakat ini adalah anggota WAG ‘The Cupuers Blogspedia’ yang sedang belajar berkomunitas mengamalkan sila keempat Pancasila.

Sungguh aku berterima kasih sekali karena internet menyatukan Indonesia. Dengan ini, mengelola WAG pun menjadi lebih mudah. Berkomunitas dan berdiskusi online tidak lagi menemui hambatan.***


Sumber:
  • https://www.inews.id/news/nasional/lambang-sila-ke-4-pancasila-ini-makna-dan-penerapannya-dalam-kehidupan/
  • https://tirto.id/hari-lahir-pancasila-1-juni-sejarah-asal-usul-dan-3-tokoh-penting-ggq5
  • https://www.gramedia.com/literasi/contoh-sikap-yang-sesuai-dengan-sila-keempat/
  • Pengalaman pribadi
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

102 comments

  1. Bener banget sih kalau internet menyatukan Indonesia udah kerasa sih kita yang jaraknya jauh cuma bisa dipertemukan lewat internet. Salah satunya orang yang berpikiran sama seperti ini membahas sesuatu yang penting seperti pancasila. Luar biasa rasanya bisa bertemua di satu grup. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Salam dari anggota cupuers kota Malang hehehe. Alhamdulillah masih bisa nongkrong dengan lancar di WAG. Aku juga pake Indihome sihhhh hehehe.

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya mbak meski udah jadi alumni pun tetep bisa 'nongkrong' bareng di WAG. Kalo dalam berkomunitas pengamalan sila ke 4 dalam pancasila ini memang bisa kelihatan banget. Apalagi kalo mendiskusikan suatu hal musyawarah sampai ketemu satu mufakat supaya tetap rukun akur dan saling mendengarkan pendapat dari masing2 anggota grup

    ReplyDelete
  4. Ya ampuun pasti perjuangan banget ya kak Marita untuk mengelola komunitas segede Blogspedia. Dari seluruh Indonesia dan berbagai kepentingannya ngeblog, emang kudu bener2 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yah, salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak kebayang seribet apa ngurusnya, secara kelompok kecil dalam tugas ajaaa menantang wkwkwk.

      Aku sepakat nih sama Kak Arai. Kren bgt emang Mbak Marita bisa mengelola komunitas besar dan tetap terjaga kompaknya berlandaskan pengamalan pancasila juga

      Delete
  5. Semoga blogspedia makin solid ya mbak. Emang deh, internet tuh bisa menyatukan Indonesia ya. Aku yang di Pekanbaru, lewat internet jadi punya banyak teman dari seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Berkat internet yang lancar, kongkow di google meet, zoom, WAG bukan hanya berisi obrolan ketawa ketiwi ya, tapi berbagi ilmu, salah satunya ilmu menjadi blogger.
    Lokasi tinggal tidak menjadi masalah asalkan terkoneksi dengan internet yg stabil seperti indihome.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bener nih, rasanya hidup di jaman sekarang tanpa internet tuh hampa banget hihi

      Delete
  7. Dengan adanya internet semua jadi terhubung dan terkoneksi yaa, inilah dampak positif dari adanya internet. Penyebaran informasi bisa dengan mudah dan merata, termasuk membangun jejaring yang luas di dunia maya, seperti adanya komunitas blogger yang menghubungkan seluruh blogger di Indonesia menjadi 1 komunitas

    ReplyDelete
  8. Aku pengguna IndiHome hahaha. Samaan ya. Atas dukungan suami yg telah memilih IndiHome akhirnya aktivitas kami ygberhubungan dg internet aman terkendali. Btw sukses buat blogspedia group

    ReplyDelete
  9. sungguh beruntung ya hidup dijaman internet ini, kayanya semuanya bisa aja gitu hehe.. ajaib deh :) aku pengguna setia indihome yang benar-benar kebantu banget dengan adanya indihome hihi

    ReplyDelete
  10. Ini bukti nyata ya mbak bahwa keberadaan internet mampu menyatukan Indonesia. Berbagai suku yang ada di Indonesia dapat berdiskusi secara online melalui sambungan internet yang lancar sudah pasti merupakan wujud dari pengamalan sila2 dalam Pancasila.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya menyatukan dengan sekedar bertegur sapa sembari tertawa, tapi internet juga dapat mempermudah transfer ilmu ke teman yang berbeda wilayah tempat tinggal.

      Delete
  11. Saya baca ini dibawa kemana-mana, pertama mengenali kembali nilai-nilai Pancasila, kedua The Cupuers of BLogpedia dan terakhir tentang Indihome. Wah hebat mengemasnya.

    ReplyDelete
  12. Semoga jadi amal jariyah nantinya ya mbaa. Keren memang blogspedia ini, didukung sama IndiHome yang punya koneksi hingga pelosok Indonesia. Makin2 aja deh ini komunitasnya

    ReplyDelete
  13. Keren deh Blogspedia bisa jadi CSR, semoga jadi amal jariyah yang terus mengalir ya mba. Apalagi juga mengamalkan sila ke-4. Bener2 deh, internet bisa menyatukan Indonesia sampai pelosok negeri.

    ReplyDelete
  14. Berarti daku salah satu Cupuers nya Blogspedia nih hehe.
    Lewat internet jadi banyak hal bermanfaat yang diperoleh, dan lanjutkan terus kan dalam pengamalan nilai-nilai sila ke-4 Pancasila

    ReplyDelete
  15. Mantap nih. Blogspedia semakin ke sini semakin berkembang ya dan semoga ke depannya makin maju juga. Apalagi sudah dibentuk super tim dan mengamalkan sila keempat jadi pastinya bakal lebih solid. Beruntung juga dengan adanya internet menyatukan Indonesia sehingga jarak bukanlah penghalang. Dimana pun berada bisa tetap komunikasi lancar karena didukung dengan jaringan internet seperti IndiHome yang kencang dan stabil

    ReplyDelete
  16. Yups setuju sekali kak internet benar-benar menyatukan Indonesia. Kebayang ribetnya hidup kalau internet ngadat ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, oleh karenanya internet memang harus dimanfaatkan sebaik mungkin ya kak

      Delete
  17. Wahh,, saya bangga lho bisa menjadi salah satu cupuers blogspedia :D ahhaha.. Dan benar, masih terus belajar dan menggali lagi untuk bisa sampai dengan titik ini juga karena tetap menjadi seorang cupuers.. Duh, jadi terharu nih :'D

    ReplyDelete
  18. Keren banget sih, ternyata internet menjadi wujud nyata pengamalan sila ke-4 Pancasila, ketersediaan internet ternyata menjadi media yang menyatukan Indonesia

    ReplyDelete
  19. di era serba digital memang peranan internet tuh penting banget dan bisa menjadi alat untuk menyatukan Indonesia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, karena kita udah masuk era digital jadi semua serba online. Dan jelas aja internet yang bisa menyatukan Indonesia sampe pelosok negeri.

      Delete
    2. bener nih, jadi alat paling canggih buat nyatuin banyak pihak ya :) semoga bisa dimanfaatkan dengan baik

      Delete
  20. Aku anak cupuer nie, daan ku merasa Blogspedia adalah rumahkuuuu.. hommy bangett, emang perwujudan sila ke-4 kental banget di BP. Meski berbeda jarak, tapi kita sangat dekat di hatiii.. Karenaa Internet lancar tentunyaa, kayak IndiHome!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba.. Walaupun beda jarak tp bisa seperti kluarga ya.. Selalu kompak, dan bisa saling menyemangati..

      Delete
  21. Eh, aku juga Yuk JOSS Bandung.
    Tapi sekarang udah jarang ikutan taklim, biasanya Abah rajin seminggu sekali.

    Senang sekali, bersama The Cupuers, bisa saling berbagi, bertumbuh dan berkembang bersama.
    Cara bergabungnya gimana kak Marita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya ini. Buat yang sudah agak lama ngeblognya bisa ikutan gabung juga gak. Sepertinya menarik kalau bisa gabung juga di Blogspedia ini

      Delete
  22. Ah Blogspedia. Tempat nongkrong terfavorit :') di sana memang tempat bertumbuh. Beruntung Indonesia punya Pancasia. Dan IndiHome mendukung untuk semakin mempermudah segala aktivitas. Ga peduli jarak, trap bisa berkarya bersama rekan lain di sana.

    ReplyDelete
  23. Wah keren mbak Marita, pasti perjuangan banget ya mbak mengelola Blogspedia

    ReplyDelete
  24. Dapat insight niih buat ngelola grup online 😍

    ReplyDelete
  25. Baca prolognya jadi inget barusan nyinauni materi PKN anak2 di PAT kemarin. Kukira my coach bakal njlentrehke materi Pancasila lg di endingnya ternyata enggak. Justru bisa menarik benang merah dari banyak hal utk 1 yaitu rasa syukur hadirnya internet di jaman ini. Barokalloh coach, lanjutkan perjuanganmu ✊

    ReplyDelete
  26. Salut deh mbak bikin blogspedia grup untuk berbagi ilmu bagi blogger pemula. Dan sepakat banget internet terutama IndiHome memang bagus untuk digunakan di rumah, kantor dan sebagainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih salut banget dengan niat dan tujuan mulianya Mbak Marita
      dalam membangun Blogapedia.

      Delete
  27. Wah indihome membantu ditiap aktivitas hingga komunitas ya. Dan kalau boleh tau, ada ketentuan kah untuk gabung dengan cupuers blogspedia?

    ReplyDelete
  28. Memang internet mempermudah banyak hal ya, termasuk juga mempersatukan orang-orang yang berjauhan tapi punya visi dan misi atau minat yang sama seperti WAG Blogspedia

    ReplyDelete
  29. wah keren aktivitas Blogspedia Group
    perlu dicontoh nih oleh blogger lain,
    Beruntung IndiHome membantu aktivitas telekomunikasi
    sehingga aktivitas Blogspedia Group bisa berjalan lancar
    Semoga sukses ya

    ReplyDelete
  30. wah keren nih, berawal dari blogspedia akhirnya bisa bikin pelatihan khusus blog pemula. semoga whatsapp grup cupuers nya terus berkembang dan terus memberikan manfaat. Dan setuju banget kalo internet udah jadi media pemersatu di Indonesia bahkan seluruh dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internet saling menghubungkan yang satu dengan yang lain, dan semangat selalu buat Blogspedia untuk sebarkan berita baik dan bermanfaat

      Delete
  31. Keren sekali bisa mengintegrasikan nilai-nilai pancasila dalam sirkel pekerjaan. Apalagi sekarang budaya luhur seperti gotong royong dan musyawarah mulai luntur. Semoga makin berkembang ya kak untuk Blogspedianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya betul bgt, ternyata nilai2 pancasila itu relate sama kehidupan kita memang ya. Dan skg di era digital didukung sama IndiHome yg menyatukan Indonesia & bisa kumpul sama yg 1 frekuensi di WAG untuk bertumbuh bersama

      Delete
  32. Keren nich mbak artikelnya. Bisa belajar sejarah, bisa tahu penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari juga.
    Nambah wawasan tentang blogspedia dan internet. Sukses selalu mbak.

    ReplyDelete
  33. Penjabaran sila ke-4 Pancasila yang relate banget dengan kehidupan digital saat ini. Oia, untuk gabung ke WAG Blogspedia itu syarat dan ketentuannya apa ya? Wajib ikut pelatihan dulu kah??

    Ditunggu informasi selanjutnya ya*

    ReplyDelete
  34. wah keren memang mba Marita ini..gak hanya jago kelola blog, membagi ilmu ngeblognya, juga msh sempat ngurus WAG dengan memastikan materi keren tak cuma obrolan basa-basi semata.. Salut mbaa..

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah berlangganan IndiHome banyak sekali hal bisa didapat walau rutinitas dari rumah aja. Mulai dari karir hingga pengasuhan dan silaturahmi jadi lancar karena internet.

    ReplyDelete
  36. Baca postingan ini jadi teringat mata pelajaran PPKN saat masih sekolah. Btw, sukses selalu untuk Blogspedia. Semoga semakin berkembang dan semakin maju.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah, sangat bersyukur diterima menjadi salah satu murid Coach Marita dan bergabung dengan keluarga besar cupuers di blogspedia grup.
    Kebayang kalau tanpa ada internet, apakah bisa bergabung dengan blogspedia atau tidak, karena sewaktu blogspedia 1 diadakan secara online full. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa bertemu secara langsung dengan Coach Mar dan teman-teman cupuers lainnya

    ReplyDelete
  38. Penerapan nilai2 pancasila dalam keseharian ini banyak banget yaa, dan aku suka banget dengan pangggilan cupu, karena selayaknya manusia harus terus apgred dengan perkembangan dunia blogging atau pun hal yang lain, belajar dan belajar teruus. Aku merasakannya sebagai blogger jadul ampe sekarang. Dan internet bener2 menyatukan kita yang menggeluti dunia digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget Mba, merasa cupu dan haus ilmu lebih baik ya, jdi smangay terus utk upgrade ilmu di bidang apapun

      Delete
  39. Bisa banget ya value Pancasila diterapkan dalam dunia komunitas online. Btw aku juga baru tahu sejarah Hari Pancasila saat Googling buat bikin konten story komunitas hehe

    ReplyDelete
  40. Wah keren banget nih bisa menyatukan beragam anggota dari berbagai kota ya makanya pas banget sih dengan sila yang tertera di Pancasila.

    ReplyDelete
  41. Ternyata panjang juga ya ceritanya sampai akhirnya bisa seperti ini,mba. Semoga sukses selalu dan tetap memberi contoh yang baik buat temen2 yang lain

    ReplyDelete
  42. Indonesia ini terdiri dari ribuan pulau. Untuk menyatukan semuanya, bukan hanya diperlukan persatuan dan kesatuan tapi juga bukti nyata yaitu akses komunikasi berupa jaringan internet.
    Wah mau juga dong gabung di wag nya. Mau ikutan blogwalking nya hehehe

    ReplyDelete
  43. Wah aku jadi minat join jadi cupuers nih, mbak hehe. Biar ilmu blogging-ku makin nambah. Lagi open member kah?

    ReplyDelete
  44. Internet emang ga bisa dipisahin bgt ya dr kehidupan sehari-hari kita, kayaknya kalau pergi tanpa bawa hape yg ada internetnya berasa ada yg kuraang.
    Sukses ya buat Blogspedia.

    ReplyDelete
  45. Urusan berkomunitas yang semua hal dilakukan secara online memang amat sangat mengandalkan jaringan internet sih. Makanya perlu yang lancar dan bebas hambatan. Seperti IndiHome yang ada di mana-mana jaringannya. Keren.

    ReplyDelete
  46. Wah keren sudah bisa membangun blogspedia. Biarlah belum "sebesar" TelkomGroup itu, yang penting bisa memberikan manfaat.

    ReplyDelete
  47. Sangat beruntung dgn adanya Internet byk kemudahan didapat, salah satunya belajar blog di Blogspedia, eh mampir sini jdi refresh ttg sejarah pancasila. Mantap lengkapnya

    ReplyDelete
  48. Hihi sejujurnya saya baru ngeh tanggal 1 juni 1945 adalah saat pertama kali Ir. soekarno menjelaskan tentang pancasila bersama founding father lainnya.
    Kak Marita. .. Aku maaaau belajar donk..

    ReplyDelete
  49. Mantap mbaa. Mengelolaa WAG ternyata bisa jadi "ladang" kita ya. Nggak kepikiran lho sebelumnya. Lanjutkaan semoga makin banyak yg dapet manfaatnya 🙌

    ReplyDelete
  50. Bener sih internet.menyqtukan kita. Indonesia yg seluas ni bisa jd deket berkqt internet ya mbak plus persatuan dan kesatuan yg selalu diju jung tinggi insyaallah negara kita makin jaya

    ReplyDelete
  51. Setuju internet menyatukan kita ya apalagi wilayah negara kita sangat luas dengan internet kita bisa terhubung dengan banyak orang di seluruh nusantara dan dunia

    ReplyDelete
  52. Salam dari sesama anggota Ibu Profesional, mba :D
    Mengelola komunitas memang ga mudah. Saya salut banget sama pengurus sebuah komunitas, mau ngurusin anggota-anggota yang mungkin bahkan belum pernah ketemu di real life
    Makanya komunikasi online-nya harus baik jadi butuh internet yang mumpuni ya

    ReplyDelete
  53. Keren bangen mbak Marita tulisannya, bener internet menyatukan Indonesia, yang jauh jadi merasa dekat. Apalagi pas pandemi kemarin :)

    ReplyDelete
  54. Baca artikel ini aku jadi inget grup GR yang lama-lama kayak kurang semangat gitu ya. Ramenya klo obrolan yang ga ada hubungannya sama ngeblog. Klo udah bahas blog, langsung sepi... Itu gimana ya Rit, mungkin bisa dikasih masukan. Kalik aja ada yang harus diperbaiki di grup tersebut, terbuka banget loh kalau mau kasih opini.

    ReplyDelete
  55. Internet bisa menghubungkan yang di pelosok Indonesia mengenal tempat tempat lain tanpa harus dateng. Semoga manfaatnya lebih banyak daripada madharatnya ya

    ReplyDelete
  56. Keren sekali kak gerakannya. Inilah yg patut ditiru krn emang bener2 mengamalkan sila Pancasila. Ga cuman mampu menghafal dan dapat sepeda. Hehe..Salut buat movement-nya kak.

    ReplyDelete
  57. Keberagaman kita semua disatukan dalam sila keempat ya Mba.

    Rupanya, sila keempat Pancasila pun bisa diterapkan dalam sebuah gru Whatsapp yang anggotanya berasal dari berbagai latar belakang alias beragam. Seru nih kayaknya kelasnya Blogspedia. Sampai ketika kelasnya usia, membernya malah menolak dibubarkan, masyaAllah.

    ReplyDelete
  58. The cupuers yang jauh dari cupu, tapi malah selalu haus ilmu. Inspiratif sekali kegiatannya lewat WAG seperti ini, berkah ilmu dan bermanfaat bagi sesama seperti internet IndiHome yang bermanfaat menyatukan Indonesia

    ReplyDelete
  59. semoga makna dan arti Pancasila sebagai pemersatu bangsa makin dipahami ya kak, apalagi kalau banyak berita baik yang disebarkan melalui internet. Semoga kita semua bisa tetep bisa toleransi dalam keberagaman

    ReplyDelete
  60. Salut dengan Mbak Marita yang terus berbagi ilmu, dan salut juga untuk IndiHome yang terus membagikan sinyal internet ke pelosok Indonesia.

    ReplyDelete
  61. Pancasila memang bagus banget buat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sayangnya masyarakat mulai luntur jiwa Pancasila nya, mungkin karena kurang sosialisasi ya. Semoga di jaman internet gini nilai-nilai Pancasila mulai diperkenalkan lagi.

    ReplyDelete
  62. Mantap Kak Marita.. ngelola komunitas dari berbagai karakter. Memang harus saling toleransi ya bisr ga ada konflik meski di dalam komunitas

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah Allah menuntun saya untuk baca artikel ini. Saya juga kesulitan mengatur WAG. Pwngamalan Pancasila nya murang manteb dan kurang memaksimalkan koneksi internet canggih untuk event online rupanya. Jos Mbak

    ReplyDelete
  64. Saya saksinya juga, nih, yang udah ngerasain manfaat internet. Bisa masuk alumni blogspedia yang sampau sekarang masih mendapatkan ilmu tentang blog. Belum pernah ketemu Mbak Marita dan teman-teman yang tinggalnya tersebar di Indonesia. Tapi berkat intermet, kita bisa terhubung layaknya saudara, saling mendukung satu sama lain.

    ReplyDelete
  65. Grup WhatsApp memang sangat terasa pengaruhnya untuk belajar maupun silaturami. Makin sukses ya mbak Marita.

    ReplyDelete
  66. internet memang benar bisa menyatukan Indonesia sesuai dengan sila ke-tiga ya mba, seperti adanya komunitas blogger juga menyatukan blogger-blogger seluruh Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak
      Internet memudahkan kita merawat persatuan di Indonesia yang sangat beragam ini

      Delete
  67. Jadi belajar sejarahnya hari kesaktian pancasila disini. Enak banget ceritanya, banyak aplikasi nilai2 pancasila dalam kehidupan kita ya.

    ReplyDelete
  68. Iih....dia mah bisaaaaa aja nyambungin dari Cupuers ke iklan, hahahahah

    Top markotop emang coach satu ini. I'm proud to be a cupuer.

    Barakallaah fii 'ilmiki

    ReplyDelete
  69. Ksmi tirut mendoakan mbak, blogspedia semakin berkembang pesat. Ksmi bangga jadi alumni, dan semoga ada ilmu baru yang bisa kami dapat terus dari blogspedia, pun alih2 kami bisa jadi CWnya BP hhe

    ReplyDelete
  70. menarik mba, cerita mengandung nasionalisme. Penting untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air termasuk Pancasila.

    ReplyDelete
  71. Dengan internet sekarang ini jadi lebih memudahkan banget ya mba. Mengelola sebuah WAG memang seru banget ya mba

    ReplyDelete
  72. keren banget ya mba, semoga Bogspedia makin berjaya dan bermanfaat buat banyak orang, btw memang keberadaan IndiHome ini sangat memabntu ya mba untuk semua kegiatan kita sebagai penulis terutama

    ReplyDelete
  73. adanya internet sangat membantu banget buat kehidupan, sekarang apa saja butuh internet mulai dari belajar, nonton video, denger musik tentu komunikasi pun lebih mudah dan murah dengan adanya internet.

    ReplyDelete
  74. Keren banget deh blogspedia bisa jadi CPR. Moga blogspedia semakin berkembang dan menjadi lebih bagus lagi.

    ReplyDelete
  75. aku belum tergabung komunitas cupuers nih mba, hehehe. tapi beberapa kali aku ajak temen gabung dan udah jadi cupuers, hihihi. akunya malah belum, masih cuti ikut kelas nih. semoga blogspedia makin sukses ya sesukses telkom, amiin

    ReplyDelete
  76. Beruntung ya bisa kenalan bloger dari mana saja hanya karena disatukan dengan internet apalagi bisa lancar tanpa drama
    Contoh kecilnya kenal sama Mbak Marita

    ReplyDelete
  77. salut nih dengan kegiatan Mbak dan Blogspedia, The Cupuers.
    betul banget Mbak, setelah kelas bagus digabung semua biar bisa saling belajar ya dan jangan cepat puas.
    syukurnya sekarang intenet lancar jaya ya, jadi bisa belajar dengan baik dan lebih semangat doong ;)

    ReplyDelete
  78. Untuk berkomunikasi di zaman serba digital begini memang kudu super hati-hati banget. Cek berulang kali plus didukung jaringan internet yang bagus agar terhindar dari kesalahpahaman yang bisa meretakkan hubungan baik.

    ReplyDelete
  79. Iya e Mbak. Zaman sudah beralih ke digital semua. dan memang internet ini pemersatu manusia zaman sekarang. Bahagia menjadi bagian dari Cupuers yang bisa bersama-sama mengamalkan sila ke-empat ini :D

    ReplyDelete
  80. Wah keren sekali. Adanya internet memudahkan utk sharing ilmu y mba

    ReplyDelete
  81. baru tau nih tentang Blogspedia. suka salut sama orang yang mau memberikan waktu untuk membuat hal-hal seperti ini :') dengan internet kita bisa semakin mudah untuk mendapatkan jangkauan, tapi tetep harus bijak :D

    ReplyDelete
  82. Salut nih internet digunakan untuk hal-hal positif seperti menambah wawasan, teman dan menyatukan perbedaan diantara kita, jangan gunakan internet untuk memecah belah persatuan Indonesia

    ReplyDelete
  83. salfok ama panggilan cupu.. anak sekarang masih ada yang pakai istilah itu apa engga ya mbak? wkwk udah macem2 banget lho istilah anak2 muda zaman sekarang. saya kalo gak buka twitter dengan internet mah gabisa ngikutin

    ReplyDelete
  84. Makin moncer yaa mba programnya blogspedia ditambah bisa virtual meeting skrg dimana aja dan kapan aja, ngga ada halangan mau bagi2 ilmu skrg mah

    ReplyDelete
  85. Kok keren banget sih Blogspedia sebagai cost social responsibility yaa, bener banget internet menyatukan Indonesia apalagi pas hari kelahiran Pancasila 1 Juni ya, saya upacara di depan TV Youtube Mbak, hehe

    ReplyDelete
  86. Yap, berdaya dengan internet. Belajar banyak hal, berjejaring semua tersambung dengan internet, memudahkan banget. Sukses terus ya blogspedia, dari aku yang ingin belajar disana tapi belum jodoh sepertinya, hiks

    ReplyDelete
  87. Selalu kereen tulisannya, dikaji mendalam,, bahkan makna dri pancasila pun diterapkan dalam kehidupan sehari2. Termasuk berkomunitas, kita sedang mengamalkan nilai2 dribpancasila, ya, mba. MasyaAllahu...

    ReplyDelete
  88. Dengan kehadiran internet yang stabil sangat terbantu ya mba jadinya bisa menyatukan dari sabang sampai merauke. Kebayang sih kalau internet di zaman sekarang nggak stabil, pasti jadi ribet malah susah berkomunikasinya.

    ReplyDelete
  89. Kehadiran internet memang menyatukan bangsa, jadi inget pengamalan sil ke-3 nih. Haha.

    ReplyDelete

Post a Comment