Serunya Wisata Alam bersama Keluarga dengan Traveloka Xperience



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Masih ingat kan postinganku kemarin tentang bersilaturahmi ke rumah Mbak Sum di Salatiga? Rumah beliau kan berada di sebuah pedesaan yang asri, di mana masih banyak sawah terhampar dan belum tergusur untuk dialihfungsikan sebagai perumahan sebagaimana banyak terjadi di kota besar. Memang sih agenda ke rumah Mbak Sum bertajuk kondangan, namun berhubung sudah seperti keluarga sendiri nggak mungkin juga kami hanya sekedar datang, salaman lalu pulang. Lagipula jarak yang kami tempuh ke rumah beliau cukup lumayan, naik kuda besi pula, hehe. Jadi sebelum pulang ya kami selonjoran sambil menikmati suasana sejuk di sana.

Ifa dan Affan adalah tipe anak-anak yang bakal cepat bosan ketika tidak ada aktivitas seru yang dilakukan. Di dekat rumah Mbak Sum sebenarnya ada sungai yang biasanya cukup membuat anak-anak anteng menikmati alirannya. Sayang saat kemarin kami ke sana, sungainya kering karena musim hujan yang tak kunjung tiba sehingga aliran airnya pun tak deras. Jadilah anak-anak hanya sanggup bertahan beberapa menit saja. Melihat anak-anak mulai cranky, terutama Affan yang sudah mulai minta nonton YouTube, Arif - anak kedua Mbak Sum - segera berbisik ke anak-anak, “Jalan-jalan ke sawah sana, di rumahmu nggak ada sawah to?”

Mata Ifa langsung berbinar mendengar perkataan Arif. Lalu segera menarik tanganku dan tangan ayahnya untuk mencari sawah yang dimaksud Arif. Menurut penuturan Arif sih, cukup jalan 100 meter untuk menemukan lokasinya. Karena hawanya yang sejuk, kebetulan sudah sore pula, jadilah anak-anak sangat menikmati jalan-jalannya. Nggak pakai lama akhirnya ketemu juga sawah yang dimaksud. Ternyata oh ternyata anak-anak enjoy sekali. 


serunya wisata alam di pematang sawah

Sebenarnya di dekat rumah kami pun ada beberapa sawah, namun tentu saja tak seluas sawah yang kami eksplor di Salatiga hari itu. Selain itu tidak ada akses untuk jalan-jalan di pematang sawahnya. Hari itu anak-anak dapat pengalaman baru bisa jalan-jalan di tengah-tengah sawah, bersantai di gubug tengah sawah sembari menikmati pemandangan Gunung Telomoyo dan Merbabu. Masya Allah indahnya.

“Aku mau punya rumah di sini, Bun… enak, nggak panas. Apalagi dekat sawah begini, aku suka.” Ujar Ifa di tengah perjalanan menuju ke sawah. Ah, anak ini bikin si emak mellow. Jadi ingat rumah nenek yang dijual. Dalam hati berdesir dan bermunajat, semoga kelak bisa kembali punya rumah di kota nan sejuk ini. 

Keluargaku Pencinta Wisata Alam


Tak berbeda dengan anak-anak lainnya, Ifa dan Affan ketika diajak ke mall atau pusat perbelanjaan yang ada tempat bermainnya pun pastinya suka. Namun ketika mereka disuruh memilih antara tempat bermain atau berpetualang di alam, mereka pasti akan lebih memilih wisata alam. Fitrahnya pun anak-anak seusia mereka memang jauh lebih senang menikmati alam daripada terkungkung di dalam sebuah bangunan.


happy kids on nature spot

Makanya aku dan ayahnya pun sejujurnya lebih senang mengajak anak-anak ke tempat-tempat wisata alam daripada sekedar main-main di pusat perbelanjaan. Di alam, anak-anak bisa lebih bebas bergerak dan belajar banyak hal. Apalagi sehari-hari kami tinggal di perkotaan yang sudah banyak dijejali dengan polusi. Mlipir ke pinggiran kota melihat yang hijau-hijau dan menikmati udara sejuk bisa jadi proses refreshing yang asyik banget. 

Manfaat Wisata Alam


Selain untuk refreshing, wisata alam juga punya beberapa manfaat, antara lain;

1. Mengenalkan Kebesaran Allah SWT


gambar saat berkunjung ke Santosa Stable

Dengan berwisata alam, secara tidak langsung bisa mengajarkan anak-anak tentang keindahan alam semesta ciptaan Allah SWT. Betapa bumi ini begitu luas dengan segala isinya. Ada pepohonan, pegunungan, air terjun dan air sungai yang begitu indahnya. Semuanya adalah ciptaan Allah. Sambil menikmati alam yang demikian indah, kita bisa sounding anak-anak tentang proses penciptaan bumi dan langit. Selain itu, dengan wisata alam kita juga bisa mengajarkan betapa manusia hanyalah bagian kecil dari ciptaan Allah, maka nggak boleh sombong, harus selalu rendah hati dan baik terhadap sesama. 


2. Mencintai dan Menjaga Alam


serunya menikmati sungai di Santosa Stable

Dengan sering diajak berwisata ke alam, harapannya anak-anak akan lebih bisa mencintai alam. Setelah rasa cinta pada alam itu tumbuh, semoga anak-anak bisa paham bagaimana caranya menjaga alam. Sehingga nantinya anak-anak tidak akan mudah memetik bunga karena tahu hal tersebut bisa menyakiti tumbuhan, anak-anak akan tanggap membuang sampah pada tempatnya karena tidak mau alam rusak karena banjir, dan hal-hal lainnya.


3. Menyehatkan


sehat berwisata di alam

Aroma alam yang segar, jauh dari polusi, menikmati hijau-hijauan jelas lebih sehat daripada menghabiskan waktu di dalam bangunan tertutup. Anak-anak bebas berlari-lari karena lebih lapang dan tak banyak terpapar polusi udara.

Biasanya setiap kali usai diajak berwisata alam, anak-anak akan nagih untuk diajak ke lokasi lain yang belum pernah mereka kunjungi. Nah, PR buatku dan ayahnya anak-anak adalah mencarikan lokasi-lokasi baru yang akan memuaskan jiwa para petualang cilik.

Untung Ada Traveloka Xperience


Alhamdulillah sekarang ada fitur baru di Traveloka yang namanya Traveloka Xperience. Di sini kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi tempat-tempat wisata yang recommended. Ada 12 kategori yang ditawarkan oleh fitur terbaru dari Traveloka ini; atraksi, film, event, hiburan, olahraga, kecantikan & spa, taman bermain, transportasi, tur, kebetuhan perjalanan, kuliner dan kursus/ workshop. Menarik banget kan?

versi mobile

versi dekstop

Tujuan dari Traveloka Xperience ini adalah untuk memudahkan pengguna menemukan pengalaman-pengalaman seru yang bisa dicoba, baik di ranah lokal, nasional ataupun internasional. Hanya dengan klak-klik menggunakan smartphone ataupun laptop, kita bisa dengan mudah menemukan informasi sekaligus booking tiket masuk ke pilihan pengalaman yang kita inginkan.

4 Kelebihan Traveloka Xperience


Kenapa sih harus menggunakan fitur ini saat kita mau menemukan dan menjalani #XperienceSeru bersama keluarga ataupun para sahabat terdekat? 




1. Pilihannya Banyak

Traveloka Xperience menawarkan berbagai jenis produk dan aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara. Jadi nggak cuma di Indonesia, namun juga bakal memudahkan banget saat kita mau cari pengalaman-pengalaman seru di manca negara. Misal nih kita ada rencana mau pergi ke Yogyakarta dan nggak punya bayangan apa-apa tentang aktivitas atau pengalaman seru yang bisa dilakukan di kota tersebut, tinggal ketik saja Yogyakarta di box pencarian dan taraaa… akan ada banyak ragam #XperienceSeru dalam 12 kategori yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan budget.




Berhubung keluargaku senang dengan wisata alam dan masih punya anak balita, aku sengaja cari tempat wisata lokal yang nggak terlalu jauh dari rumah dan budget-nya pun pas di kantong kami. Ketemulah dengan pilihan ini; Gumuk Reco Tourist Village alias Desa Wisata Gumuk Reco. Baru tahu kalau di daerah Banyubiru ada lokasi wisata alam secantik ini. Menengok harga masuknya pun tak terlalu mahal untuk kami.






2. Metode Pembayaran Beragam




Selain pilihan yang banyak, kita juga dimudahkan dengan pilihan metode pembayaran yang beragam. Dari pakai kartu kredit, transfer bank atau mau bayar lewat Alfamart pun bisa. Jadi benar-benar bisa pilih metode pembayaran yang termudah dilakukan oleh kita. Enak kan?


3. Booking dengan Mudah dan Cepat

Untuk booking kursus, seminar ataupun tiket tempat wisata lewat Traveloka Xperience langkah-langkahnya nggak susah. Hanya dengan tiga langkah sederhana; booking - payment - ticket, kita sudah bisa menikmati #XperienceSeru yang kita inginkan. Tidak perlu banyak isi macam-macam form. Buat yang belum jadi member Traveloka pun, kita bisa mendaftar dengan menggunakan akun Google atau pun Facebook. 




Dengan booking lewat fitur baru Traveloka ini, kita pun bisa mengantisipasi antrian panjang di tempat wisata yang banyak dikunjungi. Tahu sendiri kan menunggu itu membosankan, apalagi kalau bawa anak-anak yang bakal cepat cranky kalau disuruh nunggu antrean panjang. Benar-benar anti ribet, mudah dan sangat cepat!


4. Bye-bye Khawatir

Kalau bingung cara pesannya gimana, kalau nggak paham cara pembayarannya gimana, buat memastikan langkah-langkah booking udah benar gimana, dan segala hal kekhawatiran apa pun yang muncul di benak teman-teman, please simpan baik-baik dan take a deep breath! Karena bakal ada customer service yang standby selama 24 jam dalam 7 hari yang siap sedia menjawab semua kegalauan dan pertanyaan-pertanyaan kita tentang apa pun mengenai fitur ini.




Selain 4 hal di atas, satu keunggulan lainnya di Traveloka Xperience adalah tersedianya 6 pilihan bahasa yang akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan fitur ini. Jadi kalau kalian takjub dengan screenshot yang kubagikan dan dalam hati bergumam, “Duh, kok bahasa Inggrisan yaa… nggak paham nih nanti cara makainya bagaimana.” Jangan khawatir, tinggal masuk ke pengaturan dan pilih saja gunakan bahasa Indonesia. Aku makai Bahasa Inggris bukan gegayaan, tapi biar nggak lupa dulu pernah kuliah Sastra Inggris, wkwkw.



Alhamdulillah sudah berhasil booking untuk wisata alam di Gumuk Reco akhir bulan nanti. Nggak sabar melihat wajah sumringah anak-anak melihat kebesaran Allah lainnya. Buat teman-teman yang mau menemukan dan menikmati #XperienceSeru bersama keluarga atau sahabat-sahabat terdekat, jangan lupa ya klik Traveloka Xperience. Selamat liburan dan temukan pengalaman berkesan untuk hidup yang lebih bahagia.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Post a Comment

15 Comments

  1. Kemarin anak2 juga pingin ke gumuk reco. Tapi karena berangkat kesiangan, jadi kawatir sampai sana ga bisa lama mainnya.
    Janjian aja kali ya kita, ketemu di gumuk reco akhir bulan?

    ReplyDelete
  2. Wah jadi pengen unduh traveloka xperience ini, liburan sepertinya lebih asyik dan seru dengan fitur2 yang di sajikan.

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka banget dengan wisata alam mbak. Setingnya sendiri. Ngajak anak pas waktunya tepay. Dengan Traveloka Xperience ini jafi lebih nysman ya

    ReplyDelete
  4. Waaah...Salatigaaa.. Ah, jd ikut melow ingat rumah kelahiran kami yg sekarang sdh berpindah tangan. Daripada melow..kepoin Traveloka Xperiebce aja ah..

    ReplyDelete
  5. Alam memang bukti kedahsyatan Allah banget. Aku juga suka main di alam

    ReplyDelete
  6. Hwaaa udah mau ke Gumuk Reco aja. Wish list ku dari jaman kapaaan ini blm kesampean. Ikutan dooong, aku hrs beli lewat Traveloka dulu nih? Hihihi

    ReplyDelete
  7. Main di alam emang nggak pernah bikin bosen, bikin ketagihan malah iya.

    ReplyDelete
  8. aku ada rencana jalan-jalan ke bandung lagi nih, kayaknya wajib cek traveloka experience dulu ya. makin mudah dan lengkap ya buat kita traveling

    ReplyDelete
  9. Sekarang jadi tau banyak spot2 wisata alam yg menarik di Semarang dan sekitarnya ya Mba...jadi bisa mulai menjelajah juga

    ReplyDelete
  10. Sudah lama pengen ke santosa stable. Nunggu anak berani naik kuda dulu biar tambah seru. Beberapa waktu lalu ke pacuan kuda daerah sini masih takut sama kudanya :D

    ReplyDelete
  11. Jadi inget dulu pernah ke Gumuk Reco tapi belum maksimal. Bisa lanjutkan eksplore lagi nih ntar kapan-kapan sama anak-anak. Bisa book via fitur Xperience di Traveloka ya agar lebih praktis.

    ReplyDelete
  12. Wah gumuk reco ada juga di traveloka ya. Aku juga penge ke sana belum jadi2 nih. Asyik ya ada fitur xperience, mo liburan kek apapun tersedia

    ReplyDelete
  13. Serunya berwisata alam sama anak-anak. Nggak hanya berlibur, anak-anak juga jadi bisa lebih berinteraksi dengan alam. Terutama bisa dapatkan udara segar yang kaya oksigen

    ReplyDelete
  14. Sama kayak anak-anakku. Mereka lebih suka main di alam bebas daripada main mainan di mall

    ReplyDelete
  15. Wah anak-anak lebih mencintai alam ya dari orang dewasa, excited banget dibawa ke sawah, sungai, pantai..beda sama kita kadang ngeluh malas, cape dan panas #dakumaksudnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com