MaritaPalace

Kelas Growthing: Cara Asyik Belajar Blogging

27 comments
kelas growthing cara asyik belajar blogging
Belajar ngeblog di Kelas Growthing bagaikan oase di tengah pandemi. Beneran, pals… di antara berbagai kelas online yang aku ikuti selama di rumah saja, belajar blogging bareng Coach Irwin, Coach Pewe, Coach Baim, Mbak Monic, Mas Ilham dan Mbak Gemaulani adalah kelas ter-daebaak yang tak akan terlupakan.

Padahal kalau dipikir-pikir, blogging itu kan ya sudah jadi menu harian buatku. Di saat banyak orang selama pandemi memilih beraktivitas dan belajar hal-hal baru, bahkan kadang mempelajari sesuatu di luar zona nyaman, aku memilih untuk tetap setia berkawan dengan blogging. 

Selain parenting dan kesehatan mental, hal-hal terkait blogging selalu mampu membuatku berbinar-binar dan lupa waktu. Nggak sedikit yang bilang bahwa orang yang sudah ngeblog dalam waktu lama, apalagi sudah mendapat recehan dari blognya, biasanya ogah untuk diajak ikut kelas ngeblog lagi. Namun coba ditawari form isian untuk job, barulah berbondong-bondong mengisi.

blogging bikin hepi karena my passion
Mungkin ada yang seperti itu, nggak semuanya juga sih. Yang masih doyan belajar juga banyak kok. Namun pastinya hal di atas jelas tidak berlaku buatku. Sebagaimana hidup yang masih terus berjalan hingga detik ini, all about blogging pun selalu berkembang setiap saat. Itu artinya akan selalu ada yang bisa dipelajari.

That’s why buatku belajar blogging akan selalu jadi hal yang asyik, sekaligus penting. How about you, pals?

Blogger Belajar, Buat Apa?

“Kan udah lama ngeblognya, kok masih belajar terus?”
“Memang nggak bosan ya saben hari ngupyek blog?”
“Ngapain belajar hal yang sama, bosen lah. Udah ngerti juga hal-hal yang diajarkan to?”


Mungkin kalimat-kalimat di atas bisa jadi mewakili isi hati teman-teman narablog yang merasa sudah cukup tahu tentang dunia blogging. Nggak salah juga sih. Mungkin aku yang terlalu passionate pada bidang ini, jadi merasa selalu haus ilmu dan pengen terus belajar lagi.

3 hal berikut adalah hal-hal yang menguatkanku untuk terus belajar ngeblog:

1. Update Wawasan

Meski ngeblog dan dunia content writing bukan hal baru buatku, nyatanya ada saja yang terus berkembang. Contoh mudahnya saja, dashboard blogspot yang semakin kekinian. Bandingkan dengan dashboard lama, dashboard yang baru semakin modern dan mobile friendly. Kalau nggak kenalan sama si dashboard baru, bakalan kagok saat menggunakannya.

belajar ngeblog bisa update wawasan dan tingkatkan kualitas
Sama halnya dengan dunia penulisan konten. Saat pertama kali belajar nulis konten, aku diberitahu kalau nulis konten SEO itu keywordnya harus diulang beberapa kali dalam artikel. Tidak lupa kata kunci itu harus ditulis dengan huruf tebal, dimiringkan dan diberi garis bawah. Sekarang hal itu masih berlaku atau nggak hayo?

Ilmu pengetahuan terus berkembang, begitu juga dengan blogging. Lha wong Google aja rajin update algoritmanya setiap hari. Sebagai blogger yang ingin berkawan baik dengan Mbah Google, kita harus selalu cari tahu hal-hal apa yang disukai sama si Mbah. Masa Mbah udah nggak minum kopi, kita datang ke rumahnya masih bawa gula dan kopi, bisa-bisa doi bilang begini;
Hoi, aku tuh mesin pencari, bukan Ponari. 

 

2. Beda Guru, Beda Sudut Pandang

Bahkan meski topik yang dipelajari sama, menurutku selalu ada hal-hal berbeda yang bisa kudapatkan. Setiap guru selalu punya pengalaman yang berbeda. Pengalaman-pengalaman itulah yang biasanya akan dibagikan kepada murid-muridnya. Apakah muridnya akan mengalami hal sama? Belum tentu.

banyak guru memberikan banyak sudut pandang dan pengalaman
Dengan belajar dari banyak guru, aku bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda dalam melihat sebuah masalah. Hal ini membuatku semakin kaya. Pengalaman yang diceritakan guru A dan guru B bila diramu akan menghasilkan teknik C yang mungkin paling cocok untuk kujalani.

Belajar ke berbagai guru juga melatihku untuk terus mengosongkan gelas. Cara ini membuatku bisa terus mendapat hal baru setiap kali belajar, bahkan meski topiknya sama sekalipun. Kalau sejak awal aku sudah menutup diri dengan kata, “Aku sudah tahu,” belum tentu aku bisa mendapat mutiara baru di setiap sesi belajar.

Hal yang perlu dicatat, selalu ada adab saat menuntut ilmu;
Jangan membandingkan guru yang satu dengan guru lainnya. 
Karena tidak ada yang lebih baik, pun lebih buruk. Setiap guru selalu punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

3. Perluas Networking

Di setiap kelas blogging pasti ketemu orang baru. Hal ini membuktikan kalau dunia blogging itu sekarang super luas. Semakin banyak yang nyemplung ke dunia ini. Artinya semakin banyak pula jaringan yang bisa kita bangun.

belajar ngeblog menambah teman dan membangun networking
Dengan mengenal lebih banyak blogger, kita jadi bisa banyak referensi blogwalking. Dengan banyak tempat tujuan blogwalking, kita jadi punya banyak sumber ide saat sedang writer’s block. Semakin banyak blogger yang kita kenal, kita bisa berkolaborasi untuk link building atau malah dapat cipratan info job. Asyik kan?
Nggak ada ruginya lah punya kenalan dan teman blogger yang banyak.

Apakah 3 hal di atas bikin teman-teman jadi tertarik untuk terus belajar blogging atau malah masih woles aja? Kalau masih woles aja, harus lanjut baca ceritaku tentang kelas ngeblog yang satu ini!


Tak Salah Pilih Belajar di Kelas Growthing

Berhubung beberapa kali pernah bekerjasama dengan mbak Monica Anggen dan Coach Pewe, aku kemudian bergabung ke BRT Network. Nah, dari situlah aku kemudian mengetahui kalau Coach Pewe berkolaborasi dengan Coach Irwin membuat kelas Naik DA.

Menyadari bahwa DA-ku duduk manis di angka yang sama berbulan-bulan, pastinya pengen dong ikut gabung. Sayangnya aku ditolak, hiks. Karena memang yang diprioritaskan adalah para blogger dengan DA di bawah 15.

belajar di kelas growth dijamin naik kualitas
Melihat peluang yang sangat tipis untuk bisa bergabung dengan kelas Naik DA, saat duo coach kocak itu membuka kelas SEO On Page berbayar, aku nekat ikutan. Waah, banyak cerita lah di balik kelas itu. Paling menyeramkan sih saat boroknya blog peserta dibuka. Waduduh, ternyata banyak sekali yang harus diperbaiki. Bahkan sampai sekarang pun masih jadi PR, wkwk.

Tidak ada yang abadi, begitu juga kelas SEO On Page. Sesi belajar akhirnya habis, padahal otak rasanya masih butuh asupan ilmu. Saat itulah Kelas Growthing dibuka. Hmm, ikut nggak, ikut nggak. Akhirnya kata IKUT jadi jawaban saat jari tiba di kancing terakhir. Baiklah, dengan semangat bonek, bersama dengan beberapa alumni kelas SEO On Page, kami ikut nyebur ke Growthing.

Palingan ilmunya sama, kan coachnya sama?
Apa nggak bosan?
Apa serunya belajar hal sama dalam waktu berdekatan?


Ho ho ho, kalian salah kira, pals. Ini kelas yang benar-benar berbeda. Bahkan meski beberapa materinya sama, penyampaian dan tugas-tugasnya dikemas secara berbeda. Nggak ada bosan-bosannya, yang ada kami dibikin melek setiap ada notif, “Mas Irwin typing….

1. Rasa Militer Tapi Ngangenin

Kenapa kok melek saat notif “Mas Irwin typing…” terbaca? Nggak lain karena tendangan si Madun bisa keluar setiap saat. Ya, di kelas Growthing nggak ada waktu buat rebahan. Setiap hari kami diajak untuk memahami materi dengan praktek secara langsung.

ikut kelas growthing biar tambah pinter ngeblognya

Berani bolos ngerjain tugas? Ya, wassalam. Artinya umur kita di kelas itu sudah berakhir. Dan pastinya nggak ada yang mau berakhir dengan cepat dari sana. Meski berdarah-darah dan mata panda semakin lebar, tetap dijabanin dengan semangat. Demi apa coba?
Demi naik kelas jadi blogger yang lebih profesional!

Di sesi angkat koper dua hari lalu, aku belajar sebuah hal yang sangat penting. Bahwasanya menjadi blogger itu butuh ketelitian yang super. Kalau kita sudah terbiasa memperhatikan hal-hal kecil secara detil, maka urusan-urusan besar akan lebih mudah diatasi.

Ngeblog menjadi super berbeda di sini. Nggak lagi ada yang namanya asal nulis, asal masukin gambar, ataupun asal bikin judul. Semuanya dipikir dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, eitsss… emangnya proklamasi, hehe.

Dan ternyata apa yang kurasakan sejalan dengan apa yang dirasakan Mbak Ria dan Mbak Muna, dua teman baruku di kelas Growthing;
Kalo biasanya nulis semaunya, nggak editing apalagi merhatiin seo on page. Sekarang lebih teliti dan hati-hati. Nyoba riset keyword dulu, gambarnya di kasih alt text, setelah post pun dicek lagi letak headingnya sudah bener apa belum. - Ria
Memandangi kode html sampek bermalam- malam. Sumpah. Biasanya paling anti. Karena salah tanda petik satu aja udah bisa bikin eror. Eh ini malah suruh ngoprek html. Belajar tanam-menanam link. Jadi lebih memperhatikan panjang URL & title. Merhatiin headings. Kelas ini bagaikan mempertaruhkan hidup dan mati. - Muna 
Serem?

Jangan terkecoh dengan kalimat-kalimat di atas. Rasakan dulu sensasinya baru berikan testimoni kalian, hehe.

Pastinya sih, aturan di kelas ini dijalankan dengan amat tegas. Nggak ada tuh bisa merayu coach atau minta keringanan. Nggak sesuai dengan aturan yang diminta, selamat angkat koper. Tapi justru itulah seninya belajar ngeblog di Growthing. Belajar jadi lebih niat dan terarah.
Mau bertumbuh? Ya aja kalah karo wegah!

 

2. Tim Inti Super Ngocol

Meski dari luar, kelas ini terlihat sangar. Aslinya suasana di WAG-nya sih penuh suka cita. Para coach mampu meramu keseriusan dibalut dalam kengocolan yang unik dan nggak ada duanya. Bahkan saat materi disampaikan, selalu aja ada yang bikin para peserta ngakak. Entah karena sticker lucu ataupun diksi yang tak terduga sebelumnya.

coach dan tim kelas growthing
Semalam aku ditanya oleh mbak Rahma Chemist, “Siapa coach terfavorit di kelas Growthing?” Wadidaw, pertanyaan yang sulit dan tak akan mampu kujawab. Semuanya favoriiiit! Ilmunya super ndaging. Namun mereka tetap rendah hati. Nggak segan untuk terus belajar, bahkan kepada yang lebih muda.

Kalau coach-nya aja masih semangat belajar, masa aku sebagai muridnya loyo? Nggak boleh kalah dong ah. Harus sama semangatnya dengan para coach yang tiap malam sampai nggak tidur karena memantau pertumbuhan blog-blog muridnya. Duh, so sweet nggak sih?

3. Teman-teman Baru Nan Spesial

Selain suasana kelas dan coach yang tiada duanya, di kelas ini aku bertemu dengan banyak teman baru. Terbukti masih banyak nomor WA yang belum tersimpan di daftar kontakku, berarti aku belum pernah ketemu di grup blogger lainnya ataupun sudah pernah satu grup tapi nggak ngeh. 

7 tim awal di kelas growth
Di awal kelas sebenarnya kami sudah dikelompokkan ke dalam 7 grup kecil. Di setiap grup ada ketua timnya. Aku ditunjuk sebagai salah satu ketua tim. Namun baru dua sesi materi, para coach menganggap adanya tim ini tidak terlalu efektif, jadi dibubarkanlah grup-grup kecil tersebut.

Padahal kami sudah seru-seruan bikin logo dan tagline lo, wkwk. But life must go on.. meski nggak ada tim-timan lagi, kami masih tetap semangat belajar kok. Dan semakin hari bonding dengan teman-teman di Growthing semakin terbentuk.

Di antara puluhan teman baruku di Growthing, ada dua nama yang menarik hati. Kebetulan dua orang ini punya kesamaan denganku, yaitu sama-sama ibu rumah tangga yang hobi mengeluarkan ide dan perasaannya lewat bahasa tulisan. Yuk, kenalan sama mereka!

Mbak Ria, Teman Curhat Soal Template

Nama Mbak Ria nggak asing sih buatku. Sepertinya sebelum di Growthing pun aku sudah beberapa kali main ke rumah mayanya. Kami sama-sama berawal dari kelas SEO On Page yang kemudian sangat bersyukur dapat kesempatan untuk naik kelas ke Growthing. 

profil mbak ria fasha
Aku dan Mbak Ria jadi semakin dekat sejak materi parameter on page. Gara-garanya di materi ini para peserta harus memperbaiki susunan heading di template agar SEO friendly. Berhubung template yang mbak Ria pakai sama denganku, kami jadi sering ngobrol kalau ketemu masalah yang sama.

Ada kalanya aku tanya mbak Ria gimana caranya biar head title nggak kepanjangan. Di lain waktu aku juga berbagi tips agar di single post, judul blog nggak muncul sebagai H2. Benar-benar perjuangan yang super duper bikin keringat dingin. Alhamdulillah sudah terlewati, meski masih ada ujian berikutnya, wkwk.

Eh pas ngobrol dari hati ke hati, aku baru tahu kalau ternyata mbak Ria juga suka nulis puisi. Duh, kok bisa samaan sih hobinya. Doi cerita kalau mulai bikin blog sejak 2007 karena ada lomba blog di kampus. Dari yang awalnya nggak tahu apa-apa, eh jadi semakin senang dan ketagihan. 

blognya mbak Ria fasha - riafasha.com
Semua puisi dan karya yang awalnya ada di diari dipindahkan ke blog. Katanya senang karena banyak yang baca. Bahkan sampai sekarang ngeblog sudah menjadi passion yang nggak bisa dipisahkan.  Ada yang kurang rasanya kalau nggak ngeblog. Blog juga jadi media untuk menuangkan isi hati dan sarana self healing.

Berdomain riafasha.com, blog mbak Ria berniche lifestyle alias gado-gado. Awalnya Mbak Ria bilang mau buat blog khusus parenting, tapi ternyata nggak konsisten menulis niche tersebut. Akhirnya niche parenting dipindahkan ke blog lainnya. Dan fakta ini lagi-lagi sama plek denganku, wkwk.

Di antara sekian materi yang ada di Growthing, mbak Ria bilang materi parameter on page adalah materi favoritnya;
Aku selalu percaya kekuatan blogger itu di kontennya. Tapi bagusnya tulisan blog itu bukan hanya enak dibaca, ada parameter lain supaya tulisan bagus bisa sampai ke banyak orang. Caranya itu dengan menerapkan on page yang benar, karena aku baru dapat materinya jadi kerasa banget perubahannya pas menulis. - Ria Fasha.
Lewat blogging yang sudah dikenalnya selama 13 tahun, mbak Ria bilang hal terbaik yang ia dapatkan adalah kepuasan diri. Selain blog menjadi media untuk berkarya, rasa bahagia senantiasa hadir ketika tulisannya mampu membawa manfaat buat orang lain.

Menutup obrolan kami, mbak Ria berpesan tentang pentingnya belajar untuk para blogger;
Sama seperti profesi lainnya, perlu banget upgrade ilmu, setiap hari ilmu itu terus berkembang. Blogger makin banyak. Jadi kudu terus belajar dan evaluasi supaya kita nggak ketinggalan. Salah satu tujuan kita kan mau share informasi, jadi makin banyak ilmu yang didapat, tulisan dan blog pun jadi lebih berkualitas.

Mbak Muna, IRT yang Luar Biasa Stronger

Aku jadi cukup dekat dengan mbak Muna saat timnya harus kehilangan ketua. Lalu para ketua tim lain harus mengambil anggota tim yang tersisa untuk diadopsi. Aku mengambil dua nama, salah satunya ya mbak Muna ini.

Meski baru terjun di dunia blogging pada 2018, tapi tulisan mbak Muna ini sering banget masuk ke halaman mudanya Google lo. Cadas nggak sih? 

profil mbak muna fitria
Sama dengan mbak Ria yang punya beberapa kesamaan denganku, aku dan mbak Muna pun punya beberapa kesamaan. Satu, kami sama-sama bikin blog setelah resign dari kerja kantoran. Dua, kami sama-sama kerja jadi content writer.

Yang bikin berdecak kagum adalah, mbak Muna ini punya tiga anak; kelas 3 SD, balita dan baby umur 8 bulan! Spontan aku bertanya padanya saat kutahu kesibukannya sebagai seorang ibu pasti sudah sangat menyita waktu, “Cara mengatur waktu untuk menulisnya gimana mbak?”
Aku nggak tidur.
Aku pun speechless. Wow! Di luar sana banyak emak yang mengatasnamakan anak sebagai tameng untuk berhenti belajar dan berkarya. Sini dong dekat-dekat sama mbak Muna yang super semangat menjalani hari-harinya. Ngeblog iya, bikin konten buat klien iya, eh masih belajar juga.

Hal lain yang bikin aku ternganga adalah blog mbak Muna yang memiliki domain mainapahariini.com mengambil niche parenting. Di sini kita bisa baca banyak artikel tentang kegiatan main mbak Muna bersama ketiga buah hatinya. 

Dan dijamin semua kegiatan main yang ada di blog ini benar-benar dilakukan sendiri, bukan hasil nyomot sana-sini. Aku benar-benar takjub. Nggak bayangin capeknya kaya apa. 

blognya mbak muna - mainapahariini.com
Secara aku kalau sudah capek nulis konten dan ngeblog, anak-anak kuanggurin. Mereka main sendiri aku lihatin aja daah. Paling banter kubacain buku, terus lama-lama aku ketiduran, wkwk. Makanya yang mau belajar jadi ibu keren, cuzz main ke blog mbak Muna deh.

Merasa masih awam dengan dunia blogging adalah alasan mbak Muna ikut kelas Growthing. Apalagi selentingan di luar tentang kelas kece ini kan super santer dari segala penjuru. Yang katanya bisa naikin DA. Yang katanya bukan sekedar kelas ngasih materi. Di-coaching gratis pula. 
Tak akan ada yang mampu menolak pesona Growthing. 
Setelah kurang 15 hari belajar bareng Coach Irwin, Coach Pewe dan Coach Baim, mbak Muna merasa SEO adalah materi paling nampol.
Soalnya selama ini ya cuman baca secuil dari sana, secuil dari sini. Jadinya separuh-separuh dan nggak komprehensif. Nah, begitu di sini ternyata dibeber semuanyaaaaa.. Sampek mumet. - Muna.
Hahaha, saking semua dikasih jor-joran. Kalau iman, eh… otak nggak kuat, memang dijamin mimisan baca materinya. Tapi begitu pelan-pelan dipraktekkan…. selamat menikmati traffic blog dengan senyum yang lebar.

Meski belum lama ngeblog, namun Mbak Muna sudah mendapatkan hal terbaik dari dunia barunya ini;
Saya bisa mewujudkan mimpi menjadi kenyataan; menjadi ibu bekerja di rumah.
Fyi, mbak Muna ini ditarik menjadi content writer sebuah situs parenting karena editor melihat isi blognya. Kece nggak? Pengen juga kaya mbak Muna? Catat dulu wejangan pentingnya;
Never stop learning because life never stops teaching.
Keren kan teman-teman baruku ini? Aku aja terinspirasi banget sama keduanya. Nah, kalau kalian juga pengen ketemu sama teman-teman blogger nan inspiratif dan semangat belajar seperti mereka, cuzz join Coaching SEO for Blogger yang diadakan oleh Growthing. Klik aja gambar di bawah ini untuk mendapatkan info lebih lanjut.

kelas SEO dijamin DA naik dari growthing.id
Mau belajar ngeblog dengan super asyik dan penuh tantangan? Dari membenahi kualitas tulisan, mempelajari apa itu SEO on Page hingga membedah SEO Off Page? Hanya Kelas Growthing jawabannya! Selamat datang, para blogger pembelajar!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

27 comments

  1. Sepakat Mbak,, bloger itu emang harus belajar teruss, ilmu dan wawasan berlimpah, tinggal dipraktikin betul² nih blognya semakin kece, semakin diperhitungkan juga sm si Mbah Google. Semangat sampai garis finish Mbak💪

    ReplyDelete
  2. Beh luar biasa Mbak semangatnya buat terus belajar blogging. Mantap lah. Semoga bulat juga ke kita-kita.

    ReplyDelete
  3. Jujur aku ga nyangka kamu bertahan dalam dunia ini.. 😁😁 dulu aku pikir aku juga akan jadi seperti ini, ternyata bagiku menulis lebih sulit dari pada aku nge-IM.. 😅😅 semangat cintaaaa 😍😍😍😍

    ReplyDelete
  4. Salut banget sama mba Marita, ga pelit ilmu dan semangat untuk terus belajar. Idola banget, mau nyontoh semangatnya ����

    ReplyDelete
  5. Membaca dari awal hingga keske akhir jadi makin bertanya-tanya apakah aku juga akan berbinar-binar sepertimu Dinda?Huhu...sukses yaa. Satu hari nanti aku berguru langsung saja lah ya tatap muka hehe

    ReplyDelete
  6. Rapi banget artikelnya 😳😘

    ReplyDelete
  7. Wihhh keren-keren emak-emak ini. Tapi kelas Growthing emang emejing sih ya, Mbak.
    Semagattt sampai akhir! :)

    Btw aku kesindir nih soal tameng2 itu, hahaha...

    ReplyDelete
  8. Perjalanan sebagai blogger-nya amazing bgt mbk marita, masya allah.. keren gitu konsisten pembagian waktunya. Udah gitu masih fast respon di WAG buat ngajarin kita yg cupu2 ini.. Sukses terus mbk..

    ReplyDelete
  9. Duh, jadi blogger mah bukan sekedar nulis ya mbak, tapi harus tahu seluk beluknya bloggerr lebih dalam juga penting, itu sih menurutku, hehe..
    Salut buat mbak Marita dan mom blogger lainnya. Tanpa sadar aku jadi ikutan semangat loh mbak, ahaha..

    ReplyDelete
  10. Barokallah...mbak, duh....itu berapa CWS mbake... Hehehe, tpi tetep enak dibaca, ingin juga kerja dari rumah, bloger profesional gituh.... #penting gaya shik, kendeli cita2ne hihihi padahal tugas asyik ngutang ae nggaya😷

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran sama kelas militer ini Mbak, pengen merasakan langsung atmosfernya.

    ReplyDelete
  12. Semangaaaaat, pokoknya kalau lulus duluan mah nyesel 😂😂

    ReplyDelete
  13. Mba aku jadi kangeeeenn sama kelasnya beliau beliau ini huhu. Kangen tugasnya gakpapa dehh 🤗🤗🤗
    Good luck mba Marita mudah2an bertahan sampai akhir. Aamiin

    ReplyDelete
  14. waaah pengen jg nih nyobain mbak, kereeen... sukses ya mbak semoga bermanfaat ilmunya :)

    ReplyDelete
  15. Semoga semangatnya Mbak Marita nular ke aku. Jadi melek tentang blog itu apa. Selama ini baru melek dikiiit. Banyak nggak ngertinya. Bolehlah jadi temen sharing. Good luck, Mbak Mar.

    ReplyDelete
  16. Lengkap bener tulisannya.. jadi pengin ikut nyoba nulis ......

    ReplyDelete
  17. udah ada niat nulis di blog tapi belum kesampaian. terima kasih mbak, materinya bagus

    ReplyDelete
  18. DA-ku juga ndongkrok ribuan purnama

    ReplyDelete
  19. Tulisannya Inspiratif , komplit.. bisa jadi penyemangat bagi yang mau nulis.... Terimakasih. Sukses selalu Mbak....

    ReplyDelete
  20. gak nyangka banyak yg bisa dipelajari dari artikel ini, jadi lebih aware dengan detail tulisan. dan yup, SEO amat sangat penting dalam blogging trafik blog kita sangat tergantung pada SEO ini. kalo lalai siap-siap angkat koper :)

    thx mbak tulisannya menginspirasi

    ReplyDelete
  21. Aih tetep deh ibu ini buat Canvanya selalu menarik dan cantik. Jadi sempurna digabung dengan tulisan yang lengkap.

    Saya jadi belajar banyak di grup ini. Nuhun ya Mar.

    ReplyDelete
  22. Mataku selalu berbinar-binar baca blogmu mbakyu. Keren banget Maa Syaa Allah. Selalu menginspirasi. 😍

    ReplyDelete
  23. Keren banget ini kelasnya emang. Mba marita berarti udah militan banget yaa, udah beberapa kali ikutan kelasnya mas irwin dan para coach. pantesan ini blog performanya udah bagus gt

    Meski udah di kick, aku juga merasakan perubahan bgt dr caraku ngeblog skrg. Meski akhirnya jadi agak lama karena harus ngurus seo ini itu belum lagi ngurus gambarnya biar kece abis.

    Semoga lolos sampai akhir ya mbak. ditunggu tulisan2 dari hasil kelasnya, biar bisa ngintip2 materinya. hihi

    ReplyDelete
  24. wahh aku jadi tersipu direview ama mba marita :D
    makasih ya mbak,
    semoga kita bisa bertahan hingga akhir
    kelas ini benar-benar super menggemaskan, jadi terpacu untuk terus belajar jadi lebih baik

    ReplyDelete
  25. ah kereeen! pengen deh jadinya ikutan kelas growthing juga haha xD keep sharing ilmu blogging di blog ya mba ^^

    ReplyDelete
  26. udah lama punya blog, tp jarang update. biasalah sok sibuk, tp kadang memang bingung cari tema. baca-baca disini jadi semangat lagi. tapi temanya apa ya? wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai profesi aja Kang hehe. Atau cerita tentang pengalaman sehari2 hehe.

      Delete

Post a Comment

Follow by Email