MaritaPalace

6 Alasan Digital Marketing Penting bagi Kesuksesan Bisnis

manfaat digital marketing
Digital marketing, pasti sering mendengar istilah ini kan, pals? Sebenarnya apa sih maksudnya? Kalau dalam bahasa Indonesia sih, disebut dengan pemasaran digital. Yaitu salah satu strategi pemasaran produk maupun jasa dengan memanfaatkan teknologi digital misalnya media sosial, email, website, dan lain sebagainya.

Saat ini teknik pemasaran ini semakin disukai oleh banyak pebisnis. Jika dibandingkan dengan marketing offline, pemasaran digital mendatangkan lebih banyak keuntungan, seperti efektif menjangkau pelanggan, mendapatkan feedback yang diinginkan, mudah di-set-up, proses cepat, serta biaya yang harus dikeluarkan pun terbilang lebih murah.

6 Alasan Pemasaran Digital Penting Bagi Bisnis

Selain karena keuntungannya tersebut, digital marketing dianggap sebagai suatu strategi pemasaran yang krusial bagi bisnis. Maka tak heran banyak pebisnis yang memanfaatkan strategi pemasaran yang satu ini untuk mempromosikan bisnisnya. Inilah 6 alasan pemasaran digital dianggap penting bagi bisnis.

pentingnya pemasaran digital bagi kesuksesan bisnis

1. Mampu Mendongkrak Penjualan Dengan Cepat

Strategi digital marketing yang tepat dianggap mampu mendongkrak penjualan bahkan hingga dua sampai tiga kali lipat dari biasanya. Pebisnis pun dapat memilih dan menambahkan calon konsumen dari kampanye melalui media digital.

2. Dapat Terhubung ke Pelanggan dengan Mudah

Pemasaran digital memungkinkan pebisnis untuk dapat menjangkau pelanggannya secara langsung. Feedback dan juga proses komunikasi dapat terjalin dengan mudah melalui strategi marketing yang satu ini, sehingga pelanggan lebih merasa dihargai dan secara tak langsung dapat meningkatkan feedback positif bagi bisnis kita.

3. Mampu Menekan Biaya Pemasaran

Jika dibandingkan dengan membayar biaya pemasaran melalui media konvensional seperti reklame, televisi, ataupun media cetak, biaya digital marketing terbilang jauh lebih murah karena hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan dan tepat sasaran.

Belum lagi pemasaran dengan media konvensional yang mengharuskan pebisnis untuk membayar biaya lain seperti biaya perizinan, biaya pajak, dan lain sebagainya yang tentu tak murah.

4. Efektif Memperluas Pangsa Pasar

Salah satu alasan penting mengapa pebisnis melakukan pemasaran produknya adalah tentu karena ingin memperluas pangsa pasar, sehingga nantinya akan banyak calon pembeli baru yang berpotensi menjadi pelanggan setia. Bahkan tak hanya pasar dalam negeri saja, pemasaran digital juga memungkinkan pebisnis untuk mempromosikan produknya hingga ke pangsa pasar di seluruh dunia.

5. Promosi Lebih Terukur

Jika kita mempromosikan produk melalui televisi, reklame, atau media cetak, mengukur tingkat keberhasilan dari kampanye tersebut sangatlah sulit. Lain halnya dengan pemasaran digital yang dapat dipantau secara real-time, sehingga kita dapat melihat strategi mana yang lebih efektif untuk mempromosikan produk.

6. Mampu Bersaing dengan Bisnis Skala Besar

Tak sedikit pebisnis dengan perusahaan besar yang beriklan menggunakan media konvensional untuk mempromosikan produk mereka, sedangkan pebisnis skala menengah hingga kecil belum mampu mengeluarkan biaya besar untuk memasang iklan di media konvensional.

Namun dengan digital marketing, tak hanya bisnis skala besar saja yang dapat beriklan. Bisnis skala menengah hingga kecil pun mampu bersaing dengan bisnis skala besar. Jika strategi pemasaran yang digunakan tepat, bukan tak mungkin bisnis skala kecil pun berpotensi mendapatkan popularitas hingga menaikkan angka penjualan.

Digital Marketing dan Internet Marketing, Beda atau Sama?

perbedaan nternet marketing vs digital marketing
Meskipun sama-sama memiliki kata marketing atau pemasaran, keduanya ternyata memiliki perbedaan. Dalam hal media, keduanya menggunakan media yang sama yaitu SEO, SEM, SMM, email marketing, dan lain-lain.

Jika digital marketing lebih berfokus pada teknologi, internet marketing lebih berfokus pada kegiatan pemasaran yang menargetkan para pengguna internet. Sehingga dapat disimpulkan jika internet marketing juga menjadi bagian dari digital marketing.

Itulah alasan mengapa pemasaran digital dianggap penting bagi kesuksesan suatu bisnis. Yang tak kalah penting adalah memilih digital agency Jakarta yang tepat, berpengalaman, dan terpercaya seperti Stucel. Berdiri sejak 2005, perusahaan digital marketing ini menyediakan berbagai kebutuhan pemasaran bagi pelaku bisnis. Tertarik , pals? Semoga info ini bermanfaat ya!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email