9 Keuntungan Membeli Avanza Bekas dan Tips Pembelian

1 comment
keuntungan membeli avanza bekas
Avanza Bekas masih menjadi incaran masyarakat Indonesia. Sejak muncul pertama kali pada 11 Desember 2003 di event Gaikindo Auto Expo, Toyota Avanza semakin hari semakin memikat banyak hati. Bukan hanya varian barunya, mobil bekasnya pun tetap laris manis bak kacang goreng.

Tak heran jika Toyota Avanza dinobatkan sebagai mobil sejuta umat. Coba saja tengok di jalanan, bisa dipastikan brand Avanza paling banyak ditemui. Sebenarnya apa ya yang membuat banyak orang tak ragu membeli mobil Avanza, bahkan bekas sekalipun?

Kenapa Harus Membeli Avanza Bekas?

Sebagai emak-emak yang nggak begitu paham soal otomotif, aku mencoba cari tahu alasan di balik laris manisnya mobil besutan Toyota ini. Setidaknya ada 9 alasan mengapa Avanza bekas tetap menarik hati, tak kalah dengan varian barunya.
alasan mengapa beli toyota Avanza

1. Because It’s Toyota

Siapa sih tak kenal Toyota? Produsen mobil asal negeri Sakura ini memiliki jaringan penjualan terluas. Artinya membeli mobil di bawah brand ini mudah dilakukan di mana saja. Begitu juga saat mau melakukan servis dan pembelian suku cadang, tidak perlu pusing mencari dealer, showroom dan bengkel resminya.

Banyak yang meminati Toyota, jelas karena banyak yang sudah membuktikan kualitasnya. Selain itu karena mudahnya mencari suku cadang, downtime alias waktu tunggu saat mobil harus diservis cukup rendah.

Diantara varian Toyota, Avanza adalah produk unggulan yang sudah terbukti kualitas dan harganya pun cukup terjangkau untuk keluarga dari kalangan menengah.

2. Banyak Pilihan Tipe

Toyota Avanza memiliki dua tipe, yaitu Avanza dan Veloz. Totalnya ada tujuh varian tipe New Avanza, sebagai berikut;
  • New Avanza 1.3 E STD MT
  • New Avanza 1.3 E MT
  • New Avanza 1.3 G MT
  • New Avanza 1.5 G MT
  • New Avanza 1.3 E STD AT
  • New Avanza 1.3 E AT
  • New Avanza 1.3 G AT
Sementara untuk tipe Veloz terdiri dari empat varian;
  • New Avanza 1.3 Veloz MT
  • New Avanza 1.5 Veloz MT
  • New AvanzA 1.3 Veloz AT
  • New Avanza 1.5 Veloz AT
Selain perbedaan fitur, varian Avanza memiliki pilihan transmisi. Mau pilih transmisi manual atau otomatis, Avanza punya keduanya. Tinggal pilih saja dengan budget yang kita miliki.

3. Fitur Lengkap dan Lapang

Salah satu alasan kenapa Avanza banyak diminati, tak lain karena dimensinya yang ideal diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Dengan ukuran 4.190 mm x 1.660 mm x 2.655 mm, dan didukung dengan wheelbase 2.655, mobil ini cukup lapang untuk menampung seluruh keluarga.

Terdiri dari tiga baris yang bisa muat hingga tujuh orang dewasa. Bahkan meski duduk di baris ketiga pun, penumpang tetap akan merasa nyaman. Tak hanya itu, misal mau mudik ke luar kota dan butuh bawa banyak barang, tersedia ruang bagasi yang cukup besar.

Fitur yang ditawarkan Avanza sangat lengkap. Mulai dari varian terendah pun sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbags dan rem Anti Brake System. Berkendara dengan mobil ini juga semakin nyaman dan aman karena dilengkapi dengan 7 sabuk pengaman pada 3 titik di setiap kursi. Untuk keluarga yang punya baby, tak perlu khawatir dengan keamanan bayi karena Avanza dilengkapi fitur pengait kursi bayi (ISOFIX).

4. Durability Tangguh

Dibandingkan dengan varian MPV Toyota lainnya, Avanza bisa dibilang memiliki harga yang paling terjangkau. Namun soal durability alias daya tahan, jangan ditanya. Saat kaki-kaki mobil lain biasanya mulai bermasalah pada jarak tempuh 60.000 km, kaki-kaki Avanza masih lincah menelusuri jalanan hingga 100.000 km.
keunggulan toyota avanza

5. Dapur Pacu Bertenaga

Meski bekas, nggak perlu takut mesinnya bakal sering ngadat. Toyota Avanza terkenal dengan dapur pacunya yang bandel. Maka tak heran jika banyak rental dan travel yang menggunakan Avanza sebagai salah satu mobil favorit untuk membawa penumpang. Avanza cukup bisa diandalkan di berbagai kondisi jalanan, diajak naik-naik ke tanjakan pun mulus. Mesin Avanza jarang sekali bermasalah.

6. Irit BBM

Tak hanya mesinnya yang bandel, Avanza terkenal dengan mesinnya yang awet bahan bakar. Jadi nggak perlu tongpes gara-gara isi bensin.

7. Biaya Servis Terjangkau

Dibandingkan mobil di kelas yang sama, Toyota Avanza membutuhkan biaya servis yang lebih terjangkau.

8. Harga Jual Stabil

Meski kita membeli mobil bekas, jangan takut jika suatu saat ingin tukar tambah ke mobil yang lebih baru tahunnya karena harga jual Avanza cukup stabil. Bahkan meski sudah tangan kedua dan ketiga, selama kondisi mobil masih sehat dan nggak ada kerusakan berarti, kita bisa menjualnya lagi tanpa rugi banyak.

9. Bisa Langsung Digunakan

Nah, di antara banyaknya keuntungan, nomor 9 ini paling daebak. Begitu kita menyelesaikan proses pembayaran, kita bisa langsung membawa dan menggunakan mobil tersebut. Berbeda ketika membeli mobil baru, kita harus menunggu proses penyiapan dokumen. Belum lagi kalau ternyata barangnya indent.

Tips Membeli Mobil Bekas Avanza

Sekarang sudah tahu kan kenapa Avanza Bekas sampai sekarang masih diminati? Sudah yakin nih mau beli Avanza? Eits… tunggu dulu. Masih ada hal-hal penting yang teman-teman kongkow perlu ketahui sebelum membeli mobil bekas, biar nggak menyesal setelah proses pembelian. Apa sajakah itu?
tips beli mobil second

1. Cari Tahu Sejarah Mobil

Penting sekali bagi kita untuk mengetahui sejarah mobil tersebut. Apakah pernah mengalami kecelakaan, kondisi mesinnya, sudah berapa kilometer mobil tersebut dipakai dan hal-hal penting lainnya.

2. Kenali Spesifikasi

Seperti yang disebut di atas bahwa Avanza memiliki banyak varian dengan spesifikasinya masing-masing. Nah, kita harus kenalan dulu dengan spesifikasi Avanza yang ditawarkan, cocokkah dengan kebutuhan harian. Spesifikasi yang dimiliki tiap-tiap varian juga menentukan harga jual mobil bekas tersebut.

3. Cek Kelengkapan Dokumen

Jangan lupakan terkait masalah dokumen. Cek apakah dokumennya lengkap, ada STNK dan BPKB-nya kah. Lalu apakah semua dokumen tersebut ada tunggakan. Jangan sampai kita kecolongan membeli mobil bodong alias mobil yang didapat dari hasil pencurian dan dokumennya dipalsukan.

4. Lokasi Penjual

Lebih baik mencari penjual yang lokasinya tak terlalu jauh dari tempat tinggal kita. Jadi saat mau survey dan melakukan test drive, kita bisa dengan mudah menjangkaunya. Selain itu misal kita belum memiliki dana untuk balik nama, saat butuh perpanjangan legalitas dokumen dan lain-lain, kita tak terhalang jarak.

5. Test Drive

Untuk mengecek kondisi mobil dan kenyamanan berkendara, pastikan untuk test drive mobil tersebut. Jadi kita bisa menyakinkan hati bahwa mobil itu memang cocok dibeli.

6. Perseorangan vs Showroom Terpercaya

Nah, yang paling akhir untuk dipertimbangkan adalah tempat pembelian, apakah baiknya membeli pada pihak perseorangan yang menjual mobil pribadinya atau langsung menyasar ke showroom terpercaya?

Kalau aku sih memilih ke showroom, alasannya karena aku nggak perlu pindah tempat ke sana sini untuk survey mobil-mobil incaran. Kalau ke showroom, kita tinggal ke satu lokasi dan sudah bisa mendapat banyak pilihan. Buatku lebih hemat waktu dan tenaga aja. Menurut kalian gimana, pals?
mobil88 e store
Apabila teman-teman kongkow juga punya pilihan yang sama denganku, sini kubisikin showroom terbaik dan terpercaya untuk mencari mobil-mobil bekas berkualitas kece, termasuk juga Avanza. Namanya adalah mobil88. Merupakan showroom yang khusus menjual mobil bekas dengan kualitas daebak.

5 Keuntungan Beli Mobil Bekas di mobil88

Nggak perlu ragu lagi dengan legalitas dan pengalamannya karena mobil88 sudah berdiri sejak 11 November 1988. Artinya sudah 30 tahunan berpengalaman menjual mobil bekas! Dan yang lebih bikin yakin karena showroom ini merupakan anak perusahaan dari PT Astra International. Jadi sudah bisa dipastikan, kualitas mobil bekas yang dijual di mobil88 pastinya nggak kaleng-kaleng.

Berikut ini 5 keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau beli mobil bekas di mobil88:

1. Beli, Jual, dan Tukar Tambah

Di mobil88, kita nggak hanya bisa beli mobil bekas, tapi juga bisa jual mobil dan juga tukar tambah. Jadi nggak ribet lah kalau mau jual mobil lama, dan tukar ke mobil yang lebih muda umurnya. Asoynya lagi, mobil88 memiliki 20 showroom yang bisa ditemukan di 10 kota di Indonesia; Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Bali.

2. Buyback Guarantee

Semua mobil yang dijual di mobil88 dilengkapi dengan buyback guarantee alias jaminan pembelian. Yaitu mobil88 menjamin semua mobil yang dijualnya selalu memiliki dokumen yang lengkap dan asli, bukan mobil yang bekas ditabrak atau mengalami banjir, nomor rangka dan mesin pasti sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK, tidak akan memutar balik kilometer yang tertera di odometer. Sebagai buktinya, pembeli akan mendapatkan buku garansi.
keistimewaan mobil88

3. Easy Transaction

Mobil88 memastikan bahwa proses pembayaran bisa dilakukan sesuai kebutuhan, bisa tunai dan kredit. Semua dijamin aman, mudah dan tidak ribet. Mobil88 juga bekerjasama dengan banyak perusahaan leasing terpercaya sehingga buat kita yang mau kredit nggak perlu harap-harap cemas.

Buat yang nggak bisa datang langsung ke lokasi, apalagi di masa pandemi seperti ini, bisa tengok dulu unit-unit yang ditawarkan lewat mobil88 e-store. Selain bisa melihat daftar mobil yang dijual, kita juga bisa langsung melakukan transaksi secara online lewat web tersebut.

Meski nggak datang langsung, jangan khawatir, karena di mobil88 e-store daftar mobil bisa dicek dengan mudah. Semua unit ditulis secara spesifik sesuai dengan variannya masing-masing. Informasi spesifikasi yang diberikan juga lengkap. Mulai dari info secara umum, fitur, spesifikasi khusus dan tambahan lainnya. Dilengkapi juga dengan foto dari berbagai sisi, baik interior, exterior hingga mesin bagian dalam, bahkan ada foto versi 360 derajatnya lo!

Kita juga bisa menggunakan fitur membandingkan kendaraan di aplikasi web tersebut. Jadi kita bisa memutuskan dengan lebih baik mana mobil paling cocok meski nggak datang langsung ke showroom mobil88. Lewat mobil88 e-store, kita juga bisa langsung membuat appointment online kalau tertarik untuk melihat lebih jelas mobil yang kita incar di showroom mobil88.

4. Quality Control

Nggak hanya ada buyback guarantee, semua mobil yang dijual di mobil88 sudah lulus proses seleksi dan quality control yang berlapis. Jadi, kita bisa tenang saat mengendarai mobil yang dibeli. Meski bekas, dijamin tetap berkualitas.

5. Mobicare

Mobil88 juga menyediakan layanan purna jual yang dinamai  “Mobicare”,  meliputi; free insurance, free service dan free car detailing. Bahkan jika kita membeli mobil merk Toyota, bakal dapat layanan tambahan berupa Emergency Road Asistance (ERA). Bekerjasama dengan Astraworld, mobil88 memberikan layanan bantuan 24 jam untuk kondisi darurat seperti perbaikan ringan akibat kecelakaan dan jasa car carrier.

Hmm, dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh mobil88, sekarang nggak perlu bingung lagi kan kalau mau beli mobil Avanza Bekas? Untuk informasi lebih lanjut, hubungi saja customer centernya di 0804-1-000088 (Senin - Jumat 07.00 - 19.00 WIB), Semoga bermanfaat dan selamat hunting mobil bekas idaman, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Follow by Email