Kursus Online Gratis Membantu IRT Produktif dan Berdaya

68 comments
kursus online gratis Indonesia
Kursus online gratis menjadi hal yang jamak dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang. Namun biasanya yang menjadi target peserta adalah pelajar, mahasiswa ataupun karyawan. Bagaimana dengan IRT alias ibu rumah tangga? Apa nggak boleh ikut belajar online?

IRT Belajar Online, Why Not?

Di zaman serba bisa kaya sekarang, semua impian masa kecil rasa-rasanya mudah terwujud. Misal nih, dulu waktu remaja aku pernah ingin punya karya yang dimuat di media cetak, tapi setiap kirim karya selalu ditolak. Eh, sekarang bisa punya blog dan bebas menerbitkan karya sendiri.

Beranjak agak gedean dikit, setiap ada Maria Untu (eh, bener nggak ya namanya.. agak lupa) share tentang dunia dubbing, berasa seru banget dan ingin mengikuti jejaknya. Sayangnya kurang tahu bagaimana harus memulai hal tersebut. Eh, sekarang banyak komunitas dan kursus online Indonesia tentang voice over dan dubbing yang bisa jadi tempat belajar.

Belajar dan mengembangkan potensi diri begitu mudah di zaman now. Beda dengan saat belum ada internet. Mau belajar sesuatu, effort-nya lebih besar. Harus jalan dulu, naik angkot dulu, belum kalau guru atau coach-nya tinggal di luar kota atau luar pulau.

Sekarang mau belajar? Gampang banget… selama HP terkoneksi dengan internet, kita bisa belajar apapun yang dulu ingin dikuasai dengan mudah. Banyak banget webinar Indonesia yang bisa diakses dengan beragam kategori.
pentingnya IRT belajar online
Malu nggak sih kalau kesempatan dan waktu yang dikasih Allah ke kita disia-siakan begitu saja? Cuma dipakai untuk hal-hal yang wasting time dan nggak bisa memberdayakan diri? Gegoleran dan santai-santai sesekali ya boleh-boleh saja, tapi kalau terus-terusan kan ya sayang to?

Etdaah, cuma IRT ini ngapain belajar ini dan itu? Lagian ngurusin dapur, bersih-bersih rumah dan nemenin anak pembelajaran jarak jauh aja rasa-rasanya pekerjaan sudah nggak ada habisnya. Masih ditambah belajar ini dan itu, mana ada waktunya?

Kenapa sih demen banget menyandingkan CUMA di depan IRT? Mau IRT, mau working at home mom, mau working home mom, seorang ibu itu perannya banyak. Nggak hanya banyak, tapi juga krusial. Artinya, hal-hal yang dipelajari pun semakin banyak. Itu kalau karir kita sebagai ibu mau berkembang dan nggak terus-terusan menetap di titik yang sama setiap harinya.

Memang seorang ibu ada jenjang karirnya? Tentu ada dong!

Saat awal menikah, kita mungkin baru belajar masak. Alhasil karir kita di dapur rumah baru berada di level tukang masak. Namun seiring bertambahnya tahun, kita pasti juga ingin menghasilkan makanan yang nggak hanya enak, tapi juga bergizi. Mulai deh karir kita naik sebagai ahli gizi rumah tangga.

Ketika tahun pertama menikah, mungkin kita hanya berperan sebagai bendahara. Sekadar mencatat cash flow rumah tangga. Namun seiring waktu, kita pasti mau dong mengembangkan karir kita sebagai manajer keuangan rumah tangga? Nggak hanya sebagai pencatat keluar masuk uang, tapi juga mengelola dan menginvestasikan keuangan dengan bijak.
jenjang karir menjadi seorang ibu
Saat anak baru saja lahir, karir kita sebagai ibu mungkin hanya sebatas menjadi guru. Namun begitu anak semakin besar, mulai deh kita berencana merancang pendidikannya mau seperti apa. Artinya karir kita di rumah juga naik level kan menjadi manajer atau malah menteri pendidikan?

Semakin tinggi jenjang karir seorang IRT, biasanya kita akan merasa haus akan ilmu. Dari mana kita bisa mendapatkan ilmu terkait keuangan, gizi dan kesehatan keluarga, mengajar atau bahkan hal-hal sederhana tentang mengatasi stres? Apalagi kalau di sela-sela urusan domestik, kita juga aktif jualan atau punya hobi produktif lainnya, pasti butuh ilmunya juga kan?

Bersyukurlah karena kita tumbuh sebagai emak milenial, ilmu bertebaran di mana-mana. Webinar gratis pengembangan karir bisa didapatkan dalam sekali genggaman.

Tips Menjadi IRT Produktif dan Berdaya

Merencanakan karir dan mengembangkan diri bukan hanya milik mahasiswa atau karyawan kantoran. Karena IRT pun perlu untuk memetakan kehidupan dan memberdayakan dirinya. Salah seorang ahli parenting pernah berkata bahwa penting bagi seorang ibu untuk tetap memiliki dunianya sendiri.
pentingnya ibu punya dunia sendiri
Anak-anak kita bertumbuh. Mereka tak akan menjadi anak-anak selamanya. Mereka kelak juga akan menjadi orang dewasa yang pastinya memiliki dunia sendiri. Saat anak-anak mulai memiliki dunia sendiri, ibu yang tak pernah terbiasa mengenali potensi dan passion-nya, bisa kebingungan menjalani masa-masa tua.

Nggak mungkin kita masih tetap turut campur dengan segala urusan anak-anak saat mereka sudah mulai kuliah, kerja dan menikah kan? Oleh karenanya memiliki pegangan ilmu, wawasan dan keahlian dalam bidang tertentu adalah hal penting bagi IRT. Jadi saat anak-anak sudah mulai besar, kita tetap punya aktivitas yang bisa dilakukan dengan nyaman dan bahagia.

Menjadi IRT yang produktif dan berdaya bisa mulai dari 5 hal ini:

1. Kenali Potensi dan Passion

Tak sedikit yang sampai umurnya kepala tiga pun belum menemukan potensi dan passion-nya. Kalau ditanya kelebihan diri selalu bingung menjawab. Padahal sekolah sudah kelar S3 (SD, SMP, SMA maksudnya, hehe), tapi masih juga nggak tahu apa potensi diri.
mengenali dan menemukan potensi
Nggak heran sih, soalnya gaya pendidikan di negara kita kan memang dulu masih menganut sistem pasif. Murid duduk manis mendengarkan guru berbicara. Beda dengan sekarang yang perlahan-lahan mulai berkembang menjadi aktif. Anak-anak mulai diberi kesempatan bicara, presentasi dan mengembangkan bakat sedini mungkin.

Buat yang masih bingung mengenali potensi dan passion, jangan merasa tertinggal. Banyak kok yang menemukan potensi dan passion justru setelah menikah dan punya anak.

Yang dulunya nggak bisa masak, eh ternyata setelah punya anak jadi suka bikin kue ini dan itu. Jangan disepelekan, keahlian baking kalau ditekuni dengan serius bisa jadi sumber penghasilan lo.

Bagaimana cara menemukan potensi diri? Bisa dimulai dengan membuat kuadran aktivitas dan mencari tahu lewat web Temu Bakat.

2. Kuasai Time Management

Manajemen waktu memang seringkali menjadi PR bagi IRT. Seperti yang kutulis di atas, banyak ibu yang merasa urusan domestik saja tak pernah habis, mana sempat ikut kursus online gratis. Itulah gunanya belajar tentang skala prioritas.
pentingnya mengelola waktu
Meski hanya di rumah, bukan berarti kita harus menghabiskan 24 jam untuk urusan domestik. Penting untuk membuat kandang waktu untuk urusan domestik. Selesaikan hal-hal domestik pada waktu yang telah kita tentukan dan sepakati. Lebih dari itu adalah waktu untuk mengembangkan diri.

3. Piawai Mengelola Stres

IRT sangat rawan stres. Terutama bagi mereka yang merasa semua hal harus dikerjakan sendiri, sampai tak punya waktu untuk me time dan merawat diri. Padahal kita bisa lo memilih untuk mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan tertentu jika memang diperlukan. Misal, kita bisa kirim baju ke laundry alih-alih mencuci dan menyetrika sendiri.
cara mengelola stres
Waktu yang tadinya dialokasikan untuk mencuci dan menyetrika bisa dipakai untuk menekuni hobi atau ikut kursus online personal development kan?

4. Libatkan Anggota Keluarga

Jika mendelegasikan pekerjaan rumah tangga terasa kurang pas di kantong, kita bisa melatih anak-anak untuk mengerjakan hal-hal yang sudah bisa mereka lakukan. Misal membuang sampah dapur ke tong sampah depan rumah, merapikan tempat tidur sendiri, mencuci alat makan mereka sendiri. Selain latihan, secara tak langsung kita juga sedang membekali anak-anak life skill untuk hidup mandiri nantinya.
family as support system
Memiliki komunikasi yang baik dengan suami dan anak-anak secara intens merupakan cara mendapatkan dukungan mereka terhadap hobi dan potensi diri kita. Kalau kita sering ngobrol dengan anak-anak dan suami, mereka pasti mau kok dilibatkan dalam urusan rumah tangga, sehingga kita punya waktu khusus untuk belajar dan berkarya.

5. Jangan Berhenti Belajar

Setelah tahu potensi dan passion, serta mendapat dukungan dari keluarga, PR berikutnya adalah mengelola rasa cepat merasa puas. Terkadang kita merasa sudah cukup ahli dalam suatu bidang, hingga malas untuk belajar hal lainnya.
Salah satu mentorku pernah berkata, tanda manusia benar-benar hidup adalah terus memiliki keinginan untuk belajar.

jangan berhenti belajar
Jadi, teman-teman kongkow masih hidup nggak nih? Kalau masih, jangan berhenti belajar ya! Biasanya sih semakin banyak belajar, justru semakin banyak ketidaktahuan yang muncul, sehingga mau tak mau akan belajar lagi dan lagi.


Kursus Online Gratis dan Mudah di Qubisa

Nah, buat teman-teman kongkow yang bingung mencari kursus online Indonesia, aku mau merekomendasikan Qubisa.

Selama pandemi memang banyak sekali bermunculan tempat-tempat belajar webinar Indonesia, tapi dari hasil penelusuranku, Qubisa ini punya perbedaan yang signifikan. Di sini ada banyak sekali kategori kursus, mulai dari bisnis, keuangan, IT, gaya hidup, personal development, bahkan resep makanan pun ada! Lengkap banget kan?

Nggak hanya kontennya yang beragam, kita pun bisa melakukan penilaian bakat, mengikuti webinar dengan topik yang berkelanjutan dan melakukan konsultasi karir. Cucok nih buat yang masih gagap mengenali potensi dan passion diri.
webinar indonesia
Dalam mempersiapkan konten-kontennya, Qubisa nggak main-main. Mereka berkolaborasi dengan para profesional di bidangnya. Tujuannya pun sangat mulia, mereka ingin mempersiapkan para profesional muda agar berkembang secara kompeten sehingga mampu bersaing pada MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Meski target utamanya adalah para fresh graduates, Qubisa juga cocok untuk para IRT yang punya semangat belajar tinggi. Terutama yang mau terus mengembangkan kapasitas dirinya. Apalagi seperti yang sudah kusampaikan, kategori konten di Qubisa sangat beragam.

Buat yang suka masak dan belajar tentang gizi keluarga, cuzz saja bisa masuk ke kategori Lifestyle & Health. Di sana ada beberapa sub kategori yang bisa dipilih. Untuk mendapatkan resep-resep makanan, klik Food & Beverage.
kategori webinar gratis
Bahkan buat emak-emak yang punya anak remaja, bisa ikut webinar gratis pengembangan karir bareng anaknya. Pastinya seru kan bisa belajar bersama anak, bisa diskusi dan mengerjakan PR bareng?

Karena aku suka topik-topik terkait psikologi, motivasi dan stress management, aku langsung kulik di kategori Personal Development. Wuih, ternyata ada banyak konten kursus online personal development yang bisa diakses di sini. Aku sampai bingung mau menyimak yang mana dulu.

Kemudian akhirnya aku memutuskan untuk menonton 3 Cara Sederhana Mengatasi Stress. Karena konten yang kupilih masuk dalam fitur micro learning, durasi waktunya nggak panjang. Namun isinya ndagiing banget. Disampaikan dengan matang oleh ahlinya.

Dari video pertama yang kutonton tersebut, aku ketagihan untuk nonton video-video selanjutnya. Lalu aku menemukan jadwal beberapa webinar dengan tema yang menarik untuk disimak. Di bulan Februari ini ada 16 webinar yang bisa diikuti lo, beberapa di antaranya gratis!
jadwal kursus online personal development
Kalian tertarik menyimak yang mana nih, pals? Kalau aku sih sudah menjadwalkan untuk ikut beberapa webinar di bawah ini:
  • Mindmap for Success, tayang pada Selasa, 9 Februari 2021 jam 16:00
  • IKIGAI dalam Konsep Budaya Indonesia, tayang pada Rabu, 10 Februari 2021 jam 19:30
  • Service is Not Me, tayang pada Jumat, 12 Februari 2021 jam 16.00
  • Grand Slam Formula for Success, tayang pada Selasa, 16 Februari 2021 jam 16:00
Pasti sekarang teman-teman kongkow penasaran ya, bagaimana caranya biar bisa mengakses webinar-webinar kece tersebut?

Cara Mengakses Qubisa

Gampang kok untuk bisa belajar pengembangan diri di Qubisa, pals. Ikuti saja langkah-langkah singkat berikut ini:
webinar gratis pengembangan karir
  1. Buka alamat situsnya di https://www.qubisa.com/
  2. Di pojok kanan atas, klik Daftar.
  3. Isi form yang diminta.
  4. Isi data yang akan membantu Qubisa memberikan konten-konten yang kita butuhkan.
Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, kini saatnya kita berselancar dari satu kategori ke kategori lainnya. Selamat menikmati konten-konten yang kaya manfaat ya, pals.

Manfaat dan Kelebihan Belajar di Qubisa

Dari pengalamanku belajar online lewat Qubisa, aku menemukan beberapa manfaat dan kelebihan dari platform ini. Pastinya kalian mau tahu apa saja kan, pals?

1. Fitur Lengkap

Selain kategorinya yang beragam dan super lengkap, Qubisa juga dilengkapi dengan banyak fitur. Nggak hanya menyediakan webinar gratis, situs yang memiliki tagline Aku Bisa, Kamu Bisa ini juga menyediakan paket kursus, kursus ketrampilan, micro learning, belajar kilat dan sertifikasi.

Buat kalian yang gaya belajarnya lebih condong ke membaca, Qubisa juga dilengkapi dengan banyak artikel berkualitas.

Ada juga fitur YMSC, kepanjangan dari Young Millennial Success Competencies, diperuntukkan khusus bagi anak-anak muda yang ingin tahu kompetensi apa saja yang diperlukan agar sukses di abad 21 ini.

Acara Spesial adalah fitur yang paling menarik hatiku sih. Jadi di hari-hari terjadwal ada acara khusus yang membahas tema-tema tertentu. Acara-acara spesial yang bisa kita simak yaitu Qubisa Pedia, Qubisa Ladies Corner, Career Coaching, Indonesia Bisa, Qubisa Night Show dan Cugibara.

2. Gratis

Poin plus lainnya dari Qubisa adalah sebagian besar webinar yang ada di dalamnya bisa diakses dengan gratis. Nggak cuma bisa sekali nonton, kita bisa berkali-kali nonton sampai ilmunya nglothok di luar kepala, hehe.

Bahkan untuk beberapa webinar yang berbayar pun, harganya cukup terjangkau. Buat IRT yang ingin belajar dan sering kepentok sama biaya, Qubisa beneran bikin senyum. Nyisihin uang belanjanya nggak perlu lama-lama, hehe.
manfaat kursus online Indonesia

3. User Friendly

Ini juga poin penting. Seringkali kebanyakan IRT punya nama tengah GAPTEK alias gagap teknologi. Bertemu dengan sebuah situs yang mudah digunakan seperti menemukan sekotak harta karun.

Cobain deh akses Qubisa sekarang, dan aku jamin teman-teman kongkow nggak akan bingung harus klik yang mana dulu.

4. Bertemu Para Ahli

Para profesional yang mengisi konten di Qubisa tidak hanya dari pengajar-pengajar Universitas ternama. Namun juga didatangkan dari pelaku industri-industri yang sesuai dengan kategori di Qubisa. Nggak heran kalau konten-konten yang disampaikan pas dengan kebutuhan zaman now.

Kesimpulan

Menjadi guru buat anak butuh ilmu. Menjadi ahli gizi di rumah, ada ilmunya. Menjadi manajer keuangan juga sangat perlu ilmu. Bahkan jadi bagian umum rumah tangga pun perlu ilmu.

Itu baru terkait urusan domestik. Kalau kita ingin merancang peta karir di luar urusan domestik, tambah banyak lagi yang bisa dipelajari.

Aku sih nggak perlu belajar ini itu. Suamiku udah memenuhi nafkahku, nggak perlu pusing menemukan potensi diri dan cari duit.
belajar pengembangan diri di Qubisa untuk IRT
Well, aku yakin bahwa Allah akan selalu mencukupkan rezeki setiap hamba-hambaNya. Entah itu jalannya lewat suami, anak, tetangga, kerabat, sahabat atau lewat usaha sendiri. Namun yang perlu digarisbawahi;
Produktif dan mengembangkan kapasitas diri bukan hanya soal mendapatkan penghasilan sendiri. Tapi juga tentang kebermaknaan dan kebermanfaatan hidup. Sebagai salah satu cara bersyukur karena Allah sudah memberikan waktu, tubuh dan kesehatan
Dititipi banyak anugerah seperti ini, sayang kan kalau disia-siakan? At least dengan mengenali potensi dan mau belajar mengembangkan diri, kita bisa berilmu. Akan lebih baik lagi jika bisa menghasilkan karya. Tentunya semakin baik jika kita bisa berdaya dan memberdayakan.

Hidup hanya sekali, pals. Mari gunakan waktu untuk selalu menjadi the best version of us. Salah satunya dengan sering-sering ikut kursus online gratis dan belajar pengembangan diri di Qubisa. Kita bisa belajar banyak hal yang bermanfaat untuk meningkatkan jenjang karir dan mengembangkan kapasitas diri. Cobain dan rasakan sendiri manfaatnya!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

68 comments

  1. Wahh mantab banget ni mbkk Di Qubisa bisa belajar sepuasnya ya aku pengen daftar dah supaya smngt blajar

    ReplyDelete
  2. Wah ada kursus online gratis dari Qubisa nih, lengkap sekali macam-macam kursus yang bisa kita ikuti disitu. Biasanya jarang nih kalau aku nemuin kursus online gratis di internet, mau ikut cuman berbayar

    ReplyDelete
  3. Segera mendaftar qubisa.com karena kusukaaa belajar, apalagi banyak waktu Liang dari pada kuota cuma buat liat gossip Mending buat upgrade ilmu.

    ReplyDelete
  4. Serius gratis ini mbak? Duh jadi pengen segera download dan ikut kursusnya nih

    ReplyDelete
  5. Keren lah ini bisa gratiss ya mbaa. Jadi merasa banyak terbantu kalau ada yg gratis2 gini sayang buat diskip.

    ReplyDelete
  6. Selalu ketagihan kalo baca tulisannya mbak Marita ini, berbobot udah pasti... Semangat selalu mbaaak...

    ReplyDelete
  7. bener banget ya jadi IRT bukan serta merta berhenti belajar, justru itu adalah moment harus banyak belajar. ada QUBISA nih yang bisa jadi lahan belajar dan gratis! hehehe, emak-emak banget ya, wkwkwk. cozz kepoin ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sepakat sama Mba Eka. Menjadi IRT itu maknanya malah perlu diberi waktu cukup untuk lebih banyak belajar lagi. Misalnya belajar dengan QuBisa.

      Delete
  8. Wah keren banget nih infonya mbak. Aku selalu pengen ikut kelas kelas gratisan jadi tau link buat belajar secara gratis beneran. Makasih mbakkk

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya mbak, aku jadi tau link gratisan buat kursus hehe

    ReplyDelete
  10. wah keren banget ini Qubisa. Baru tahu aku, mbak. Apalagi gratis. Siap dah ke sana.

    ReplyDelete
  11. Jarang-jarang nih ada platform yang ngasih kursus belajar online gratis gitu. Jadi tertarik dengan Qubisa ini. Apalagi setelah baca ulasan di atas. Emang platform kayak gini cocok banget buat emak2 kayak saya yang ingin tetap produktif di rumah

    ReplyDelete
  12. Wah keren ni Qubisa. Nanti nyoba ah

    ReplyDelete
  13. Lengkap bgt ini qubisa, jdi bisa byk hal bneran ya...btw salam kenal mba aku jga asli semarang tpi skrg tinggal di jkt

    ReplyDelete
  14. Wah, ada kursus online gratis dari qubisa nih, Mba. Thanks infonya aku mau ikutan juga ah kelasnya. Asyik pasti dapat ilmu baru yang tentunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Inspiratif sekali artikel ini, menyemangati saya sekali..Terima kasih
    Insya Allah tahun ini saya 45 tahun. Dan belajar teteup, asah potensi diri masih lanjut...Alhamdulillah suami dan anak-anak pun mendukung saya yang IRT untuk tetap produktif dan terus upgrade diri.
    Saya baru tahu tentang Qubisa. Beneran menarik ini..cuss, saya ulik deh websitenya

    ReplyDelete
  16. aku abru tahu nih mbak, asyiknya banyak ya pilihan kursusnya, sebenarnya belajar itu bisa jadi ajang me time ya, apalagi bisa belajar dengan tenang hehehe

    ReplyDelete
  17. Ih keren mesti baca ulasan dari bunda satu ini.. sip banget sih pembukaan dan ulasan stonght why kita harus berkembang.. kadang pasca menikah emang muncul perasaan. Kok gini2 aja sih.. hahahaha. Sip sip mantul

    ReplyDelete
  18. Baca ulasan coach bikin aku jadi semangat nih. Bener juga, bersyukur menjadi emak millenial mau jadi apapun sudah bukan mimpi lagi. Belajar, belajar, belajar terus seumur hidup .. cuss meluncur ke webnya,.

    ReplyDelete
  19. Au sebagai emak2 di rumah sepakat bgt mba. Di rumah bisa tetap produktif dan punya jenjang karir.

    Dan denger ada kelas gratis, mata mamak2 berbinar-binar. Btw, salam kena ya mba Marita ;)

    ReplyDelete
  20. Sebagai IRT memang harus terus belajar ya. Kalau ga rajin upgrade diri, ntr ketinggalan dong. Padahal msh pny tanggung jawab juga untuk sebisa mungkin menjawab pertanyaan dr anak2 kita.. Heeee...

    Alhamdulillah skrg udah ada Qubisa ya mbk.. Aku jadi pgn ikutan belajar di kelasnya..

    Thanks udah di kasih tahu ya

    ReplyDelete
  21. bener banget nih tips2nya, tapi wlpn nambah skill kita mesti banget mengelola stress karena di rumah aja dan kegiatan daring itu bener2 yg sesuatu.

    ReplyDelete
  22. Bener banget mbak. Kerasa banget kemudahannya mengakses kelas online ini, paltform kayak qubisa dan lainnya sudha memberi pintu, tinggal kita nih yg harus tergugah utk menuntut ilmu ya

    ReplyDelete
  23. Yang sertifikasi, terhubung langsung dengan BNSP atau sertifikat dari lembaga kursusnya aja, Mbak? Kalau yang kursus, dapat sertifikat juga nggak setelah selesai mengikuti kursusnya? Bentuknya sertifikat kepesertaan aja atau ada ujian yang harus dilalui dulu?

    ReplyDelete
  24. Bener banget sih ini mbaa... Untuk menambah ilmu agar kita para ibu makin berdaya ya...

    ReplyDelete
  25. Piawai mengelola stres ini sangat saya apresiasi sekali. Soalnya dari kewarasan ibu rumah tangga lah semua kondisi bisa dimaksimalkan di rumah. Yakan?

    Selama pandemi, di rumah saja memang bagus nih isi waktu ibu rumah tangga dengan ikut kursus online. Semoga saya bisa atur waktu. Pengen ikut juga

    ReplyDelete
  26. Wah kursus online yang mudah praktis dan bermanfaat sekali terlebih era sekarang semua basisnya digital. Untuk bu ibuk ini sangag direkomendasikan deh

    ReplyDelete
  27. Senang sekali menjadi earth zaman now yang nggak harus keluar rumah tapi bisa ikut kursus online. Asyiknya lagi pakai Qubisa kursusnya itu gratis. Meskipun gratis tetapi mentornya profesional. Jadi selalu bisa upgrade ilmu meskipun di rumah.

    ReplyDelete
  28. Trims infonya Kak. Memang butuh banget kursus seperti ini

    ReplyDelete
  29. iya benar sekali mba ... seorang ibu juga perlu aktualisasi diri ya biar terus berkembang dan kelak akan bisa membantu keluarga ya

    ReplyDelete
  30. Aku lagi pengen banget belajar jualan di tiktok. Sepertinya menarik plus gampang raih pelanggan

    ReplyDelete
  31. Nah, time management ini yang aku minus banget. Sering bingung ngatur ini itu. Kayaknya harus belajar dari Mbak hehe. Qubisa ini baru denger Mbak. Memang sekarang zamannya belajar bisa di mana saja dan kapan saja oleh siapa saja ya.

    Btw aku salfok sama infografisnya lucu-lucu ...

    ReplyDelete
  32. Huwaaaa lengkap ya sampe ada kelas IKIGAI nya juga nih di Qubisa. Jadi pengen cobain juga. Soalnya memang sebagai IRT ya jenjang karirnya banyak bahkan bidang penguasaannya juga banyak.

    ReplyDelete
  33. Qubisa ini gratis? masyaAllah harus coba deh ini. personal development harus semakin diasah di zaman sekarng ya mbak Marita. Ini aplikasi atau bisa diakses di personal computer mbak?

    ReplyDelete
  34. Terima kasih tips nya dan juga info ttg kursus online terpercaya ini mba.. insya Allah bermanfaat nih..

    ReplyDelete
  35. Time management nih mbak yg msh kocar kacir sehingga rawan stress. Apalagi di kondisi hamil tua ini... Huhuhuhu... Pgn nanti habis lahiran sambil urus baby bisa ikut kursus online....

    ReplyDelete
  36. Gagal fokus sama infografis blognya. Pakai Canva ya mbak? Kira-kira bisa atau tidak ya belajar Canva expert di Qubisa juga?

    ReplyDelete
  37. btw mbak, aku ikutan kecipratan energi positif dari tulisan ini. sungguh, seneng banget kalau ada ibu-ibu dengan segala tanggungjawabnya tapi masih bisa berdaya dan berkaya. senenggg, semoga ya besok kalau aku udah jadi ibu bisa juga kaya mbak yang penuh energi :D
    kepoin Qubisa ah, biar bisa kursus online gratis :D

    ReplyDelete
  38. Nice info Mb Marita, ini aku langsung daftar ke qubisa.com nya. Memang belajar harus lebih tekun ya. Aku masih sering salah di manajemen waktu

    ReplyDelete
  39. Setuju banget kakak, produktif dan mengembangkan diri bukan hanya soal uang ya.. Tetapi juga soal memberi manfaat bagi sesama ^^ Qubisa keren sekali sih, aku baru tahu ini loh.. Terima kasih sudah diberi tahu.

    ReplyDelete
  40. Senangnya zaman now banyak kursus menambah pengetahuan secara online dan gratis lagi semoga bisa menjangkau semua orang ya kak

    ReplyDelete
  41. wah liat kata gratis bikin langsung pengen coba qubisa, sebelumnya ga tau ada qubisa ini mba aku, bakalan nyoba sih, bismillah

    ReplyDelete
  42. Hwaa, baru tau nih yang namanya Qubisa dan ternyata ada banyak banget kategorinya. Gratis lagi. Kalau gini mah bukan IRT aja yang tertarik, lajang-lajang juga kepo

    ReplyDelete
  43. Baru tahu soal Qubisa plesetan dari aku bisa ya ini mba
    keren kalo gratis begini aku jug amau mba whehehe
    makasih tipsnya mba untuk jadi IRT berdaya.

    ReplyDelete
  44. Aku mau nih oprek oprek link Qubisa.
    Karena sepertinya bakal banyak yang aku suka, baik webinar dan juga kursusnya.

    ReplyDelete
  45. Kelasnya bermanfaat banget Qubisa, sayang banget kalau peluang mendapatkan ilmu dengan mudah dan gratis ini dilewatkan begitu saja..pilih kelas yang sesuai minat kita biar semangat belajarnya ya..

    ReplyDelete
  46. Baru tahu tentang Qubisa. Menarik nih kayaknya, jadi pengin ikutan webinar dari Qubisa. Langsung cus buat daftar ah..

    ReplyDelete
  47. Saya sudah coba kursus online gratis di QuBisa, Mbak Marita. Waktu itu saya ambil Seputar Bisnis Kopi. Keren, dalam waktu singkat, saya sudah sudah paham dan tahu seputar bisnis kopi. Jadi ketagihan pengin ikut lagi hehehe.

    ReplyDelete
  48. Setuju banget, Mbak Marita. Zaman sekarang jangan sampai IRT tertinggal karena era serbadigital sangat mudah utk belajar secara online. Apalagi ada kursus gratis kayak QuBisa, wah, peluang banget nih sayang kalau dilewatkan. Udah gratis, banyak kategori yg bisa dipilih, dan dipandu para ahli. Sangat solutif kata Bu Tejo!

    ReplyDelete
  49. Makin banyak aja platform untuk belajar online, termasuk yang nggak aku tahu. Lewat postingan ini jadi tahu bahwa ada lagi platform untuk kita belajar -- sebuah alasan lagi kenapa belajar setelah lulus sekolah pun nggak boleh berhenti. Terima kasih informasinya ya mbak, segera cusss cek :D

    ReplyDelete
  50. Asyik. Sekarang bisa juga belajar di Qubisa
    Semua orang pun jadi bisa belajar banyak hal, tanpa khawatir melanggar 5M protkes.

    ReplyDelete
  51. Setuju banget, Mbak. Apapun latar belakang kita meskipun IRT kita bisa belajar dan belajar lagi. Time management memang perlu diterapkan, agar semuanya bisa balance dan pas belajar bisa fokus.

    ReplyDelete
  52. Aku seumur gini agak menyesal sih gak ambil kursus apa gitu pas masih sekolah atau kuliah ternyata manfaatnya luar biasa ya

    ReplyDelete
  53. Ibu rumah tangga yang hendak mengikuti kursus online gratis mau gak mau emang harus melibatkan anggota keluarga, khususnya untuk mendelegasikan tugas rumah tangga. Ya minimal tidak diganggu anak selama proses belajar daring berlangsung. Kalo gak, ya gak maksimal atuh menyerap ilmunya. Senang sekali semakin banyak platform kursus online seperti Qubisa ini membantu ibu-ibu rumah tangga yang hendak memberdayakan diri dengan meningkatkan keterampilan kerja.

    ReplyDelete
  54. wah ini pastinya bermanfaat banget ya mba buat ibu-ibu rumah tangga, apalagi di amsa seperti saat ini, semuanya serba online. menu yang user friendly ini cocok banget dan wajib karena ga semua IRT paham dengan dunia teknologi dan aplikasi baru

    ReplyDelete
  55. Aku lagi tertarik nyoba resep baru atau remake resep lama yang pernah aku masak dulu. Kok jadi penasaran pengen belajar di Qubisa. Apalagi gratis, wah bikin emak makin senang dong

    ReplyDelete
  56. menarik banget nih bund infonya. saya malah baru tauloh ada Qubisa ini. Bismillah mau nyoba setelah kelar uas semester ini. banyak banget ya ternyata kategorinya

    ReplyDelete
  57. "Jangan berhenti belajar" Kalimat coach yang selalu diulang-ulang, dan terngiang dalam ingatan.

    ReplyDelete
  58. Gratis mbak? Wahhhh hatiku jadi berbinar ini. Kita,memang harus terus memperkaya wawasan ya. Cuss ah mau daftar

    ReplyDelete
  59. Dengan qubisa, emak nggak punya alasan lagi nggak bisa berdaya ya mbak... Kita bisa ikut kursus meski di rumah aja. Lha wong online kok. Hehehe

    ReplyDelete
  60. Wooow... Selain kursus meracik kopi, developed dan lainnya, masih banyak lagi yang bisa diikuti supaya selama stay at home tetap produjtif ya. Thanks for nice info, kak ��

    ReplyDelete
  61. Setuju mba jadi IRT bukan berarti berhenti belajar dan hanya berdiam diri, btw baru dengar ada kursus gratis seperti Qubisa ini, sepertinya saya harus coba nih

    ReplyDelete
  62. Sebagai ibu rumah tangga wajib bisa menggali passion-nya. Dengan seperti itu dia akan mampu lebih berkarya dan bermanfaat. Karena ibu tumah tangga juga profesi lho. Hehe

    ReplyDelete
  63. Aku ya ikutan nih kursus online gratis di Qubisa. Materinya singkat padat yah...Pasti pengen balik, pengen balik lagi deh, nyoba yang lain...

    ReplyDelete
  64. aku juga pernah nih nyobain kursus online gratis bahasa inggris nih di QuBisa niiih, banyak banget pilihan ragam kursus yang bisa dipilih nih. Keren ya QuBisa..

    ReplyDelete
  65. Baru dengar aku dengan Qubisa ini, tema belajar onlinenya menarik ih Mbak bagian personal development. Aku juga menyenangi topik ini karena aplikatif gitu. Mau ngintip deh ke Qubisa ini

    ReplyDelete
  66. Wah asik ini Qubisa jadi mau kepoin ada pelatihan apa aja yg bisa diikuti nih, tips2 untuk emak2 wfh juga keren nih Mba, bisa segera diterapkan juga

    ReplyDelete
  67. Asyik banget ya kursus di Qubisa ini Mbak Marita... mau belajar apa aja ada, betul tuh siapa bilang ibu rumaah tangga tidak perlu penjenjangan karir, malah penting sekali untuk mensuppport kesuksesan suami dan anak2nya ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email