MaritaPalace

5 Tips Menulis Copywriting Ampuh Bikin Orang Beli

tips menulis copywriting
Di dalam dunia bisnis, terutama bisnis online, copywriting jelas bukan sesuatu yang asing. Karena copywriting merupakan salah satu strategi bisnis terpenting dalam hal membuat bahasa iklan yang menarik. Bukan cuma sekadar menulis, copywriting adalah bagaimana caranya menjual sebuah produk lewat tulisan. Untuk itu diperlukan tips-tips menulis copywriting.

Baik teman-teman kongkow yang berprofesi sebagai seorang penulis artikel, blogger, influencer atau mungkin pemilik bisnis, mempelajari tips menulis copywriting tentu bukan cuma sekadar wacana belaka. Lewat teknik copywriting yang tepat, konsumen bisa saja langsung membeli produk karena terpikat melalui tulisan.
 

5 Tips Menulis Copywriting yang Bisa Dipelajari

Tak sedikit yang bertanya kepadaku tentang bagaimana menulis copywriting yang baik. Kali ini aku akan mencoba berbagi 5 tips sederhana yang kuketahui untuk menghasilkan jenis tulisan iklan yang menarik, tapi pembaca nggak berasa sedang membaca sebuah promosi. Cekidot!

1. Kuasai Info Produk

Karena copywriting bertujuan untuk menawarkan produk alias iklan lewat tulisan, maka tips yang pertama adalah kita harus menguasai betul produk tersebut. Jangan cuma sekadar tahu nama produknya, coba cari tahu komposisi produk, cara pembuatan, manfaat produk hingga kaitannya dengan kesehatan.

Jika kita tak menguasai informasi produk yang ingin ditawarkan, tentu calon konsumen tidak akan memperoleh hal penting dan malah sia-sia dalam membaca artikel yang kita sajikan. Artikel copywriting yang mudah dilupakan jelas gagal dan malah bikin omzet bisnis tak sesuai harapan.

2. Pahami Target Pasar

Artikel copywriting akan makin nyaman dibaca jika bisa menyentuh hati pembaca. Supaya dapat melakukan hal ini, sebagai penulis harus tahu betul target pasar. Apakah untuk perempuan, laki-laki, Ibu muda, gadis remaja hingga kalangan lansia. Dengan begitu penuturan artikelnya bakal sesuai dengan pembaca dan makin membuat produk mudah dipahami.

Ada beberapa artikel copywriting yang menggunakan pilihan bahasa formal dengan kata-kata baku untuk konsumen remaja, jelas tidak akan menarik perhatian. Pasar remaja yang masih muda tentu lebih menyukai artikel dengan pilihan kata ’kamu’ dan ’kalian’, sehingga seolah memperoleh informasi dari rekan sebaya.
cara menulis copywriting

3. Perhatikan Kualitas Konten

Sama seperti menulis artikel pada umumnya, tips menulis copywriting berikutnya adalah kualitas konten tetap utama. Mulai dari minim typo, penyertaan foto atau video hingga tampilan artikel yang menarik, akan membuat penampilan visualnya berkualitas.

Konten yang tampil menarik jelas akan membuat orang terpikat. Karena itulah jangan asal-asalan memilih foto atau mungkin video yang ingin disertakan, supaya memperoleh hasil terbaik.

4. Tulis Jujur dan Tulus

Ada yang bilang bahwa bahasa periklanan itu seringkali lebay. Tidak salah memang, hanya saja cobalah untuk menulis yang jujur dan tulus. Jangan pernah membandingkan atau menjelekkan produk kompetitor, karena justru membuat pembaca dan konsumen tidak suka. Tulis seolah kita menggunakan produk itu sehingga pembaca makin terpikat. Bahkan kalau perlu kita benar-benar rasakan produk tersebut dan ceritakan pengalaman yang kita rasakan, agar tulisan kita terasa lebih hidup.

5. Judul Menarik

Dan inilah hal terakhir jika kita ingin menulis copywriting yang ampuh yakni judul menarik. Bagaimanapun juga, judul merupakan kekuatan dari sebuah artikel dan sedikit banyak memberikan pengaruh seseorang bersedia membaca isi dari artikel itu atau tidak.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi judul artikel itu menarik atau tidak seperti penggunaan data dan angka, alasan yang kuat bagi pembaca, sampai sanggup menyita perhatian. Memang untuk bisa menggunakan judul seperti ini, dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang panjang. Namun siapapun bisa melakukannya asalkan serius.

Bagaimana? Sebetulnya tidak sulit kan mempelajari tips menulis copywriting? Asalkan teman-teman kongkow menerapkannya dengan sungguh-sungguh, selalu bersedia melakukan koreksi dan tetap belajar, bukan tak mungkin kita bisa menarik perhatian masyarakat luas melalui tulisan. Lantaran memang inti dari copywriting adalah menyentuh hati lewat tulisan dan menuju dompet. 
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email