header marita’s palace

5 Tips Memilih Hosting untuk Kecepatan Website Lebih Unggul

Konten [Tampil]
memilih hosting untuk kecepatan website
Ada banyak hal penunjang dalam search engine optimization alias SEO, antara lain riset keyword yang tepat, konten yang menarik dengan pembahasan lengkap, serta link building. Namun tahukah kalau kecepatan website juga menjadi salah satu hal penting bagi SEO? Sayangnya hal ini seringkali terabaikan oleh para pengelola website.

Untuk mengetahui seberapa cepat website yang kita miliki, ada 2 tools gratisan yang bisa kita gunakan, yaitu Pagespeed Insights dan Gtmetrix. Ayo coba dicek blognya masing-masing, hijau, kuning atau malah merah?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh pihak Google, separuh sebagian besar pengguna akan langsung meninggalkan sebuah website yang kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik. Kebanyakan dari pengguna ini pengen ketika mampir ke sebuah website, kecepatan loadingnya nggak lebih dari 2 detik.

Maka nggak heran kalau sejak 2010, kecepatan website telah dijadikan salah satu faktor bagi Google dalam proses pencariannya. Awalnya hal ini hanya berlaku pada mode pencarian via dekstop, namun sejak Juli 2018, kecepatan website via mobile juga menjadi faktor penentu dalam pencarian mobile.

Setelah tahu fakta tersebut, teman-teman kongkow masih mau santai-santai aja nih kalau kecepatan websitenya lemot?

Kenapa Kecepatan Website Harus OK?

Ada beberapa hal kenapa kecepatan sebuah website begitu penting. Dari hasil belajar ke sana ke mari, aku berusaha mengumpulkan alasan-alasan tersebut. Mau tahu apa saja?
kecepatan website dan pengaruhnya

1. Ranking Google

Seperti yang tadi sudah aku beberkan sedikit di awal, bahwa kecepatan website berpengaruh terhadap peringkat situs di halaman pencarian Google. Semakin cepat proses loading sebuah website, bakal semakin besar kansnya muncul di halaman-halaman muda Google.

Idealnya sebuah halaman situs bisa muncul sepenuhnya tak lebih dari 3 detik, baik via dekstop ataupun mobile. Pada 2021, Google telah meluncurkan update terbaru bernama Page Experience. Faktor ini fokus pada pengalaman pengguna saat berkunjung ke sebuah website, salah satunya tentu saja terkait dengan kecepatan website.

2. Kesan yang Baik

Selain dalam rangka membuat Google takluk, kecepatan situs juga memberikan kesan awal bagi pengunjung. Semakin cepat situs kita diakses, semakin terlihat profesional dan kuat. Terutama buat teman-teman kongkow yang mengelola website bisnis, coba deh cek kecepatan situsnya. Biasanya pengunjung paling ogah membeli sesuatu dari website yang loadingnya super lelet.

Banyak digital marketer yang setuju bahwa kesan pertama merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah situs.

3. Conversion Rate

Nggak hanya mempengaruhi pencarian, kecepatan website juga ternyata berbanding lurus dengan angka konversi. Fakta menunjukkan bahwa sebuah situs yang melambat 1 detik saja, bisa mempengaruhi penurunan konversi hingga 7%. Wah, sangat merugikan ya? Terutama bagi para pemilik website bisnis.

4. Bounce Rate

Coba cek deh bounce rate blog teman-teman kongkow di Google Analytics, tinggi atau rendah? Kalau bounce ratenya tinggi, bisa jadi karena pengunjung malas berlama-lama di blog/ website kita. Sebenarnya pengunjung senang nih baca tulisan-tulisan kita, tapi setiap pindah halaman, loadingnya lambreta, akhirnya jadi malas dan berujung dengan dadah bye bye sama situs kita.

5. Dampak Jangka Panjang

Jika permasalahan terkait kecepatan loading pada situs kita nggak segera teratasi, lama-lama dampaknya bisa memburuk lo buat blog atau website. Nggak hanya anjlok rangking pencariannya, conversion rate jadi rendah dan juga bounce rate tinggi, pengunjung lama-lama malas berkunjung ke situs kita.

User experience adalah hal yang nggak boleh kita abaikan. Kalau mau pengunjung website atau blog kita nyaman, pastikan kecepatan website udah oke. Apalagi untuk website bisnis atau online shop, kecepatan situs adalah salah satu tanda kredibilitas. Kredibilitas yang kurang baik akan menghancurkan bisnis perlahan-lahan.

Nah, sekarang teman-teman kongkow sudah mengerti kan sepenting apa kecepatan sebuah situs? Nggak cuma bikin senang pengunjung, tapi juga berhubungan dengan kesuksesan bisnis. So, jangan tunda-tunda lagi deh untuk mengevaluasi kecepatan website. Udah oke atau belum nih?

Tiga Hal yang Berpengaruh pada Kecepatan Website

Setelah ceki-ceki kecepatan loading website via GTmetric ataupun Page Speed Insights, gimana hasilnya? Biasanya sih di bagian bawah hasil pemeriksaan tools tersebut akan memaparkan bagian-bagian mana saja yang harus diperbaiki.

Namun secara garis besar ada tiga hal yang mempengaruhi kecepatan sebuah situs, yaitu:
hal penting pada kecepatan situs

1. Hosting/ Server

Memilih hosting / server yang oke akan mempengaruhi proses loading sebuah situs. Semakin cepat hosting yang kita pilih, semakin cepat pula sebuah situs terakses. Terutama buat teman-teman kongkow yang menggunakan platform Wordpress Self Hosted, sebaiknya berhati-hati dalam memilih hosting terbaik agar website bisa maksimal optimasinya.

2. Ukuran dan Konten Website

Selain pengaruh dari hosting, data yang ada di website juga berpengaruh dalam proses loading. Semakin banyak data yang ada di dalam sebuah situs, semakin lama pula proses akses website. Biasanya ukuran gambar yang terlalu besar menjadi salah satu penyebab.

Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan kompresi gambar dengan memanfaatkan tools editing gambar yang sudah banyak tersedia. Kalau aku sih paling sering pakai situs tinyjpg.com. Para mastah sering bilang kalau ukuran maksimal sebuah gambar sebaiknya kurang dari 100 kb.

3. Jaringan Pengguna

Nah, kalau urusan yang satu ini memang di luar kendali kita sebagai pemilik situs sih. Misal nih, kita biasa mengakses situs dengan jaringan 4G, ternyata ada pengguna yang masih menggunakan koneksi 3G untuk mengakses situs kita. Itu kenapa pada saat event Google For Publisher 2019 lalu disampaikan jika seorang developer website sebaiknya mengecek kecepatan situs dalam berbagai jaringan.

Sudah mulai ada bayangan gimana cara meningkatkan kecepatan situs, pals?

5 Langkah Memilih Hosting Tanpa Ribet

Seperti yang sudah kusampaikan di atas, hosting adalah salah satu hal yang berpengaruh dalam kecepatan sebuah situs. Apalagi buat teman-teman kongkow yang memilih ngeblog dengan platform Wordpress atau platform lain yang membutuhkan hosting/ server dari pihak ketiga. Tentunya memilih hosting nggak bisa sembarangan kan?

Nah, kali ini aku mau membagikan tips bagaimana memilih hosting cepat murah tanpa ribet. Ada lima langkah yang harus banget teman-teman kongkow ketahui. Apa sajakah itu?
tips memilih hosting

1. Perhatikan Jenis Website

Sebelum memutuskan sebuah produk hosting, teman-teman kongkow perlu tahu kebutuhan website terlebih dahulu. Apakah nantinya website kita hanya diperuntukkan sebagai blog personal yang akan lebih banyak berisi artikel atau justru website yang akan berisi banyak gambar wallpaper?

Beda kebutuhan tentu saja beda kapasitas hosting yang dibutuhkan. Misal kita mau buat situs untuk video streaming, pastinya butuh hosting yang lebih luas kan?

Penting banget untuk mengetahui jenis hosting dan peruntukannya seperti ini;
  • Shared hosting biasanya digunakan untuk blog personal.
  • Cloud hosting cocok digunakan untuk mengelola website perusahaan, toko online, dan portal berita.
  • VPS paling daebak untuk Ecommerce, website proyek, dan high-traffic blog.
Gimana sudah mulai ada gambaran mau pilih jenis hosting yang mana?

2. Lokasi Pengunjung

Lokasi pengunjung situs mempengaruhi dalam pemilihan hosting. Jika target pengunjung website sebagian besar dari Indonesia, pilihan terbaik yaitu memilih penyedia web hosting yang memiliki pusat data di Indonesia juga. Selain lebih mudah dalam proses berkomunikasi ketika ada masalah, jarak yang terbentang berpengaruh dalam proses routing sehingga kecepatan loading web bisa lebih ditingkatkan.

3. Harga

Harga tentunya menjadi pertimbangan lainnya kan? Apalagi buat para emak irit macam eike. Pengennya sih dapat harga murah, tapi kualitas nggak murahan. Masalahnya nggak banyak lo yang menyediakan pilihan tersebut.

So, rajin-rajin deh baca rincian spesifikasi yang ditawarkan pada setiap jenis paket hosting. Biasanya sih semakin mahal harga sebuah paket hosting, semakin banyak layanan yang disediakan. Tentunya performanya pun jauh berbeda.

Contohnya adalah VPS (Virtual Private Server). Layanan VPS biasanya dikenai harga yang lebih tinggi dibandingkan paket hosting unlimited. Hal ini dikarenakan VPS menawarkan spesifikasi teknis yang lebih unggul dibandingkan paket hosting lainnya. Tak heran jika performa web yang dihasilkan pun semakin oke.
hosting murah cepat domainesia

4. Fitur yang Ditawarkan

Selanjutnya adalah ceki-ceki fitur yang ditawarkan. Biasanya sih suami kalau lagi milih hosting membaca dengan seksama hal-hal berikut ini:
  • Teknologi server
  • Kecepatan prosessor (jenis prosesornya menggunakan berapa core, dan sebagainya)
  • Kapasitas RAM
  • Jenis harddisk yang digunakan, SSD atau tidak
  • Network speed
  • Kapasitas hosting
Puyeng duluan membacanya? Bisa lah ya colek-colek teman atau saudara yang lebih paham di masalah beginian. Kita juga bisa membaca testimoni dari para pengguna provider tersebut untuk lebih meyakinkan.

Menurut rekomendasi banyak orang, saat awal membangun website, bolehlah pilih paket hosting murah cepat dengan kapasitas penyimpanan minimal 1 gigabyte. Apalagi hosting ini nantinya nggak hanya untuk menyimpan file-file postingan dan beragam sistem yang dibutuhkan website, tetapi juga dibutuhkan untuk proses backup data. Makanya daripada kurang, lebih baik sedia payung sebelum hujan kan?

Selain hal-hal di atas, cek juga berapa jumlah maksimal domain yang bisa ditambahkan ke hosting tersebut. Siapa tahu teman-teman kongkow mau ternak blog, tentunya semakin banyak AddOn Domain yang bisa ditambahkan, bisa semakin ngirit biaya sewa hosting kan?

Setiap provider web hosting biasanya memiliki layanan-layanan khusus, seperti layanan anti virus dan anti malware, garansi biaya dan keamanan, spam filter dan masih banyak lagi. Layanan-layanan ini bisa ditanyakan via customer support.

5. Customer Support 24 Jam

Ngobrolin customer support, memang hal ini bagian yang nggak kalah penting dalam pemilihan hosting. Apalagi buat pemula yang baru saja menggunakan layanan hosting, kadang merasa bingung saat ada error terjadi. Makanya penting banget memilih customer support yang online 24 jam dan bisa membantu permasalahan kita dengan cepat.

Nah, buat teman-teman kongkow yang saat ini sedang menimbang-nimbang mau beli hosting murah cepat di mana, bisa tuh tengok ke Domainesia yang punya banyak plihan paket hosting. Pilih saja sesuai kebutuhan ya. Fitur-fitur yang disediakan pun super kece lo. Selamat memilih hosting untuk kecepatan website yang lebih unggul ya, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email