header marita’s palace

7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Badan Beserta Cara Pemakaiannya

manfaat minyak zaitun untuk badan
Manfaat minyak zaitun untuk badan sangat beragam. Bukan hanya untuk wajah, tetapi jenis minyak ini sangat baik digunakan di seluruh tubuh.

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang berasal dari proses ekstraksi buah zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat.

Kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung berbagai nutrisi berkhasiat lainnya seperti vitamin E, K, phenolic, dan zat besi.

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Badan

Fyi, terdapat berbagai macam jenis minyak zaitun, pals. Untuk keperluan konsumsi secara langsung, maka kamu harus menggunakan minyak zaitun jenis virgin atau extra virgin. Jika digunakan untuk menggoreng maka menggunakan minyak zaitun jenis light atau extra light.

Berikut ini aku akan bagikan berbagai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan pria wanita serta cara menggunakannya. Mau tahu apa sajakah itu?
cara menggunakan minyak zaitun untuk tubuh

1. Menghilangkan Kerutan

Selain dikonsumsi, minyak zaitun juga dapat digunakan ke wajah untuk memperoleh khasiat antioksidan dan vitamin E untuk kesehatan kulit.

Caranya cukup mudah, tuangkan 1 sendok minyak zaitun dan oleskan pada wajah sambil dipijat lembut. Biarkan hingga meresap, lalu bilas air hangat sampai bersih.

2. Memanjangkan Bulu Mata

Minyak zaitun ternyata juga dapat meresap ke dalam pori-pori kulit kelopak mata yang kemudian merangsang pertumbuhan bulu mata, loh.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada akar bulu mata sebelum tidur. Kemudian bilas keesokan harinya dan ulangi selama kurang lebih satu bulan.

3. Mengurangi Ketombe

Dengan dicampurkan dengan air lemon, kandungan asam dari lemon mampu mengikis ketombe. Sedangkan minyak zaitun berfungsi melembabkan lapisan kulit kepala.

Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dan perasan lemon dengan takaran yang sama. Usapkan ke kulit kepala dan diamkan 20 menit. Bilas dan keramas dengan sampo.

4. Memerahkan Bibir

Buat sohib kongkow yang merasa berbibir hitam, jangan bersedih minyak zaitun will save you! Gunakan secara rutin dan dapatkan bibir merah yang alami.

Caranya gampang banget. Cukup campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan 1/2 sendok teh gula pasir. Aduk hingga menjadi scrub ya.

Nah, setelah jadi. Oleskan scrub itu ke bibirmu secara merata sebelum tidur. Ketika bangun, lihat deh hasilnya. Asam oleat dan asam palmitat yang ada di dalam zaitun akan membuat bibir lembab dan secara otomatis mencerahkan kekusaman bibirmu.

5. Mengatasi Rambut Rusak

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh International Journal of Trichology, tahukah kamu kalau kerusakan rambut bisa dihalau dengan penggunaan minyak zaitun? Sifat melembabkannya dapat menutup kutikula rambut, sehingga membantu mengatasi rambut kusut dan mengurangi rambut bercabang.

Cara menggunakannya cukup campurkan minyak zaitun dengan buah alpukat, lalu jadikan masker rambut. Agar hasilnya lebih optimal, pastikan menutup masker yang telah dioleskan ke rambut menggunakan shower cap. Tunggu selama 30 menit hingga meresap, kemudian bilas sampai bersih.

6. Menurunkan Kolesterol

Kandungan asam oleat pada minyak zaitun dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Nah, untuk usir cantik si kolesterol dari dalam tubuh, kamu cukup minum 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari. Jangan lupa cari yang jenis EVOO alias Extra Virgin Oil ya.

7. Mencegah kanker

Penelitian oleh Universitat Autonoma de Barcelona telah membuktikan mengenai khasiat minyak zaitun terhadap penyakit kanker payudara. Dari penelitian tersebut diungkapkan bahwa sel kanker tipe P21Ras dapat dikurangi dengan penggunaan minyak zaitun secara rutin.

Tak hanya itu kematian sel tumor dan kerusakan DNA juga bisa turut dicegah dengan konsumsi minyak zaitun secara teratur. Pengobatan secara herbal ini bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya, masak minyak zaitun saat memasak pada suhu di bawah 180 derajat celsius.

Cara Menyimpan Minyak Zaitun

Setelah teman-teman kongkow tahu bagaimana menggunakan minyak zaitun agar manfaatnya bisa dirasakan seluruh badan, kalian juga perlu bagaimana cara menyimpannya dengan benar.
manfaat minyak zaitun untuk wajah

1. Simpan dalam Botol Kaca atau Keramik

Botol kaca dan keramik umumnya memiliki kerapatan yang cukup sehingga dapat mencegah udara dan cahaya panas masuk ke dalam minyak zaitun.

2. Simpan Maksimal 2 Bulan

Pada umumnya minyak zaitun hanya dapat bertahan selama 1-2 bulan saja, setelah itu biasanya bau minyak zaitun akan berubah menjadi tengik dan tidak sedap. Tak hanya itu, kandungannya jugga sudah berubah sehingga manfaatnya tak bisa optimal.

3. Hindari Cahaya Matahari

Suhu terbaik untuk menyimpan minyak zaitun yakni 13 derajat celsius. Namun, suhu ruangan yang berkisar dari 20 sampai 25 derajat celsius juga masih dianggap normal maka dari itu kita harus memperhatikan suhu di suatu tempat khususnya paparan sinar matahari.

Sampai juga nih di penghujung kata. Semoga artikel yang aku bagikan pada kesempatan kali ini bermanfaat ya.

Jika kalian merasa konten di atas kurang lengkap, atau kalian belum puas dengan ulasan tersebut, cek langsung di sini untuk selengkapnya. Infonya dijamin lebih lengkap dan lebih keren.

Jangan lupa selalu mampir ke Indozone untuk baca-baca konten dan informasi keren serta penuh manfaat lainnya ya! Selamat mencoba!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com