header marita’s palace

5 Tips Memilih Sewa Kost Jakarta Murah dan Aman

sewa kost Jakarta
Sewa kost menjadi andalan bagi mahasiswa ataupun karyawan yang berasal dari luar suatu wilayah. Bukan tanpa alasan jika memilih kos sebagai pilihan hidup. Selain lebih murah, kos juga dianggap lebih simple dibanding harus sewa rumah kontrakan.

Sayangnya, buat para pendatang di Ibu Kota Negara, alias kota Jakarta dengan segala gaya hidupnya, memilih kos tidak segampang membalik telapak tangan. Buat temen kongkow yang butuh informasi mengenai tips memilih sewa kost Jakarta, semoga artikel ini membantu ya.

Cara Memilih Sewa Kost Jakarta

Sewa kos di Jakarta memang sedikit lebih tricky dibandingkan menemukan kos-kosan di kota lain. Jakarta adalah kota besar megapolitan. Tentu saja pilihan kost pun juga beragam.

Oleh karenanya, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan sewa kost Jakarta terbaik. Apa sajakah itu?

1. Lihat Lokasi

Ada banyak kos-kosan di Jakarta, dari yang standar, eksklusif sampai premium. Biasanya range kos ini bergantung juga dengan lokasinya.

Apabila lokasi kos-kosan berada di pinggir jalan, atau di wilayah yang strategis, tentu saja kosnya jauh lebih mentereng. Begitu juga kos-kosan yang berada di lingkungan elit, pastinya akan berbeda dengan kos-kosan yang berada di area gang kelinci.

Keamanan kos-kosan juga berbanding lurus dengan lokasinya. Kos yang berada di gang-gang kecil dan sempit, tentu akan jadi susah parkir apabila sohib kongkow bawa kendaraan pribadi. Alhasil, jika parkiran tidak memadai, keamanan untuk kendaraan juga kurang kan?

Begitu juga soal kenyamanan, tentu akan beda rasanya kos-kosan di pinggir jalan utama, dengan kos-kosan yang harus melalui kelok-kelokan gang. Apalagi buat pendatang, tentu akan mengerikan berjalan sendirian di sebuah lingkaran baru.

Makanya mengecek lokasi adalah hal paling penting. Pertimbangkan juga letak kos dengan tempat sohib kongkow bekerja atau kuliah. Baiknya pilih yang tidak terlalu jauh, sehingga bisa lebih mudah menuju ke lokasi kerja atau kuliah.

2. Cek Fasilitas

Beda kos, beda fasilitas. Temen kongkow jangan hanya tergiur harga murah tanpa cari tahu terlebih dahulu ada fasilitas apa saja.

Kalian juga pasti pengen dapat kos yang bisa menjadi tempat tinggal nyaman kan? Cek apakah fasilitas di kos-kosan incaran sesuai kebutuhan dan keinginanmu, misal apakah ada AC, apakah ada dapurnya, apakah kamar mandinya bersama atau pakai kamar mandi dalam.

Lalu cari tahu juga sistem pembayaran, ada jam malamnya atau tidak, lalu fasilitas penting seperti listrik dan internet. Setelah kalian mendapat informasi fasilitas yang komplit, baru deh bisa menentukan pilihan.
Sewa kost murah di jakarta

3. Jenis Kos-Kosan

Tinggal di Ibu Kota, jenis kos-kosan sangat beragam. Nggak hanya standar, premium ataupun eksklusif. Di Jakarta, tersedia pula pilihan kos untuk putri saja, kos untuk cowok saja, kos pasutri, kos khusus karyawan, kos untuk keluarga kecil dan ada pula kos campur buat putra/ putri.

Sohib kongkow perlu tahu mengenai jenis kosnya, agar nantinya nggak kaget juga apabila ternyata kos-kosannya campur antara perempuan dan laki-laki. Atau malah lihat temen kos bawa pasangan non halal ke kos-kosan, mau negur, eh ternyata diperbolehkan.

Hal-hal semacam ini sebaiknya jelas di awal. Kalau kalian perempuan single, dan pengen cari yang nyaman serta aman, saranku sih pilih kost putri syariah saja.

Jenis kos seperti ini tentu punya jadwal ddan persyaratan yang ketat, termasuk dilarangnya tamu cowok masuk sampai ke dalam, dan adanya larangan berkhalwat.

4. Keamanan

Selanjutnya tanyakan juga kepada pengelola kos, bagaimana standar keamanan di kos tersebut. Apakah ada CCTV nya, lalu letak CCTV di mana saja.

Juga kita perlu tahu apakah boleh diperlihatkan rekaman CCTV jika sewaktu-waktu dibutuhkan, misal mengalami kasus kurang menyenangkan dan butuh alat bukti yang mendukung. Tanyakan juga apakah kos tersebut memiliki security alias satpam.

5. Bandingkan Harga

Setelah semua keempat poin di atas diulik. Saatnya bandingkan harga, mana yang paling ramah di kantong. Kalau bisa dapat kos-kosan yang murah, tapi nyaman, pastinya mau banget kan?

Gimana, apakah kelima hal di atas sudah cukup menjawab atas kebutuhan sewa kost Jakarta yang temen kongkow butuhkan? Btw, sekarang ini sewa kos juga nggak seribet dulu lagi kok.

Sudah banyak kos-kosan yang bisa disewa secara online. Kita bisa ngecek dulu lewat website, lalu bandingkan harga dan fasilitasnnya. Setelah ketemu yang oke, tinggal survey offline, cuzz lanjut ke akad deh.

Eh, jangan senyum-senyum dulu denger akad. Bukan akad nikah, pals… akad sewa kost maksudnya, wkwk. Ketahuan yang senyum-senyum masih jomblo ya.. haha.

Baiklah semoga artikel singkat ini cukup membantu teman kongkow yang lagi cari sewa kost Jakarta. Semoga berhasil menemukan tempat tinggal yang nyaman, aman dan sesuai kebutuhan ya.***

6 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Your site is so cool. I am impressed by the details that you? Ive on this website.

    ReplyDelete
  2. Will without a doubt come and visit this blog all the more frequently.

    ReplyDelete
  3. Keep doing this in future. I will support you.

    ReplyDelete
  4. Its wonderful as your other articles : D, regards for posting .

    ReplyDelete
  5. I’m a long time reader but I’ve never been compelled to leave a comment.

    ReplyDelete
  6. Great blog, thank you so much for sharing with us.

    ReplyDelete