header marita’s palace

Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengobatinya

penyakit asam lambung
Penyakit asam lambung merupakan sebuah penyakit yang juga sering dikenal dengan sebutan Gastro Esophageal Reflux Disease atau GERD. Penyakit ini sendiri terjadi saat asam lambung bergerak naik ke kerongkongan. Saat itu terjadi, biasanya akan timbul rasa nyeri pada ulu hati, heartburn, hingga gejala lain pada area dada dan perut.

Saat kondisi ini terjadi secara berulang dengan intensitas yang cukup sering, sohib kongkow harus segera tanya dokter untuk mengetahui cara mengobati asam lambung tersebut. Konsultasi dengan dokter saat ini bisa dilakukan dengan cara online, sehingga dapat memudahkan Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk bepergian ke rumah sakit.

Penyakit asam lambung atau GERD ini tentunya harus segera diatasi dengan baik. Pasalnya, jika bertambah parah, penyakit asam lambung ini akan menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai penyakit asam lambung ini, simak penjelasannya melalui artikel berikut ini, ya!

Penyebab Asam Lambung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyakit asam lambung merupakan kondisi di mana asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh banyak hal.

Namun gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab asam lambung paling jamak. Contoh dari gaya hidup yang tidak sehat adalah berbaring sesaat setekah makan.

Kebiasaan seperti itu nantinya dapat membuat sfingter atau katup pemisah antara kerongkongan dan lambung menjadi rusak. Saat sfingter rusak, asam lambung akan mudah kembali ke kerongkongan.

Dalam kondisi normal, sfingter akan terbuka saat kita sedang menelan makanan. Kondisi tersebut memungkinkan makanan dan minuman untuk menuju bagian lambung. Setelah makanan dan minuman masuk ke dalam lambung, sfingter akan segera menutup kembali.

Namun, pada penderita asam lambung, sfingter akan rusak atau mudahnya kendur. Sehingga, saat makanan dan minuman sudah berada di lambung, akan mudah untuk kembali ke kerongkongan.

Selain gaya hidup yang tidak sehat, ada pula penyebab lain yang tidak bisa di cegah. Contohnya seperti sedang hamil sehingga tekanan pada bagian perut menjadi lebih banyak, obesitas, dan lain sebagainya.
Gejala Asam Lambung

Setiap penyakit akan menimbulkan gejala, sama halnya dengan penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung atau GERD umumnya akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada bagian dada yang menjalar ke bagian leher. Nyeri tersebut bisa bertambah buruk jika sedang berbarung ataupun membungkuk.

Tak hanya itu, penderita GERD juga biasanya akan merasakan pahit atau asam di bagian belakang mulut. Terkadang, kalian juga akan merasa kesulitan untuk menelan makanan dan minuman. Beberapa gejala lain yang mungkin timbul adalah batuk kering secara terus menerus pada malam hari, napas berbau tidak sedap, bagian dada terasa sakit, hingga adanya kerusakan gigi.

Penyakit asam lambung juga dapat menyerang bayi dan anak-anak. Biasanya, gejala yang seringkali timbul adalah muntah atau gumoh dalam intensitas yang cukup sering, menangis berlebihan, tidak mau makan, kesulitan pernapasan, bau mulut, kesulitan untuk tidur setelah makan.

Asam lambung pada umumnya dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mengonsumsi obat-obatan yang dijual di apotek secara bebas. Namun, jika gejalanya memburuk, kalian harus mengkonsultasikannya dengan dokter, pals.
 

Cara Mengobati Asam Lambung

Ada beberapa cara yang bisa sohib kongkow lakukan dalam mengobati penyakit asam lambung. Cara tersebut bisa dilakukan baik dengan mengubah gaya hidup yang kurang sehat atau juga bisa dengan mengonsumsi obat-obatan.

Dalam mengubah gaya hidup yang tidak sehat, kalian bisa lakukan beberapa hal berikut ini:
  • Menurunkan berat badan yang kurang ideal.
  • Tidak makan dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Usahakan makan dengan porsi yang lebih kecil, namun sering.
  • Tidak atau berhenti merokok.
  • Menghindari makanan-makanan seperti cokelat, tomat, pedas, berkafein seperti teh dan kopi, hingga makanan yang berlemak.
  • Tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi.
Selain dengan mengubah gaya hidup, temen kongkow bisa mengonsumsi beberapa obat-obatan untuk mengobati penyakit asam lambung atau GERD ini. Untuk obat pengurang produksi asam di dalam lambung, kalian bisa menggunakan penghambat reseptor H-2. Obat ini akan memberikan perasaan lega yang lebih lama dan menurunkan produksi asam dalam perut selama 12 jam.

Adapula obat untuk menghambat produksi asam. Obat ini digunakan untuk menghalangi produksi asam dan dapat menyembuhkan kerongkongan. Dikatakan lebih kuat dari penghambat reseptor H-2, obat ini disebut juga dengan pompa proton.

Jika gejala penyakit asam lambung atau GERD ini tidak membaik setelah melakukan beberapa upaya pengobatan tersebut, sohib kongkow sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter segera. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengcegah bertambah parahnya penyakit yang satu ini.

Cara Mencegah Penyakit Asam Lambung

Agar temen-temen kongkow tidak mengalami kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan, kalian perlu membiasakan gaya hidup ini agar tidak terlambat:
  • Tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Contoh dari makanan tersebut adalah kopi, teh, tomat, cokelat, makanan pedas dan berlemak, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa mengurangi minuman-minuman berkarbonasi seperti soda.
  • Memberikan jeda kurang lebih 2 sampai 3 jam setelah makan, sebelum akhirnya tidur.
  • Menggunakan bantal yang lebih tinggi saat tidur, sehingga posisi kepala akan lebih tinggi daripada badan.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat mempengaruhi kesehatan kalian secara keseluruhan.
Itulah beberapa informasi tentang penyakit asam lambung atau yang sering juga disebut dengan Gastro Esophageal Reflux Disease atau GERD. Segera konsultasikan dengan dokter jika gejala yang muncul cukup sering terjadi berulang kali.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Penyakit yang banyak diderita oleh orang zaman sekarang, penyebabnya juga banyak banget terutama dari pola makan yang tidak sehat. Padahal kalau udah kambuh sakitnya enggak kebayang, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete