header marita’s palace

Alat Kesehatan dan Fungsinya, Sudah Kenal Belum?

alat kesehatan dan fungsinya
Kalau ngobrolin alat kesehatan, aku yakin sohib kongkow sudah tahu lah ya beberapa. Namun kalau disuruh jelasin apa saja alat kesehatan dan fungsinya, bisa jadi ada yang belum tahu dengan tepat ya?

Nah, di artikel ini aku akan mencoba memberikan sedikit informasi mengenai berbagai alat kesehatan sekaligus fungsinya. Fyi, alat kesehatan ternyata ada banyak sekali. Bahkan satu artikel sepertinya nggak akan cukup untuk menuliskan semua alat tersebut.

Di rumah sebaiknya kita menyediakan beberapa alat kesehatan standar. Sementara apabila terpantau salah satu anggota keluarga memiliki jenis penyakit tertentu, seperti asma, hipertensi dan diabetes, kita bisa menambahkan kepemilikan alat kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

Alat kesehatan penting dimiliki di rumah. Entah itu untuk menangani gejala awal suatu penyakit, seperti demam, sakit kepala dan luka ringan. Atau untuk mencegah kondisi pasien menjadi fatal.

Alat kesehatan memiliki beragam fungsi yang dapat membantu Anda memantau kondisi kesehatan secara rutin, terlebih jika Anda memang menderita kondisi tertentu. Tak hanya itu, alat kesehatan juga dapat mencegah terjadinya kondisi yang dapat berakibat fatal.

Intip Beragam Alat Kesehatan dan Fungsinya Yuk!

Btw, untuk kepemilikan di rumah, alat kesehatannya tentu saja berbeda dengan yang ada di klinik atau rumah sakit ya. Kita bisa menyediakan alat-alat kesehatannya mulai dari yang sederhana dengan fungsi beragam, contohnya plester.

Selain digunakan untuk menutup luka. Aku biasanya menggunakan plester untuk menutup lubang pusar anakku saat bepergian ke luar kota.

Entah mitos atau bukan, tapi kebiasaan yang diturunkan oleh ibuku ini cukup manjur untuk mencegah anak-anak muntah saat bepergian naik bus ke luaar kota, hehe. Adakah yang melakukan hal sama?

Lalu alat kesehatan apa saja sih yang sebaiknya ada di rumah? Yuk intip!

Alat Kesehatan Standar di Rumah

Alat kesehatan standar adalah beberapa peralatan yang bisa menangani luka atau cedera ringan, seperti teriris pisau atau gunting, keseleo, pegal-pegal, anak jatuh karena lari-larian, gigitan serangga ataupun luka bakar. Selain luka ringan, alat kesetana standar juga biasanya digunakan untuk mengatasi alergi, demam, sakit kepala, dan batuk pilek.

Adapun beberapa alat kesehatan standar yang penting ada di rumah yaitu;
  • Larutan antiseptik, seperti povidone iodine dan cairan alkohol. Kegunaannya untuk membersihkan luka, sehingga tidak terjadi infeksi.
  • Perban, kain kasa, dan plester secukupnya. Gunanya untuk menutup luka.
  • Gunting kecil. Digunakan untuk memotong kain kasa, perban, atau plester.
  • Pinset. Fungsinya untuk mengambil serpihan kecil yang menancap pada lapisan kulit. Bisa juga buat yang punya anak kecil super aktif dan suka memasukkan benda ke telinga atau hidung, pinset digunakan untuk mengambil benda-benda yang tidak sengaja masuk ke bagian tubuh tersebut.
  • Sarung tangan medis dari bahan lateks. Fungsinya sebagai alat pelindungan diri (APD) saat kita hendak membersihkan luka. Perlunya menggunakan sarung tangan untuk mencegah luka terkena Infeksi.
  • Obat-obatan yang dijual umum, seperti paracetamol sebagai anti nyeri, obat sakit kepala dan demam. Bisa juga sedia obat batuk. 
Oya, hati-hati ya karena beberapa bulan terakhir ada obat-obatan cair yang dilarang beredar. Pastikan sudah mengecek obat yang biasa digunakan di rumah aman dan lolos BPOM. Jika anggota keluarganya ada yang memiliki alergi, bisa sedia juga obat antihistamin.

Alat Kesehatan untuk Kondisi Tertentu

Selain alat kesehatan standar di atas, sohib kongkow juga perlu memiliki beberapa alat kesehatan di bawah ini. Terutama apabila ada anggota keluarga yang memiliki penyakit tertentu, seperti asma, diabetes dan hipertensi.
perbaikan alat kesehatan

1. Termometer

Gunanya untuk mengukur suhu badan. Termometer sendiri ada banyak macamnya; termometer digital, termometer air raksa, termometer infra merah dan termometer kristal cair.

Termometer yang paling umum diletakkan di bawah ketiak, untuk mengetahui suhu aksila pasien. Sementara ada juga termometer yang bisa digunakan mengecek suhu oral, yaitu alatnya dimasukan ke dalam mulut di bawah lidah.

Ada pula termometer yang cara penggunaannya diletakkan ke dalam telinga, untuk mengukur suhu timpani. Beberapa juga digunakan dengan memasukkan ke dalam rektum melalui anus, fungsinya untuk mengukur suhu rektal.

Ada juga beberapa termometer yang kini sering disebut dengan termometer tembak. Cara penggunaannya dengan meletakkannya ke arah dahi. Gunanya untuk mengukur suhu sementara.

2. Alat Tes Gula Darah

Buat sohib kongkow yang memiliki anggota keluarga pasien diabetes, maka penting banget menyediakan alat tes gula darah. Bentuknya mesin kecil tanpa kabel. Dioperasikan menggunakan baterai.

Untuk menggunakannya dilengkapi jarum kecil steril untuk mengambil sampel darah. Disediakan pula strip sebagai penampung darah.

Dengan alat ini, kita bisa mengecek kadar gula darah di mana dan kapan saja. Pasien diabetes harus selalu dicek kadar darahnya agar tidak terjadi lonjakan atau penurunan yang drastis.

3. Tensimeter

Ini adalah alat untuk mengukur tekanan darah. Buat yang punya penyakit tekanan darah tinggi, penting nih buat sedia di rumah.

Jadi untuk mengecek tekanan darah secara rutin, tidak perlu mampir ke klinik atau ke dokter. Lebih hemat biaya kan?

Tensimeter sendiri ada yang manual dan digital. Untuk penggunaan yang lebih mudah, bisa menggunakan yang digital.

4. Inhaler dan Nebulizer

Memiliki asma tentu beresiko sesak napas. Jangan lupa sedia inhaler untuk membantu pernapasan dengan cara dihirup.

Selain itu sedia pula nebulizer, fungsinya untuk melegakan pernapasan. Bisa dipakai juga saat kita sedang batuk berdahak dan pilek. Fungsinya untuk mengencerkan dahak.

5. Pulse Oximeter

Saat musim Covid, alat ini adalah salah satu yang paling laris. Fungsinya untuk mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah.

Apabila saturasi kita rendah, kita akan sesak napas. Orang yang memiliki penyakit asma, PPOK, penyakit jantung dan stroke, wajib sedia alat kesehatan ini di rumah.

6. Timbangan Badan

Timbangan badan juga salah satu alat kesehatan yang menurutku penting ada di rumah. Fungsinya tentu untuk menghitung berat badan kita apakah sudah cukup ideal.

Untuk anak-anak, biasanya kugunakan untuk mengecek apakah berat badan mereka sesuai dengan usia. Sedangkan untuk orangtuanya, digunakan untuk memantau agar jangan sampai over weight alias obesitas.

Timbangan badan ada yang digital dan manual. Aku sendiri lebih suka yang digital. Selain lebih akurat, aku nggak perlu mengatur apakah angka awal sudah pas di 0.

7. Tabung Oksigen

Bagi pemilik penyakit kronis, tabung oksigen juga wajib disediakan di rumah. Tentu saja sebagai antisipasi apabila penyakit yang diderita tiba-tiba anfal.

Sebagai pertolongan pertama ketika penyakit kambuh dan jarak dengan Rumah Sakit jauh, kita bisa menggunakan tabung oksigen terlebih dahulu. Pastikan untuk keamanan, simpan tabung oksigen jauh-jauh dari sumber api ya.

Alat kesehatan dan fungsi di baliknya dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan sehari-hari dan memantau efektivitas pengobatan yang sedang dijalani. Jika temen-temen kongkow butuh membeli alat kesehatan ataupun tempat perbaikan alat kesehatan, kunjungi saja Syaf.co.id.

Syaf.co.id adalah tempat menjual alat kesehatan yang paling lengkap di Indonesia. Selain itu tempat ini juga melayani perbaikan alat kesehatan. Jadi cukup ke satu tempat untuk dapat banyak manfaat kan?
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment