header marita’s palace

Doa Qunut dan Artinya Beserta Manfaat Melafalkannya

doa qunut dan artinya
Doa Qunut adalah doa yang dilafalkan pada saat sholat Subuh. Walau ada beberapa ulama yang menyatakan bahwa sebenarnya doa ini tidak dikhususkan pada sholat Subuh saja.

Namun bisa dilakukan pada sholat-sholat lainnya, terutama saat terjadinya musibah. Namun waktu yang paling umum dilakukannya doa Qunut, khususnya di Indonesia, adalah saat sholat Subuh.

Dalam masyarakat tersendiri terpecah menjadi dua golongan. Ada yang merutinkan doa ini setiap sholat Subuh, ada yang menganggapnya tidak perlu dirutinkan.

Hal ini sebaiknya tidak menjadi permasalahan besar. Khilafiyah adalah hal yang biasa terjadi. Selama bukan hal yang wajib dan menjadi syarat sah sholat, sebenarnya nggak perlu diperdebatkan.

Mau sholat Subuh pakai doa Qunut, silakan. Nggak pun, it’s okay. Yang nggak okay kalau saling memaksakan kehendak masing-masing dan gontok-gontokan.

Bacaan Doa Qunut dan Artinya

Nah, daripada memusingkan mau pakai Doa Qunut saat sholat Subuh atau nggak, mending kamu belajar dulu deh. Nih, aku sudah menuliskan bacaan doa beserta artinya.

Fyi, doa ini tersedia dalam dua versi; pendek dan panjang. Mau pakai yang mana?

Versi Pendek

Allahummahdinii fii man hadaiit, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.
Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan.”

“Tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku.”

“Dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu. Dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, Mahasuci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Mahatinggi."


Versi Panjang

Allahummahdinii fiiman hadait. Wa 'aafinii fiiman ‘aafait, wa tawalladnaa fii man tawallait, wa baarik lii fiimaa a'thait. Wa qinii birahmatika syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhi wa laa yuqdhaa 'alaiik. Wa innahu laa yadzillu man waalait. Wa laa ya'izzu man 'aadait. Tabaarokta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit astagfiruka ya atubbu ilaiik. Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadinin-nabiyyii-ummiyyi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.
Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan.”

“Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku.”

“Dan peliharalah aku dengan rahmatMu dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada yang dapat menetapkan atas Engkau.”

“Sesungguhnya tidak akan hina orang-orang yang Engkau kasihi. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi.”

“Mahaberkahlah Engkau wahai Tuhan kami dan Mahaluhurlah Engkau. Segala puji bagiMu atas yang telah Engkau pastikan.”

“Aku mohon ampun dan kembali (tobat) kepada Engkau. Semoga Allah memberikan rahmat berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya dan sahabatnya."


Hukum Mengucapkan Doa Qunut

Hadits terkait doa qunut ada banyak versinya. Namun sebagian besar ulama mengatakan bahwa doa ini berasal dari hadis riwayat Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, dan An-Nasa’i.

Hadits tersebut kemudian mendapat label sahih dari Syekh Abu Thahir Zubair Ali, kemudian diriwayatkan Imam Tirmidzi. Selain itu bacaan Qunut juga disahihkan oleh Syekh Husain Salim Asad Ad Daroni, yang diriwayatkan Ad Darimi.
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan qunut dalam shalat Fajar hingga wafat.” (HR. Ahmad, Al-Bazar, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim)
Dari hadits tersebut bisa ditarik kesimpulan jika membaca qunut saat sholat subuh, hukumnya sunnah. Walau sunnah, amalan membaca doa ini sangat dianjurkan karena banyak memiliki keutamaan.

Tata Cara Melakukan Doa Qunut

Disebutkan dalam buku berjudul “Kupas Tuntas Qunut Subuh” karya M.Abdul Wahab,Lc, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan doa Qunut.

Dalam mazhab Syafi'i, qunut subuh dilakukan setelah itidal dan ruku, serta sebelum sujud pada rakaat kedua. Imam Nawawi mengatakan:
Melakukan qunut subuh setelah mengangkat kepala untuk itidal dari ruku pada rakaat kedua, hukumnya sunah menurut kami tanpa adanya khilaf.
Sedangkan, dalam mazhab Maliki, qunut subuh lebih afdal dilakukan sebelum ruku. Namun, tetap boleh dilakukan setelah ruku. Hal tersebut tertuang pada kitab Hasyiah ad-Dasuqi 'ala as-Syarh al-Kabir, sebagai berikut:
Dan disunahkan membaca doa qunut secara sirr (pelan) pada saat sholat subuh saja dan disunahkan melakukannya sebelum ruku.
Sekali lagi perbedaan yang ada nggak perlu menjadi masalah yang dibesar-besarkan. Selama Al Quran kita masih sama, Rasul kita masih sama, perbedaan ini bukanlah perkara besar. Saling menghargai saja dengan apa yang diyakini.

Selain dua hal di atas, berikut ini tata cara lain terkait pembacaan doa Qunut:
  • Bacaan qunut yang tertulis di bagian awal artikel ini dibaca saat melakukan sholat subuh secara munfarid alias sendirian.
  • Apabila doa qunut dibaca saat sholat jamaah, imam sebaiknya mengubah lafal 'ihdini' (berilah aku petunjuk) menjadi 'ihdina' (berilah kami petunjuk).
  • Jika kamu mengimami sholat subuh dan membaca Qunut, maka keraskan suara agar makmum mendengar dan bisa mengamini doa tersebut.
  • Pada saat membaca Qunut, angkat tangan sebagaimana biasanya saat sedang berdoa.

Manfaat Melafalkan Doa Qunut

Dari arti bacaan Qunut, sebenarnya kamu sudah bisa mengambil kesimpulan keutamaan atau manfaat apa saja bila rutin membaca doa ini. Beberapa di antara keutamaan tersebut adalah:
  • Mendapat petunjuk dari Allah
  • Mendapat keberkahan dari Allah
  • Mendapat perlindungan dari Allah
  • Mendapat ketenangan hati
  • Mendapat ampunan dan rahmatNya
Nah, setelah tahu bacaan doa Qunut dan artinya, apakah kamu akan mulai merutinkan atau nggak nih, pals? Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada informasi bacaan doa dan niat lainnya ya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com