header marita’s palace

Kelas Montessori Belajar Mengaji Online bersama Albata, Seru dan Bermanfaat!

belajar mengaji online
Belajar mengaji online bersama Albata kini makin diminati oleh banyak orang tua dikarenakan manfaatnya yang memang telah terbukti. Salah satu alasan mengapa Albata dipilih sebagai tempat belajar mengaji karena menerapkan kelas montessori.

Pastinya sudah banyak yang tahu dong dengan metode montessori ini? Buat yang belum paham benar dengan montessori, yuk kenal lebih dekat dulu.

Seperti Apa Sih Kelas Montessori?

Kelas montessori adalah sebuah kelas belajar yang mengaplikasikan metode montessori, yaitu pendekatan pendidikan yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik Italia. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan potensi penuh anak melalui lingkungan yang mendukung eksplorasi, kreativitas, dan pembelajaran yang mandiri.

Pendekatan Montessori sangat berfokus pada perkembangan alami anak. Dengan mengaplikasikan metode ini, artinya setiap orang tua dan guru mengakui bahwa setiap anak memiliki keingintahuan bawaan yang dapat diaktualisasikan melalui pengalaman belajar yang relevan dan mendalam.

Nah, dalam mengaplikasikan Metode Montessori di sebuah kelas, ada beberapa prinsip kunci yang harus senantiasa dipegang, yaitu:
keistimewaan kelas montessori

1. Lingkungan Persiapan

Ruang belajar Montessori didesain dengan cermat untuk mempromosikan kemandirian, kebebasan, dan eksplorasi. Bahan belajar yang tersedia disusun dengan rapi dan dapat diakses oleh anak sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

2. Pendidik sebagai Pengamat

Guru dalam pendekatan Montessori berperan sebagai pengamat yang memahami kebutuhan dan minat masing-masing anak. Mereka membantu anak mengembangkan potensi mereka dengan memberikan panduan yang diperlukan, namun tidak mendominasi proses belajar.

3. Pembelajaran Mandiri

Anak diberikan kebebasan untuk memilih aktivitas belajar yang menarik minat mereka. Mereka belajar secara mandiri melalui interaksi langsung dengan bahan belajar yang disediakan, yang sering dirancang untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan pemahaman mendalam.

4. Pendidikan Sensorik

Metode Montessori memberikan penekanan pada pengembangan indra, seperti pengenalan bentuk, warna, ukuran, dan tekstur. Anak diajak untuk menggunakan indera mereka sebagai alat utama untuk eksplorasi dan pembelajaran.

5. Pembelajaran Secara Langsung

Anak belajar melalui pengalaman nyata dan konkrit. Mereka berinteraksi dengan bahan belajar fisik, seperti alat matematika, alat tulis, dan materi ilmiah, untuk memperoleh pemahaman mendalam.

6. Pendidikan Karakter

Selain fokus pada aspek akademis, Metode Montessori juga mendorong pengembangan karakter yang positif, seperti kemandirian, kerja sama, disiplin, dan rasa hormat terhadap diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Saat ini Metode Montessori telah banyak digunakan di berbagai jenis lembaga pendidikan, mulai dari sekolah anak-anak hingga tingkat lebih tinggi. Pendekatan ini telah mendapatkan perhatian luas dan terus berkembang karena fokusnya pada pengembangan holistik anak dan penghargaan terhadap keunikan individu.

Salah satu lembaga yang mengaplikasikan kelas montessori di dalam kegiatan pendidikannya adalah Albata. Pasti sohib kongkow bertanya-tanya kan, apa dan bagaimana sih Albata itu?

Kenal Lebih Dekat dengan Albata

Lembaga pendidikan ini berdiri sejak tahun 2019. Albata merupakan Lembaga Pendidikan Islam resmi yang dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Islam Albata. Adapun tujuan didirikannya Albata yaitu;
  • Membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa dan mandiri sejak dini.
  • Membangun peradaban Islami yang dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.
  • Mengembangkan mindset bahwa belajar itu menyenangkan.
Albata berpusat di Surabaya, tepatnya di Jalan Babatan Indah B9 No.1 Surabaya. Saat ini, Albata telah memiliki banyak program belajar, antara lain;
  • Toddler
  • Kindergarten
  • TPQ Kids
  • TPQ Teens
Lembaga pendidikan Islam di Indonesia memang sudah sangat beragam, tetapi tak sedikit lembaga yang masih menerapkan sistem pembelajaran kaku dan kurang mengapresiasi keingintahuan siswa. Berbeda dengan Albata yang menggabungkan antara metode Montessori, tapi tetap tidak terlepas dari Quran dan Sunnah.

Di sinilah letak keistimewaan Albata yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan Islam lainnya. Belajar adab, akhlak, tauhid, fiqih, sirah, tartil dan tahfiz tentu akan terasa lebih mudah apabila disajikan dalam tampilan yang menyenangkan.

Menarik bukan, sohib kongkow? Tertarik tapi tidak tinggal di Surabaya? Jangan khawatir, saat ini sudah ada beberapa program offline Albata yang bisa ditemukan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta. Selain itu, tersedia pula program yang bisa diakses secara daring. Salah satunya yaitu belajar mengaji online bersama Albata.

Serunya Belajar Mengaji Online bersama Albata

Pas banget nih anakku yang nomor dua membutuhkan penguatan untuk belajar mengaji. Sayangnya aku sebagai ibunya merasa kurang cukup ilmu untuk mendampingi doi belajar.

Berhubung di TK-nya menerapkan metode pelajaran yang holistik integratif, rasanya Albata cukup cocok untuk menjadi partner pengasuhan Affan dalam penguatan mengaji. Sebenarnya di sekolah Affan juga sudah dapat pelajaran mengaji sih, cuma karena memang sensori motorik Affan masih banyak PR, maka butuh pendampingan ekstra juga di rumah.

Nah, biar bisa nyambung antara sekolah dengan kelas mengajinya, tentu aku mencari lembaga mengaji yang metode pendidikannya selaras dong dengan sekolahnya. Senang banget waktu ketemu sama Albata, karena TPQ (Tempat Pendidikan Quran) yang satu ini berdasarkan Qur'an dan Sunnah.

Selain itu, dalam pembelajarannya menggunakan konsep Fun Learning berbasis Montessori. Pas banget lah, sesuai dengan kebutuhan belajar Affan dan selaras dengan cara Affan belajar di sekolah.

Tak hanya itu, di TPQ-nya Albata, kurikulum yang dimiliki juga sangat komprehensif, yaitu;
  • Tauhid
  • Adab & Akhlak
  • Fiqih
  • Sirah (Cerita Nabi, Sahabat, dan Ulama Klasik)
  • Tartil (Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah hingga Membaca Quran)
  • Tahfidz (Hafalan Quran)
TPQ di Albata memiliki dua pilihan kelas; TPQ Kids (untuk usia 3-7 tahun) dan TPQ Teens (untuk usia 7-13 tahun). Berhubung Affan masih 6 tahun, aku rencana akan mendaftarkan TPQ Kids dulu.
mengaji online bersama Albata
Selain menyediakan dua pilihan kelas, belajar mengaji bersama Albata juga hadir dalam tiga format, pals. Kamu bisa memilih mana yang paling pas untuk anak atau keponakanmu;
  • Online Group (Via Talkcloud+, 1 ustadzah dengan 5 murid)
  • Online Private (Via Talkcloud+, Eksklusif 1 ustadzah 1 murid)
  • Offline Private Home Visit (Ustadzah datang ke rumah, eksklusif 1 ustadzah 1 murid)
Karena aku tinggal di Semarang dan belum ada kelas offline-nya, aku mau pilih yang TPQ online dengan metode private aja deh. Soalnya, Affan tuh gampang banget terdistraksi. Kalau kelasnya private dengan konsep 1 ustadzah 1 murid, harapanku Affan bisa lebih fokus mengikuti materi yang disampaikan.

Oh ya, kecenya lagi nih, Albata punya aplikasi khusus untuk belajar. Jadi walaupun TPQ online, belajarnya nggak pakai Zoom ataupun Google Meet, melainkan langsung menggunakan aplikasi Talkcloud+.
aplikasi mengaji TalkCloud Albata
Aplikasi ini sudah dirancang sedemikian rupa oleh Albata untuk menghadirkan pembelajaran yang interaktif. Aplikasi ini juga sangat kids friendly, pals. Dijamin anak-anak yang fokusnya masih suka terpecah seperti Affan, bakal tetap enjoy belajar mengajinya.

Biayanya juga cukup terjangkau kok, mulai dari Rp199.000 per bulan. Dalam satu bulan ada 8 kali pertemuan. Mantap kan?

Kalau pengen tahu info belajar mengaji online bersama Albata secara private yang lebih lengkap, sohib kongkow bisa langsung menghubungi CS-nya aja di (+62) 8113300650 atau kirim email ke assalamualaikum@albata.id. Pastikan juga untuk intip berita terbaru Albata di akun Instagram-nya @albata.id.***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Memang memudahkan sekali nih ya kalau mengikuti kelas montenssori ini untuk anak

    ReplyDelete