Wednesday, August 31, 2016

SMSBunda Menyelamatkan Ibu Hamil dan Bayi Baru Lahir


Kehamilan adalah suatu fase yang banyak dinanti oleh setiap pasangan, baik yang baru saja berkeluarga ataupun yang sudah menikah cukup lama. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk merasakan kehamilan langsung setelah pernikahan, ada beberapa pasangan yang harus menunggu hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mendapat anugerah ini. Ironisnya, ada juga yang tidak menginginkan kehamilan justru diberikan amanah oleh Allah. Ya, kehamilan memang salah satu rahasia agung milikNYA. Yang bisa kita lakukan hanyalah berikhtiar sebaik mungkin.

Riwayat Kehamilanku

Aku sendiri pernah mendapati test pack bergaris dua sebanyak empat kali. Test pack pertama kudapati sebulan setelah aku melangsungkan pernikahan. Sayangnya kehamilan pertamaku ini harus berakhir di meja kuret pada bulan Mei 2008 karena blighted ovum. Test pack kedua kudapati selang tiga tahun setelah test pack pertama. Lagi-lagi kehamilan keduaku pun harus berujung dengan kuretase pada bulan Maret 2011 dengan alasan yang sama; blighted ovum.

Test pack bergaris dua yang ketiga muncul selang sebulan setelah kuretase yang kedua. Meski awalnya sempat didiagnosa blighted ovum kembali dikarenakan janin yang tak nampak di layar USG selama beberapa minggu awal kehamilan, hingga flek dan pendarahan yang terus berulang hingga trisemester pertama berakhir. Namun alhamdulillah kehamilanku yang ketiga bisa terselamatkan dan membuahkan seorang gadis kecil bernama Ifa yang usianya kini hampir lima tahun.

Alhamdulillah, positif!
Tak kusangka di bulan April 2016, aku kembali mendapati test pack bergaris dua. Selang lima tahun setelah kehamilan ketiga, alhamdulillah aku kembali dipercaya oleh Allah untuk merasakan keajaiban di rahimku. Senang dan was-was campur aduk menjadi satu. Bahagia karena kembali dipercaya olehNYA, di satu sisi takut dan deg-degan menyelimuti hati mengingat riwayat kehamilan yang sebelumnya.

Tanpa menunggu waktu lama, malam setelah kudapati test pack bergaris dua tersebut aku segera mengunjungi dokter kandungan langganan yang telah memahami riwayat kehamilanku selama ini. Saat itu sang dokter tersenyum simpul karena aku baru telat menstruasi belum ada satu minggu. Masih ada kemungkinan jika aku hanya terlambat menstruasi. Baru setelah dilakukan USG, nampak jelas bahwa sudah ada kantong rahim yang terbentuk. Namun karena usia kandungan yang masih sangat muda, janin belum kelihatan. Dokter memberikan beberapa suplemen dan memintaku datang kembali sebulan kemudian. Alhamdulillah, pada kunjungan kedua ke dokter kandungan di bulan Mei, calon anak keduaku telah nampak.

Hasil USG Bulan Agustus
Agustus ini kehamilanku telah memasuki bulan kelima. Gerakan dan tendangan janin mulai dapat kurasakan semakin jelas. Aah, rasanya sungguh luar biasa. Meskipun ini bukan lagi pengalaman yang pertama, namun aku rasa tiap kehamilan selalu membawa hal baru. Misalnya, saat hamil Ifa dulu aku sama sekali tidak mengalami morning sickness, namun flek dan pendarahan terus kualami pada trimester pertama. Sedangkan di kehamilanku yang sekarang, alhamdulillah sehat tanpa ada flek dan pendarahan, namun morning sickness pada trimester pertama benar-benar membuatku hampir tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Untungnya Ada SMSBunda

Perbedaan kondisi pada kehamilanku kali ini membuat aku merasa butuh informasi yang akurat mengenai kehamilan, tumbuh kembang janin tiap minggunya dan beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan selama kehamilan hingga nanti ketika si bayi lahir dan mulai menyusui.

Aku jadi teringat pengalamanku melahirkan Ifa lima tahun yang lalu. Karena kurangnya informasi, aku kurang mendapatkan asupan zat besi saat proses kehamilan, akhirnya setelah proses persalinan baru diketahui kalau kadar Hemoglobin-ku drop hingga mencapai angka delapan. Terpaksalah dua kantong darah dijejalkan ke tubuhku. Rasanya... perih, gatal, kemeng.... ah, nano-nano deh. Tentunya saat tiba waktunya persalinan nanti, aku tidak ingin mengalami hal yang sama.

Beruntungnya kini telah hadir SMSBunda, sebuah layanan informasi gratis yang ditujukan kepada ibu hamil dan menyusui di seluruh Indonesia. SMSBunda ini hadir atas kerja sama Jhpiego dengan dukungan dari GE Foundation. Berbeda dari layanan yang banyak kita temui di era sekarang ini dimana seringnya berbasis Android atau IOS, SMSBunda ini diharapkan dapat menjangkau semua ibu di berbagai kalangan. Apapun telepon genggamnya, semua ibu bisa mengakses layanan ini karena berbasis SMS. Mudah sekali. Hanya sekali daftar, dan kemudian tiap minggu kita akan mendapatkan informasi yang akurat mengenai kehamilan, proses kelahiran, masa nifas hingga menyusui langsung ke telepon genggam kita. 

Latar Belakang Hadirnya SMSBunda

Tahukah kita mengapa Jhpiego yang merupakan affiliate dari John Hopkins University dan didirikan sejak 1973 serta telah tersebar di sekitar 50 negara ini mengembangkan SMSBunda di Indonesia? Pertama, menurut data yang ada ternyata Indonesia memiliki tingkat kematian ibu tertinggi di Asia Tenggara. Selain kematian ibu, kematian bayi baru lahir di Indonesia juga sangat tinggi, yaitu sekitar 60 persen dari keseluruhan kematian bayi di bawah satu tahun.

Latar Belakang SMSBunda
Seharusnya angka tersebut bisa ditekan melalui penanganan yang tepat selama kehamilan, persalinan dan pasca melahirkan. Namun sayangnya masih banyak ibu hamil di Indonesia yang tidak memeriksakan kesehatannya dan janin saat hamil, apalagi jika dirasa tidak ada permasalahan yang rumit dihadapi sepanjang kehamilan. Padahal dari data yang ada pula, hanya ada 53 persen dari para ibu yang rutin memeriksakan kehamilannya tiap bulan ke fasilitas kesehatan, yang mendapatkan informasi akurat mengenai tanda-tanda komplikasi pada kehamilannya. Itu berarti masih ada sekian  persen yang meskipun sudah rajin mengunjungi dokter kandungan atau bidan, namun belum mendapatkan informasi yang tepat.



Adapun penyebab kematian ibu pun sangat beragam, beberapanya antara lain karena hipertensi, pendarahan, infeksi, gangguan sistem peredaran darah, hingga karena pelayanan yang terlalu lama dari pihak fasilitas kesehatan. Sedangkan untuk kematian bayi baru lahir sendiri bisa disebabkan karena kelainan kongenital, proses persalinan yang terlalu lama dan masih banyak lagi.







Selain karena alasan tersebut di atas, alasan yang kedua diluncurkannya SMSBunda adalah layanan ini mudah diakses oleh siapapun. Bisa saja layanan seperti ini dibuat aplikasinya dalam sistem Android atau iOS, namun nantinya layanan ini  tidak akan bisa menjangkau semua kalangan. Menurut fakta yang ada masih banyak orang Indonesia yang belum memaksimalkan penggunaan smartphone mereka, dan masih banyak yang bersentuhan dengan SMS. Oleh karena itulah layanan ini diluncurkan berbasis SMS. Selain itu dengan menggunakan SMS biaya bisa ditekan semaksimal mungkin, hingga tidak memerlukan kuota ataupun pulsa untuk mengaksesnya.

Melalui layanan ini diharapkan para ibu hamil akan semakin aware terhadap kondisi kehamilannya. Pengetahuan ibu mengenai kesehatan saat hamil dan paska kehamilan akan meningkat, bisa mengetahui tanda-tanda bahaya saat hamil sehingga dapat mencari pertolongan tepat waktu, juga sebagai pengingat kunjungan bagi ibu, bayi dan kapan saatnya untuk melakukan imunisasi.

Ternyata sambutan para ibu akan adanya SMSBunda ini sungguh luar biasa, sampai hari ini saja layanan ini sudah digunakan di 269 kabupaten dan kota di Indonesia. Bahkan rata-rata dari pemakai SMSBunda telah memberikan feedback positif, antaranya mereka menyukai pesan-pesan yang berisi informasi mengenai neonatal care, tanda bahaya, persiapan kelahiran dan kehamilan beresiko tinggi. Beberapa dari pengguna juga memberikan masukan agar pesan bisa dikirim setiap hari. Berhubung dikirim melalui SMS, semua pengguna SMSBunda pun langsung membuka pesan sesaat setelah diterima.


Cara Daftar SMSBunda

Beruntung saat aku masih hamil muda, aku langsung mendapat informasi mengenai SMSBunda ini, langsung deh aku daftar biar bisa mendapat informasi mengenai kehamilan secara berkelanjutan. Oya, SMSBunda ini akan terus memberikan kita pesan berisi informasi-informasi yang bermanfaat sejak kita mendaftar hingga nanti anak kita berusia dua tahun lo. Jadi baik ibu yang kini sedang hamil ataupun masih dalam fase menyusui bayinya, boleh banget lo mendaftar layanan ini.

Begini nih contoh beberapa pesan SMSBunda yang aku terima;





Menarik kan? Mau tahu cara daftarnya? Gampil banget kok. Cukup dengan mengetik SMSBunda kirim 08118 469 468, atau cara lain yang lebih simple yaitu dengan ketik REG (Spasi) Perkiraan Tgl Bersalin (Spasi) Kab/Kota , contoh REG 21/12/2016 SEMARANG , lalu kirim ke: 08118 469 468.

Setelah melakukan proses pendaftaran, nggak perlu menunggu lama nanti akan ada SMS masuk yang menyatakan bahwa kita telah terdaftar di SMSBunda. Setelah itu, tinggal tunggu saja pesan-pesan sayang nan informatif dari SMSBunda masuk ke telepon genggam kita. Jangan khawatir tentang keakuratan informasi dari SMSBunda, karena semua pesannya disusun oleh Direktorat Ibu, Direktorat Anak, Direktorat Gizi dan Pusat Promosi.

Proses SMSBunda

Bapak-bapak boleh juga lo mendaftarkan para istrinya, tandanya bapak siaga nih. Atau sedang tidak hamil tapi di sekitar lingkunganmu atau teman-temanmu banyak yang sedang hamil? Bisa lo kita mendaftarkan mereka dengan cara UNDANG (Spasi) No HP Teman (Spasi) Perkiraan Tgl Bersalin (Spasi) Kota/Kab. Contohnya; UNDANG 081325692121 05/02/2016 SEMARANG.

Bagi pengguna aktif sosial media, pantengin terus juga akun-akun sosial media dari SMSBunda. Di sana juga akan ada banyak informasi menarik dan bermanfaat mengenai ibu hamil dan perawatan anak.
Facebook: @SMSBunda
Twitter: @SMSBunda
Instagram: @SMSBunda
Website: www.smsbunda.or.id



Yuk, kita suarakan kabar baik ini ke seluruh penjuru Indonesia sehingga akan semakin banyak ibu/suami/keluarga yang mendaftar SMSbunda. Dengan membagikan informasi ini, setidaknya kita telah membantu program Kementerian Kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir hingga 25% lo. Semakin banyak ibu dan keluarga yang mendapatkan manfaat SMSbunda, maka diharapkan akan semakin banyak ibu, bayi dan anak yang sehat dan selamat. Salam sehat dan semangat selalu ya teman-teman!



12 comments:

  1. smsbunda emang bagus nih buat ibu muda kayak aku in, butuh info penting ttg kehamilan

    ReplyDelete
  2. Barakallah mba Marita atas kehamilannya, semoga sehat selamat sll ibu dan bayinya. Alhamdulillah yaa mba ada program sms bunda, jadi lebih teredukasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih mbak. Iya mbak alhamdulilah SMS Bunda membantu sekali

      Delete
  3. Pas banget nih mbak Marita waktu hamil ada smsbunda, daku ketinggalan hehehe semoga selalu sehat yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, memang hidup kalau pas2an enak kok.. hehe pas butuh info kesehatan, pas ada SMS Bunda :)

      Makasih mbak doanya. Aamiin.

      Delete
  4. Wuah, selamat ya mba. Sebentar lagi Ifa bakalan punya adik, sehat semua ibu dan bayi :) aamiin.

    ReplyDelete
  5. Wah selamat atas kehamilannya, mba. Sehat2 terus ya. SMS Bunda memang program yg bagus ya. Ibu hamil jadi ada ruang lebih untuk cari info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak.. iya mbak.. Alhamdulillah SMS Bunda membantu sekali :)

      Delete
  6. Sebagai orang yang pernah mengalami kematian janin dalam kandungan dan BO kayaknya SMS Bunda ini penting banget buat aku. Kalau udah hamil, aku mau ikutan juga ahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Membantu sekali. Tetap semangat dan semoga segera dikasih momongan ya mbak :) Aamiin.

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.