3 Langkah Scotch-Brite Mencuci Lebih Bersih dan Tahan Lama

  • Sunday, October 23, 2016
  • By Marita Ningtyas
  • 26 Comments



Hi, pals… bagaimana kabarmu dan kotamu?

Semarang seharian dihadang mendung gelap dan hujan deras nih, ditambah dengan kondisi badan yang sedang flu dan sakit gigi yang dari kemarin tidak kunjung menghilang, pengennya sih malas-malasan terus di tempat tidur.

Tapi semakin dibuat tiduran kok semakin nggak enak badannya, akhirnya aku ajak suami ke toko swalayan kesayangan untuk membeli beberapa kebutuhan rumah tangga yang sudah mulai menipis. Selain membeli susu untuk Ifa dan adiknya yang masih di dalam perut, serta mulai nyicil membeli perlengkapan baby yang kurang lebih satu setengah bulan lagi hadir ke dunia ini, aku ingat kalau perlengkapan tempur untuk mencuci alat makan dan masakku mulai menipis.  Segera kusambangi area pojok swalayan yang memang khusus menyediakan produk Scotch-Brite.

Belanja Scotch-Brite Dulu Ya..
Belanja Scotch-Brite Dulu Ya..

Weleh, kok Belinya Scotch-Brite Sih?

Itu kan produk mahal, kenapa nggak beli sabut yang dijual di warung atau di pasar aja sih? Harganya paling seribuan. Fungsinya juga sama buat nyuci, sama-sama bersih juga hasilnya.

Banyak teman dan saudara yang menegurku seperti itu kalau tahu aku belanja Scotch-Brite. Aku cuma tersenyum sambil menjawab “yakin, sama bersihnya dan awetnya?” Dari dulu aku tipe orang yang menomorsatukan kualitas. Mau harganya semurah apapun kalau kualitasnya nggak banget, ya nggak bakalan aku beli deh. Lebih baik mahal sedikit tapi bisa awet dan hasilnya lebih oke.

Apalagi sejak ikut event “Tantangan Bersih Scotch-Brite” beberapa bulan lalu di Pasar Bandarjo Ungaran, aku semakin yakin kalau sabut spons merk ini adalah produk yang terbaik. Kalau dibilang harganya mahal, berarti belum tahu ya kalau Scotch-Brite juga punya produk ekonomis dengan harga terjangkau? Produk ekonomisnya ini juga dijual di warung dan pasar-pasar, khusus diperuntukkan bagi kelas ekonomi menengah ke bawah.

Aku sendiri karena jarang ke pasar tidak begitu sering beli produk yang versi ekonomis tersebut. Namun apapun produknya, kalau yang diproduksi oleh Scotch-Brite dijamin pasti kualitasnya oke. Setidaknya ada tiga keunggulan yang dimiliki oleh sabut spons Scotch-Brite ini;

Keunggulan Sabut Spons Scotch Brite

  • 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama 
  • Sabut mengandung serat dan mineral berkualitas 
  • Sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran


Dengan keunggulannya tersebut tentunya wajar dong kalau harga sabut spons dari Scotch-Brite jauh lebih tinggi dibanding merk lain. Bahkan banyak sabut spons yang beredar di pasaran tanpa ada merk-nya, yang sekali dipakai mencuci, sabut dan sponsnya sudah saling terpisah. 

Beda dong dengan Scotch-Brite yang bisa awet sampai sebulan. Sebetulnya kalau mau dipakai lebih dari sebulan pun juga bisa lo, dari pengalamanku sabut sponsku masih bagus dan utuh bentuknya walaupun sudah dipakai selama sebulan. Tapi  demi kebersihan dan higienitas, disarankan untuk mengganti sabut spons minimal sebulan sekali ya, pals.

Memilih Produk Scotch Brite Sesuai Kebutuhan

Selama ini aku nggak begitu ngeh kalau jenis-jenis sabut spons Scotch-Brite itu beraneka rupa. Biasanya kalau persediaan sabut spons-ku habis, aku ya asal nyamber aja ambil yang sabutnya warna hijau. Berhubung tadi pagi belanjanya nyantai dan di luar swalayan juga hujan cukup deras, aku baru memperhatikan secara detil jenis-jenis produk sabut spons Scotch-Brite

Ada beberapa jenis sabut spons yang kutemui di swalayan tersebut; ada yang khusus untuk mencuci alat masak, ada yang khusus untuk mencuci botol minum, ada yang punya fungsi two in one, ada yang dibuat khusus untuk mencuci alat makan dan Teflon, ada yang khusus dipakai untuk mencuci barang-barang plastik dan alat makan anak. Komplit deh pokoknya. Aku sampai bingung sendiri mau milih yang mana. Akhirnya setelah menimbang-nimbang kebutuhanku di rumah, aku memutuskan untuk membeli dua jenis spons;  Sabut Spons Hijau (ID30) dan Sabut Spons Anti-Gores (ID37).

Kegunaan Sabut Spons Hijau Scotch Brite ID30


Nah, aku biasanya kalau beli sabut spons Scotch-Brite ya beli yang sabut spons hijau ini. Aku pakai untuk mencuci semua barang yang ada di dapur, ya alat makan, ya alat masak baik yang terbuat dari alumunium ataupun Teflon. Pokoknya semua aku cuci pakai si hijau ini. Baru tahu kalau ternyata sabut spons hijau Scotch-Brite khusus dipakai untuk mencuci alat masak.

Sabut Spons Anti Gores Scotch Brite ID37


Sedangkan sabut spons anti-gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket. Aku akhirnya beli yang warna sabutnya kuning. Untuk sabut spons anti-gores ini tersedia dalam berbagai warna sabut lo, ada yang pink, biru, dan kuning. Colorful banget kan? Bisa pilih warna kesukaanmu.

Pantesan aku sering lihat wadah penanak nasiku yang bahannya terbuat dari Teflon sering tergores setelah aku selesai mencucinya, ternyata karena aku salah pakai sabut spons sih. Mulai sekarang tobat deh, untuk nyuci yang bahannya dari Teflon dan alat-alat makan, aku akan pakai si kuning yang unyu-unyu.

Tips Mencuci dengan Scotch-Brite

Tadi di awal aku kan sudah cerita soal keunggulan sabut spons dari Scotch-Brite, salah satunya yaitu produk ini bisa mencuci 3x cepat bersih dan 3x tahan lama. Namun, ada tipsnya biar keunggulan tersebut benar-benar kamu rasakan manfaatnya, kamu harus mengikuti cara mencuci yang benar dengan menggunakan Scotch-Brite berikut ini.

Pertama, jangan lupa pisah-pisah dulu barang-barang yang akan dicuci agar mempermudah proses mencucinya. Kalau aku sih sukanya memisahkan antara piring dengan piring, gelas dengan gelas, sendok garpu dengan sendok garpu, dan alat-alat masak. Setelah tersusun dengan rapi, basahi sabut spons yang akan kamu gunakan dengan cairan pencuci piring. Aku punya wadah khusus untuk menaruh cairan ini, aku celupkan deh si sabut spons ke dalamnya hingga seluruh bagiannya basah.

Tips Mencuci dengan Scotch Brite 1


Kedua, angkat sabut spons dari dalam cairan pencuci piring. Lalu remas bagian spons-nya hingga menghasilkan banyak busa. Busa ini yang nantinya akan membantu proses mencuci lebih cepat bersih. Setelah busa cukup banyak, segera cuci alat-alat masak dan makanmu menggunakan bagian sabutnya. Nah, aku dulu juga nggak ngeh soal ini. Aku tahunya kalau nyuci ya pakai bagian spons-nya, ternyata yang benar justru pakai bagian sabutnya. Jangan lupa ya, untuk alat masak gunakan sabut spons warna hijau dan untuk mencuci Teflon serta alat makan, gunakan sabut spons anti gores.

Tips Mencuci dengan Scotch Brite 2


Ketiga, setelah semua barang selesai dicuci, bilas sabut spons dengan air bersih lalu peras hingga airnya tak bersisa dan kering. Lalu simpan sabut spons tersebut di tempat yang bersih dan kering. Sabut spons yang selalu direndam dalam cairan pencuci piring akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Kalau hal ini sering terjadi, sabut spons tidak akan membersihkan malah menjadi alat penyebar kuman dan bakteri pada alat-alat masak dan makan kita.

Tips Mencuci dengan Scotch Brite 3


Dengan melakukan tiga langkah mencuci yang benar tersebut, pasti sabut spons Scotch-Brite yang kamu punya dijamin 3x tahan lama dan mampu membersihkan 3x lebih cepat.

Berhubung bundanya lagi meriang, sakit gigi dan flu berat, ada yang siap menjadi asisten cuci piring nih di rumah. Kalau teman-teman punya cerita apa soal cuci piring? Jangan lupa bagi kisahnya di bagian komen ya, terima kasih. 

Ifa mencuci Piring
Bunda lagi Sakit, Aku Aja deh yang Cuci Piring :)


Sampai jumpa di postingan berikutnya, pals!







You Might Also Like

26 comments

  1. Aku juga suka scotch-brite. Awet

    ReplyDelete
  2. Aku pun lebih suka pakai scotch-brite, awetnya bikin senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. mahal dikit tapi lebih awet, jatuhnya sama saja daripada beli yang seribuan ya :)

      Delete
  3. Aku pun lebih suka pakai scotch-brite, awetnya bikin senang

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah pake merk ini sih tapi jadi tahu kualitasnya yg bagus, bisa dicoba beli pas belanja bulanan nati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya mbak? Wajib dicoba mbak.. kalau aku memang pengguna setia Scotch-Brite :)

      Delete
  5. Aku lho baru tahu sekarang kalo sabut Scotch Brite itu beda warna beda fungsinya. Aku sebelumnya cuma pake satu spons untuk semua. Dan aku kira, lucu-lucuan aja gitu spons warna-warni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... sama.. aku juga baru tahu kok. Dulu pakainya ya yang hijau itu untuk semua barang dapur :D

      Delete
  6. Wah si kakak rajin banget nyuci piring, tahu kalau bundanya lagi meriang ya hehehe.... Jempol buat kakak deh.... Btw aku juga pake scotch brite mbak, lebih awet, lebih bersih hasil cuciannya dan nyaman dipakai, lebih banyak busanya ketimbang spon2 lainnya... Tfs tips2nya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. Scotch Brite memang terpercaya. Sama-sama mbak, semoga bermanfaat :)

      Delete
  7. Jika audah soal cuci mencuci perangkat perang dapur udah pasrahkan aja sama si sekotbrait ini yang super handal ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak Tanty.. cukup percaya sama si Scotch Brite, semua langsung cling :)

      Delete
  8. wah... anaknya kecil-kecil udah pinter banget bantuin ibunya. Tapi emang pake scotch brite ini enak ya. Awet pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mbak, alhamdulillah... sambil main air :D
      Bener banget mbak Scotch Brite memang keren

      Delete
  9. aku dirumah juga pakai ini mbak, bersih banget suka sama tekturnya yang enak digenggam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak betul banget, empuk dan enak digenggam, nyuci jadi nyaman :)

      Delete
  10. Aku kenal scotchbrite dari jaman masih gadis, tante2ku pake itu semua, jadi aku niru mereka sih. Sampe sekarang aku pun pake scotchbrite

    ReplyDelete
  11. di rumah kami juga pake scoth brite ini Mba, sponnya awet banget deh :)

    ReplyDelete
  12. Saya pengguna setia scoth-brite, bahkan kalau sabut dirumah bukan scoth-brite besoknya saya pasti beli sabut scoth-brite. Bukannya korban merek, tapi memang enak buat cuci piring. Anak dan istriku juga suka pakai scoth-brite hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyakah pak?

      Tolong istrinya masih meriang, bisa dicucikan piring-piringnya :D

      Delete
  13. Sama saya juga pakai spons scoth brite dari dulu pe sekarang buat cuci piring ☺

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com