Rahasia Ngeblog Sederhana Ala Marita

  • Tuesday, September 26, 2017
  • By Marita Ningtyas
  • 5 Comments



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Wuidih, lama tak bersua, pals. Affan habis sakit semingguan yang lalu bahkan harus dirawat inap selama tiga hari di Rumah Sakit, lalu disusul dengan keriwehan jadi panitia acara wisuda kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional Semarang batch #4 sekaligus seminar bareng psikolog favorit, jadilah blog mulai penuh sarang laba-laba.. wew, bikin alasan lagi deh. Padahal nulis blog itu nggak butuh waktu lama lo.. asal NIAT! Nah kan…

Bersyukur gabung dengan Gandjel Rel karena bakal selalu diingatkan untuk rajin update blog. Apalagi sejak ada #ArisanBlogGandjelRel yang temanya dikocok per sepuluh hari, mau nggak mau kudu nulis, masa mau telat nyetor lagi kaya beberapa waktu lalu. Pusing euy dikejar-kejar mbak pijeh, berasa punya utang dikejar debt collector, wkwkkw.

Tema #ArisanBlogGandjelRel periode 11 kali ini nggak jauh-jauh sama urusan blogging, yaitu tentang aplikasi apa saja yang digunakan saat blogging. Tema ciamik ini presented by mbak Rahma dan si pengantin baru yang imyut-imyut tapi karyanya luar biasa yang tak lain; Nyi Penengah Dewanti. Wokay deh, sebelum disemprit pijeh arisan karena menuju deadline, ini daftar aplikasi yang sering kugunakan saat blogging.

Dari Sosial Media Hingga Aplikasi Video

Aku termasuk blogger konvensional yang hanya nyaman nulis pakai laptop (ini termasuk nyari alasan kenapa blognya suka jarang update, karena nunggu anak bisa ditinggal nulis kadang lebih susah daripada ditinggal nonton drakor…. ups), maka aplikasi yang terpasang di handphone biasanya cuma berfungsi untuk urusan sharing postingan blog aja. So, sederet aplikasi sosial media terpasang cantik di handphone; whatsapp, Facebook, instagram, path, telegram, line, twitter. Dulu bahkan ada linkedin dan Google + juga, tapi berhubung banyak nggak kebukanya akhirnya uninstall aja lah, menuh-menuhin memori.

Aplikasi SocMed di Hp Ku

By the way, itu aplikasi sosmed banyak banget buat gegayaan aja emang penting sih? Dua-duanya kali, hehe. Kebetulan punya teman beragam, ada yang cuma mainan instagram, ada yang cuma mainan path, ada juga yang mainan apa saja kek aku. Aslinya sih nyoba-nyoba doang, oh path begini, oh telegram enaknya ini, oh sharing lewat Line begini, kalau udah ya pilih yang cocok aja, selebihnya uninstall dan buka lewat browser biar nggak menuh-menuhin storage.

Sebenarnya hasil ngobrol sana-sini, kalau mau mendatangkan traffic yang unique, lebih bagus untuk tidak selalu sharing di sosial media. Jadi sesekali sharing postingan di sosial media perlu, tapi nggak harus semua postingan di share lewat sosial media. Namun selain buat urusan sharing, buat aku sosial media juga berfungsi buat menjalin silaturahmi antar blogger, tahu informasi postingan blog terbaru dari teman-teman sehingga mempermudah untuk blog walking, dapat informasi job dari pesanan artikel seharga remahan rengginang hingga job review yang Alhamdulillah bisa buat bayar langganan internet. Selain itu juga bisa buat personal branding bahwa “hey, I’m blogger!” Tapi ye kalau udah bikin branding begitu nggak pernah update ke laut aje… *jitak kepala sendiri… wkwkwkwk.

Oya dari hasil scrolling sosial media seringkali aku juga dapat ide buat nulis sih, meski akhirnya lebih sering menguap daripada diwujudkan dalam bentuk postingan. Gedubrak. Walaupun terkadang sudah ditulis dulu idenya di aplikasi note biar kalau sudah ada waktu eksekusi bisa ditulis, nyatanya yang ada aku nulis ide lain, hehe. Well, aku tipe yang kalau dapat ide harus segera dieksekusi biar feeling nya tetap dapat, kalau dieksekusi lain waktu, tulisannya mungkin jadi, tapi kadang hasilnya nggak serancak saat ide itu langsung tereksekusi. Nah, untuk mengakali biar ide tetap tercatat dengan baik, daripada sekedar nulis poin-poin di note, biasanya aku bikin dulu status di Facebook atau Instagram, saat udah ada waktu buat semedi di depan laptop baru deh bikin lebih panjang dan detail di blog, hehe.


Pics Art dan Video Show

Selain aplikasi sosial media, di handphone aku juga  menginstal Pics Art. Aku gunakan ini biasanya lebih untuk posting feed buat sosial media sih, jarang aku gunakan untuk pelengkap blog. Aku juga ada aplikasi Video Show untuk mengedit video atau membuat video dari beberapa foto yang kujadikan slide show. Biasanya kugunakan untuk diunggah di YouTube dan kemudian aku embed di postingan blog. Meski masih jarang banget bikin video… paling seneng bikin video kalau habis lihat Ifa pentas puncak tema atau ngerekam aktivitas Affan buat dokumentasi aja kalau nanti mereka udah gede, hehe.

Mengoptimalkan Aplikasi Bawaan Laptop Buat Bikin Infografis

Itu untuk urusan sharing, cari ide dan mencatat ide, kalau urusan mempercantik blog alias bikin infografis dan tetek bengeknya, aku lebih sering pakai bawaan Microsoft aja sih. Aplikasi pertama tentunya Microsoft Word buat ngetik tulisan, walau seringnya langsung ngetik aja di blogger. Berhubung pernah ada beberapa kasus dari teman blogger yang tetiba tulisannya hilang saat nulis di blog, sekarang aku mulai rajin nulis dulu di Word baru kupindahkan ke blogger saat siap buat diposting.

Resize Gampil Pakai Microsoft Office Picture Manager

Kalau untuk urusan mengubah ukuran foto atau gambar, aku seringnya pakai Microsoft Office Picture Manager. Aku gunakan aplikasi ini selain untuk membuat ukuran gambar agar lebih kecil sehingga saat diunggah ke blog tidak terlalu berat, aku juga pakai ini untuk cropping sederhana.

Pakai Paint buat Edit Ala Photoshop dengan Mudah

Kalau buat bikin screenshoot, dulu sih aku install aplikasi khusus di laptop, tapi habis diinstal ulang, suami belum instalin lagi aplikasi tersebut. Finally, aku sekarang manual aja kalau butuh screenshoot untuk postingan blog, klik Ctrl + C lalu paste ke aplikasi Paint. Kalau udah tinggal diedit, dikasih watermark dan pritilan lainnya pakai aplikasi ini. Kita juga bisa pilih mau disimpan dalam versi apa, apakah Jpeg, gif atau png. Aku juga pakai Paint untuk cropping yang lebih njlimet, meski masih belum bisa rapi. Maklum emak gaptek belum bisa Photoshop, hehe. Aslinya malas belajar aja sih.

Bikin Infografis Pakai Power Point

Selain Paint, aplikasi andalanku untuk bikin infografis yaitu Microsoft Power Point. Hehe… Sebelumnya aku pikir Power Point ini cuma buat presentasi doang, ternyata setelah coba utak-atik, hasil dari Power Point ini bisa disimpan dalam bentuk gambar, akhirnya keterusan deh bikin infografis sederhana pakai aplikasi ini.

At last but not least, browser adalah aplikasi yang wajib banget ada baik di laptop ataupun handphone. Selain buat eksekusi nulis, googling buat referensi tulisan paling enak ya pakai browser. Kalau lagi rajin dan pengen bikin infografis yang lebih njlimet dan cantik, biasanya aku juga cuzz pakai browser untuk buka editor online semacam Pic Monkey atau Canva. Buat cari gambar-gambar pendukung juga mau nggak mau pakai browser, entah itu cari di website khusus free images semacam Pixabay atau unduh langsung dari google images.  Browser andalanku sampai saat ini tetap Chrome, sempat pakai Mozilla tapi akhirnya balik lagi pakai Chrome. 

Cara Cepat Unduh Foto dari HP Pakai Google Photos

Oh ya, aku juga pemakai Google Photos, jadi handphone ku sudah aku sinkronkan dengan aplikasi ini. Per seminggu atau ketika butuh foto di handphone untuk digunakan di blog, aku tinggal unduh saja foto-foto tersebut lewat Google Photos. Meski memasang aplikasi email di handphone, tapi aku lebih mantap buka email lewat browser. Browser juga helpful banget buat buka Google Analytics, Google Web Master, sampai buat ceki-ceki DA/ PA yang seringnya belum naik-naik juga, wkwkkw.

Begitu deh, sebagai blogger wanna be yang masih ecek-ecek, aplikasi yang aku pakai pun nggak neka-neka. Kalau kalian suka pakai aplikasi apa buat blogging, pals?

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



You Might Also Like

5 comments

  1. Wah powerpoint buat bikin infografis? Baru tau ini aku mba..keren ah mmg mba marita...kpn2 aku coba ilmunya y

    ReplyDelete
  2. Microsoft Office Picture Manager juga sering aku pakai di laptop dan PC gampang banget soalnya hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku klo ada ide dan dicatat di notes pun biasanya pas mo ekseskusi malah nulis yg lain. Enaknya ya klo dpt ide emang langsung tulis biar dpt feelnya.

    ReplyDelete
  4. Wah....wajib dicoba nih yang Microsoft office manager.
    Aku ga pnh ngedit resolusi poto...huhu

    ReplyDelete
  5. Aku sejak netbook hilang 2014, males beli lagi, jadi ngeblog ya di tab dan hp aja, cuma terbatas gak bisa buat infografis dll. 😀

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com