5 Tempat Wisata di Pekanbaru Ini Wajib Dikunjungi

  • Thursday, February 01, 2018
  • By Marita Ningtyas
  • 3 Comments

5 Tempat Wisata di Pekanbaru Ini Wajib Dikunjungi

Pekanbaru merupakan ibu kota dan kota terbesar di Riau. Selain kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi dan kelapa sawit, Riau juga ternyata memiliki banyak tempat wisata menarik. Hmm, aku mupeng nih pengen ke Riau setelah tahu beberapa lokasi wisata indah tersebut, kalau kalian sama mupengnya denganku kah? Wah, sudah ada yang mau terbang ke sana? Eits, sebelum teman-teman pesan tiket pesawat promo ke Pekanbaru, sebaiknya baca and catat dulu deh daftar tempat wisata menarik di kota yang dijuluki Kota Madani tersebut. Ini nih daftarnya;

1. Riau Fantasi

Riau Fantasi
 Source : okezone

Tempat wisata satu ini dapat dikatakan sebagai tempat wisata yang paling populer di Riau. Riau Fantasi merupakan wahana air terbesar di Riau. Berlokasi di lahan seluas 6,5 hektar, wahana ini memiliki fasilitas lengkap berupa papan seluncur air, ember raksasa yang mampu menampung 3000 L air yang akan mengguyur pengunjung di bawahnya, juga kolam dengan berbagai kedalaman. Selain wahana air, di sini juga tersedia berbagai permainan lainnya seperti Kora Kora, Wave Blaster, Sky Tower, Speedy Coster, juga Family Singer.

Untuk masuk ke wahana ini, kita hanya perlu membayar Rp 60.000,00 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp 70.000,00 di akhir pekan. Cukup terjangkau lah ya dibandingkan lokasi wisata sejenis yang ada di Pulau Jawa.

2. Istana Siak Sri Indrapura

istana siak
Source : wisatalah

Istana Siak Sri Indrapura merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Siak di masa lalu, yang menjadi saksi perkembangan agama Islam di Riau. Dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin, istana yang arsitekturnya merupakan perpaduan gaya Eropa, Arab, dan Melayu ini masih megah berdiri hingga kini. Berbagai koleksi Kesultanan Siak berupa patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda, patung dari Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari pualam, juga gendang berusia 200 tahun dapat ditemukan di lantai satu istana. Di lantai dua, kita bisa melihat kamar sultan dan tamu kerajaan, berbagai koleksi senjata milik sultan, serta lukisan Napolen Bonaparte yang dikirim langsung dari Perancis. Untuk melihat dan menikmati keindahan istana ini, kita hanya perlu membayar tiket Rp3.000,00 saja lo.


3. Kebun Binatang Sang Kulim

Berwisata ke kebun binatang bersama keluarga bisa menjadi media pembelajaran bagi anak untuk mengenal aneka hewan di sekitarnya. Apalagi jarak Kebun Binatang Sang Kulim hanya 30 menit berkendara dari pusat kota. Di kebun binatang yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini, kita bisa menemukan berbagai koleksi hewan seperti monyet, ular, burung, landak, dan masih banyak lagi. Selain itu, buat yang kepengen merasakan sensasi naik ke punggung gajah, cukup sedia Rp10.000,00 dan kita bisa naik ke punggung gajah selama 10 menit. Oya, harga tiket masuk ke Kebun Binatang Sang Kulim hanya Rp20.000,00.

4. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur

Source : wisatasumatera

Masjid megah ini sering disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Hal tersebut dikarenakan arstektur bangunan yang merupakan campuran arsitektur Melayu, Arab, India, dan Turki. Di depan bangunan masjid terdapat sebuah kolam besar dan air mancur yang sekilas mirip dengan halaman depan Taj Mahal. Pada malam hari, cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolam akan membuat masjid ini tampak sangat cantik.

Masjid tiga lantai ini bisa menampung sekitar 4.500 jamaah. Selain berwisata religi, pengunjung juga bisa bersantai di sekitar halaman masjid sambil berselancar di dunia maya karena di kawasan ini disediakan WiFi gratis.

5. Wisata Belanja Pasar Bawah


Source : tribunews

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa berbelanja. Pasar yang juga menjadi ikon Kota Pekanbaru ini merupakan pasar tradisional tertua di Pekanbaru. Berbagai jenis keramik asli China, karpet asli Timur Tengah, juga berbagai barang elektronik bekas bisa Anda temukan di sini. Jangan lupa membeli oleh-oleh berupa lempuk durian, dodol kedondong, ikan salai, dan camilan khas Riau lainnya di pasar ini.

Selain tempat wisata di atas, masih banyak lokasi wisata lain di Pekanbaru yang tak kalah menarik. Namun tentunya tempat wisata tersebut tidak bisa kita kunjungi hanya dalam waktu 2-3 hari saja. Oleh sebab itu penting banget untuk mempersiapkan perjalanan kita dari jauh-jauh hari. Untuk urusan transportasi, kita bisa memesan tiket pesawat di online travel agent Airy untuk mendapatkan promo dan harga terbaik. Selain itu, Airy juga menyediakan hotel budget murah untuk akomodasi kita selama berada di kota tujuan loh. Hotel budget dari Airy juga dijamin dengan 7 fasilitas kenyamanan. Jadi pergi liburan nyaman tidak perlu mahal kan? Tunggu apa lagi, yuk bareng-bareng pergi berlibur ke Pekanbaru!




Author:

Menulis tidak hanya sekedar menjadi ajang eksistensi diri, namun terapi bagi diri untuk menjadi lebih sabar, lebih bijak, dan lebih memahami hidup. Lewat tulisan berharap bisa lebih bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Terima kasih telah membaca artikel berjudul 5 Tempat Wisata di Pekanbaru Ini Wajib Dikunjungi. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, atau menjadikan artikel ini sebagai referensi tulisan, mohon sertakan sumber link asli.

www.maritaningtyas.com

You Might Also Like

3 comments

  1. List dulu nih, siapa tahu bisa dapat kesempatan jalan-jalan ke Pekanbaru :D

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke sini sih, aku pingin ... tapi kapan ya? xD

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com