Full Time or Part Time Blogger? PIlih Mana ya?



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sebuah pilihan yang sulit jika pertanyaan tersebut diajukan kepadaku. Terkadang terbesit di dalam hatiku untuk menjadi full time blogger means benar-benar fokus hanya pada blogging, baik dari segi kreativitas ataupun sumber penghasilan.

Namun jika datang sebuah tawaran pesanan artikel yang nominalnya cukup menggiurkan, tergoda juga hati ini. Maklum sebagai blogger sekelas remahan rengginang, belum setiap bulan ada tawaran job yang mampir ke email. Sementara jujur aku masih merasa butuh uang saku untuk diri sendiri, meski hanya sekedar untuk beli gincu. Sebenarnya suami juga nggak menuntut aku untuk punya extra income sih, cuma sebagai seorang perempuan yang dididik untuk mandiri, rasa-rasanya harga diriku terasa tertindas kalau di dompet nggak ada selembar uang sama sekali.

Sebenarnya daripada jadi penulis konten buat web orang, lebih asyik nulis buat blog sendiri. Gaya bahasa lebih bebas, nggak banyak aturan dan pendapatannya pun jauh lebih besar. Kuncinya sih kalau mau jadi full time blogger memang aku kudu yakin dulu bahwa rezeki benar-benar sudah diatur sama Yang Maha Kuasa.

Selain itu, kadangkala aku masih nggak enak untuk menolak tawaran order artikel dari klien yang sudah lama kerja sama denganku. Karena aku tahu sekarang nyari penulis konten pun juga nggak mudah. Ya iyalah, lebih enak nulis buat blognya sendiri kan? Nulis konten itu enak kalau bayarannya glondongan, tapi kalau per biji ya benarnya nggak bisa dibilang banyak, hahaha.

Jadi kembali lagi ke pertanyaan utama, mau jadi full time or part time blogger, jujurly aku kok belum bisa jawab ya. Separuh hatiku benar-benar ingin fokus ngeblog, terus bikin blog baru lagi, belajar adsense, tapi separuh hati yang lain merasa belum siap. Meski sebenarnya setahun ini aku sudah nggak enjoy mengerjakan kontennya web orang. Banyak malas-malasannya. 

Teman-teman bisa membantuku kah? Enaknya jadi full time or part time blogger, terus alasannya apa? Cuzz tulis di kolom komentar yaaaa… yang kasih jawaban terbaik, akan ada hadiah menarik dariku! Ditunggu komentarnya, pals.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Post a Comment

0 Comments