Ini 3 Tempat Buka Puasa Favorit di Kotaku Harga Terjangkau, Nomor 3 Jadi Kesayangan!

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ketika ramadhan tiba, tempat-tempat makan setiap menjelang berbuka selalu dipenuhi oleh pengunjung. Tak jarang tempat-tempat yang biasanya tidak terlalu ramai pun jadi sasaran banyak orang karena tempat buka puasa favorit mereka sudah terlalu penuh. Memang ramadhan membawa rezeki tersendiri bagi para pemilik tempat makan ya. Apalagi ketika sudah memasuki cuti bersama, biasanya jadwal reuni pun mengular. Beberapa tempat makan bahkan menolak sistem booking, karena tanpa dibooking pun bakal tetap ada tamu yang datang.


Jujur aku dulu termasuk yang suka menghadiri acara-acara buka bersama. Entahlah semakin menua, duh nggak enak banget ya bahasanya… hmm, diganti gini aja deh kalimatnya… semakin dewasa, aku semakin mengurangi kumpul-kumpul semacam reuni dan sejenisnya. Why?

Satu, tempat makan di Indonesia kebanyakan masih sedikit yang menyediakan musholla dengan layak, bahkan sekalipun itu di mall atau di restoran besar. Musholla selalu diletakkan di tempat yang tak strategis, entah itu di basement, di dekat parkiran. Tak jarang lokasinya nylempit dan biasanya sak imit alias ruangannnya sempit. Padahal saat ramadhan, pengunjungnya bertambah berkali lipat di jam-jam buka puasa. Jadilah antre panjang di depan musholla.

Kedua, seringnya keasyikan ngobrol ngalor ngidul terus jadi skip tarawih deh. Alasannya, mumpung ketemu teman-teman lama, besok-besok belum tentu bisa ketemuan lagi. Padahal hari ini reuni sama teman SD, besok sama temen SMP, besoknya sama teman SMA, besoknya lagi sama temen kuliah, mungkin besoknya lagi sama temen kerja. Duh, terus bolong melulu dong tarawihnya. Kalau ramadhan ini ramadhan terakhir buat kita bagaimana? Eman kan? 
Ketiga, boros! Yup, makan di resto or tempat makan sejenis tentunya membutuhkan dana yang lebih dari biasanya ketika makan di rumah. So, sekarang ini aku lebih memilih sesekali aja lah makan di luar, kalau perlu cukup sekali selama bulan ramadhan. #EmakPerhitungan!

Kalau ditanya tempat buka puasa favorit di kota Semarang, jujur aku rada bingung. Favoritnya mengacu ke siapa nih. Kalau mengacu pada orang Semarang pada umumnya, aku kok ya bingung.. soalnya aku tuh mainnya kurang jauh, wkwk. Paling ke situ-situ saja, soalnya cari yang pas sama kantong. Jadi dari kaca mataku, ini 3 tempat buka puasa favorit dengan harga terjangkau di kotaku.

1. Warung Steak and Shake


Kalau pengen makan steak dengan harga terjangkau dan rasa yang tetep nikmat, plus sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, khususnya Jawa, Warung Steak jadi pilihan. Di Semarang ada banyak cabang Warung Steak, setahuku ada di Ngesrep, daerah deket Roemani, di Jalan Imam Bonjol deket Udinus, di daerah Sampangan dan satu lagi ada di arah mau ke Tlogosari. Emak-emak kagak ingat nama jalan ya begini deh.

Kalau zaman masih kuliah, Warung Steak yang jadi tujuan pastinya yang terletak di jalan Imam Bonjol. Tinggal jalan beberapa langkah dari kampus sudah langsung nyampe. Kalau sekarang favoritku dan keluarga yaitu Warung Steak yang ada di deket RS Roemani. Why? Masakannya kurasa-rasain lebih enak. Beda tangan kokinya kali ya. Pernah nyobain yang di Ngesrep, rasanya nggak seajib yang di deket Roemani.


Warung Steak ini jangankan bulan ramadhan, di bulan-bulan biasa aja selalu penuh. Denger-denger nih, pemiliknya seorang muslim taat, rajin sedekah, puasa dan sholat nggak pernah absen. That’s why warungnya pun semakin laris manis.

Menu favoritku kalau ke Warung Steak; steak dengan saus keju lumer yang hmm banget. Saus kejunya enak, gurih tapi nggak keasinan. Kalau lagi laper banget, biasanya aku pesan juga sepiring nasi putih, wkwk. Dasar orang Jawa, kalau belum ketemu nasi masih kurang nendang di perut.

2. Cowek Ireng


Tempat buka puasa favorit di kotaku yang memiliki menu-menu dengan harga terjangkau lainnya yaitu Cowek Ireng. Kalau lagi malas masak tapi nggak mau keluar duit banyak, larinya ke sini deh. Ada banyak menu pilihan, lele goreng, tempe goreng, ayam bakar, tumis kangkung, trancam dan segala jenis sambal. Favoritku sih udang lombok ijo, lele goreng, tumis kangkung dan… PETE!

Dulu itu aku nggak doyan pete lo, eh sekarang suka.. ternyata enak. Makan pete ama sambal korek aja udah nikmat banget lah. Cuma takutnya pas mo buang air kecil dan pas ngomong.. apalagi kalau di tempat umum, takut bikin orang lain terganggu.

Oya.. pastikan kalau mau buka puasa di sini, datanglah at least sejam sebelumnya biar nggak antre kelamaan.

3. Rumahku Surgaku


Dan buatku… nggak ada tempat yang lebih kusukai untuk berbuka puasa selain di rumah. Meski menunya sangat amat sederhana, bahkan mungkin itu lagi itu lagi, karena bisanya masak cuma itu itu aja. Tapi kebersamaan dengan suami dan anak, bisa bebas tanpa terikat waktu dan nggak perlu gantian ngejar-ngejar Affan jadi pertimbangan lainnya. Plus yang pasti… NGIRIT! Dikasih duit 100ribu bisa buat masak 3-5 hari, wkwk. Soalnya lauknya tempe tahu melulu…

Buat teman-teman di area Semarang, mau dong dibisikin tempat favorit buka puasanya di mana sih. Siapa tahu bisa jadi ide selanjutnya kalau pas malas masak. P.S, yang harganya ramah di kantong yeee.. Kalau yang mahal-mahal bukan kelasnya eike, soalnya eike mah anaknya sederhana gitu… hahahaha.

Sekian dulu cerita-cerita garingnya, eike mo masak buat buka dulu yee. Sampai jumpa besok!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Post a Comment

0 Comments