Inilah 9 Fakta tentang Mamiek Prakoso dan Didi Kempot yang Kalian Harus Tahu!

Inilah 9 Fakta tentang Mamiek Prakoso dan Didi Kempot yang Kalian Harus Tahu!

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Beberapa waktu lalu aku menyaksikan ajang pencarian bakat yang saat ini lagi trending dan happening, apalagi kalau bukan Indonesian Idol. Di Spekta Show Top 8, para finalis Indonesian Idol ini ditantang untuk menyanyikan lagu-lagu dengan genre dangdut ataupun campursari. Aku akui hampir semua finalis Indonesian Idol tahun ini memang luar biasa talentanya. Sampai bingung harus menjagokan yang mana.

Begitu juga saat Spekta Show Top 8 yang lalu, meski bukan ajang khusus lagu dangdut dan campursari, tapi mereka membawakan lagu-lagu dalam genre tersebut dengan luar biasa.Salah satunya Tiara yang malam itu menyanyikan lagu Pamer Bojo milik Didi Kempot. Tahu kan lagu tersebut? Itu lo yang sekarang terkenal dengan ‘cendol dawet’nya. Kalau belum tahu, cuzz deh lihat videonya dulu.


Asyik kan? Bikin badan jadi bergoyang-goyang. Ngomongin soal Didi Kempot, meski bukan fans fanatiknya, tapi lagu-lagu beliau memang easy listening banget sih. Sekali denger bisa langsung terngiang-ngiang berhari-hari. Aku dan suami sesekali suka sih mendengarkan lagu-lagunya, seperti Sewu Kutho, Cidro, Ambyar, Banyu Langit, Kowe Mlayu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harus diakui lirik dalam lagu-lagu Didi Kempot tersebut sangat dalam dan menyentuh hati. Pantas saja jika banyak orang yang sedang patah hati semakin ambyar mendengar lagu-lagu beliau. Karena kepiawaian beliau dalam membuat lagu-lagu yang mewakili generasi ambyar, Didi Kempot sampai mendapat julukan sebagai The Godfather of Broken Heart atau The Lord of Broken Heart. Mantaaap jeewaa! 

Didi Kempot the Lord of Broken Heart

Btw, sudah tahukah, pals… kalau mendiang pelawak sekaligus anggota Srimulat, Mamiek Prakoso adalah satu di antara sosok di balik kesuksesan Didi Kempot?

9 Fakta Kehidupan Didi Kempot dan Mamiek Prakoso

hubungan antara mamiek prakoso dan didi kempot

Hmmm… karena kulihat masih banyak yang keningnya berkerut saat kuinformasikan tentang hubungan Mamiek Prakoso dan Didi Kempot, aku mau berbagi 9 fakta terkait duo seniman hebat tersebut.

1. Mamiek Kakak Kandung Didi Kempot

mamiek prakoso kakak kandung didi kempot

Buat yang belum tahu, aku bisikin nih ya. Mamiek Prakoso merupakan kakak kandung dari Didi Kempot. Nggak hanya seorang kakak, bagi Didi, Mamiek juga merupakan teman sejatinya. Coba deh dilihat foto keduanya, mirip kan?

2. Jarak Usia Mamiek dan Didi adalah 5 Tahun


Kalau kata anak muda zaman now, Mamiek dan Didi bisa disebut sebagai brother goal. Alias pasangan kakak adik yang idaman banget. Jarak usia 5 tahun di antara mereka bisa jadi salah satu alasannya. Kata orang-orang sih, 5 tahun adalah jarak paling pas untuk kakak beradik. Kakaknya sudah nggak terlalu kecil dan bisa momong adiknya. Makanya anak-anakku juga kuikhtiarkan berjarak 5 tahun, meski masih suka rebutan dan berantem juga sih, hehe. Semoga nanti besarnya bisa akur kaya Mamiek dan Didi ya… aamiin.

3. Bakat Seni Mamiek dan Didi Diturunkan dari Sang Ayah


Sejak kecil Mamiek dan Didi telah diajarkan untuk mencintai dan berkarya lewat seni oleh ayah mereka, Ranto Edi Gudel. Sering disebut juga dengan Mbah Ranto. Profesi ayah Mamiek dan Didi adalah pemain ketoprak.

Baik Mamiek dan Didi sering menonton saat ayah mereka pentas, melawak, bermain musik, hingga membuat lagu. Didi Kempot pernah meyampaikan cerita masa kecilnya kalau dirinya dan sang kakak, Mamiek, biasa duduk di dekat tempat alat musik gamelan. Sambil menghabiskan waktu dengan main bersama Mamiek, mata Didi tak pernah lepas memperhatikan ayahnya yang sedang berlatih ataupun pentas. 

4. Mamiek dan Didi Khitan Bareng


Mbak Ranto tak pernah membeda-bedakan kedua anaknya. Bahkan beliau sering membagikan wejangan dan petuah kepada Didi Kempot dan Mamiek Prakoso mengenai dunia seni. Saking dekatnya Didi dan Mamiek, khitan pun mereka dibarengkan. 

5. Awal Kesuksesan Didi Kempot karena Mamiek


Sebagai kakak, tentu saja dukungan Mamiek terhadap Didi Kempot tak main-main. Salah satu bentuk dukungannya yaitu pemain Srimulat tersebut pernah menemani Didi untuk bertemu dengan orang Suriname. Pertemuan ini yang kemudian Didi berhasil menggelar konser di luar negeri untuk pertama kali.

6. Mamiek dan Didi Memilih Jalur Seni Berbeda


Tak bisa dipungkiri pengaruh sang ayahanda dalam kehidupan Didi dan Mamiek yang membentuk mereka hingga menjadi seniman. Bedanya, Mamiek memilih untuk berkarya sebagai seniman pentas. Sedangkan Didi memilih karir seninya di bidan musik. Meskipun jalur seni yang mereka pilih berbeda, Mamiek dan Didi tetap saling mendukung satu sama lain. 

7. Mamiek; Pendengar, Penggemar sekaligus Kritikus Pertama Lagu-lagu Didi Kempot


Diungkapkan oleh Didi Kempot, Mamiek sering memberikan penilaian untuk lagu-lagunya. Tidak hanya memberikan kritikan, Mamiek Prakoso, kakak Didi Kempot juga penggemar berat karya-karya yang dibuatnya. Contoh, ketika Didi memutarkan lagu ‘Pantai Klayar’ di depan Mamiek. Sang kakak waktu itu langsung merespon bahwa lagu tersebut bagus dan bakalan sukses. 


Gimana sependapat nggak sama Mamiek kalau lagu tersebut bagus, pals? Didi juga mengatakan kalau Mamiek selalu memuji dirinya dan mengatakan lagunya bagus. Mamiek tak pernah berhenti memberikan dukungan kepada sang adik, bahkan saat mereka sudah sama-sama menua. Bener-bener brothers goal banget kan, pals?

8. Mamiek, Sosok Penting dalam Kehidupan Didi


Buat Didi, Mamiek adalah salah satu sosok penting dalam hidupnya. Didi mengenang Mamiek sebagai sosok yang sangat peduli dengan orang lain, apalagi dengan adiknya sendiri. Didi Kempot bercerita saat mereka masih kecil, Mamiek sering mengalah dan memberikan lauk untuk adiknya. Bahkan sebelum Mamiek meninggal, beliau masih sempat menyampaikan pesan khusus untuk adi tercintanya. Didi waktu itu dengan setia duduk di samping Mamiek. Tanggal 3 Agustus 2014, sekitar jam 08.00, Didi sengaja menemani kakaknya. Mamiek berpesan bahwa Didi harus terus berkarya karena masih punya peluang yang sangat besar. Pesan tersebut yang terus dipegangnya hingga sekarang. 

9. Wasiat Terakhir Mamiek untuk Didi Kempot


Tepat pukul 14.00 WIB pada hari Minggu, 3 Agustus 2014, Mamiek dinyatakan meninggal dunia. Beliau meninggalkan 3 orang istri dan juga 5 orang anak. Selain berpesan agar Didi tetap berkarya, Mamiek juga meminta Didi untuk mengawasi anak-anaknya. “Sebab saat anak kecil menghadapi air, ada yang berbahaya. Terkadang ada yang tenang, dan terkadang ada yang seperti ombak besar di lautan,”ujar Didi Kempot mengenang wejangan sang kakak. Selain itu Mamiek juga ingin adiknya menjadi manusia yang selalu baik. Wasiat-wasiat terakhir tersebut selalu diingat dan dipegang Didi dalam menjalani kehidupannya.

Didi Kempot Menjadi Brand Ambassador Baru Shopee Indonesia

5 tahun telah berlalu, sebagaimana pesan terakhir dari sang kakak, Didi Kempot terus melanjutkan berkarya di dunia hiburan. Tak hanya mencipta lagu-lagu yang fenomenal, Didi Kempot dianggap sebagai musisi yang telah mengubah citra campursari dari lagu kelas bawah menjadi lagu-lagu yang pantas dinikmati oleh semua kalangan.

Dengan segala prestasinya di dunia hiburan, Shopee Indonesia pada Desember 2019 lalu, resmi mengangkat Didi Kempot sebagai brand ambassador-nya. Eh bukan ambassador tepatnya pals… tapi, brand ambyarssador! Wah, Didi Kempot bakalan mengambyarkan Shoppee gila-gilaan!


Sebagai brand ambyarssador Shopee terbaru, Didi Kempot menjadi corong bagi kampanye diskon 2.2 Men Sale di Shopee yang berlangsung selama bulan Januari hingga Februari 2020. Ada apa ya di event Men Sale tersebut?

Pertama, ada promo diskon hingga 50%.
Kedua, ada promo gratis ongkir.
Ketiga, ada pula promo spesial untuk produk-produk pria pilihannya, sebut saja Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan pastinya masih banyak lagi.


Well, denger kata promo dan diskon bikin aku nggak sabar untuk segera meluncur ke Shopee. Yuk cuzzz barengan, pals… mumpung ada promo spesial yang pastinya nggak bakal bikin rekening kita ambyar! Happy shopping, dan sampai jumpa di cerita-ceritaku berikutnya.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

2 comments

  1. Astaga ... seriusan aku baru tahu kalau mereka saudara kandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang baru ngeh. Aku udah tahu cukup lama sih, sebelum Mamiek meninggal.

      Delete

Post a Comment

Follow by Email