MaritaPalace

Mimika Sport Complex; Bukti Cinta Freeport Indonesia untuk Papua dan Indonesia

Mimika Sport Complex; Bukti Cinta Freeport Indonesia untuk Papua dan Indonesia


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa yang terlintas di pikiran teman-teman saat mendengar kata Papua? Kalau aku jadi ingat pelajaran Geografi zaman sekolah dulu. Ada sebuah wilayah di Papua bernama Tembagapura, yang merupakan penghasil tembaga. Kenapa hafal sampai sekarang? Karena nama wilayah dan produk tambang yang dihasilkan hampir sama, hehe. Sepele banget ya? Begitulah caraku menghafalkan dulu kala.

Ngobrolin tambang tembaga di Papua, tentu saja tak bisa dilepaskan dari PT Freeport Indonesia (PTFI). Perusahaan tambang terbesar yang terkenal dengan grassberg-nya. Merupakan sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum). PTFI menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak. Beroperasi di daerah dataran tinggi Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Freeport Indonesia juga memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak ke seluruh penjuru dunia.

Kontribusi Freeport Indonesia untuk Papua


Kali ini aku tak sedang ingin membahas tentang PTFI dan segala hasil tambangnya, namun aku ingin mengajak teman-teman menengok tentang kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang dijalankan oleh salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini. 

peta CSR PTFI - sumber: web official PTFI
peta CSR PTFI - sumber: web official PTFI

Bahkan saking banyaknya kontribusi Freeport untuk masyarakat Indonesia, khususnya Papua, Freeport Indonesia berhasil meraih tiga penghargaan Top CSR Award 2018 yang diselenggarakan oleh Business News Indonesia; Top Leader on CSR Commitment 2018, Top CSR 2018 untuk Sektor Pertambangan, dan Top CSR 2018 untuk Program Infrastruktur.

Tak hanya itu, pada 2019 PTFI berhasil menyabet IMA Awards 2019 untuk kategori kontribusi terbesar kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan kategori perusahaan yang melakukan Program Pengembangan Masyarakat terbaik.


Klinik Kesehatan Terapung PTFI
Klinik Kesehatan Terapung, sumber: instagram Freeport Indonesia

Mengintip dari website official PTFI, aku jadi tahu bahwa ada 4 bidang yang menjadi fokus CSR perusahaan ini, yaitu: bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pengembangan ekonomi dan bidang pengembangan infrastruktur. Di bidang kesehatan, salah satu bentuk kontribusi Freeport Indonesia adalah dengan menghadirkan klinik terapung. 


csr pendidikan PTFI
Salah satu CSR PTFI di bidang pendidikan, sumber: instagram official PTFI

Sementara di bidang pendidikan, PTFI telah memberikan sumbangsih bagi negeri berupa belasan ribu beasiswa kepada putra-putri Papua, dari jenjang sekolah dasar, menengah, lanjutan hingga perguruan tinggi. Sudah banyak sekali putra-putri Papua yang merasakan nikmatnya pendidikan berkat PTFI. 


CSR Program Perikanan, sumber: Instagram Official PTFI
CSR Program Perikanan, sumber: Instagram Official PTFI

CSR Program Pertanian, sumber: Instagram Official PTFI
CSR Program Pertanian, sumber: Instagram Official PTFI

Di bidang pengembangan ekonomi, Freeport Indonesia mengembangkan beberapa program untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat serta dipadukan dengan kearifan lokal setempat. Beberapa program yang dijalankan itu antara lain program perikanan tangkap, program perternakan di Desa Wangirja (SP IX) dan Desa Utikini Baru (SP XII), dan program Wanatani Kopi dan Hortikultur di dataran tinggi Amungme.

CSR bidang infrastruktur, pic credit by Web Official PTFI
CSR bidang infrastruktur, pic credit by Web Official PTFI

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mimika juga berkembang dengan pesat atas bantuan PTFI. Bukan hanya sekedar untuk menunjang proses penambangan, Freeport Indonesia ikut serta dalam pembangunan infrastruktur dasar di Kabupaten Mimika agar bisa memberikan dampak bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat lokal. Diharapkan dengan pembangunan infrastruktur yang memadai, kebutuhan dasar masyarakat akan kesehatan, pendidikan dan ekonomi bisa berkembang pesat.

Salah satu infrastruktur yang membuat banyak mata di seluruh penjuru Indonesia terbelalak adalah dibangunnya Mimika Sport Complex (MSC). Sebuah gedung olahraga terbesar di Mimika yang didirikan di atas area seluas 12,5 hektar.

kerennya Mimika Sport Complex, sumber: official instagram PTFI
kerennya Mimika Sport Complex, sumber: official instagram PTFI

Fasilitas Mimika Sport Complex


Dari berbagai sumber yang kubaca, Freeport Indonesia menghabiskan 33 juta dolar AS atau sekitar Rp 462 miliar untuk membangun pusat olahraga yang besar nan megah tersebut.

Peran serta PTFI dalam pembangunan Mimika Sport Complex (MSC) ini tak main-main. Hal ini merupakan bentuk dukungan PTFI kepada Kabupaten Mimika, Papua. Selain untuk menunjang perkembangan olahraga di Mimika, MSC yang mulai dibangun sejak 2013 hingga 2016 ini juga dipersiapkan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Rencananya di Mimika akan berlangsung sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik, futsal, basket, golf, biliar, judo, tenis meja serta penyisihan sepak bola putra, dan panjat tebing. MSC ini memiliki desain yang sangat mewah dan fasilitasnya super komplit, dengan standar internasional. Mau tahu apa saja fasilitasnya? Yuk, intip videonya dulu.



Keren ya, pals? Untuk melengkapi video di atas, aku bisikin nih fasilitas-fasilitas yang dimiliki gedung olahraga keren di Kabupaten Mimika ini:

Stadion Indoor

Megahnya Mimika Sport Complex, pic credit by kompas
Megahnya Mimika Sport Complex, pic credit by kompas

Stadion ini bisa digunakan untuk pelaksanaan cabang olahraga basket, voli dan badminton. Memiliki tribun penonton yang bisa menampung hingga 5.500 orang serta 75 kursi VIP.Mantap ya!

Stadion Outdoor


Tak kalah dengan stadion indoor, fasilitas yang ada di stadion outdoor juga berkualitas wahid. Bisa digunakan untuk berbagai cabang olahraga atletik. 

Stadion luar ruangan MSC ini memiliki tribun yang bisa menampung hingga 3.500 penonton. Di tribun barat terdapat 2.100 kursi penonton dan 104 kursi VIP. Sementara di tribun timur terdapat 1.300 kursi penonton dan 56 kursi VIP. 


Rumput dari Swiss di Mimika Sport Complex, pic credit by Liputan 6
Rumput dari Swiss di Mimika Sport Complex, pic credit by Liputan 6

Tak hanya itu, lapangan yang ada di stadion ini memiliki rumput berkualitas internasional yang khusus didatangkan dari Swiss. Ada pula lintasan lari sepanjang 400 meter yang materialnya menggunakan bahan khusus yang didatangkan dari Jerman. 

Di sisi lapangan lainnya, bisa kita temukan area untuk cabang olahraga atletik lainnya, seperti lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru, lompat jauh, lompat galah, dan sebagainya. 

Di bagian belakang stadion ini juga terdapat lintasan lari sepanjang 150 meter yang dapat digunakan atlet untuk berlatih dan pemanasan sebelum bertanding. Wah, kelas internasional banget ya!


Lintasan Lari Mimika Sport Complex, pic credit by Liputan 6
Lintasan Lari Mimika Sport Complex, pic credit by Liputan 6

Tak hanya memiliki dua fasilitas utama di atas, beberapa fasilitas penunjang lainnya pun tak kalah keren, yaitu:

  • Ruang Fitnes
  • Kantor
  • Ruang Tindakan Medis
  • Kantin
  • Retail Store
  • Toilet
  • Daya Listrik sebesar 197 KVA dari PLN. 
  • Mesin diesel dengan kekuatan 80 KVA.
  • Parkiran yang dapat menampung 500 kendaraan
  • Ampiteater yang bisa digunakan untuk gathering
  • Asrama dan ruang makan yang dapat menampung 100 atlet dan official

MSC memang sementara masih tertutup untuk umum, namun para atlet sudah mulai berlatih di sana. Pada 22-28 November 2019 yang lalu juga telah berlangsung kejuaran daerah tinju amatir se-Papua di stadion indoor MSC. Kejurda tersebut diikuti oleh 26 kapubaten/ kota di seluruh Papua.


menyambut PON 2020 di Papua, pic credit by industry.co.id
menyambut PON 2020 di Papua, pic credit by industry.co.id

Jadi nggak sabar pengen segera menyaksikan PON 2020 nih (meski hanya lewat TV). Oh ya, MSC ini nantinya dalam penyelenggaraan PON akan digunakan untuk melaksanakan pertandingan cabang olahraga basket dan atletik. Peralatan olahraga yang akan digunakan pada PON juga sudah telah disiapkan.

Sampai saat ini seluruh fasilitas Mimika Sport Centre tersebut masih dalam penanganan dan perawatan PT Freeport Indonesia melalui General Construction and Special Project (GCSP).

Nggak bisa kupungkiri ada rasa bangga dan haru melihat sebuah gedung olahraga yang besar dan megah di Mimika, Papua. Berkat cinta Freeport Indonesia kepada Papua dan negeri ini, infrastruktur untuk meningkatkan bidang olahraga ini bisa terbangun dengan baik. Semoga kehadiran MSC mampu mengembangkan talenta-talenta di bidang olahraga dari Papua. Aamiin.


Mimika Sport Complex, Bukti Cinta Freeport Indonesia, credit pic by Liputan 6
Mimika Sport Complex, Bukti Cinta Freeport Indonesia, credit pic by Liputan 6

Hal ini kemudian membuatku merenung, apa ya yang sudah kupersembahkan untuk negeri tercinta ini? Semoga lewat rangkaian aksara, aku juga bisa membuktikan rasa cintaku pada Indonesia, sebagaimana PTFI membuktikan cintanya pada Papua dan Indonesia lewat aksi-aksi CSR-nya.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Referensi:

  • Website Official PTFI
  • Akun Instagram Official PTFI
  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/3621717/intip-mewahnya-mimika-sport-complex-yang-dibangun-freeport
  • https://sport.bisnis.com/read/20181118/59/861077/pon-2020-mimika-sport-center-telah-siap-digunakan
  • https://regional.kompas.com/read/2019/06/18/17384501/mengintip-mimika-sport-complex-venue-pon-xx-di-papua-senilai-rp-468-miliar?page=all
  • https://www.industry.co.id/read/53712/pt-freeport-dukung-rp-462-miliar-terkait-periapakan-pon-2020-papua
  • https://www.beritasatu.com/ekonomi/517592/tiga-program-csr-freeport-diganjar-penghargaan



Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

30 comments

  1. Terlepas dari pro dan kontra Freeport, kita patut bangga di Papua skrg ada sport complex yg megah dan mewah. Harapannya fasilitas ini gak cuma digunakan untuk sport event skala nasional tapi juga utk event internasional.

    Di dukung lagi dgn potensi wisata Papua yg mumpuni, aku sih optimis Papua bakal lebih dikenal dlm bberapa tahun ke depan.

    ReplyDelete
  2. Ternyata setelah membaca ini saya baru tau daerah penghasil emas besar di dunia ini mendukung dan selalu memberikan kepada masyarakat papua yang tinggal dengan penambang emas. saya sangat kagum

    ReplyDelete
  3. Sebagai orang yang lahir dan besar di Papua saya merasa tertinggal banget nih, baru tahu ternyata di Papua ada lapangan olahraga yang besar dan megah seperti MSC ini. Keren deh, jadi gak sabar juga nih pengen menyaksikan di layar TV PON 2020 yang akan berlangsung di sana.

    ReplyDelete
  4. Waw.. memang byk banget kontribusinya ya..bapak temenku dulu di situ juga mbk. Semoga makin maju dan makin berkah buat negeri tercinta

    ReplyDelete
  5. Banyak juga kontribusi freeport ya ke masyarakat sekitar... semoga kontribusinya bermanfaat buat masyarakat sekitar dan sebanding dengan apa yang dihasillkan

    ReplyDelete
  6. Dulu itu terkenalnya Irian jaya dengan burung khas cendrawasih ya, Mbak hehehe. Kebetulan teman saya ada orang Papua juga. Dan setelah itu, Papua ya langsung ingatnya Freeport.
    Jelas ini suatu kemajuan ya, Mbak. Karena setahu saya, abru kali ini Papua jadi tuan rumah PON. Ini menandakan Papua semakin maju dan berkembang. Keren sekali stadionnya.

    ReplyDelete
  7. Wahh megah banget yaa.. memang kita harus menilik lebih dari satu sudut pandang sih yaa

    ReplyDelete
  8. Oh ternyata PON 2020 tahun ini mau diadakan di papua. Bravo, diadakan di timur indonesia dengan fasilitas yang aduhai nih. Benar CSR freeport yang satu ini patut diacungi jempol.

    ReplyDelete
  9. Asyiknya ada Sport Complex di Mimika.
    Salah satu bentuk kontribusi positif PT Freeport Indonesia, bagi masyarakat Mimika khususnya.
    Tentu juga meluas bagi masyarakat Papua, serta Indonesia.

    ReplyDelete
  10. PON 2020 do Mimika ternyata turut didukung oleh Freeport ya.

    Tanpa banyak yang tahu, ternyata Freeport ikut serta dalam membangun Papua.

    ReplyDelete
  11. Wah keren ya di Mimika ternyata ada Sport Complex yang luas banget dengan fasilitas lengkap pula... Pt. Freeport Indonesia nggak tanggung-tanggung nih CSR nya

    ReplyDelete
  12. Wih, aku baru tau kalo PON 2020 bakalan di Papua. Alhamdulillah udah punya stadion ya hasil CSR nya Freeport. Ga sabar ngeliat keseruannya

    ReplyDelete
  13. Bersama freeport Papua semakin tampak maju ya Mbak. Keren juga freeport dalam membersamai Papua.

    ReplyDelete
  14. Kita semua berharap smoga negara kita maju dan dan berkembang ya kak. Baik melalui freeport ataupun hal lainnya..

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat dlu mantan bosku di radio adalah orang Freeport. 6 bulan sekali beliau terbang ke Yogya utk kontrol perkembangan stasiun radio yg dibangunnya.
    Tak bisa dimungkiri, Freeport memang memberikan sesuatu utk Indonesia, termasuk para karyawannya & masyarakat di sekitarnya, meskipun mungkin tetap ada kontra terkait sumber daya alam yg kabarnya tereksploitasi. Entahlah.
    Semoga ke depannya Freeport semakin memberikan sumbangsih terbaik utk negeri kita.

    ReplyDelete
  16. Wah, Papua punya stadion yang keren juga rupanya ya. Ngomong-ngomong tentang Freeport. Perusahaan ini (dan perusahaan sejenis yang juga banyak tersebar di wilayah Indonesia), memang secara tak langsung memberi cukup banyak kontribusi sih menurutku bagi penduduk sekitarnya. Tapi ya begitulah, pro dan kontra terkait sumber daya alam memang tak akan ada habisnya

    ReplyDelete
  17. kalau denger freeport terakhir membaca berita mengenai kepemilikan yang 51% di Indonesia, malah sy berharap nanti jadi milik Indonesia sepenuhnya hehe. Keren tp nih Mimika Sport, baru tau banget dari postingan ini

    ReplyDelete
  18. Ternyata papua sekeren ini, Mimika sport luas banget dengan 9 cabang olahraganya

    ReplyDelete
  19. Semoga dg kontribusi banyak fihak termasuk Freeport ini, kesejahteraan di Papua benar2 terwujud sesuai harapan ya mba..

    ReplyDelete
  20. Loh ku baru tahu loh ternyata PON 2020 tahun ini diadakan di Mimika ya. Wah keren sangat Pemerintah Indonesia.. Pastinya terangkat juga wisata-wisata lokal, kuliner lokal, dan kearifan lokal. Mau banget nih bisa jalan-jalan sampai Mimika..

    ReplyDelete
  21. Mari kita sambut PON yang sebentar lagi.
    Freeport emang top dan kece ya Mba Marita.
    Kontribusinya udah nggak perlu kita ragukan.

    ReplyDelete
  22. MasyaAllah ini salah satu destinasi yang paling aku kangenin.. mulai dari daerahnya, masyarakatnya dan lingkungannya.. aku salut sama PTFI yang benar-benar mensejahterakan karyawan dan masyarakat sekitar..

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat para mahasiswa asal Papua yang pernah kulihat ada di asrama-asrama jaman kuliah dulu, mungkin mereka juga mendapat beasiswa dari Freeport ya. Baca-baca juga sekarang di Papua sudah ada kampus pertambangan. Mantap banget deh program CSR yang dilaksanakan oleh Freeport.

    ReplyDelete
  24. Masyaallah lengkap ya fasilitasnya. Semoga mkin banyak kontribusi drai freeport untuk tanah papua ya

    ReplyDelete
  25. Semoga masyarakat semakin terfasilitasi oleh Freeport ya. Bagaimanapun, apa yang dihasilkan oleh bumi Papua, seharusnya juga bisa kembali untuk memakmurkan penduduk Papua.

    ReplyDelete
  26. Pernah jadi warga Papua, harapanku sih semoga masyarakat Papua lebih banyak lagi mendapat akses pendidikan dan juga kesempatan kerja formal aamiin

    ReplyDelete
  27. terima kasih artikelnya yang komplit ini mbak. banyak informasi yang didapat. alhamdulillah semua aspek kehidupan sudah dicakup oleh Freeport dengan adanya program CSR ini. semoga terus bertumbuh dan berkembang sesuai harapan masyarakat Papua sendiri.

    ReplyDelete
  28. Kalau ngomongin Papua, yang langsung terlintas di kepala adalah Raja Ampat ��

    Baru tahu CSR Freeport Indonesia sekeren ini. Semoga memberi manfaat untuk atlet Papua khususnya

    ReplyDelete
  29. pon 2020 akan ada di mimika papua? waaww keren, udah sampai ke ujung indonesia aja,, btw sport complexnya nampak megah dan udah siap bgt ya mbak

    ReplyDelete
  30. Waahhh keren ya kak, stadion mimika ini pastinya menunjang banget untuk kesuksesan PON 2020 yang kemaren diadakan di Papua ya kan kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email