MaritaPalace

Ramadhan Sebentar Lagi, Saatnya Beli Kurma. Cari Tahu Dulu Jenis dan Manfaatnya!

jenis-jenis dan manfaat kurma

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa kabar, pals? Masih tetep asyik kan stay at home? Aku masih berkutat dengan beberapa tugas rutin dan menemani anak main nih. Btw, 9 hari lagi sudah memasuki bulan ramadhan.. sudah mempersiapkan apa saja nih?

Kalau aku nggak ada persiapan khusus sih. Tapi pastinya menyiapkan mental dan fisik yaa.. menyambut tamu suci jelas nggak boleh main-main kan? Untuk urusan mental, aku sudah persiapan membeli Quran Journal. Sebenarnya pakai buku biasa aja juga bisa sih untuk bikin Quran Journaling, tapi aku sok-sokan pengen beli yang udah ada templatenya aja biar lebih mudah mengisinya. Konon di Quran Journal ini ada panduan bagaimana mengisi dan printilannya. Karena ini akan jadi ramadhan pertamaku memulai Quran Journaling, jadi pengen tahu yang benar dan tepat aja sih. Untuk lebih lengkapnya tentang Quran Journaling, insya Allah akan kureview setelah bukunya datang ya, pals.

Nah, kalau kali ini aku mau nyeritain persiapan fisik dalam menyambut ramadhan. Sebagai emak yang malas masak, alias masak sekenanya aja yang penting anak mau makan, wkwk.. aku nggak nyiapin banyak-banyak resep ini itu sih. Tapi kalau jenis makanan yang ini harus ada dong. Nggak ramadhan saja buah satu ini sebaiknya ada, apalagi ramadhan kan? Puasa nggak bakal lengkap tanpa buah asli Arab ini.

Hayoo, teman-teman tahu nggak ada berapa banyak sih jenis kurma? Ternyata euy… menurut artikel-artikel yang kubaca, ada sekitar 400an jenis kurma lo! Masya Allah banyak banget ya? Namun yang beredar di Indonesia sih ada sekitar 10an jenis gitu.

Memang bedanya apa sih? Selain bentuk fisik dan rasanya, ternyata setiap jenis kurma itu punya manfaatnya masing-masing lo. Jadi penasaran kan? Kuy, lah kita intip jenis-jenis kurma dan manfaatnya ya! Tapi kali ini aku mau berbagi 5 jenis kurma dulu aja ya…

Mengenal Jenis-jenis dan Manfaat Kurma


1. Kurma Ruthab

jenis kurma ruthab
Kurma muda adalah panggilan tenar untuk kurma ini. Tentu saja nama itu didapat bukan tanpa alasan. Ternyata kurma ini dipetik saat tanaman ini memang masih berusia muda. Warna kurma ini kuning cerah, daging buahnya sangat lembut dan empuk. Pastinya rasanya sangat manis. Kurma Ruthab ini masuk dalam kategori kurma basah.

Manfaat kurma ini banyak dicari oleh pasangan-pasangan yang berusaha memiliki keturunan. Tak salah lagi karena kurma ruthab ini disebut bisa meningkatkan kesuburan. Nutrisi tinggi yang dikandungnya juga sangat cocok dikonsumsi untuk para ibu hamil dan menyusui. Ayo para bumil dan busui, jangan lupa sedia ruthab di rumahnya yaa!

2. Kurma Khalas

jenis kurma khalas
Kurma ini cukup dikenal di kalangan masyarakat Arab karena rasanya yang tak terlalu manis. Kalau teman-teman suka makan karamel, maka pasti akan langsung jatuh cinta dengan kurma jenis khalas ini. Tekstur daging kurma ini agak lengket, sangat empuk dan rasanya mirip karamel yang sudah matang. Di Arab Saudi sendiri, kurma ini bisa didapatjan di area Qatif di Timur Provinsi Arab Saudi (Al-Sharqheyah) dan Huffuf (Al-Ahsa).

Dalam bahasa Arab, khalas bisa diartikan selesai atau bisa juga diartikan paling sempurna. Nah, konon bagi yang sudah mencoba beragam jenis kurma, kurma khalas ini paling enak dibandingkan kurma-kurma lainnya. Hmm iyakah? Bisa jadi masalah selera juga sih. Tapi kalau aku juga suka yang nggak terlalu manis sih.

Manfaat yang dimiliki oleh kurma khalas juga tak kalah kerennya dengan kurma ruthob lo. Kurma khalas ini baik untuk pencernaan. Jadi buat yang punya masalah dengan pencernaan, cuzz bisa banyakin makan kurma khalasnya.

3. Kurma Sukari

jenis kurma sukari
Bisa dibilang ini adalah jenis kurma yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Kurma ini disebut juga dengan kurma raja. Nama itu diambil dari sejarah bangsa Arab yang menyatakan kurma ini dulunya memang menjadi sajian favoritnya para raja.

Kurma sukari memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Saking kenyalnya, begitu dimakan langsung lumer di mulut. Warna buahnya cokelat gelap, dan rasanya supeeer manis.Kalau lidahku kurang cocok sih dengan kurma ini, manis banget soalnya. Buat yang suka manis, sukari jelas pilihan paling top markotop.

Sukari memiliki dua jenis; kurma sukari basah dan kurma sukari kering. Buat yang nggak suka manis sepertiku tapi tetep pengen makan sukari, bisa beli yang sukari kering, pals.

Selain rasa manisnya yang spesial, kurma sukari juga memiliki manfaat istimewa. Buat yang pengen suaminya tambah strong, wkwk… selalu sediakan sukari buat doi. Menurut penelitian, kurma sukari memiliki manfaat untuk meningkatkan vitalitas dan stamina pria.Pantes aja ya raja-raja Arab memfavoritkan kurma jenis ini.

Manfaat lainnya, kurma sukari juga memiliki gizi tinggi yang baik untuk masa penyembuhan, serta bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Kurma super manis ini juga bisa mencegah gigi rusak dan membantu mengatasi kelelahan. Wah, bisa nih donasikan kurma sukari ke tenaga medis yang berada di garda depan melawan covid-19 ya?

Di Arab Saudi, kurma sukari ditumbuhkembangkan di daerah yang bernama Al Qaseem. Jangan lupa kalau pas berkunjung ke Saudi, bisa mampir ke sana buat borong sukari.

4. Kurma Zahidi/ Saidi

jenis kurma zahidi/ saidi
Kurma ini memiliki warna yang khas, yaitu coklat keemasan. Memiliki kulit yang tebal, teksturnya tegal, berbentuk oval, dan rasanya tak terlalu manis jika dibandingkan kurma jenis lain. Kurma yang asalnya dari Iran ini memiliki kandungan serat tinggi, baik untuk pencernaan. Jenis kurma ini juga dikategorikan dalam kurma semi kering.

5. Kurma Ajwa

jenis kurma ajwa
Kalau kurma yang ini pasti tahu kan? Kurma ini sangat populer karena menjadi kurma favoritnya Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Bahkan kurma ini sering disebut dengan kurma nabi.

Untuk rasanya juga pasti istimewa, seistimewa harganya, hehe. Seingatku aku baru sekali merasai kurma Ajwa, itu juga dikasih sama murobbiyahku pas habis lahiran, hehe. Memang rasanya mantap sih. Teksturnya yang lembut dan kering, terasa nyaman saat dikunyah dan mulai dilumat. Warna kurma ini juga berbeda dengan jenis kurma lainnya yang biasanya cenderung terang. Kurma Ajwa cenderung berwarna cokelat gelap. Yang aku suka, kurma ajwa ini manisnya pas. Banyak yang menyamakan rasa kurma ajwa dengan kismis, kalau menurut kalian gimana pals? Setuju nggak dengan pendapat ini?

Khasiat kurma ini sangat tenar, bahkan sampai diriwayatkan dalam sebuah Hadits Riwayat Al Bukhari dan Muslim seperti ini;
“Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”
Masya Allah… Mau coba buktikan? Ya, tumbas dulu dong kurma ajwanya!

Bingung belinya di mana? Iya juga sih… apalagi sedang physical distancing begini ya, semakin bingung mencari penjual amanah. Semakin mendekati ramadhan, semakin banyak pula yang jual kurma. Yang biasanya nggak jual kurma pun jadi jualan kurma sekarang, hehe.

beli beragam jenis kurma hanya di al.bookstore
Kalau aku sih untuk urusan beli-beli, paling cocok sama teman yang sudah kenal dekat. Lebih yakin dan percaya aja sih. Nah, kebetulan salah satu teman karib kesayangan ada nih yang jual kurma aneka jenis. Mau beli kemasan dari yang ukuran 250 gram atau mau beli 1 kg sekalian? Insya Allah ada!

Soal kualitas, alhamdulillah nggak usah diragukan lagi. Aku sudah coba sendiri kok. Untuk pengiriman juga jangan khawatir, super rapi dan bersih! Harga kurma yang ditawarkan pun beraneka ragam, mulai dari Rp 30ribuan sampai 250ribuan ada… tinggal pilih saja mana yang paling pas di kantong.

Pesannya ke mana?

Cuzz langsung WA aja ke https://wa.me/6281328727359. Nama ownernya Farikhah. Oh ya, selain jual kurma, doi juga sedia bermacam-macam buku anak dan mainan edukasi lo. Untuk tahu lebih lanjut bisa kepoin akun instagram dan fanpagenya di @al.bookstore.

Selamat menyambut ramadhan dan jangan lupa siapin kurma di rumah kalian, pals!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Follow by Email