BB, CC, DD, EE dan FF Cream, Apa Perbedaannya?

perbedaan bb, cc, dd, ee dan ff cream
Sebagai orang yang awam terhadap skincare dan perkosmetikan, aku tuh semakin bingung melihat perkembangan dunia ini. Semakin banyak produk-produk dengan nama beragam. Padahal kalau di mataku sebagai orang awam, kayanya fungsinya sama aja. Itulah yang kurasakan waktu mendengar adanya BB Cream, CC Cream, DD Cream, EE Cream, dan sekarang ada juga FF Cream.

Sebenarnya apa sih yang membedakan krim-krim tersebut? Sementara kalau lihat fungsinya sama-sama untuk base make-up juga. Buat yang merasa bingung sepertiku, boleh lah yuk kita cari tahu bareng-bareng apa sih perbedaan dari krim tersebut.

Jenis-jenis Krim Kecantikan

BB Cream

Pengertian dan fungsi BB Cream
Ternyata merupakan singkatan dari blemish balm. Krim ini paling baik diaplikasikan pada jenis kulit normal hingga kering, meski kini ada beberapa produk BB Cream yang didedikasikan khusus untuk jenis kulit berminyak.

BB Cream sendiri awalnya dikenalkan oleh sebuah perusahaan kosmetik di Korea Selatan. Lambat laun popularitasnya semakin naik dan perusahaan kosmetik lainnya mulai memproduksi krim-krim sejenis.

BB Cream merupakan kombinasi dari alas bedak dan pelembab yang sangat ringan. Krim BB lebih dari sekedar produk untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit. Krim juga mengandung banyak bahan bermanfaat seperti:
  • SPF. Beberapa krim BB mengandung SPF 30. SPF ini dibutuhkan oleh kulit untuk melindungi kita dari sinar matahari yang berbahaya;
  • Asam hialuronat untuk melembabkan kulit;
  • Komponen anti penuaan seperti Vitamin C dan E, peptida dan antioksidan lainnya;
  • Bahan seperti arbutin untuk mencerahkan kulit dan meratakan warna;
  • Dimetikon - silikon yang menghaluskan kulit dan bertindak sebagai primer.
Di Amerika, Krim BB tidak memberikan solusi dan perawatan apa pun untuk jerawat karena FDA (semacam BPOM-nya Amerika) tidak mengizinkan campuran bahan SPF dan bahan anti jerawat dalam satu produk. Kalau di Indonesia gimana ya? Mungkin yang ahli kecantikan bisa kasih info lebih lanjut.

CC Cream

pengertian dan fungsi cc cream
Merupakan singkatan dari Colour Correcting atau Complexion Corrector. Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa fungsi dari krim CC ini adalah untuk mengoreksi warna kulit. Jika BB Cream diperuntukkan kulit normal hingga kering, CC Cream ditujukan khusus untuk pemilik kulit berminyak dan rawan jerawat.

Krim CC mengandung N'acetyl glukosamin dan niacinamide yang membantu mengurangi perubahan warna kulit atau hiper pigmentasi. Tujuan utama krim ini adalah untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan kulit. Sebagian besar krim CC juga mengandung bahan anti-penuaan.

Konon katanya krim CC biasanya lebih ringan dari krim BB dan memiliki hasil akhir yang lebih halus. Aku kurang tahu tepatnya, karena belum pernah pakai CC Cream, hehe. Krim CC juga mengandung antioksidan dan partikel penyebar cahaya, fungsinya untuk memperbaiki dan meratakan warna kulit.

Fakta Terkait:
Banyak orang mencoba memahami perbedaan antara krim BB dan krim CC. Kedua krim memiliki tujuan dan target yang berbeda. Krim BB dibuat seperti alas bedak ringan dengan beberapa manfaat perawatan kulit. Sedangkan Krim CC lebih mirip pelembab ringan dengan manfaat perawatan kulit dan berfungsi untuk koreksi warna. Krim CC terasa jauh lebih ringan dan lembut dibandingkan krim BB. Secara teori seperti itu, namun pada kenyataannya banyak pula krim berlabel CC namun lebih kental dari krim BB, begitu juga sebaliknya. Maka paling baik adalah temukan yang paling tepat untuk diri kita. Datang ke booth, coba sample dan pilih yang paling cocok.

DD Cream

pengertian dan fungsi DD Cream
Memiliki kepanjangan Daily Defence, Double Defines, atau Dynamic Do-it-all. Krim ini cocok dipakai semua jenis kulit. Krim DD adalah alas bedak ringan generasi berikutnya setelah krim BB dan CC. Krim ini juga mengandung semua bahan bagus yang biasa kita temui dari dua jenis krim sebelumnya.

Keunggulan dari DD Cream yaitu produk ini biasanya menawarkan SPF yang lebih tinggi. Krim DD juga memiliki bahan yang membentuk pelindung di lapisan atas kulit untuk mencegah hilangnya kelembapan.

Krim DD memiliki banyak khasiat dan berperan sebagai foundation ringan, primer, pencerah, serum, pelembab, dan minimizer pori.

EE Cream

pengertian dan fungsi ee cream
Kepanjangannya yaitu Event Effect, Extra Exfoliating, ataupun Essential Essence. Sama halnya dengan DD Cream, krim EE cocok untuk semua jenis kulit.

Fokus tujuan krim EE untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi dan munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh polusi, paparan sinar matahari dan radikal bebas lainnya. Krim ini mengandung SPF dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV.

FF Cream

pengertian dan fungsi ff cream
Singkatan dari Facial Finishing. Cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Memiliki fungsi sebagai foundation atau alas bedak ringan yang menyempurnakan tampilan sekaligus memberikan kelembapan pada kulit.

Krim FF bisa membantu mengaburkan tampilan garis-garis halus dan membantu memberi kulit tampilan yang lebih muda. Kulit tampak berseri halus dengan bahan peningkat kolagen yang bekerja secara berkelanjutan untuk memperbaiki penampilan kulit.

Wah, ternyata manfaat krim-krim di atas meski terlihat sama, namun ada perbedaannya ya? Aku sendiri belum pernah mencoba, kecuali BB Cream. Namun aku tertarik banget sih sama FF Cream, terutama FF Cream dari B ERL Cosmetics. Ada yang sudah pernah coba produk ini?

FF Cream dari B ERL Cosmetics

Berbeda dengan hasil pencarianku tentang FF Cream yang memiliki kepanjangan Facial Finishing. FF Cream dari B ERL Cosmetics memiliki kepanjangan Fine and Fairness Cream. Namun secara fungsi kulihat tak jauh berbeda dari pengertian FF Cream pada umumnya.

keunggulan ff cream berl cosmetics
Kukutip dari website offical B ERL Cosmetics,
B ERL FF Cream merupakan base make up terobosan baru yang memiliki banyak kelebihan dibanding produk sejenis. Tekstur sangat ringan sehingga menghasilkan riasan yang tidak berat atau cakey di wajah tapi daya covernya tetap maksimal. Dengan kandungan bahan yang sifatnya breathable sehingga pori kita tetap bisa bernafas maupun menyerap air wudhu.
Cream ini juga mudah diblend dan warna naturalnya menyatu dengan kulit baik diratakan dengan jari ataupun menggunakan beauty blender. Hasilnya matte namun terlihat glowing bahkan setelah wajah kita terkena air.Selain berfungsi sebagai base make up, terdapat banyak manfaat lain karena produk ini diperkaya berbagai bahan aktif untuk melindungi dan merawat kulit. Berfungsi sebagai sunscreen agar kulit tidak rusak oleh terpaan sinar UV, membantu menyamarkan flek hitam dan membuat tampilan tekstur kulit lebih halus, cerah berseri dan flawles.
keistimewaan B ERL Cosmetics
Cadas kan fungsinya? Itula kenapa aku kepo banget pengen merasakan produk ini. Adapun kandungan dari FF Cream dari B ERL sebagai berikut:
  • Allantoin sebagai soothing agent atau menyejukkan kulit dan anti iritasi.
  • Sunscreen atau tabir surya.
  • Vitamin E sebagai anti oksidant yang menangkal zat radikal bebas sehingga mencegah dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
  • Chromabright sebagai lightening agent yang mencerahkan kulit.
  • Phenyl Trimethicone membuat permukaan kulit menjadi soft, kenyal dan glowing. Bahkan kulit kering dan bersisik bisa kembali lembap dan halus.
Meskipun produk lokal, jangan khawatir. Produk ini sudah banyak menuai testimoni dan tentunya juga aman karena sudah diakui di BPOM.

Mengapa Harus B ERL Cosmetics?

Selain FF Cream, B ERL Cosmetics juga punya banyak produk andalan. Salah satu rahasia dari keberhasilan produk-produk dari B ERL Cosmetics, karena mereka memadukan kecanggihan teknologi di bidang kecantikan seperti bahan aktif WOW capsule technology dari Korea dengan keajaiban yang disediakan oleh alam seperti Grape Seed Oil dan Ekstrak Witch Hazel.

alasan memilih B ERL cosmetics
B ERL Cosmetics, tidak hanya mampu membuat kita bersinar dari luar, namun juga memberikan ketenangan sepenuhnya dari dalam. Salah satu alasannya karena bahan-bahan yang digunakan halal dan wudhu friendly. Keren kan?

Selain produknya yang premium dengan harga cukup terjangkau, visi misi dibangunnya B ERL Cosmetics juga patut diacungi jempol.

Pada tahun 2014, PT Mutiara Erly Sejahtera didirikan. Perusahaan inilah yang kemudian menaungi brand B ERL Cosmetics hingga sekarang. Perusahaan kosmetik ini memiliki para tim RnD dibelakangnya yang selalu berusaha berinovasi dan berdedikasi untuk menciptakan produk skin care dan kosmetik berkualitas premium, baik dari segi kualitas formula, manfaat, keamanan dan kenyamanan saat digunakan.

PT. Mutiara Erly Sejahtera menggandeng mitra sebuah pabrik besar dan terpercaya yang ada di Indonesia yang telah mengantongi sertifikasi Halal dari MUI. Artinya pabrik tersebut hanya menggunakan bahan baku halal serta terjamin pula kehalalan dalam proses produksi setiap produknya. Brand B ERL Cosmetics pertama kali melaunching produk pada 27 Februari 2017 yang langsung mendapat sambutan hangat dan hingga kini tetap menjadi salah satu best seller, yaitu B ERL WOW Lightening Facial Serum.

BPOM B ERL Cosmetics tanda skincare aman
Sejak dulu, kata kecantikan tak bisa lepas dari perempuan. Sayangnya definisi cantik bagi sebagian besar perempuan, khususnya perempuan Indonesia adalah memiliki kulit putih bersih tanpa cela. Saking terobsesi mencapai standar cantik tersebut, seringkali seorang perempuan menginginkan hasil secara instan. Akibatnya memilih skin care tanpa diteliti lebih jauh, apakah mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak.

Di antara semakin banyaknya krim kecantikan abal-abal, B ERL Cosmetics serius menghadirkan produk-produk berkualitas tanpa memberikan efek ketergantungan. Selain itu semua produk dari B ERL dijamin tidak mengandung merkuri, hidroquinon dan zat-zat berbahaya lainnya.

B ERL mempunyai filosofi tersendiri dalam mendefinisikan kecantikan. Kecantikan sejati adalah keindahan menyeluruh dari pembawaan diri yang baik dengan tampilan yang sedap dipandang. Kharisma yang terpancar dari kulit yang sehat, bersih dan berseri dalam diri seseorang dengan kepribadian yang baik yang tercermin dari tutur bahasa dan perilaku yang santun, pemikiran selalu positif dan hati yang damai.

filosofi warna emas dan hitam B ERL Cosmetics
Paduan warna emas dan hitam dalam kemasan produknya bukan tanpa makna. Warna Emas memiliki arti sebagai berikut:
  • Kemakmuran: Owner B ERL mengharapkan setiap pelaku bisnis B ERL dapat mencapai kemakmuran agar kualitas hidup lebih meningkat.
  • Kemenangan: Diharapkan dari bisnis B ERL Cosmetics bisa mencapai kemenangan bersama yang berkah.
  • Mewah: Simbol dari kemewahan kualitas produk B ERL Cosmetics sebagai tanda cinta untuk seluruh perempuan Indonesia.
Sementara itu warna hitam memiliki filosofi sebagai berikut:
  • Elegan: B ERL tidak hanya menjaga kualitas tetap premium dengan packaging yang berkelas dan elegan, namun juga berkomitmen untuk menjalankan bisnis ini secara elegan. Tidak akan melakukan black campaign pada kompetitor dan itu juga diterapkan dalam lingkungan B ERL Family.
  • Kekuatan: B ERL Cosmetics memberdayakan seluruh member agar menjadi pribadi yang mandiri dan siap menghadapi segala tantangan demi kemajuan dan kesuksesan serta keberkahan bersama.
  • Konsisten: B ERL Cosmetics akan selalu Konsisten dalam segi kualitas serta dalam prinsip bisnis tanpa RIBA dan tanpa INVESTOR. Semua ini agar member selalu merasakan keberkahan dan ketenangan hati
  • Percaya diri: B ERL Cosmetics mengupayakan yang terbaik agar produk-produk B ERL dapat bekerja secara efektif dan memberikan perubahan yang positif dalam penampilan customer. Sehingga, kepercayaan diri customer dapat meningkat dari hari ke hari.

Di mana Beli B-erl Cosmetics?

Setelah membaca ulasan singkat mengenai B ERL Cosmetics, apakah teman-teman jadi semakin kepo dan pengen nyobain produknya? Toss dulu dong!

Nggak usah bingung belinya di mana, ada seorang temanku yang sama-sama anggota YUKJOS Community Semarang Chapter jualan produk ini. Namanya Mom Havid Yuliati. Buat teman-teman yang tertarik merasakan kemewahan dari B ERL Cosmetics bisa langsung hubungi beliau di;

Instagram: @vied_berl
Facebook: Havidy

Walau baru 6 bulan menggeluti bisnis B ERL Cosmetics, namun Mom Havid sangat yakin dalam menjalani setiap prosesnya. Mom Havid memiliki alasan tersendiri kenapa memilih bisnis kecantikan sebagai sumber penghasilan. Yang pertama untuk membantu banyak orang mendapatkan kosmetik yang aman (terdaftar BPOM), halal (bersertifikasi MUI) dan wudhu friendly. Alasan kedua yaitu ingin membantu para wanita untuk berpenghasilan dari rumah.

di mana beli B ERL Cosmetics
Tak dipungkiri bahwasanya Mom Havid memilih bisnis kecantikan karena repeat order sebuah produk kecantikan sangat tinggi. Sudah kodratnya perempuan selalu ingin tampil cantik dan menginginkan perawatan wajah dan badan yang terbaik.

Selama 6 bulan menjalani bisnis B ERL Cosmetics, Mom Havid sudah mendapat banyak pengalaman. Di antara semua pengalaman yang menarik, Mom Havid cerita kalau dia paling merasa bahagia ketika ada customer yang bilang " mbak, seneng banget pake facial serumnya, wajahku jadi glowing,’ dan testimoni kepuasan lainnya.

Siapa yang juga pengen merasakan testimoni seperti para customer Mom Havid? Cuzz  segera hubungi Mom Havid dan kekep B ERL Cosmetics sebagai rangkaian perawatan kulit harian kita tanpa nanti dan tapi. Siap cantik berjamaah?
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email