MaritaPalace

Tunaiku, Solusi Aman Menyelamatkan Keuangan di Masa Pandemi

tunaiku solusi aman untuk keuangan di masa pandemi
Tak bisa dipungkiri, bagi sebagian besar orang masa pandemi ini adalah musim paceklik. Tunaiku hadir sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kondisi di mana ‘hasil panen’ seret. Bahkan bisa jadi ada beberapa orang yang harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Di saat semua terasa sulit seperti ini, keuangan keluarga pastinya jadi morat-marit. Terus bergantung pada tetangga atau saudara juga bukanlah hal yang bijak. Apalagi kalau kita adalah tulang punggung keluarga, tak mungkin berdiam diri menanti bantuan kan?

Ada sekolah anak yang harus tetap dibayar, bahkan mungkin pengeluaran jadi berlebih untuk pembelian kuota. Ada pula tagihan listrik dan air yang juga terus datang setiap bulan. Tangan dan kaki harus tetap bergerak mengumpulkan serpihan emas yang berserak.

Mengajukan pinjaman online memang sebaiknya menjadi salah satu solusi akhir buat kita. Apakah terpercaya, apakah aman, dan masih banyak pertanyaan lain yang mampir ke kepala. Namun saat posisi kita semakin terjepit, cara ini bisa menjadi salah satu solusi instan.

Hal penting yang perlu digarisbawahi sebelum mengajukan pinjaman online; jangan meminjam uang untuk keperluan konsumtif. Hal ini hanya akan membuat kita adiktif dan terus-menerus terbelit pinjaman dari satu tempat ke tempat lain. Meminjamlah untuk keperluan produktif, misal untuk membuka warung kecil-kecilan, atau untuk kulakan baju yang nantinya bisa dijual kembali.

Mengapa Tunaiku?

Ada banyak lembaga keuangan yang kini siap membantu masalah keuangan kita, namun mengapa harus memilih Tunaiku dan bukan yang lainnya? Salah satu alasannya karena fintech yang satu ini berbeda dengan fintech lainnya. Jika lembaga fintech lainnya memang khusus didirikan sebagai lembaga yang memberikan jasa pinjaman, lain halnya dengan Tunaiku. Ia merupakan produk khusus fintech milik Bank Amar.

Dengan adanya pengawasan langsung di bawah Bank Amar dan OJK (Otorisasi Jasa Keuangan), tentunya produk fintech yang memiliki logo dengan kombinasi warna hijau biru ini lebih terpercaya terkait keamanannya. Terlebih lagi, Tunaiku ini sudah hadir di Indonesia sejak 2014. Bukan waktu yang sebentar untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat.

alasan memilih Tunaiku dari Amar Bank
Agar lebih yakin atas keamanan Tunaiku, kita kenalan dulu deh sama Bank Amar sebagai penyelenggara dari produk pinjaman ini. Bank Amar ini kini telah resmi menjadi PT Bank Amar Indonesia Tbk sejak 9 Januari 2020. Artinya, sejak hari itu Bank Amar telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia di mana 70% sahamnya dimiliki oleh masyarakat dan sisanya yang 30% merupakan milik perusahaan multinasional, Tolaram Group.

Perjalanan Amar Bank juga tidak sebentar lo, pals. Sudah berdiri sejak 1991 dengan nama PT Anglomas International Bank di Surabaya. Lalu pada 2014 Amar Bank mengganti namanya menjadi PT Bank Amar Indonesia. Pada tahun tersebut pula lahirlah Tunaiku sebagai produk unggulan mereka. Bank Amar sendiri memang memberikan fokus utama kepada bidang ritel dan UMKM.

Melihat digitalisasi yang semakin berkembang, Amar mulai melakukan perombakan dan transformasi di lini digitalnya. Bahkan baru-baru ini, bank ini mendapat seritifikasi dari BestPlacesToWorkFor.org. Yaitu program sertifikasi internasional yang menyatakan bahwa Amar merupakan salah satu tempat bekerja terbaik di Indonesia.

Dari sini kita bisa lihat dong kalau pengalaman dan kinerja Amar Bank tidak main-main. Maka kita bisa percaya kalau Tunaiku, sebagai produk dari Amar juga memiliki kualitas yang sama dengan ‘induk’nya.

Keunggulan Tunaiku dibanding Fintech Lainnya

Selain merupakan produk dari sebuah bank yang telah membuktikan kredibilitasnya, berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh Tunaiku:

keunggulan Tunaiku, produk fintech dari Bank Amar

Tanpa Agunan

Berbeda dengan lembaga fintech lainnya yang biasanya menyediakan pinjaman dengan agunan, Tunaiku tidak membutuhkan agunan, kartu kredit ataupun persyaratan lain yang njlimet. Cukup sediakan KTP, HP atau laptop untuk mengisi formulir. Sebagai lembaga yang berfokus untuk membantu usaha ritel dan UMKM, Amar Bank lewat Tunaiku ingin memberikan bantuan yang memudahkan.

Tidak Memberatkan

Selain tanpa agunan, Tunaiku juga memberikan kemudahan lainnya, antara lain cicilan yang bebas dibayar bulanan. Nasabah bisa mendapatkan limit pinjaman dari 2 - 20 juta dengan masa cicilan yang panjang, yaitu 2 - 20 bulan. Suku bunganya pun cukup bersaing sehingga cicilannya ringan dan bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Proses Cepat

Proses pengisian formulir secara online hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Setelah itu masa tunggu persetujuan sekitar 1 - 7 hari kerja. Setelah disetujui, akan ada kurir resmi dari Tunaiku yang akan mendatangi kediaman nasabah untuk melakukan penandatanganan kontrak. Setelah itu tunggu saja dana tunai yang dibutuhkan terkirim ke rekening bank kita.

Program Referral

Kita juga bisa mengikuti program referral yang disediakan oleh Tunaiku, dengan cara mengajak nasabah lain bergabung merasakan kemudahan dari produk ini. Untuk setiap satu aplikasi yang bersumber dari ajakan kita, ada Rp 200.000 sebagai bonus dari Amar Bank lewat Tunaiku. Wah, bisa jadi penghasilan tambahan di masa pandemi seperti sekarang ya? Cuzz, ajak banyak orang untuk merasakan manfaat dari Tunaiku.

Investasi

Untuk yang tak membutuhkan pinjaman, produk ini juga memiliki fitur investasi lo. Jadi kita bisa menginvestasikan sejumlah uang untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Bahkan kita bisa berinvestasi mulai dari Rp 100.000 saja.

Syarat Mengajukan Pinjaman

Seperti yang tadi sudah kusampaikan kalau Tunaiku dari Amar Bank ini tidak mau memberatkan nasabahnya. Meski begitu bukan berarti tidak ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syaratnya nggak susah kok, pals.. coba saja tengok daftar berikut:

syarat mengajukan pinjaman online

  • Usia 21 sampai 55 tahun

Pada saat pengajuan pinjaman, calon nasabah harus sudah berumur 21 tahun dan maksimal 55 tahun.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)

Dibuktikan dengan KTP.

  • Memiliki rekening bank

Calon nasabah saat mengajukan pinjaman wajib memiliki rekening bank Indonesia yang masih aktif. Rekening bank ini yang nantinya digunakan untuk pencairan dana.

  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan

Untuk menghindari adanya kredit macet, calon nasabah diharapkan punya pekerjaan atau setidaknya penghasilan tetap setiap bulannya.

  • Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan 

Untuk saat ini layanan Tunaiku hanya diperuntukkan oleh calon nasabah yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan Denpasar

Langkah-langkah Mengajukan Pinjaman

Jika syarat-syarat sudah terpenuhi, hati pun sudah mantap untuk mengajukan pinjaman, cuzz langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

langkah mengajukan pinjaman online

  • Registrasi, caranya dengan mengisi formulir pengajuan yang ada di web Tunaiku, lalu pilih jumlah dan lama pinjaman yang kita inginkan.
  • Menunggu Persetujuan, data yang kita kirim akan diverifikasi dulu oleh tim dari Tunaiku. Sabar saja, nggak lama nanti kita juga akan diberi kabar terkait status pengajuan pinjaman tersebut, ya.. kurang lebih 24 lah.
  • Konfirmasi Pinjaman, konfirmasikan pinjaman yang telah disetujui dan siap-siap arrange jadwal ketemuan dengan kurir dari Tunaiku untuk menandatangani kontrak peminjaman.
  • Tanda Tangan Kontrak, setelah mengonfirmasi pinjaman, dalam waktu 1 - 3 hari kurir akan mendatangi lokasi yang telah ditentukan dan mengantarkan kontrak asli yang harus ditandatangani sebagai bukti perjanjian.
  • Terima Dana, kurang lebih 1-3 hari kerja dana yang dibutuhkan akan dikirim ke rekening kita. Prosesnya nggak ribet dan super cepat kan, pals?

Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Tunaiku, hanya satu kekurangan yang dimilikinya. Bagi teman-teman yang ingin menghindari riba, produk ini belum bisa menjadi solusi karena jasa layanannya masih berjenis konvensional. Kita doakan semoga segera ada produk syariahnya ya.

Jadi, silakan buat yang merasa membutuhkan suntikan dana segar di masa pandemi ini, teman-teman bisa memanfaatkan Tunaiku. Namun ingat ya, pals… gunakanlah dengan bijak dan harus sudah dipikirkan masak-masak baik-buruknya. 

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email