header marita’s palace

Seri Bunda Produktif: Shining 4E yang Hilang Kemilaunya

Konten [Tampil]
jurnal bunda produktif
Aku tergagap ketika harus mengumpulkan jurnal Shining 4E. Mungkin mudah saja menceritakan 4E pribadi, tetap kita harus menghubungkan dengan aktivitasku sebagai hexagonia. Sungguh hal itu tak mudah.

Bisa saja aku asal menulis. Namun entahlah, seperti tidak ada klik di hati. Btw, sudah tahukan maksud 4E?

Diambil dari materi talent mapping Abah Rama; Enjoy, Easy, Excellent dan Earn!

Pada tahap ini para hexagonia diminta untuk menuliskan 4E terkait hubungannya dengan project passion. Sebuah hal yang membuatku bertanya-tanya di titik mana aku merasa enjoy berada di dalam Co Housing ini?

Aku benar-benar oleng di tahap ini. Apalagi ketika harus menemui fakta bahwa untuk kedua kalinya Co-housing leader mengundurkan diri. Sekali saja sudah memberikan pukulan yang telak. Apalagi dua kali.

Aku pun hampir menyerah. Apa aku juga ikut mengundurkan diri saja ya, rasanya kok berat sekali melanjutkan perjalanan di Hexagonia city ini. Bagaimana menurutmu, pals… haruskah aku mundur atau terus?

Bahkan jurnal ini pun akhirnya tetap kugarap setelah jam cinderella usai berdentang. Pada akhirnya aku harus berani mengatakan;
Aku belum sepenuhnya menemukan enjoy dengan gamifikasi yang ada di Hexagon City.
Aku masih terus bertanya-tanya ada apa nanti ke depannya. Mau dibuat seperti apa sih Hexagon City ini. Aku merasa seperti ada ruang terpisah dari Institut Ibu Profesional. Padahal Hexagon City seharusnya bagian dari institut kan? Entahlah, aku belum bisa menebak alur ceritanya.

Aku juga jujur merasa kepayahan ketika mulai banyak live video yang harus ditonton, follow akun-akun tambahan, dan mungkin nanti akan ada grup-grup baru yang harus bergabung di dalamnya. Rasa-rasanya mulai keteteran. Sebagaimana aku ngos-ngosan mengejar mbak-mbak yang luar biasa di pengurus pusat. Aku pun ngos-ngosan dengan larinya Bu Septi, tim formula lainnya dan city leader.
Sampai aku bertanya, sebenarnya mbak-mbak ini pada makan apa ya sehari-hari. Kok bisa lariii terus.
Ketika hingga menjelang jam cinderella, dan aku tak memberi kabar di WAG Co Housing tentang pengumpulan jurnal. Mbak izin menambahkan fotoku di beberapa aktivitas yang menjadi daily habit di co housing. 

shining 4E
Setelah melihat gambar ini, aku kembali menanyakan pada diri sendiri, mana yang sudah mencapai 4E buatku. Apakah sungguh benar-benar belum ada yang mencapai 4E atau aku yang terlalu bebal menerjemahkan kalutnya diriku yang sedang embuh ini.

Shining 4E dalam Project Passion Analekta dan Proyek Pribadi

Enjoy

Berikut ini adalah daftar aktivitas yang telah disepakati bersama dan mencapai tahap enjoy buatku:
  • Menyimak Live Materi
  • Berdiskusi dalam Co House
  • Menyiapkan Materi Promo Acara
  • Membuat Infografis Co House untuk Jurnal
  • Menyiapkan untuk Project Passion
  • Menentukan Bentuk dan Susunan Acara
Sementara untuk proyek pribadiku, hal-hal yang membuatku enjoy adalah:
  • Membuat konten plan untuk blog
  • Updating blog sesuai SEO
  • Mengerjakan artikel pesanan
  • Menularkan passion lewat blogspedia coaching
  • Membuat materi untuk blogspedia coaching
  • Mengecek artikel tim blogspedia content writer

Easy

Sementara untuk tahap easy, berikut ini daftar kegiatan yang berhubungan dengan project passion Analekta:
  • Menyimak Live Materi
  • Berdiskusi dalam Co House
  • Menyiapkan Materi Promo Acara
  • Membuat Infografis Co House untuk Jurnal
Untuk proyek pribadi, tidak ada perbedaan antara aktivitas enjoy dan easy. Menurutku semua yang enjoy kulakukan, mudah pula kujalani.

Excellent

Jujur hal yang paling excellent terkait project passion Analekta sepertinya hanya menyimak live materi. Itu pun aku masih sering tidak nonton pas di jamnya, ataupun sering lupa mengisi presensi. Hal yang membuatku mendukung excellent di kegiatan menyimak live materi ini karena aku senang menunggu soundtrack di akhir sesi.

Lagu dari Seventeen tersebut seakan memiliki magis untuk membuatku kembali semangat. Jadi meski keteteran, aku tetap berusaha untuk menyimak live materi. Lalu menuliskan poin-poin yang kudapat saat menyimak live. Meski terkadang aku tak langsung paham dengan isi live tersebut.

Sementara untuk proyek pribadi, aku merasa semua aktivitas yang ada di daftar pada tahap enjoy dan easy sudah excellent kulakukan. Jika harus ada yang diperbaiki tentu saja terkait manajemen waktu. Ya, sampai saat ini masih jadi PR buatku yang tipenya seperti pemadam kebakaran. Suka menyelesaikan aktivitas sekali duduk. Kalau sudah kadung enjoy, susah berhenti sampai apinya benar-benar padam saat itu juga.

Earn

Terkait dengan project passion Analekta, aku merasa belum ada satu pun aktivitas yang sampai pada tahap earn. Aku sendiri belum begitu paham sedalam-dalamnya terkait project passion yang ditentukan Co Housing. Belum ada bayangan akan seperti apa, adakah keuntungan secara financial dari project tersebut.

Untuk proyek pribadi, alhamdulillah yang kulakukan saat ini sudah mencapai tahap earn, terutama terkait blogging dan menerima artikel pesanan lewat Blogspedia. Jadi silakan lo, buat yang usahanya punya website tapi merasa keteteran update, boleh japri-japri. Alhamdulillah sekarang aku pun tak sendiri dan ada tim yang membantuku. Jadi merasa lebih hidup.

Wkwk, maaf ya kalau ujung-ujungnya malah ngiklan. Yaa, beginilah kalau bikin jurnal tapi otaknya sedang super random.
Aku masih tak bisa menebak apakah perjalanan di Hexagonia City akan tetap berlanjut. Kalau aku terus-terusan oleng seperti ini, jujur aku tak yakin bisa sampai akhir. Namun kalau mengingat pilihan karakter yang kuambil - endurance, tentu saja aku ingin berjuang hingga akhir. Aku harus membuktikan aku bisa dan bakoh.
Semoga saja hal-hal yang kurasa hilang kemilaunya saat ini, perlahan bisa benar-benar menjadi the Shining 4E. Cuzz lah kasih energi positifnya ke aku, pals… biar semangat ini kembali ada. Terima kasih sudah mampir di curcolanku hari ini. See ya!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment