MaritaPalace

7 Kiat Kelola Penghasilan Menuju Blogger Bebas Finansial

kiat menuju blogger bebas finansial
Blogger bebas finansial apakah mungkin terjadi? Meski banyak yang mendapatkan penghasilan lewat ngeblog, para blogger sendiri jarang menjadikan ladang ini sebagai satu-satunya profesi. Dibandingkan menjadi profesi yang bisa memberikan penghasilan tetap, ngeblog lebih sering dianggap sebagai hobi yang menghasilkan.

Namanya juga hobi. Penghasilan yang didapat dari ladang ini tidak bisa ditentukan setiap bulannya. Bisa jadi bulan ini blogger panen cuan, eh bulan depannya kosong melompong. Apalagi buat blogger macam eike yang gagal melulu daftar adsense.

Dengan kondisi pendapatan yang on off seperti ini, apakah mungkin aku bisa gercep bebas finansial dengan bergantung dari hasil ngeblog saja?

Pengertian Bebas Finansial

Ngobrolin soal bebas finansial, teman-teman kongkow sudah paham kah makna dari istilah tersebut? Kalau dari hasil baca ke sana ke mari, seseorang dikatakan memiliki financial freedom saat tujuan keuangannya telah tercapai. Ada juga yang mengartikan orang yang bebas finansial adalah terpenuhinya kebutuhan di masa kini dan masa depan tanpa harus bekerja setiap harinya.
financial freedom
Selama ini mungkin kita memaknai kaya raya adalah bentuk dari financial freedom. Padahal belum tentu. Bebas finansial tidak melulu orang yang punya banyak uang.

Karena kenyataannya ada juga orang yang memiliki uang berlebih, tapi bocor sana-sini pengelolaannya. Jelas artinya belum merdeka kan?

Uang yang kita miliki mungkin biasa saja, tapi kebutuhan harian tak lagi menjadi beban dan kebutuhan masa depan sudah terplot dengan baik. Selain itu kita memiliki investasi atau aset yang bisa menjadi sumber penghasilan lain, sehingga tak perlu menunggu pendapatan dari pekerjaan utama. Saat kita sudah berada pada kondisi seperti itu, artinya financial freedom sudah ada dalam genggaman.

7 Kiat Menjadi Blogger Bebas Finansial

Setelah mengetahui arti financial freedom, kira-kira teman-teman kongkow sudah ada di posisi tersebutkah? Kalau aku, perjalanan menuju titik tersebut rasa-rasanya masih jauh deh. Namun bukan berarti nggak bisa kan?

Aku mencoba mencari referensi apakah seorang pekerja lepas bisa mencapai titik finansial yang aman dan merdeka. Tak sedikit artikel yang membahas kemungkinan tersebut.

Sama halnya dengan profesi lainnya, blogger pun tetap bisa memiliki kesempatan merdeka finansial. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku. Apakah itu? Mampu mengelola keuangan dengan tepat.

Menyadari slengekanku terhadap cuan dan keinginanku untuk bisa mencapai kondisi merdeka finansial, mulai pertengahan tahun lalu aku mulai melakukan beberapa hal berikut ini:
kiat kelola keuangan blogger

1. Tetapkan Tujuan

Tidak memiliki goal dalam hidup itu membahayakan. Itulah yang aku rasakan dalam hal mengelola keuangan. Merasa nyaman dinafkahi dan tidak memiliki kewajiban untuk membantu suami, aku sering kali terlena dengan penghasilanku dari ngeblog. Aku jarang mencatat berapa yang kudapat dan kukeluarkan ke mana saja. Ujug-ujug uangnya sudah lenyap tak bersisa.

Hal itu kusadari karena beberapa tahun terakhir aku kehilangan tujuan. Aku tak punya goal yang ingin dituju. Benar-benar hidup secara pas-pasan. Pas butuh, pas ada.

Kelalaian tersebut tentu tak baik jika diteruskan lama-lama. Aku mulai kembali menetapkan tujuan. At least 10 tahun dari sekarang, aku bercita-cita tak lagi dibebani dengan kebutuhan harian dan masa depan. Tak lagi bingung besok makan apa, dan tak lagi pusing memikirkan biaya pendidikan anak-anak. Bismillah, bisa!

2. Diversifikasi Usaha

Jika hanya bergantung pada penghasilan ngeblog, mungkin saja tujuan itu tak akan mudah tercapai. Aku mulai berpikir untuk mengembangkan sayap lebih lebar. Tidak jauh-jauh dari dunia blogging, aku mulai fokus membangun Blogspedia Group.

Aku mulai mengumpulkan teman-teman yang mau diajak gabung sebagai tim penulis konten, sehingga bisa melayani lebih banyak klien. Selain itu, bersama dengan suami, kami memasarkan keahlian di bidang web development. Suami yang membuat web-nya, aku yang bertugas meng-update web dengan artikel-artikel bermanfaat.

Doakan ya, pals, semoga bisa menjadi salah satu ladang yang bermanfaat. Tak hanya untuk diriku dan keluarga, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar.

3. Catat Keuangan dan Lakukan Evaluasi

Bye-bye slengekan. Sejak pertengahan tahun lalu, saat pandemi mulai mengoyak bumi, aku mulai rutin mencatat penghasilan dari ngeblog. Lalu aku juga mulai merinci uang yang keluar dari pendapatan tersebut.

Catatan itu menjadi bahan evaluasi buatku. Ke manakah selama ini penghasilan tersebut mengalir. Ternyata aku sering kali kalap saat melihat promo buku dan mainan anak. Merasa uangku bebas dipakai untuk kesenangan pribadi, aku sering kali tak mengontrol saat beli ini dan itu. Kini aku menjadi tahu bocornya pendapatanku di mana dan bagaimana cara mengatasinya.
mengelola penghasilan blogger

4. Kebutuhan vs Keinginan

Dari kebocoran keuangan yang kutemukan, aku mulai strict pada diri sendiri. Aku mulai memilah mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan.

Membeli buku memang menjadi salah satu caraku belajar dan mengembangkan diri, tapi nggak semua buku harus dibeli kan? Aku harus berani memilih mana buku yang harus dibeli, dan mana yang bisa pinjam punya teman.

Hal yang sama berlaku juga untuk buku dan mainan anak. Aku nggak boleh kalah dengan promo yang menggiurkan. Jika dirasa mainan dan buku itu tak harus dimiliki, maka tak harus dibeli. Uang yang tadinya habis untuk beli buku dan mainan bisa dialokasikan ke kantong-kantong yang lebih bermanfaat.

5. Menabung

Menikah hampir 13 tahun dan kami hampir tak punya tabungan sama sekali. Mengerikan ya? Memang sih matematika Allah itu berbeda dengan matematikanya manusia. Namun cara hidup kami jelas tidak layak diteruskan.

Bersyukur suami kini mulai semangat menabung, yang kemudian juga menginspirasiku untuk memiliki tabungan pribadi. Syukur-syukur kelak bisa jadi tambahan tabungan pendidikan anak atau tabungan pensiun.

6. Miliki Dana Darurat

Selain menabung, aku juga kini mulai menyisihkan sebagian penghasilanku untuk dana darurat. Namanya hidup kita nggak tahu kan apa yang akan terjadi di depan sana.

Bersyukur untuk urusan kesehatan, BPJS Kesehatan selama ini sudah cukup meng-cover kebutuhan kami. Namun bagaimana jika ada hal-hal besar terjadi di luar kendali kami? Dana darurat ini kusimpan di rekening tersendiri agar tanganku tak gatal mengutak-atiknya.
jenis investasi aktif

7. Berinvestasi

Kiat terakhir yang tak kalah penting, aku mulai belajar berinvestasi. Setelah belajar dari teman-teman yang sudah punya aset aktif sebelumnya, aku memutuskan untuk berinvestasi emas dan reksadana.

Emas kupilih karena nilainya yang relatif stabil. Sementara reksadana menjadi pilihanku karena konon cara ini paling mudah dipelajari dan relatif aman.

Namun ada yang mengganjal di dalam hati. Produk reksadana ada banyak nian, mana yang harus kupilih ya?

OVO | Invest, Jalan Menuju Financial Freedom-ku

Pencarian dan pertanyaan besarku tentang reksadana pada akhirnya menemukan jawaban. Aku bertemu dengan OVO | Invest, jalur investasi yang membuatku klik. Ada yang pernah dengar produk ini, pals?
OVO Invest, jalan ninjaku
Produk yang baru saja launching pada 26 Januari 2021 ini masuk dalam jenis reksadana pasar uang. Maksudnya reksadana ini mengalokasikan 100% dana yang dikelolanya di instrumen pasar uang.

Reksadana jenis ini dianggap paling aman dan menjanjikan dibandingkan reksadana jenis lainnya. Hal tersebut dikarenakan instrumen pasar uang meliputi produk keuangan berlikuiditas tinggi, seperti deposito dan obligasi berkualitas, serta bisa dicairkan di bawah kurun waktu satu tahun.

Mengapa Memilih OVO | Invest?

Ada banyak produk reksadana yang bisa kita temui di dunia perbankan, pasti teman-teman kongkow pengen tahu kenapa aku menjatuhkan pilihan pada produk OVO | Invest kan? Cuzz langsung saja aku beritahu alasan di balik pilihan tersebut.
keunggulan dan manfaat OVO | Invest

1. Karena OVO

Alasan utama karena ini OVO! Ada banyak e-money, tapi hanya OVO yang ada di smartphone-ku. Sebagai orang yang nggak suka ribet dan malas install banyak aplikasi, aku merasa cukup dengan memiliki OVO di HP.

Lewat OVO, aku sudah bisa bayar jajanan GrabFood, bisa bayar belanjaan Tumbasin, bisa beli pulsa, bisa bayar tagihan rumah tangga. Kalau satu aplikasi saja sudah bisa memberikan semua kemudahan, kenapa harus pasang banyak aplikasi kan?

Makanya saat aku tahu ada fitur Invest di OVO, aku langsung #GercepBiarMantep untuk daftar dan belajar investasi reksadana.


2. Mudah

Biasanya hal-hal berkaitan dengan keuangan itu ribet, tapi OVO | Invest sangat mudah dan #gercepbiarmantep. Aku bisa melakukan registrasi secara online lewat aplikasi OVO. Untuk membeli unit investasi, aku juga tinggal pakai saldo OVO Cash.
kemudahan OVO | Invest
Nggak perlu banyak pula. Hanya dengan Rp 10.000, aku sudah bisa membeli aset aktif. Pembelian unit tak dikenai biaya admin pula. Senangnya hatiku.


3. Untung

Berinvestasi tentu saja mengharapkan keuntungan. Seperti yang sudah kusampaikan di atas, reksadana pasar uang seperti OVO | Invest ini potensi keuntungannya relatif cepat dan aman. Aku jadi punya hobi baru; memandangi portfolio investasiku, hehe.


4. Cepat

Serunya lagi, kalau kita mau mencairkan reksadana yang dimiliki, kita nggak perlu rempong. Cukup dengan beberapa kali gercep ngeklik, dana sudah langsung cair jadi saldo OVO Cash dengan cepat. Lagi-lagi tak dikenai biaya admin.


5. Aman

Selain mudah dan cepat, hal penting saat memilih instrumen keuangan adalah keamanannya. Berhubung aku sudah nyaman menggunakan aplikasi OVO yang sudah kubuktikan keamanannya, aku yakin fitur Invest - nya pun juga aman.

Enaknya lagi aku nggak perlu install aplikasi lain untuk memantau portofolio investasiku. Cukup dengan mengakses app OVO saja. Pas buatku yang nggak suka pasang banyak aplikasi, maklum HPku jadul, wkwk.


Syarat Berinvestasi di OVO

Wah, ada yang mau ikutan gabung di OVO | Invest? Hayuuklah… gampang banget kok caranya. Cukup lengkapi persyaratan berikut ini:
persyaratan daftar OVO | Invest
  • Pastikan aplikasi OVO sudah update ke versi paling gress.
  • Harus sudah member OVO premier. Kalau belum, cuzz pengajuan dulu di aplikasi. Siapkan e-ktp dan selfie diri yang terang dan tidak buram ya, pals.
tahapan investasi di OVO
Syarat OVO Premier
  • Memiliki saldo OVO Cash untuk pembelian unit investasi.


Mekanisme Pendaftaran dan Investasi OVO | Invest

Kalau tiga persyaratan di atas sudah kita penuhi, nggak perlu lama-lama, yuk kita segera berinvestasi.
investasi reksadana OVO Premier
  • Buka aplikasi OVO dan temukan ikon “Invest”
  • Klik pendaftaran/ registrasi. Ikuti langkah-langkah yang tersedia. Jika kita belum member OVO Premier, maka aplikasi akan mengarahkan untuk melakukan pengajuan upgrade membership. Proses verifikasi OVO Premier membutuhkan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja.
langkah investasi di OVO
  • Apabila akun OVO Premier telah terverifikasi, kita bisa mulai melakukan investasi. Caranya mudah kok, cukup pakai saja saldo yang ada di OVO Cash. Kita juga bisa membeli unit mulai dari Rp10.000. Buka fitur portofolio, lalu klik “Beli”.
mekanisme pembelian OVO Invest
  • Sabar menanti ya, proses pembelian unit bisa berlangsung selama 3 hari bursa, tidak termasuk akhir pekan dan hari libur.
Pasti teman-teman kongkow sudah nggak sabar pengen memantau portofolio dan perkembangan unit reksadana yang dibeli ya? Tosss dulu ah!


Mekanisme Pencairan Investasi ke OVO Cash

Ada momen-momen tertentu yang kadang memerlukan biaya darurat. Beruntung kita punya OVO | Invest yang bisa dicairkan dengan cepat, tanpa tapi dan nanti. Caranya bagaimana?
mekanisme pencairan OVO Invest
  • Buka portfolio investasi
  • Klik pada button “Jual”
  • Input jumlah yang akan kita jual
  • Taraa, dana yang kita butuhkan langsung dicairkan sebagai saldo OVO Cash
pencairan dana ke OVO Cash
Mudah kan? Sudah bisa dipakai sesuai kebutuhan. Ingat sebisa mungkin cairkan dana untuk kebutuhan yang krusial dan mendesak saja ya, pals.

Jujur perasaanku saat ini sangat lega. Aku yang beberapa waktu lalu masih bertanya-tanya dan merasa khawatir terhadap masa depan, apalagi saat pandemi menyerang, kini menjadi jauh lebih tenang.

OVO | Invest memberiku keyakinan bahwa menjadi blogger bebas finansial bukanlah hal yang mustahil. Kuy, beli unit reksadana sebanyak-banyaknya demi masa pensiun yang tenang nan bahagia! Jangan sampai ketinggalan, kudu #GercepBiarMantep. Daftar OVO | Invest sekarang dengan klik di sini. Semangat, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

62 comments

  1. Saya sudah pasang adsense, tapi penghasilannya jauh dari harapan. Mungkin banyak faktor yang menyebabkan adsense saya nggak sejoss para suhu. Jadi saya nikmatin aja passive income dari adsense meski lama sekali cairnya, hahaha....

    Awalnya saya juga gak mencatat setiap penghasilan dari blog, tapi sekarang mulai rajin mencatatnya di Excel dan menyimpannya di Google Drive.

    Saya baru denger produk ini. Padahal udah lama banget install OVO di hape.

    Makasih infonya Mba, jadi penasaran nih...

    ReplyDelete
  2. Uuuuh, cita-cita idaman sekali ya Mbak kalau dari ngeblog bisa bebas finansial 😍 tapi memang nggak bisa ngandelin pemasukan aja, bener2 harus dicatat dan diatur. Kalau rajin, wah bs luar biasa hasil tabungannya, senang juga akan hasilnya :D

    Oalah OVO Invest ini baru ya di tahun ini, bs beli unit reksadana jadi bisa nyimpen uang dlm bentuk investasi jd nggak iseng ambil2. Ide bagus, dan mudah hanya dr genggaman tangan ya :D

    ReplyDelete
  3. duh iya ya
    kapan ya bisa jadi blogger yg merdeka finansial gitu
    hmm oke deh, mw nyoba investasi fi ovo juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun kadang berangan dan berdoa, kapan ya dari penghasilan yang kelap kelip ini bisa jadi bebas finansial?

      Mari kita coba investasi yang nggak bikin susah hati.

      Delete
    2. iya ya mbak
      nggak cuma rajin nabung, tapi juga harus mulai investasi

      Delete
  4. Habis baca tulisan ini jadi mikir, iya juga ya kudu mempersiapkan kebebasan finansial buat masa depan. Poin menabung dan menyiapkan dana darurat itu cukup sulit, ada saja yang bikin terpakai. Ada OVO Invest gini praktis banget ya karena bisa masukin kapan saja.Aku pun pakai OVO tiap kali transaksi di Tokopedia. Bagus juga cara investasinya.

    ReplyDelete
  5. Salah satu PR terbesar untuk jadi blogger bebas finansial itu, padahal dengan mencatatkan semuanya, keuangan kita jadi sehat, ya...

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, sejak 2 tahun lalu, saya mulai mencatat pemasukan saya Mbak. Dan memang jujur, blog jadi salah satu penunjangnya, selain kelas menulis Kurcaci Pos, dan ngebuzzer. Dan.. awal tahun ini saya juga belajar investasi. kebetulannya lagi di OVO invest yang bekerjasama dengan Bareksa. Saya tertariknya, karena bisa mulai 10 ribu. jadi uang job kecil, saya arahkan transer ke OVO saja, dan langsung masuk OVO invest hehehe. Target minimalnya 300 ribu sebulan. Tapi ini jadi penyemangat juga, saya semangat cari job, biar sebulan bisa melebihi target hehehe.

    ReplyDelete
  7. duhhh betapa pentingnya untuk memulai investasi apalagi pekerjaan sebagai blogger gajiannya ngga sepanjang waktu sama. kudu ada persiapan sejak awal. OVO Invest salah satu yang gampang karena sudah terkoneksi dengan OVO yang sepertinya semua orang ada

    ReplyDelete
  8. Hehehehe... Kalu ditinjau dari segi pengertian. Rasanya pengen bilang aku udah bebas financial. Tapi pada beberapa kesempatan, masih suka bocor alus, mbak. Maklum gak bisa nahan keinginan ��

    ReplyDelete
  9. Antara kebutuhan dan keinginan jadi 11 -12 ya kalau nggak teliti melihatnya. Pengennya beli yang diinginkan, tapi kudu dipikirkan lebih mendalam apakah memang sesuai kebutuhan atau tidak

    ReplyDelete
  10. Aq nih mbak yang masih sulit ngerem antara kebutuhan dan keinginan. Contohnya aja pas ke minimarket, beli pasta gigi eh ujung2nya bablas beli yang lagi promo 😁

    ReplyDelete
  11. Aku pun sering bocor di belanja buku padahal nggak semua buku bisa langsung terbaca. Akhirnya aku memilih pinjam saja di ipusnas. Nah mungkin bisa jadi jalan tengah biar rumah nggak penuh penuh amat juga.

    Eh kemarin sih aku nemu info ini di aplikasi OVO aku. Pengen coba juga tapi masih maju mundur gitu lho Mba.

    ReplyDelete
  12. Aduh jadi ingat diri sendiri nih. Gegara dinafkahin dan gak ada tanggungan bantu suami kerja jd agak loss tiap kali dapat job. Padahal aku juga pingin lho bebas finansial. Ovo sepertinya menarik dan wajib dicoba. Aku kan juga pemakai ovo

    ReplyDelete
  13. Menarik nih "Menuju Blogger Bebas Finansial". Karena masing-masing blogger ppunya tujuannya sendiri. Ada yang santai dengan penghasilannya yang saat ini, ada juga yang berpikir untuk lakukan investasi.

    Btw aku penggua OVO juga nih kak Hehe

    ReplyDelete
  14. aku baru tau ada ovo invest lo, karena seringnya pakai saldo ovo hanya untuk beli pulsa, transfer beli pln....gitu terus...nanti bilang suami ah untuk invest pake ovo

    ReplyDelete
  15. Bener banget nih perlu menyiapkan dana tidak terduga. Bebas finansial bagi blogger adalah impian sejak lama. Apalagi blog juga bisa diwariskan buat anak hehe

    ReplyDelete
  16. Saya juga pengguna Ovo tapi jarang di isi saldo, baru tau saya ternyata ada Ovo untuk tipe investasi

    ReplyDelete
  17. Makin banyak pilihan investasi di jaman serba digital ini ya. Aku masih harus belajar lagi nih buat manfaatin ini biar bisa bebas finansial juga.

    ReplyDelete
  18. Waw mantap banget mbak. Suami yg develop web, mbak yg mengisi artikel. Dududu, aku doakan semoga lancar2 selalu ya. Btw baru tahu kl bisa invest di OVO nih, selama ini pakai OVO cm buat bayar grab dan toped. Kepoin ah, pengen invest di OVO juga

    ReplyDelete
  19. Aku udah banyak dengar testimoni tentang OVO Invest ini. Temanku mengaku worth it banget invest di sini.. Aku mau coba cuma belum verifikasi akun OVO. Doakan aku juga bisa jdi blogger bebas finansial ya kak..

    ReplyDelete
  20. Link OVO nya nggak bisa dibuka Mbak. Apa harus install aplikasi OVO dulu ya?

    Oh iya, OVO invest ini tipenya reksadana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya bisa dibuka via HP, mas. Nanti langsung mengarah ke aplikasi OVO nya. Iyess, tipenya reksadana.

      Delete
  21. Pastinya semua bloger pingin jadi bloger yang bebas finansial ya Mbasay... lebih berkualitas hidupnya dan meraih masa depan yang cerah. Nah salah satunya dengan bergabung di Ovo Invest yah, kalau ada keperluan dana darurat bisa dicairkan pula ya, noted.

    ReplyDelete
  22. Baru tahu aku mbak ada OVO invest, patut dicoba nih agar hidup bisa bebas financial. Bosen juga jadi pegawai, hehehe

    ReplyDelete
  23. OVO Invest menarik nih...memang kadang menabung itu beneran butuh niat dan tekad kuat ya..wah kalau mudah begini, lewat aplikasi bisa memulai investasi patut dicoba nih. Praktis dan mudah caranya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Mba. Sepakat. Memang menabung itu butuh banget punya niat yang kuat. Asiknya bisa menabung investasi lewat aplikasi, kenapa nggak dicoba?

      Delete
  24. Waahhh baru ngeh kalau Ovo juga punya investasi menarik nih Mba.
    Btw keren banget idenya, mengumpulkan beberapa blogger untuk membangun sebuah web atau blog.

    Menjadi blogger bebas financial juga merupakan impian banget Mba, semoga impian kita semua dapat tercapai, aamiin :)

    ReplyDelete
  25. Alasan milih OVO Invest karena ini OVO itu penting banget sih. Karena menginvestasikan hasil blood, sweat, and tear kita ya harus di pihak yang terpercaya. Jangan sampai tertipu yang bodong #eh naudzubillah min dzalik

    ReplyDelete
  26. Wah ada OVO Invest, saya baru tahu ini mbak. Saya juga sepakat nih, PR dalam berumahtangga tentunya banyak dan ruwet, tapi menabung jangan sampai dilupakan ya walaupun hanya sedikit2. Thank infonya mbak, bermanfaat :)

    ReplyDelete
  27. Dari awal pas ke mall ditawarin ovo kira2 dua tahun yg lalu blm download sampai sekarang. Hahaa. Dulu pernah pakai ovo punya adekk. Mau download lupa teruss. Kayaknya udah harus instal deh habis baca artikel iniii.

    ReplyDelete
  28. Wah keren usahanya kak. Semoga sukses yaa. Btw baru ngeh ovo ada ovo invest padahal udh lama pake aplikasinya. Thanks infonya kak, semoga kita semua bisa bebas finansial yaa. Aamiin

    ReplyDelete
  29. Reminder juga buat aku yang suka ga catat pemasukan, hehe. Betul, Blogger juga harus ada catatan finansial

    ReplyDelete
  30. Aku setuju banget nih mba sama statement bahwa bebas finansial belum tentu berarti banyak uang.

    Untuk ovo invest terus terang aku baru tau juga nih. Menarik ya, karena memang butuh tekad dan motivasi juga salah oengelopeng keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. #dalam pengelolaan keuangan.

      PS: maaf tupo

      Delete
  31. Aku rasa, semua profesi apapun, termasuk blogger, itu bisa bebas finansial, asalkan memang punya perencanaan keuangan yang matang.

    Blogger sendiri bisa punya kebebasan finansial asalkan dia tahu sejak awal blognya mau dibawa ke mana (untuk mengembangkan personal brandingnya? Atau mau mendulang penghasilan dari periklanan secara serius?).

    Kalau dia sudah tahu tujuan awalnya, dia akan punya strategi bagaimana memperoleh penghasilan melalui blognya, dan konsisten dengan strategi itu sampai akhir hayatnya sebagai blogger.

    ReplyDelete
  32. Kalo saya pribadi mah sederhana mba. Financial freedom buat saya adalah tidak berutang ke bank. Kekeke. Hidup bebas cicilan itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Ayah saya selalu bilang, orang kaya adalah orang yang tidak berutang.

    ReplyDelete
  33. Ovo memang terkenal sebagai paltform finansial mudah berbagai jalur. Apalagi ditambah fitur investasi wah jadi semakin canggih saja untuk menabung masa kini

    ReplyDelete
  34. Wah baru tahu nih kalo ovo ada program untuk investasi. Ini bisa jadi langkah yang baik untuk mengelola keuangan saat kondisi tertentu dikemudian hari

    ReplyDelete
  35. Pengen banget jadi blogger bebas finansial, tapi kehalang sama keinginan yang macam2 huhu..Ovo invest bisa jadi jalan buat invest receh kita ya, dari receh sampai jutaan aih mantap :)

    ReplyDelete
  36. Ovo semakin lengkap saja ya kak. Tadinya aku sering banget dapet pemberitahuan invest di ovo. Tapi karena belum ngerti jadi masih pending dulu. Seru juga nih kalo setiap penghasilan blog dialokasikan ke sini. Waaaah untung besar.

    ReplyDelete
  37. wah bagus banget tulisannya, tadi awal-awal saya meraba-raba apa itu maksudnya bebas finansial, setelah sampai bawah baru mengerti saya

    ReplyDelete
  38. sebagai blogger dan freelancer, aku skrg konsisten mba sisihin fee aku dengan nominal tertentu untuk investasi reksadana, lumayan lah kalo konsisten

    ReplyDelete
  39. Toss dulu sama sama gagal adsense blog nya hehehe. Tapi jujur memang untuk blogger ga boleh seenak udel aja nerima income tanpa rapih administrasi. Perlu perencanaan dalam penggunaan dana yg dihasilkan. Makasih buat masukan nya mba 🙏

    ReplyDelete
  40. Memang dibutuhkan kepiawaian untuk tetep bisa cuan di masa yg lumayan pelik ini ya Mba.
    Apalagi buat bloger/pekerja freelance, terwajib untuk disiplin atur keuangan dan invest di OVO adalah pilihan terbaik!

    ReplyDelete
  41. pekerja freelance emang kudu banget sih mempersiapkan masa depan sebaik mungkin. dengan investasi yang tepat kita mempersiapkan masa depan yang baik

    ReplyDelete
  42. Mau banget bisa bebas financial, saat ini belum tapi sedang diusahakan, semoga lancar dan berkah. Ini tipsnya banyak banget, keren. Btw aku baru tau tentang OVO Invest. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  43. Wow baru tahu kalau saldo OVO cash bisa untuk berinvestasi. Mau ceki2 aplikasi ah.

    ReplyDelete
  44. Susah bangett mba marita untuk bagian sediakan dana darurat itu. Hiks.
    Selaluuu aja kepake sama kepentingan yang sebnernya ngga darurat2 bangett hahaha. Tapi harus dicoba yaah. Investasi jg masuk ke ranah yang saat ini belum kusentuh. Pengen cobain deh pake ovo invest

    ReplyDelete
  45. Nah masih sulit memisahkan kebutuhan dan keinginan..perasaan semua dibutuhkan hehehe

    ReplyDelete
  46. tidak hanya blogger, setiap orang pasti ingin bebas finansial. aku cita-cita banget deh dari profesi bogger ini memang bisa "menghasilkan".
    sama dong Mbak, kadang aku bocornya buat kesenangan pribadi, suka beliin mainan atau buku anak juga makanan yang seneng dijual temen2 sih. huhu. Ovo invest in iseru bgt bisa dipakai dari 10K ya, coba ah

    ReplyDelete
  47. Mbak marita keren ih! Pertama tahu blogspedia punya mbak marita, kepo lebih dalam aku mbak. Memang semuanya itu harus ada goalnya ya mbak marita...apalagi untuk investasi jangka panjang ya mbak. Manajemen juga dibutuhkan dalam keuangannya.

    Ngomong-ngomong soal OVO, aku sampai saat ini belum punya itu, wekekek. Apalagi ini sudah bukan sekedar melakukan pembayaran lagi ya mbak...fasilitas yang diberikan tambah lagi ni

    ReplyDelete
  48. Waw sekarang OVO pun bisa buat investasi ya, Mbak. Iyaa penting banget mempersiapkan finansial sejak dini demi masa depan bebas finansial, bebas sandwich generation. Yang penting mulai aja dulu, sedikit2 lama2 jadi bukit. Jangan sampai nyesel ya di hari tua gak ada tabungan. Huhu. Yaa biarpun rezeki sudah d atur sama Allah tetep aja manusia'y harus berusaha. Hehe..

    ReplyDelete
  49. Aku justru masih asing nih sama OVO. Enak juga ya satu aplikasi buat bayar semua

    ReplyDelete
  50. Wiwin | pratiwanggini.net12 March, 2021

    Wah.. OVO makin berkembang ya.. Semoga banyak yang terbantu menuju financial freedom. Blogger bisa banget menuju kesana.

    ReplyDelete
  51. Aku baru tahu malah ada OVO Invest
    Auto cek OVO dan informasinya yang ada dinotifikasi dan jarang kebuka sama aku

    ReplyDelete
  52. Wah mantap ya, ovo sekarang ada investasinya juga. Jadi selain buat belanja bisa buat investasi reksadana. Akhir-akhir ini produk investasi kayak reksadana dan saham memang lagi booming yaa di kalangan millenial

    ReplyDelete
  53. Seneng banget kalo baca artikel tentang financial, apalagi ini berkaitan dengan hobi nulis blog. Kalo aku masih bingung yang investasi nih, jujur masih galau mau pilih investasi yang mana

    ReplyDelete
  54. Jadi sistemnya kalau misalnya bulan ini, kita memiliki saldo OVO namun bulan depannya, saldo OVOnya sudah habis, akan tertarik otomatiskah ketika kita melakukan pengisian saldo?
    Atau bisa kita lakukan kapanpun, gak bisa otomatis?

    Aku setuju banget sih...mengenai invest ini, kalau gak dipaksakeun, gak akan invest deeh... hiiks~

    ReplyDelete
  55. Goals banget nih, bebas finansial. Jaman sekarang memang harus melek investasi supaya aset nggak tergerus begitu aja, apalagi blogger yang penghasilannya nggak tetap, ketimbang menguap tiap dapat fee ya mending dilarikan ke investasi.

    ReplyDelete
  56. Sebagai orang yang suka khilaf aku iri banget sama orang-orang yang bisa nabung dan investasi. Entah kapan bisa begitu.. 😂.

    ReplyDelete
  57. Dana darurat adalah salah satu pos yang harus dimiliki di keuangan rumah tangga. Di samping itu, juga harus memiliki tabungan dan investasi ya kk.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email