header marita’s palace

Jangan Panik Ketika Anak Demam Setelah Vaksin BCG

Konten [Tampil]
anak demam setelah vaksin  bcg
Merasa panik karena anak demam setelah vaksin BCG? Eits, tenang dulu. Beberapa imunisasi yang dilakukan pada bayi memang menimbulkan efek demam. Meskipun begitu melakukan imunisasi bayi baru lahir tetap perlu dilakukan. Salah satu imunisasi yang menimbulkan demam adalah imunisasi BCG.

Ibu tidak perlu merasa terlalu khawatir saat hal tersebut terjadi. Sebab, rewel dan tangisan anak adalah hal yang wajar terjadi setelah imunisasi balita. Hal ini merupakan respon atau cara bayi menunjukkan rasa sakit setelah disuntik.

Penyebab Anak Demam Setelah Vaksin BCG

Imunisasi BCG memang bisa menyebabkan bayi merasa sangat kesakitan karena suntikan dilakukan pada kulit yang penuh dengan saraf reseptor. Selain rasa nyeri, imunisasi BCG juga akan menyebabkan munculnya luka atau pembengkakan kecil di bekas suntikan.

Bayi yang baru mendapat suntikan imunisasi BCG bisa menjadi sangat rewel. Hal itu bisa terjadi sebagai efek samping dari suntikan. Selain rewel, anak yang baru mendapat imunisasi BCG juga bisa mengalami luka melepuh di area kulit bekas suntikan. Terkadang, bekas luka terasa sakit dan lebam selama beberapa hari. Jika gejala tidak memburuk dan luka terlihat semakin membaik, artinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Selain itu, suntikan imunisasi ini juga bisa menyebabkan bayi mengalami peningkatan suhu tubuh alias demam. Tapi tidak perlu khawatir, demam biasanya akan membaik dan suhu tubuh menurun dalam beberapa jam. Bayi mungkin akan semakin rewel dan bisa terus menangis jika nyeri bekas suntikan disertai dengan gejala demam. Meski begitu, ibu tidak disarankan untuk memberikan obat-obatan dalam mengatasi efek-efek tersebut.

Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Vaksin BCG

Mengatasi anak yang rewel setelah imunisasi BCG bisa dilakukan dengan sebisa mungkin membuatnya merasa tenang. Cobalah untuk sesering mungkin memberi ASI pada bayi. Selain membuat anak merasa lebih tenang, memberi ASI juga bisa membantu menurunkan suhu tubuh, dan membuat nyeri di badan Si Kecil menjadi lebih baik.

Alih-alih memberi obat sembarangan, cobalah untuk mengompres bayi untuk membantu suhu tubuhnya lebih cepat turun. Mengatasi rewel si kecil setelah imunisasi BCG juga bisa dilakukan dengan menenangkan dan selalu mendekap bayi.

Kurangi rasa sakitnya dengan membungkus bayi, atur posisi agar ia merasa senyaman mungkin. Bayi yang tengah mengalami efek samping dari imunisasi juga bisa ditenangkan dengan memperdengarkan suara-suara lembut, serta dengan mengayunkan dan mencium anak.
nyaman setelah vaksin dengan merries
Agar anak tidak mudah rewel setelah imunisasi maka perlu perhatikan kenyamanannya. Ibu bisa menggunakan popok yang nyaman seperti popok Merries agar ia tetap nyaman beraktivitas. Popok Merries memiliki daya serap yang tinggi dan permukaan lembut sehingga anak akan nyaman saat beraktivitas. Pastikan si kecil sehat dan nyaman setiap harinya dengan popok Merries.

Semoga setelah membaca artikel singkat ini, teman-teman kongkow nggak perlu khawatir lagi ketika anak demam setelah vaksin BCG. Happy parenting, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment