header marita’s palace

Apa Saja Olahraga yang Recommended Saat Kehamilan Tiba?

Konten [Tampil]
olahraga recommended saat kehamilan
Kehamilan identik dengan gejala-gejala yang bisa jadi membuat seseorang menjadi lemas, cepat lelah, dan kurang produktif. Sebenarnya, hal ini sangat wajar karena tubuh ibu hamil memang banyak terkuras tenaganya untuk janin yang membutuhkan nutrisi. Namun, siapa sangka, ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan selama kehamilan berlangsung. Apa saja ya?

5 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga ringan yang dapat memaksimalkan kesehatan ibu hamil.

1. Berenang

Olahraga berenang akan membuat badan menjadi segar dan juga otak lebih segar kembali. Olahraga ini termasuk ringan sehingga bisa dilakukan oleh wanita yang sedang hamil.

Berenang sendiri bisa dilakukan baik pada pagi hari ataupun sore hari, bagi wanita yang ingin melakukan olahraga ini sebaiknya memilih kolam khusus cewek. Keuntungan dengan berenang di kolam yang hanya berpenghuni wanita saja akan membuat kegiatan berenang lebih leluasa tanpa rasa malu.

Seseorang yang berenang akan membuat dirinya merasa segar karena kegiatan ini juga termasuk rekrasi untuk menghilangkan penat. Tubuh dan otot-otot menjadi rilek dan otakpun segar sehingga siap menjalani aktivitas keseharian lagi.

2. Jalan Kaki

Pilihan olahraga lainnya yang bisa diambil adalah dengan jalan kaki, baik itu pada pagi hari ataupun sorenya. Jalan kaki ini adalah olahraga paling murah tetapi sangat menyenangkan untuk dilakukan baik sendirian atau ditemani oleh pasangan.

Ada beberapa tempat untuk jalan kaki, mulai dari sekitar rumah seperti kompleks perumahan atau pergi ke taman terdekat. Pada saat jalan kaki maka sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar dan tentunya itu baik untuk tubuh kita.

Kesehatan jantung wanita hamil akan lebih meningkat dengan kegiatan jalan kaki ini. Olahraga ini termasuk ringan sehingga tidak akan membuat wanita yang sedang hamil menjadi kelelahan.
jenis olahraga untuk ibu hamil

3. Senam Hamil

Pada era saat ini wanita yang sedang mengandung buah hatinya juga bisa melakukan senam hamil di mana pun ia berada. Senam hamil ini tidak harus dilakukan dengan mendatangi langsung instruktur senam dan mengikuti kegiatan di suatu kelas.

Pada saat ini selain mengikuti kelas untuk wanita hamil, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menonton video di internet. Cukup dengan menonton video melalui internet lalu menirukan gerakan yang ada.

Gerakan senam yang memang sudah dirancang untuk ibu yang sedang hamil ini akan membuat kesehatan meningkat. Senam ibu hamil ini juga tidak terlalu berat sehingga mudah dan aman untuk dilakukan.

4. Treadmill

Salah satu pilihan lain bagi orang yang suka dengan jalan kaki tetapi ingin melakukannya di dalam rumah saja adalah dengan menggunakan treadmill. Olahraga ini bisa di lakukan di rumah saja sehingga tidak perlu untuk keluar rumah dan mencari tempat yang nyaman untuk jalan-jalan.

Melakukan treadmill juga bisa membuat seseorang mengetahui berapa kecepatannya dalam berjalan dan kebutuhan lamanya jalan yang perlu dilakukannya. Tentu saja untuk ibu hamil, kecepatannya harus disesuaikan dengan kemampuan tubuhnya ya. 

5. Sepeda Statis

Wanita yang sedang dalam masa kehamilan juga bisa memilih untuk olahraga sepeda statis. Keuntungannya adalah tidak perlu keluar rumah untuk menggerakkan kaki-kaki dalam mengayuh sepeda.

Sepeda statis akan membuat kaki mengayuh bagaikan mengayuh sepeda dan tentunya gerakan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Senangnya ya, manfaat besar dari mengayuh sepeda masih tetap bisa dirasakan walau hanya dengan melakukannya di dalam rumah.

Seusai melakukan aktivitas olahraga ini maka bisa segera mengambil air minum yang ada di dapur atau membuat minuman manis yang sehat. Olahraga nyaman dan tidak perlu keluar rumah ini tentunya akan menjadi salah satu pilihan yang bagus bagi wanita saat sedang hamil.

Apabila teman-teman kongkow mencoba melakukan beberapa olahraga di atas, tentunya akan banyak manfaat bisa diperoleh. Dengan demikian, selama kehamilan, pola hidup sehat tetap bisa dimaksimalkan. Have fun with your work out and happy pregnancy, ladies.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment